1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Hamil, Paling Pas Tidur Miring

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by shinminho, Jul 29, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    TIDUR sangat diperlukan ibu hamil untuk menjaga stamina tubuh. Idealnya, ibu hamil tidur minimal delapan jam dalam sehari. Sebab, kurang tidur memicu kelelahan, stres, dan berkurangnya nafsu makan. ''Kualitas tidur harus dijaga. Benar-benar istirahat. Bukan sekadar rebahan,'' kata dr Amang Surya SpOG.

    Kurang tidur pada ibu hamil tidak berdampak langsung terhadap perkembangan janin. Namun, hal itu bisa berpengaruh pada kondisi psikologis ibu. ''Dampak psikis ini yang memengaruhi perkembangan janin,'' imbuhnya.

    Amang menjelaskan, pada kehamilan trimester awal, ibu hamil dapat tidur dan beristirahat dengan berbagai posisi, asal nyaman. ''Ketidaknyamanan tidur pada trimester awal lebih banyak akibat rasa tidak enak karena masalah perut. Agar tidak muntah, tidur miring,'' jelas spesialis kebidanan dan kandungan RS Mitra Keluarga Surabaya itu.

    Ibu hamil sebaiknya tidak khawatir bayi dalam kandungan merasa tak nyaman atau terancam bahaya. Sebab, tubuh ibu diciptakan begitu unik sehingga dapat memberikan perlindungan. ''Apalagi, janin dalam kandungan mengapung dalam cairan ketuban dan mempunyai ruang untuk bergerak bebas,'' katanya.

    Tidur dengan posisi tengkurap aman buat ibu hamil. Tapi, biasanya, pada kehamilan trimester pertama, mulai terjadi pembesaran payudara. Lagi pula, payudara lebih sensitif. Karena itu, timbul ketidaknyamanan saat tidur dalam posisi tengkurap.

    Ketika perut mulai membesar pada awal trimester kedua, tidur dengan posisi tengkurap sangat tidak nyaman. Sebab, paha perlu disokong bantal untuk dapat tidur tengkurap. ''Faktor fisiologis atau bentuk badan ibu hamil paling berpengaruh pada trimester kedua hingga masa persalinan,'' tutur Amang.

    Tidur dengan posisi terlentang tidak dianjurkan setelah kehamilan 16 minggu. Sebab, tidur dengan posisi terlentang berarti meletakkan seluruh berat rahim ke tubuh bagian belakang, usus, dan vena cava inferior (pembuluh darah besar). Tidur dengan posisi terlentang juga meningkatkan risiko sakit pinggang, wasir, dan gangguan pencernaan. Selain itu, lanjut Amang, mungkin saja pernapasan dan sirkulasi terganggu. Posisi tidur terlentang pada trimester kedua dan ketiga juga memengaruhi tekanan darah. ''Pada beberapa kasus, tidur terlentang mengakibatkan penurunan tekanan darah. Efeknya, ibu hamil mudah pusing,'' tambahnya.

    Menurut Amang, posisi miring ke kiri paling dianjurkan. Pada posisi itu, janin mendapat keuntungan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta. Vena besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan tulang belakang mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Posisi tersebut juga membantu ginjal membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu. Efeknya, pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, dan tangan ikut berkurang. ''Sebaliknya, tidur miring ke kanan juga bagus untuk calon bayi,'' jelasnya. (ai/c6/nda)

    sumber:jawapos
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    aero Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    157
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    cepet amat ni TS. padahal baru liat berita tadi pagi di jawapos. sayang kagak ada picnya
     
  4. Offline

    simomone Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,591
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,184 / -0
    oh jadi tidur miring lebih baik bagi ibu hamil :niceinfo:

    kalo orang biasa kan yang paling bagus tidur dalam posisi terlentang..
     
  5. Offline

    orbitalstar Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 1, 2011
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +8 / -0
    iyahhh bgs bgt bt wanita hamil..
    klo telentang malah ktnya bkin sesak nafas
    soalnya pert lbh tinggi dr dada jd bkin nafas sesak klo srg telentang..ntah itu bnr ap gak..hehehehehhe
     
  6. Offline

    arcanine Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    542
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,998 / -0
    Bagus2 aja kk, di banding tidur tengkurep, miring ke kanan lebih baik :hmm:
    CMIIW
     
  7. Offline

    fiolegend Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +252 / -0
    harus ane inget nih,,
    biar nanti klw ane dah nikah,,,
    bisa kasih tw ke bini ane nih,,,
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.