1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Fauna Hamster : Pemeliharaan Manusia VS Kehidupan Alami (Di Alam)

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by priezt, Jun 12, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    priezt Post Hunter Veteran

    Joined:
    May 6, 2010
    Messages:
    2,048
    Trophy Points:
    262
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +26,818 / -0
    Hamster: Pemeliharaan Kita Vs Alami

    Joy G. Kerr



    Sejak aku memfokuskan diri bidang psikologi, aku tertarik untuk melakukan proyek yang akan menggabungkan informasi yang aku belajari di subjek biologi untuk sebuah materi pelajaran yang menarik bagi saya dalam ilmu psikolog. Saya memilih untuk menggunakan hamster karena mereka menyenangkan untuk di amati dan aku pastinya akan lebih senang untuk merekam data dalam rangka untuk melakukan proyek ^^. Hipotesis tentang percobaan adalah untuk menentukan apakah memelihara hamster telah mempengaruhi perilaku, hubungan dg hamster lain, tingkat aktivitas, kecerdasan, dan ukuran.

    Untuk memulai percobaan saya membeli dua hamster yang berasal dari family yang sama. Usia hamster tiga minggu ketika dibeli. Setiap hamster ditempatkan dalam kandang individu, tetapi identik, kecuali untuk mainan: Subjek A (Rainey) memiliki mainan kayu sementara Subject B (Abbey) memiliki mainan karet. Perihal A mendapat sepotong jaringan yang termasuk bau manusia. Setiap hamster memiliki roda latihan, botol air, mangkuk makanan, dan mengunyah tongkat. Kedua hamster ditempatkan dalam ruang di mana sebagian besar kegiatan rumah tangga terjadi, kandang-kandang ditempatkan di sedikitnya lima meter dari satu sama lain.

    Mulai hari pertama, dan setiap hari setelahnya, Subjek A setiap pagi disambut oleh seseorang dalam keluarga dengan sepotong tabik, ia kemudian akan dijemput dan ditahan di dalam telapak tangan kita. Kami akan menempatkan dia di sebuah bola latihan dan biarkan berjalan di sekitar dapur untuk lima belas menit dan kemudian tempat kembali di kandangnya. Di 06:00 dan sekali lagi pada pukul 10:00, setiap hari, ia akan disambut lagi dan kemudian ditempatkan dalam bola-nya untuk latihan tambahan. Seseorang dalam keluarga akan berinteraksi dengan secara teratur saat dia tidak tidur.

    Subject B hanya mendapat perhatian ketika kandangnya dibersihkan. Setiap hari kedua dia akan ditempatkan di bola latihan. Dia tidak menerima memperlakukan dan menerima sangat sedikit interaksi dengan anggota keluarga lainnya.


    Hamster ditemukan oleh seorang ahli zoologi Inggris, George Waterhouse, sekitar 1839. Karena binatang dengan cepat menjadi terbiasa hidup dalam sangkar dan mudah untuk perawatan dan sangat produktif, mereka digunakan sebagai hewan laboratorium untuk penelitian medis. Kemudian mereka menjadi hewan peliharaan populer di Amerika dan di Eropa.

    Hamster memiliki rahang kuat dengan dua gigi seri dan enam geraham. Gigi seri berbentuk pahat tidak memiliki akar dan tidak pernah berhenti tumbuh. Gigi seri tetap tajam melalui menggerogoti dan makan. pipi hamster itu berfungsi sebagai kantong dan digunakan untuk mengangkut makanan..hamster tidak bisa makan di tempat. Sebanyak 18 gram atau 1 / 2 ons makanan akan masuk ke dalam kantong. Untuk mengosongkan kantong, hamster akan menggunakan kaki depan mereka dan stroke pipi mereka. hamster akan mengisi pipi mereka dengan udara dalam rangka untuk mengintimidasi lawan menjadi mundur. Karakteristik lain khusus hamster adalah perut dua bilik. Makanan yg telah dicernakan sebelumnya di perut yang lebih besar, maka sepenuhnya dicerna di lambung utama atau grandular.

    Kaki depan yang kuat dari hamster memungkinkan untuk memanjat, menggali, dan melakukan senam. Kaki belakang lemah hanya berfungsi sebagai dukungan untuk hewan untuk memanjat dan melompat.

    Hamster memiliki mata relatif besar seperti yang binatang malam yang paling. Posisi sisi mata menyediakan hamster dengan pandangan yang baik di sekitar sehingga dapat dengan cepat melihat setiap musuh. kemampuan mendengar sangat baik pada hamster. Sangat mudah untuk melihat seekor hamster tersentak ketika mendengar suara bernada tinggi atau memekik. Hamster belajar dengan cepat untuk membedakan suara pengurus dari yang manusia lain.

    Sebenarnya apa musuh golden hamster di habitat asli mereka Suriah tidak diketahui. Semua predator yang lebih besar dari hamster adalah musuh potensial, seperti rubah, kucing, Martens, elang kebanyakan, dan burung hantu. Makanan mereka terdiri dari kacang, jerami, buah, biji, dan sayuran. Mereka juga pemakan daging.



    Hamster dikenal sebagai penyendiri. Mereka sangat agresif dengan hamster lain kecuali selama musim kawin. Mereka tidak membentuk pasangan atau kelompok. Hamster betina akan membesarkannya bayinya sendiri. Dia akan memperlakukan mereka dengan hati-hati dan penuh kasih sampai mereka tiga sampai empat minggu, maka ia akan mengusir mereka..


    Tiap subyek ditimbang pada awal proyek dan lagi sekali seminggu sesudahnya dengan menggunakan skala pengukuran makanan ons. Subject Sebuah beratnya setengah ons kurang dari Subjek B. Meskipun Subject A mendapat latihan lebih banyak dan berbagai memperlakukan, dia tetap lebih kecil dari B.



    Hasil: Pemeliharaan tampaknya tidak mempengaruhi berat atau ukuran hamster. Ukuran hamster itu tampaknya lebih didasarkan pada genetika dari pada bagaimana hamster sedang dirawat.

    Perihal A menjadi teman dengan sebagian besar keluarga dalam waktu lima hari. Dia akan berjalan ke tangan Anda dan membiarkan Anda menjemputnya keluar dari kandang. Sementara Subject B masih akan menggigit Anda jika dia mendapatkan kesempatan. Jika terpojok Subject B akan berpura pura mati yang merupakan perilaku khas hamster yang paling khas. Kandag Subject A cenderung berantakan dan belum ditetapkan sebagai kawasan tunggal untuk kepemilikan. Namun, dia tidak menimbun atau menyembunyikan makanannya. kandang Subjek B sangat rapi. Dia telah menetapkan satu titik, Dia mengosongkan mangkuk makanannya setiap malam dan menyembunyikan makanannya di mana dia tidur.. Subject B tidak bermain seperti Subjek A, dan ia tidur dua kali lebih lama Subject A.

    Toko hewan peliharaan penjualan orang menyarankan bahwa kita tidak menempatkan hamster bersama-sama jika mereka disimpan terpisah untuk setiap jangka waktu. Dia meyakinkan kami bahwa mereka akan melawan. Oleh karena itu, kami memilih untuk tidak menempatkan hamster bersama-sama. Namun, kami melihat bahwa jika kita bertukar mainan dari satu kandang ke yang lain, hamster masing-masing akan menjadi sangat agresif dan terus menandai mainan sampai aroma dari hamster lain sudah pergi. Jika kita menukar mainan dan mainan dicuci sebelum menempatkannya di kandang lawan. Setiap hamster akan menyelidiki mainan tapi tidak agresif.

    Kegiatan termasuk menggunakan roda latihan, menyelidiki mainan baru, menyembunyikan makanan, dan menggigit mengunyah mainan.

    Subject A segera melompat pada roda latihan dan akan menggunakannya dengan penuh semangat setiap hari. Subject B butuh beberapa hari menggunakan roda, ia masih tidak menggunakannya secara teratur setiap hari.

    Subject A dimasukkan ke dalam di bola dan segera mulai berputar. Subject B tidak roll bola sampai ketiga kalinya ia ditempatkan di bola. Umumnya ia akan bergulir ke salah satu sudut dan tinggal di sana.

    Subjek A akan menghabiskan 15 sampai 20 menit menyelidiki mainan baru atau makanan baru. Subject B tidak akan menyelidiki mainan baru, kecuali jika ia menangkap bau hamster lainnya.Biasanya dia akan mengabaikan itu sampai hari berikutnya.

    Subject A tidak menyembunyikan makanan, sedangkan Subject B akan mengosongkan mangkuk makanannya setiap malam. Makanan dapat ditemukan di bawah tempat tidur di mana dia tidur.

    Untuk mengukur kecerdasan hamster ditempatkan dalam situasi yang akan membutuhkan tingkat aktivitas yg lebih tinggi. Padaminggu kelima Subject B belajar untuk mendaki ke puncak kandang dengan menggunakan gantungan yang mendukung botol air. di minggu ke 7 Subject B belajar bagaimana menyelesaikan labirin. Sebuah labirin telah dibuat di lantai menggunakan kayu ukuran berbeda.Subject B butuh 30 menit untuk mendapatkan dari satu sisi labirin yang lain. Subject A tidak menyelesaikan permainan labirinnya ^^. Subject B belajar untuk menyembunyikan diri dengan membenamkan diri bawah bahan bedding di kandangnya.Subjek A akan membuat tumpukan material di sudut dan berbaring di atas tumpukan. Dia tidak bersembunyi. Subject B bermain di jungkat-jungkit (walaupun tidak benar) ketiga kalinya mainan itu ditempatkan di kandang-nya. Subject A mengabaikan jungkat-jungkit, hanya mengendus2 :D. Subject B mulai menggunakan toilet kandang di minggu ke 7, sedangkan Subjek A belum terlihat menggunakan toilet di minggu ke 7

    Hasil: Subject B tampaknya mampu menangkap pada konsep-konsep lebih cepat daripada Subject A.

    Ketika membandingkan data yang dikumpulkan pada perilaku, ukuran, tingkat aktivitas, dan kecerdasan hasil berarti bahwa pengasuhan oleh manusia memang memiliki pengaruh. Namun tergantung pada bagaimana Anda melihat informasi.

    Dengan mengamati perilaku hamster dan dengan mencoba menentukan mempengaruhi pengasuhan telah di perilaku hewan bisa menimbulkan pemahaman yang lebih baik dari perilaku binatang setelah mereka telah tercerabut dari lingkungan alami mereka. Kita bisa belajar lebih banyak tentang teknik bertahan hidup untuk mencegah binatang dari menjadi punah, atau kelebihan populasi di suatu wilayah.

    credits to: All About Hamster se-Indonesia (Facebook group)
     
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    downloadaddicted Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 19, 2011
    Messages:
    738
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +78 / -0
    wah tq info nyaa... sangat membantu nih... jadi bisa lebih ngerti kalau misal pliara lagi hamster nyaa...
     
  4. Offline

    cungju Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2010
    Messages:
    1,382
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,514 / -0
    wah!!!!
    byk banget informasi tentang hamsternya!!!!

    gw baru tau hamster ditemukan pada abad 18,gw sangka uda dari dolo jadi pliharaan manusia!!!
     
  5. Offline

    downloadaddicted Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 19, 2011
    Messages:
    738
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +78 / -0
    kalau dari yg penelitian diatas memang sih hamster yg diajak main sama manusia terus bakal jadi lebih kayak males"an gitu atau engga lambat buat nangkep konsep" gitu.. tapi biasa sih org pliara hamster bukan buat bikin dy bertahan hidup, tapi yah cuma buat jadi teman main aja... slama tuh hamster bisa manja" sama org yah udah puas..
     
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    noviharips Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 24, 2011
    Messages:
    151
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -1
    akurat banget...
    thxx
     
  7. Offline

    lestrechsa Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    65
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    HAAAMMMSSSTTTEEERRR...Ane penggemar berat ne
     
  8. Offline

    didtav Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 2, 2011
    Messages:
    964
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +4,049 / -1
    jangan melihara hamster donk, biarkan para hamster yg lucu dan imut itu bebas berkeliaran dialam liar
     
  9. Offline

    neozaza Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 21, 2010
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    informasi nya lengkaap nih....
     
  10. Offline

    jazz_cat666 Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 20, 2012
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    infonya berguna banget...
    sekarang jadi sadar kayanya ada bbrp hal yang harus diubah dari cara ngurus hamster2ku sekarang...
     
  11. Offline

    priezt Post Hunter Veteran

    Joined:
    May 6, 2010
    Messages:
    2,048
    Trophy Points:
    262
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +26,818 / -0
    bukannya hamster dah tergolong hewan peliharaan ya :bloon:

    emang sih, rantai makanan harus tetep berlangsung.
    dia alam liar, yang kuat yg menang.
    tapi kasus kebanyakan, iklim di indo (khususnya alam liar kek hutan2 gt) ga baik buat hamster
    mereka ga bisa bertahan hidup (selain binatang2 lain yg nyerang)
    kalo mereka punah gimana donk
    :iii:
     
  12. Offline

    evan22 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    468
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +8,053 / -0
    infonya sangat lengkap...
    berarti campur tangan manusia sangat berpengaruh pada hewan peliharaan
     
  13. Offline

    prototype_1 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 20, 2010
    Messages:
    70
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    faktanya di alam liar hamster masih banyak kok gan ..
    karena hamster yg dipelihara aja tergolong banyak .
     
  14. Offline

    passat Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    2,475
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +226 / -0
    kalo bisa dibilang hamster A sedikit lebih manja sehingga jarang menggunakan kemampuannya, :hihi:

    hal tersebut akibat hamster A yang kurang mandiri dalam sehari-hariannya
     
  15. Offline

    priezt Post Hunter Veteran

    Joined:
    May 6, 2010
    Messages:
    2,048
    Trophy Points:
    262
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +26,818 / -0
    emang kk :haha:

    saya pribadi dah nyoba praktekin.
    hams yg 1 saya kasih rolling wheel, rumah2an, dan jarang saya ajak main. hasilnya dia emang susah dipegang, dan susah diatur (pup & pee nya berantakan, rumahnya lebih jorok)
    hams yg 1nya lagi ga saya kasi mainan, suka dipegang2, bikin dia lebih ramah ama majikannya, rumahnya bersih dan dia lebih apik, kotorannya pun dia buang dlm 1 tempat

    :hmm:
     
  16. Offline

    raviel Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    baru tahu ane hamster di temukan untuk pliaraan abad 18
     
  17. Offline

    DarKuro Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 30, 2012
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +12 / -0
    infonya lengkap banget :top:
    skrg saya jadi tau info2 tentang hamster.... :matabelo:
     
  18. Offline

    IceFairy Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    502
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +14 / -0
    wahh..
    nice info gan..
    ane udh melihara hamster lama br tau yg kaya gini..
    haha
     
  19. Offline

    kitsune159 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 2, 2012
    Messages:
    483
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +33 / -0
    wuih nice info gan
    ane jadi pgn melihara hamster nich
     
  20. Offline

    fajar_ristranda Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 27, 2011
    Messages:
    138
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +8,068 / -0
    kesimpulan : hubungan antar hamster baik-baik saja :peace:
     
  21. Offline

    rasetsu_girl Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 27, 2012
    Messages:
    75
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +20 / -0

    hmmm, hams ku kayaknya pup nya disebarang tempat deh. kadang sambil makan ya sambil eek, ditempat makannya kadang ada eek nya juga gara2 dia sukanya msuk ketempat makannya duduk makan sambil eek

    tapi emang hasil pengamatanku selama memelihara hamster sesuai loh. hams yang lebih sering dipegang, defense nya kurang, klo ngeliat ada yg menghampiri kandangnya dia langsung mendekat . sedangkan yg jarang dipegang lansgung lari sembunyi.

    lalu ntuk tambahan, hams yg berjenis kelamin sama biasanya agresif. saling menyerang, tapi yg berbadan lebih besar yg biasanya lebih dominant.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.