1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Hidup Sehat Tanpa Tembakau

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by ponari, Dec 17, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ponari Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 21, 2009
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +7 / -0
    MENGHENTIKAN kebiasaan merokok memang tidaklah mudah. Namun, bukan berarti Anda tak bisa melakukannya. Dengan disiplin serta motivasi dan keinginan yang kuat berhenti merokok, bukanlah hal mustahil.

    Bak candu, rokok telah membius banyak orang. Saking kecanduannya, mereka sama sekali tak menggubris bahaya di balik kepulan asap rokok tersebut. Malah, sebagian orang mengaku tak bisa konsentrasi atau mengeluarkan ide tanpa rokok. Padahal, di balik itu semua rokok telah menjadi pembunuh berdarah dingin. Tak percaya? Tengok saja data dari Demografi Universitas Indonesia yang dilansir tahun lalu.

    Dari data tersebut disebutkan jumlah perokok aktif di Jakarta diperkirakan mencapai tiga juta orang atau 35 persen dari 9,057 juta warga Jakarta. Sementara itu, jumlah total perokok aktif di Jakarta juga meningkat 1 persen per tahun. Data juga menyebutkan bahwa di Indonesia ada 1.172 orang meninggal dunia per hari karena penyakit yang diakibatkan rokok.

    Tembakau atau rokok membunuh separuh dari masa hidup perokok dan separuh perokok mati pada usia 35-69 tahun. Data epidemi tembakau di dunia menunjukkan tembakau membunuh lebih dari lima juta orang setiap tahunnya.

    "Jika hal ini berlanjut terus, pada 2020 diperkirakan terjadi sepuluh juta kematian, dengan 70 persen terjadi di negara sedang berkembang," jelas Menteri Kesehatan dr Endang R Sedyaningsih MPH Dr PH dalam sambutan yang dibacakan Prof Dr Tjandra Yoga Aditama, Dirjen P2PL Depkes ketika membuka Temu Karya Peringatan Kesehatan akan Bahaya Rokok, di Jakarta, 12 Desember 2009.

    Pada masa mendatang, masalah kesehatan akibat rokok di Indonesia semakin berat karena dua di antara tiga laki-laki adalah perokok aktif.Lebih bahaya lagi karena 85,4 persen perokok aktif merokok dalam rumah, bersama anggota keluarga sehingga mengancam keselamatan kesehatan lingkungan. "Selain itu, 50 persen orang Indonesia kurang aktivitas fisik dan 4,6 persen mengonsumsi alkohol," kata Menkes.

    Fakta juga mengungkapkan bahwa lebih dari 43 juta anak Indonesia serumah dengan perokok dan terpapar asap tembakau. Padahal, anak-anak yang terpapar asap tembakau dapat mengalami pertumbuhan paru yang lambat, lebih mudah terkena bronkitis dan infeksi saluran pernapasan dan telinga serta asma. "Kesehatan yang buruk di usia dini menyebabkan kesehatan yang buruk di saat dewasa," imbuh Menkes.

    Berdasarkan data The Global Youth Survey pada 2006, 6 dari 10 pelajar (64,2 persen) yang disurvei, terpapar asap rokok selama mereka di rumah. Lebih dari sepertiga (37,3 persen) merokok, bahkan 3 di antara 10 pelajar atau 30,9 persen pertama kali merokok pada umur di bawah 10 tahun.

    Menurut Menkes, meningkatnya jumlah perokok di kalangan anakanak dan kaum muda Indonesia karena dipengaruhi gencarnya iklan rokok, promosi, dan sponsor rokok. Padahal, rokok atau tembakau dapat menyebabkan berbagai penyakit tidak menular, seperti jantung dan gangguan pembuluh darah, stroke, kanker paru, dan kanker mulut. Di samping itu, rokok juga menyebabkan penurunan kesuburan, peningkatan insiden hamil di luar kandungan, pertumbuhan janin (fisik dan IQ) yang melambat, kejang pada kehamilan, gangguan imunitas bayi, dan peningkatan kematian perinatal.

    Mengonsumsi rokok menimbulkan kerugian langsung bagi perokok dan keluarganya, terlebih bagi keluarga miskin. Rata-rata pengeluaran keluarga miskin untuk konsumsi rokok cukup besar. "Alih-alih untuk perbaikan gizi keluarga dan pendidikan anak, justru pendapatan yang terbatas dibelanjakan untuk rokok," ujar Menkes.

    Menurut Menkes, tingginya populasi dan konsumsi rokok menempatkan Indonesia menduduki urutan ke-5 konsumsi tembakau tertinggi di dunia, setelah China, Amerika Serikat, Rusia, dan Jepang, dengan perkiraan konsumsi 220 miliar batang pada 2005.

    "Marilah kita ciptakan lingkungan yang bersih dan bebas asap rokok, sehingga generasi muda kita dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang utuh, berkualitas, dan siap membangun negara kita,? pesan Menkes.

    "Sekitar 70 persen perokok ingin berhenti, tetapi hanya 5-10 persen yang dapat melakukannya tanpa bantuan,? jelas ahli spesialis kejiwaan dari Rumah Sakit Umum Persahabatan Dr Tribowo T Ginting SpKJ. Dengan adanya peran psikologis yang cukup besar pada timbulnya merokok terhadap seseorang, penting diperhatikan tata laksana dan pemantauan psikologis dalam proses berhenti merokok.

    "Beberapa bentuk terapi yang bisa dilakukan agar para pecandu rokok berhenti merokok adalah dengan konseling, peningkatan motivasi, terapi kognitif dan perilaku, dan lainnya,? papar Tribowo saat menjadi pembicara dalam acara Malam Penghargaan Peserta Quitters Are Champions, yang diadakan Pfizer Indonesia, belum lama ini.

    Dokter Spesialis Paru dan Wakil Ketua Klinik Berhenti Merokok RSUP Persahabatan Dr Agus Dwi Susanto SpP mengatakan, populasi penduduk Asia yang berhenti merokok alasannya adalah demi kesehatan, yang kemudian adalah alasan keluarga dan ekonomi. "Pendekatan berhenti merokok adalah dengan melakukan pendekatan multidisiplin, di mana modal awal yang harus dimiliki adalah motivasi, niat, serta komitmen," ujar Agus.

    Seperti yang dialami salah satu pecandu rokok yang berhenti merokok, Brahmantya Sakti. Pria berusia 33 tahun ini dulu mengaku sudah menjadi perokok selama 17 tahun. Setiap hari dia mampu mengisap 20-30 batang per harinya. ?Life without tobacco is my new lifestyle,? tuturnya.

    Semua perokok pasti di dalam hati kecilnya sadar bahwa merokok sama sekali tidak ada manfaatnya. Namun, diperlukan lebih dari sebuah niat yang kuat untuk berhenti, yaitu dukungan lingkungan. Sementara itu, lingkungan di Indonesia sangat mendukung sekali untuk merokok. Tidak ada pengawasan dan tindakan tegas, walaupun sudah ada peraturannya.

    "Dan celakanya, merokok sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup di semua lapisan masyarakat," ujar Brahmantya.

    Brahmantya menyarankan para pecandu untuk mengubah tren gaya hidup menjadi tidak merokok. Brahmantya yakin hidup tanpa rokok bisa menjadi suatu tren, gaya hidup (lifestyle) yang akan diikuti banyak orang seperti layaknya Blackberry menjadi tren di Indonesia. Atau paling tidak untuk kalangan profesional atau mereka yang well educated.

    "Pendekatan digunakan secara logika maupun spiritual, saya yakin, akan efektif. Tinggal dibutuhkan suatu kelompok, institusi atau swasta yang melakukannya secara konsisten," ujarnya.

    (OKEZONE.COM)

    Buat Penggemar Tembako kayaknya harus lbh dipertimbangkan lagi nieH
    :piss::piss::piss:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    Darham Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    9,876
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,610 / -0
    Wah, saya baru aje 1 bulan ngerokok...masa mau berhenti...gmana ini...:???:
     
  4. Offline

    ponari Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 21, 2009
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +7 / -0
    Masa sieH, Mudah aja Koq Rumusnya

    Ada Uang jangan Beli !
    Klo ada Teman NgasiH Tolak Aja dengan Haluss

    Gampang Kan ...:rokok::rokok::rokok:

    :piss::piss::piss:
     
  5. Offline

    Darham Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    9,876
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,610 / -0
    saya punya duit tapi untuk beli minuman....nah kalo lagi minum ini yang susah pasti pengennya ngerokok...

    atau kalo lagi stress ga dapat jatah...gimana tuh:???:
     
  6. Offline

    ghusesup Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    125
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    klo dah merid enak aja tuh... :sip:
    katanya buat ngilangin keinginan ngrokok, bisa dialihkan ke hub. suami istri....
    tu katanya lo ya ... :awas::awas::piss:
     
  7. Offline

    Darham Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    9,876
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,610 / -0
    ^
    Oh, kalo saya mah tiap malam depat jatah...cuma kalo ga dapat itu yang repot...makanya larinya ke rokok...:rokok:
     
  8. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,943 / -0
    kalau nda suka rokok jangan ngerokok
    gampang
    :hahai:
    kalau saya mah suka
    :hahai:
     
  9. Offline

    ramabg Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 21, 2008
    Messages:
    172
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +577 / -0
    Mau nyakitin diri aja kok repot-repot beli rokok segala ?
     
  10. Offline

    hidey-holey Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,329
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,684 / -0
    H, untung saia gak ngerokok, jadi masih terbebas bahaya tembakau,
    tapi daun tembakau longbottom katanya gak bahaya ya?:p
    (yang suka lord of the rings pasti paham:hehe:)
     
  11. Offline

    eflaze Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,326
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +1,706 / -0
    pasti didukung...
    tidak suka menjadi perokok aktif maupun pasif
    dan paling tidak suka baju jadi bau asap rokok
    apalagi perokok yg tidak meperhatikan kondisi sekitar
    misal ujug2 masuk bis yg padat dan sesat dgn santai merokok
    tanpa memperhatikan kondisi banyak anak kecil, ibu hamil, dsb
     
  12. Offline

    engboh Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    724
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +34,554 / -0
    ngerokok emng banyak ruginya...:hot:
    tapi untuk berenti ngerokok ga semudah ngebalikan telapak tangan
    walaupun penuh dengan ketidak untungan tapi tetep aja pengen ngerokok:hahai:
     
  13. Offline

    dindaphobia Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 28, 2009
    Messages:
    484
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +78 / -0
    bagi saya ngerokok adalah sebagian dari iman...
     
  14. Offline

    anakbingung Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    1,435
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +781 / -0
    saia pernah baca klo menghilangkan ketergantungan terhadap rokok lebih sulit daripada menghilangkan ketergantungan internet.

    jadi ceritanya ada psikolog yg berhasil nemuin org yg mengidap kecanduan rokok (nikotin) & internet utk dijadiin penelitian. dibuatlah situasi & kondisi sedemikian rupa yg harus dijalankan org ini, di antaranya ya mengurangi secara bertahap konsumsi rokok & pemakaian internet. setelah 3 bulan, org ini berhasil menghentikan ketergantungannya terhadap internet. tapi sayang org ini sama sekali gagal menghentikan kebiasaan merokoknya...
     
  15. Offline

    shadiixx Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    630
    Trophy Points:
    121
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,273 / -1
    wah ane dah 5 bulan berhenti merokok bro,
    pake cara alami, haha
    ane janji berhenti ngerokok sementara sampe ane berhasil dapetin cewek idaman ane,
    alhasil dah 5 bulan ane berhenti dan 5 bulan itu jg ane gak dapet2 cewek idaman ane.
    wkwkwk
     
  16. Offline

    zack1618 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 3, 2008
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +192 / -0
    bener kk...
    tembakau klo di uangnya bs dipake buat beli nasi..
    wau...sehat bener..
     
  17. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,943 / -0
    saya tidak setuju hidup sehat bisa kok dengan tembakau
    Manfaat tembakau, selain bisa diekstrak dan diambil bagian tertentu seperti nikotin yang digunakan di berbagai macam produk baik makanan maupun minuman, tembakau juga bisa kita gunakan untuk melepaskan gigitan lintah kalo lagi di dalam hutan, tembakau juga bisa digunakan untuk insektisida karena nikotin yang terkandung merupakan neurotoxin yang sangat ampuh untuk serangga.

    kemudian yang paling jelas

    memberi penghasilan buat petani tembakau:hahai:


    Code:
    http://www.wonosari.com/medis-f6/manfaat-tembakau-t3346.htm
    "Manfaat Tembakau sebagai Reaktor Protein Anti Kangker
    Code:
    http://qashie.multiply.com/journal/item/30/MANFAAT_TEMBAKAU
    tuh lihat, sehat dari kangker karena tembakau
    :hahai:
    Code:
    http://masenchipz.com/manfat-daun-tembakau
    Code:
    http://www.forumbebas.com/topik-MANFAAT-TEMBAKAU
    menyembuhkan kanker mulut rahim
    :hahai:
    Code:
    http://temanggung.multiply.com/journal/item/4/Manfaat_Tembakau
    apa kagak hebat tuh tembakau supaya hidup kita sehat kembali?:hahai:
    come on:piss:
     
    • Like Like x 1
  18. Offline

    DAODANDOH Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    176
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +82 / -0
    PARAH!!!!

    :hahai::hahai::hahai:tapi tetep semangat bang !!!
     
  19. Offline

    Darham Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    9,876
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,610 / -0
    Mulai banyak merokok nih...lagi puncak2nya...
     
  20. Offline

    anakbingung Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    1,435
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +781 / -0
    buat yg ngerokok, klo baca penelitian diatas jgn seneng dulu...
    tembakau di atas bisa menyehatkan karena udah diekstrak dan diambil bahan2 esensialnya aja, bukan tembakau yg sudah dijadiin rokok. pada penelitian2 tersebut sama sekali ga ada pernyataan klo merokok itu sehat.

    inti dari penelitian2 di atas itu klo tembakau ga dijadiin rokok lebih banyak manfaatnya daripada dijadiin rokok... which means, tetep aj ngerokok itu ga sehat...:lol:
     
    • Like Like x 1
  21. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,943 / -0
    buat yang nda ngerokok,nda ada yang maksa situ buat ngerokok loe:hahai:
    well sesuai dengan judulnya kan
    yang saya tekankan di sini tembakau yang menyehatkan bukan kalau dia sudah dijadikan rokok
    kalau sudah jadi rokok pasti punya efek samping:piss:
    tapi merokok tetap jadi hak bagi para perokok,
    dan yang merokok bukan jadi acuan 100 persen kalau kita bakalan nda sehat atau mungkin yang lebih extreme,masuk neraka:hahai:
    pembunuh nomor satu di dunia masih tetap penyakit jantung yang disebabkan oleh kolesterol
    bukan tembakau dan rokok:hahai:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.