1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Hidup Sehat Bahagia

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by Nawainruk, Jul 18, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Nawainruk Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 3, 2007
    Messages:
    1,042
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +98,135 / -0
    [​IMG]

    Menghadapi kondisi perekonomian yang suram seperti saat ini memang tidaklah mudah. Semuanya berjalan dengan ketidakpastian dan penuh risiko. Hingga tanpa disadari, situasi ini membuat beban pikiran Anda semakin bertambah.

    Berhentilah memberi tekanan berlebih pada otak Anda, karena bila dipaksakan malah dapat mengancam kesehatan tubuh. Istirahatlah sejenak dan biarkan diri Anda menikmati kebahagiaan, karena tubuh dan jiwa yang sehat hanya bisa dimiliki bila Anda merasa bahagia.

    Berikut pendapat para ahli mengenai cara memperoleh kebahagian sebagai jalan untuk mendapatkan jiwa dan raga yang sehat:

    Berolahraga secara rutin
    Penelitian dari Duke Univeristy dan Arizona State University, membuktikan bahwa melakukan olahraga kardio setidaknya 30 menit setiap hari dapat menghindari diri dari depresi dan rasa gelisah berlebih. Olahraga ini juga diyakini dapat meningkatkan semangat Anda. Manfaatnya jauh lebih baik daripada Anda harus mengkonsumsi pil penenang untuk mengatasi depresi. Selain kardio, Anda juga bisa berolahraga ringan dengan berjalan-jalan di sekitar komplek perumahan atau mengunjungi pusat kebugaran.

    Mengkonsumsi suplemen
    Jenis suplemen seperti vitamin D dan minyak ikan diketahui berkhasiat untuk mengurangi risiko serangan depresi ataupun kesehatan mental lainnya. Bahkan baru-baru ini, para ahli juga menyakini bahwa vitamin D dan minyak ikan layak dimasukan dalam menu diet Anda. Namun sebaiknya Anda konsultasikan dulu dengan dokter mengenai dosis suplemen yang bisa Anda konsumsi.

    LavenderMencium aroma lavender
    Keharuman tanaman bewarna ungu ini sebagai aroma terapi sudah dibuktikan keampuhannya. Penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa bunga lavender dapat membantu mengatur cara kerja otak dan membuat Anda merasa lebih relaks. Hasil penelitian yang tak jauh berbeda juga diungkapkan tim peneliti dari Inggris yang mengatakan bahwa aroma bunga lavender dapat memperbaiki mood menjadi lebih baik hanya dalam hitungan beberapa menit.

    Menonton film komedi
    Beberapa hasil riset telah membuktikan manfaat dari tertawa. Bahkan tertawa juga dijadikan terapi untuk meringankan risiko penyakit mematikan. Hasil ini diungkapkan oleh tim peneliti dari Loma Linda University, California, yang mengungkapkan bahwa tertawa dapat dijadikan terapi untuk sejumlah penyakit, diantaranya serangan jantung dan juga diabetes. Studi lain juga menyebutkan bahwa tertawa mampu mengubah perasaan negatif seseorang menjadi positif dan sangat baik untuk sistem imun tubuh kita.

    Mendengarkan musik
    Mendengarkan musik favorit ternyata tidak hanya bisa menghibur, tetapi juga dapat memperbaiki fungsi penglihatan bagi penderita penyakit stroke. Menurut tim peneliti dari Inggris, lebih dari 60 persen penderita stroke kehilangaan fungsi penglihatannya akibat kerusakan pada jaringan sekitar otak. Kerusakan ini tak hanya menyebabkan seorang penderita stroke kehilangan kemampuan gerak dan kesadaran, tetapi juga fungsi penglihatannya. Namun, setelah penderita stroke mendengarkan musik favoritnya, fungsi penglihatan mereka menjadi membaik. Penelitian lain juga menyebutkan, alunan melodi yang terdengar dari musik favorit kita juga dipercaya mampu memperbaiki sirkulasi darah dan mengubah mood Anda menjadi lebih baik hanya dalam hitungan beberapa detik.

    Ungkapkan rasa syukur
    Para psikolog dari University of California dan University of Miami mengungkapkan bahwa orang-orang yang selalu menuliskan setidaknya 5 hal yang mereka syukuri dalam satu hari di dalam jurnal hariannya, diyakini akan memiliki emosi yang lebih baik. Tidak hanya itu, mereka juga terlihat lebih optimis dalam memandang masa depan.

    Mengunjungi wisata alam
    Tim peneliti dari Jepang menemukan cara jitu untuk mengurangi tekanan dan stres Anda. Menurut mereka, hidup lebih dekat dengan alam seperti berjalan menyusuri pepohonan yang tumbuh di hutan lindung dapat mengurangi tingkat stres dan bahkan mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Anda akan merasakan manfaat yang luar biasa dengan mengunjungi tempat-tempat wisata dengan panorama alam meskipun hanya dalam beberapa jam. Sebagai pilihan Anda bisa bertandang ke Cibodas ataupun Puncak.

    Itulah dia hal-hal yang sebenarnya juga bukanlah langkah instan untuk menjadi bahagia dan instan secara instan. Tetapi setidaknya apabila Anda terapkan dalam hidup Anda, kemungkinan sangat besar untuk mengalami kebahagiaan dan kesehatan yang prima dikarenakan hal-hal di atas sudah teruji secara sains. Tetapi tetaplah mengingat, bahwa di balik kesehatan yang prima akan memberi efek kebahagiaan bagi kita. Tetapi kepenuhan kebahagiaan di dalam hati, tetaplah memerlukan Tuhan untuk mengisi kekosongan hati kita. Dan jangan pernah lupa, hati yang gembira... adalah obat!
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    gildaditya Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    patut dicoba tuh
     
  4. Offline

    gerry1990 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    ada satu buku bagus mengenai terapi berpikir positif yang kemaren sempet aku baca,,
    hal itu juga sangat berguna lho agar hidup kita lebih bahagia,
    ,karena pada dasarnya,apapun yang kita pikirkan lah yang menetukan kualitas diri kita,baik secara fisik maupun psikis,,
    so berpikir positif lah terus terhadap segala yang terjadi kepada kita. .
    :hahai:
     
  5. Offline

    jonh Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    305
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +61,811 / -0
    tak praktekan dirumah nanti
     
  6. Offline

    alex_qren Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    293
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +30 / -0
    patut dicoba biar badan tambah sehat
     
  7. Offline

    prufessuer Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    2,163
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,651 / -0
    ini yg paling penting dan paling susah :lol:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.