1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Hawking: Kita Bisa Pergi ke Masa Depan

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by Shuichi, May 3, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Shuichi Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,528
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +152,891 / -2
    [​IMG]

    VIVAnews - Setelah mengeluarkan pernyataan menghebohkan tentang keberadaan mahluk luar angkasa, astrofisikawan Stephen Hawking kembali membuat kontroversi.

    Tak lagi peduli dicap 'ilmuwan gila', Hawking kembali mengeluarkan teori kedua yang juga mengejutkan.

    Mempersiapkan kemunculannya dalam dokumenter di Discovery, Stephen Hawking's Universe, yang tayang minggu depan, 9 Mei 2010, dia mengaku yakin manusia bisa menjelajah waktu.

    Manusia, menurut Hawking, bisa menjelajah waktu hingga jutaan tahun ke masa depan untuk mengisi dan memulai lagi peradaban Planet Bumi yang telah hancur lebur.

    Suatu saat nanti, ucap Hawking, akan ada pesawat penjelajahan luar angkasa yang bisa terbang lebih cepat dari kecepatan cahaya. Satu hari penjelajahan di luar angkasa sama dengan satu tahun di Bumi.

    Hingga kini, kendaraan tercepat yang mampu dibuat manusia adalah roket Apollo 10, yang mampu berjalan di kecepatan 25.000 mil per jam. Namun untuk menjelajah waktu dibutuhkan 2.000 kali lipat dari kecepatan Apollo.

    Sebagai landasan teorinya, Hawking memakai pendekatan ilmuwan, Albert Einstein yang mengatakan, ketika sebuah obyek mempercepat geraknya di sebuah ruang, waktu akan melambat di sekitar obyek tersebut. Ini juga berarti, teori Hawking hanya bisa diaplikasikan untuk menjelajah masa depan.

    Sementara, pergi ke masa lalu adalah sesuatu yang tak masuk akal. Sebab, kata Hawking, itu merusak aturan fundamental yakni, 'sebab datang lebih dulu sebelum akibat'.

    Jika orang bisa kembali ke belakang, berarti dia bisa menembak dirinya di masa lalu.

    Dia menjelaskan, ketika pesawat luar angkasa mendekati kecepatan cahaya, kru pesawat bisa memulai melompati tahun-tahun bumi dalam hitungan hari. Ini memberi kesempatan pada manusia untuk kembali mengawali peradabannya.

    "Butuh waktu enam tahun dalam energi maksimal untuk mencapai kecepatan ini," kata Hawking, seperti dimuat laman News.com.au, Senin 3 Mei 2010.

    Dua tahun pertama, jelas dia, pesawat luar angkasa akan mencapai setengah dari kekuatan cahaya yang ditargetkan dan jauh di luar tata surya. "Setelah dua tahun, pesawat akan melaju pada 90 persen kecepatan cahaya," tambah dia.

    Dua tahun berikutnya, dengan dorongan penuh, pesawat luar angkasa akan mencapai kecepatan penuh, 98 persen dari kecepatan cahaya. "Saat itu, satu hari di pesawat setara dengan setahun di Bumi."

    "Dalam kecepatan seperti itu, perjalanan ke tepi galaksi akan hanya butuh 80 tahun di angkasa."

    Hawking mengakui bahwa ia terobsesi dengan perjalanan waktu. Kepada Daily Mail, jika bisa ke masa lalu dia mengaku ingin mengunjungi Marilyn Monroe atau di masa kehidupan Galileo saat dia mengarahkan teleskopnya ke 'surga' angkasa.

    Hawking mengatakan semakin tua, ia peduli tentang apa yang dipikirkan orang-orang tentang teori. Bahkan tak khawatir disebut gila.

    "Penjelajahan waktu yang dulunya dianggap bid'ah ilmiah, aku sudah terbiasa menghindari pembicaraan itu karena takut disebut pengrusak."Hari ini aku tidak merasa perlu begitu hati-hati," kata Hawking.

    "Meski aku tak bisa bergerak dan hanya bisa bicara melalui komputerku. Tapi, pikiranku bebas, bebas untuk mengekplorasi alam semesta dan mempertanyakan pertanyaan besar, apakah penjelajahan waktu itu mungkin? Bisakah kita membuka portal ke masa lalu atau menerobos ke masa depan."

    Profesor Universitas Manchester, Brian Cox mengatakan kepada The Times bahwa teori Hawking dilandasi basis ilmiah yang teruji dalam penelitian oleh Large Hadron Collider di Jenewa.
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    sp4rkfist Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,633
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,263 / -0
    rasanya dulu pernah denger kalo ada yang bisa menjelajahi waktu bakal muncul dunia2 paralel
     
  4. Offline

    kenkuda Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    maksud ny apa ini bisa jadi landasan teori ny

    misal ny objek mempercepat gerak ny, waktu di sekitar objek melambat.. berarti cm di sekitar objek dong
     
  5. Offline

    hidey-holey Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,336
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,690 / -0
    saiang saia tidak akan hidup untuk membuktikan kebenarannya:keringat:
     
    • Like Like x 1
  6. Offline

    blueplanetto Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    2,907
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,819 / -0
    gw dengan tegas monolak teorinya :haha: abis gw pikirin lagi gak mungkin deh.......suka2 gw ini juga pikiran gw :lalala:

    tapi ini yg gak mungkin :swt:, lha seluruh galaksi klo kiamat hilang kok aka gak da satu planetpun.....
     
    Last edited: May 3, 2010
    • Like Like x 1
  7. Offline

    angelusdomini Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    Malah pernah baca klo ad org masa depan yg perna dtg ke masa lalu bwt ngambil apa gtu.. Lupa..
     
  8. Offline

    H1p000 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    2,743
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +11,256 / -0
    kira2 tahun berapa bakal ada alat buat menjelajah waktu:???:
    kayanya kemungkinannya kecil deh:sigh:
     
    Last edited: May 3, 2010
  9. Offline

    TwilightSpade Silent Reader Members

    Joined:
    May 3, 2010
    Messages:
    99
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +17 / -0
    Namanya juga peradaban, klo dunia mau maju emang butuh pendapat pendapat gila seperti si Hawking.
    Walau dikatakan sekarang dia gila n ngk masuk akal...mungkin aja di masa depan akan ada penemuan
    baru buat menembus waktu. Penemuan mutakhir itu muncul na dari ide ide gila menurut gue hehehehe
     
  10. Offline

    shiro666 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    572
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +685 / -0
    Si Hawking emang :top: , moga aja bukan sekedar teori :sigh:

    Teori memang tak seindah kenyataan :fufufu:
     
  11. Offline

    unused Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 17, 2009
    Messages:
    593
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +88 / -0
    Ke masa lalu jelas gak mungkin. Mengapa? Sebab kalau seandainya mungkin pasti udah ada orang yang datang dari masa depan. Lagipula sudah kodratnya dunia ini akan hancur.
    Kalau ke masa depan, dari dulu namanya manusia sudah menuju masa depan. Setiap detik yang berlalu dari waktu kita, berarti kita sudah sedetik ke masa depan dari masa lalu kita sedetik sebelumnya.
    Teori Hawking ini dapat diperumpamakan seperti tidur. Ketika seorang terbangun dari tidur, tanpa ia sadari sekian jam telah berlalu sejak ia memejamkan matanya. Cuma bedanya dengan tidur, orang yang bergerak secepat cahaya partikel tubuhnya akan bergerak lebih lambat dari yang tidak bergerak secepat cahaya. Dengan kata lain, tubuhnya akan tumbuh dan menua lebih lambat dari yang lain. Ketika berhenti, dia sadari kalau waktu telah bejalan begitu lamanya.:pusing:

    Dulu ada film keren yang secara tidak langsung udah menyinggung teori ini. Filmnya keluaran tahun 1986!!:kaget:
    Ane udah nonton fiilm ini di stasiun swasta lokal dua kali. Judulnya
    Flight of The Navigator:top:

    ada thread-nya lagi!!:yahoo:
     
  12. Offline

    sok_jago Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 20, 2009
    Messages:
    283
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +8 / -0
    soal mesin waktu ane masih agak susah percaya, tapi kalo untuk penjelajahan luar angkasa kayanya masih mungkin :hehe:
    cuma, kapan itu bisa terlaksana? jangan2 1000 taun lagi baru bisa :???:
     
  13. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    Secara teoritis, jika melihat teori relativitas Einstein, memang mungkin waktu itu diubah persepsinya.
    Jadi lebih lambat atau lebih cepat.
    Kalau bergerak mundur sich tidak mungkin... kalau ke depan yg mungkin...
    tapi entah siapa yg nanti bisa mewujudkannya :sigh:
     
  14. Offline

    venvender Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 8, 2009
    Messages:
    497
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +135 / -0
    andai isa kembali k masa lalu,,,
    isa ngulang masa2 indah jaman dolo...
     
  15. Offline

    gomugomu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 20, 2008
    Messages:
    532
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,376 / -0
    yup wa setuju ma lu..dah kodratnya kalo bumi akan hancur..semua akan kembali kepada-NYA bgtu yg gw yakinin..
     
  16. Offline

    blueplanetto Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    2,907
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,819 / -0
    klo teori gw :haha: itu kebalik :haha::haha:
    Dengan bergerak secepat cahaya atau lebih cepat dari cahaya maka kita yg berada dalam pesawat akan melihat keluar seolah semua benda berhenti, jam pun berhenti. Tapi benda dalam pesawat tersebut karena bergerak secepat cahaya maka kita melihat/merasa seperti biasa, jam berdetak dll. Jika kita bergerak dalam kecepatan cahaya selama misalkan 50 tahun, maka kita akan selama itu di dalam pesawat dan tubuh kita juga akan menua, dan jika pesawat tersebut berhenti maka kita akan mendapati kejadian lingkungan kita seperti saat keberangkatan, kita melihat orang-orang tidak bertambah tua, waktu seperti kejadian kita awal berangkat naik pesawat tadi, dll.
    Jadi kesimpulannya teorinya terbalik :haha: maka dari itu gak ada kemungkinan 1%pun untuk pergi ke masa depan dengan bergerak secepat cahaya, yang ada malah kita cepat tua dibanding sekitar.....................apalagi untuk kemasa lalu, mustahil 1000%.

    perbandingan :
    1.alam dunia=manusia lebih cepat dari alam gaib/jin >>>>>>>> 1 hari di alam jin = bertahun-tahun dialam manusia, ingat Tuhan menciptakan dunia dalam 6 hari aja, tapi dalam sains itu ebrlangsung berjuta-juta tahun :haha:
    2. alam yang diciptakan dengan bergerak secepat cahaya(didalem pesawat) lebih cepat dari alam dunia=manusia>>>>>>>>>1 hari di alam dunia/manusa biasa atau bahkan sedetik = bisa bertahun-tahun tergantung berhentinya pesawat itu dari bergerak secepat cahaya.

    maka untuk pergi kemasa depan kita harus membuat alam dunia=manusia/lingkugan bergerak lebih cepat dari didalam pesawat dan itu tidak bisa dicapai dengan bergerak secepat cahaya atau bahkan lebih cepat dari cahaya. Ada solusinya yaitu pesawat masuk ke alam jin atau membuat keadaan seperti alam jin tersebut, yang pasti itu bukan dengan bantuan kecepatan cahaya :haha::haha::haha::haha:
     
    Last edited: May 4, 2010
  17. Offline

    Ichrans Beginner Members

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    224
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +39 / -0
    malah di sistem yang gw tau perjalanan ke depan itu susah, lebih mudah ke belakang..
     
  18. Offline

    batarayuda Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 5, 2010
    Messages:
    56
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    mungkin kalo juga bisa melakukan perjalanan waktu ga ada gunanya dan sangat berbahaya karena setelah melakukan percepatan itu mungkin keadaan dunia sudah berbeda atau malah lenyap. Sehingga saat berhenti melintasi waktu, tidak ada sumber daya yang bisa digunakan untuk menjaga kelangsungan hidup sang penjelajah. Tapi sekali lagi apa yang bisa dibayangkan sekarang akan sangat berbeda dimasa depan, segalanya ada kemungkinannya walau sedikit.
     
  19. Offline

    rivaldy Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 30, 2008
    Messages:
    524
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +1,432 / -0
    Gw suka ilmuwan kontroversial kayak gini, walau mungkin apa yang dia katakan salah, tapi biasanya teorinya jadi landasan teori lain.
    Yah semoga aja suatu saat kita bisa menjelajah waktu ke masa depan.
     
  20. Offline

    DanEEL Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    741
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +211 / -0
    Itulah hebatnya manusia, mereka hanya bisa berencana tapi terbukti susah untuk menerapkan dan menghasilkan hasil yang memuaskan
    manusia hanya bisa berencana Tuhanlah yang menentukan
     
  21. Offline

    ketela Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 12, 2008
    Messages:
    163
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +771 / -0
    Aku setuju!
    bisa ke masa depan..........
    jadi kita masih berumur 20 tahun saat seharusnya kita berumur 50 tahun....


    tapi ga bisa balik lagi ke masa sebelum perjalanan ke masa depan.........
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.