1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other [Hall of Fame] Jejak Perjalanan Lounge Taman Flora Fauna

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by shinigamidika, Apr 19, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Nisa_K1 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 13, 2012
    Messages:
    6,182
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +2,095 / -0
    View attachment 80793 Taman 41 - Panda Besar (Ailuropoda melanoleuca) View attachment 80793




    KLASIFIKASI​




    Kingdom: Animalia
    Filum: Chordata
    Kelas: Mammalia
    Ordo: Carnivora
    Famili: Ursidae
    Genus: Ailuropoda
    Spesies: A. melanoleuca



    Deskripsi

    Panda Besar / Ailuropoda melanoleuca ("Kaki-kucing hitam-putih") atau diringkas Panda, adalah seekor mamalia yang biasanya diklasifikasikan ke dalam keluarga beruang, Ursidae, yang hewan asli Tiongkok tengah. Panda Besar tinggal di wilayah pegunungan, seperti Sichuan dan Tibet. Pada setengah abad ke-20 terakhir, panda menjadi semacam lambang negara Tiongkok, dan sekarang ditampilkan pada uang emas negara tersebut.

    Nama China-nya berarti "kucing-beruang," dan juga bisa dibaca dibalik tanpa mengubah arti. Ia dinamai panda di Barat karena mirip dengan Panda Merah, dan dulunya dikenal sebagai Beruang Belang (Ailuropus melanoleucus).
    Meskipun secara taksonomis ia adalah karnivora, makanannya seperti herbivora, sebagian besar tumbuh-tumbuhan, hampir hanya bambu saja. Secara teknis, seperti banyak hewan, panda adalah omnivora (Bisa disebut Karnivora, Omnivora, Herbivora), karena diketahui mereka juga makan telur, dan juga serangga selain bambu. Kedua makanan ini adalah sumber protein yang diperlukan. Telinganya bergerak-gerak saat mereka mengunyah.

    Panda Besar juga masih bersaudara dengan Panda Merah, tetapi mereka dinamai mirip sepertinya karena kebiasaan mereka memakan bambu. Sebelum hubungannya dengan Panda Merah ditemukan pada tahun 1901, Panda Besar dikenal sebagai beruang berwarna dua.
    Selama puluhan tahun, klasifikasi taksonomi panda yang tepat diperdebatkan karena baik Panda Besar maupun Panda Merah memiliki ciri-ciri seperti beruang dan rakun. Namun, pengujian genetika mengungkapkan bahwa Panda Besar adalah beruang sejati dan termasuk keluarga Ursidae. Saudara terdekatnya dalam keluarga beruang adalah Beruang Berkacamata di Amerika Selatan. Sekarang masih diperdebatkan apakah Panda Merah termasuk keluarga Ursidaea tau keluarga rakut, Procyonidae.

    Panda Besar termasuk spesies terancam punah, terancam oleh kehilangan habitat dan tingkat kelahiran sangat rendah, baik di alam maupun di kandang. Sekitar 1.600 diyakini masih hidup di alam. Panda Besar adalah lambang World Wildlife Fund (WWF), organisasi pelestarian alam.








     

    Attached Files:

    Last edited by a moderator: Jun 29, 2013
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Zehel 鹿屋基地 Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    7,954
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,021 / -1
    Taman 42 - Petai Cina (Leucaena leucocephala)​


    [​IMG]


    KLASIFIKASI




    Kerajaan: Plantae
    Divisi: Magnoliophyta
    Kelas: Magnoliopsida
    Ordo: Fabales
    Famili: Fabaceae
    Upafamili: Mimosoideae
    Genus: Leucaena
    Spesies: L. leucocephala



    Sekilas Mengenai Petai Cina

    Lamtoro, petai cina, atau petai selong adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (Leguminosae, polong-polongan), yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi. Berasal dari Amerika tropis, tumbuhan ini sudah ratusan tahun diperkenalkan ke Jawa untuk kepentingan pertanian dan kehutanan, dan kemudian menyebar pula ke pulau-pulau yang lain di Indonesia. Tanaman ini di Malaysia dinamai petai belalang.

    Tumbuhan ini dikenal pula dengan aneka sebutan yang lain seperti pĕlĕnding, peuteuy sélong (Sd.); kemlandingan, mètir, lamtoro dan lamtoro gung (lamtoro besar; untuk varietas yang bertubuh lebih besar) ; serta kalandhingan . Nama-namanya dalam pelbagai bahasa asing, di antaranya: petai belalang, petai jawa (Mly.); lamandro (PNG); ipil-ipil, elena, kariskis (Fil.); krathin (Thai); leucaena, white leadtree (Ingg.); dan leucaene, faux mimosa (Prc.). Nama spesiesnya, leucocephala (='berkepala putih') mengacu kepada bongkol-bongkol bunganya yang berwarna keputihan.




    Pengenalan

    Pohon atau perdu memiliki tinggi hingga 20m; meski kebanyakan hanya sekitar 2-10 m. Percabangannya rendah dan banyak, dengan pepagan berwarna kecoklatan atau keabu-abuan, berbintil-bintil dan berlentisel. Ranting-rantingnya berbentuk bulat torak, dengan ujung yang berambut rapat.

    Daunnya majemuk dan berbentuk menyirip rangkap, siripnya berjumlah 3-10 pasang, kebanyakan dengan kelenjar pada poros daun tepat sebelum pangkal sirip terbawah; daun penumpu kecil, bentuk segitiga. Anak daun tiap sirip 5-20 pasang, berhadapan, bentuk garis memanjang, 6-16(-21) mm × 1-2(-5) mm, dengan ujung runcing dan pangkal miring (tidak sama), permukaannya berambut halus dan tepinya berjumbai.

    Bunganya majemuk berupa bongkol bertangkai panjang yang berkumpul dalam malai berisi 2-6 bongkol; tiap-tiap bongkol tersusun dari 100-180 kuntum bunga, membentuk bola berwarna putih atau kekuningan berdiameter 12-21 mm, di atas tangkai sepanjang 2-5 cm. Bunga kecil-kecil, berbilangan-5; tabung kelopak bentuk lonceng bergigi pendek, lk 3 mm; mahkota bentuk solet, lk. 5 mm, lepas-lepas. Benangsari 10 helai, lk 1 cm, lepas-lepas.

    Buahnya polong berbentuk pita lurus, pipih dan tipis, 14-26 cm × 2 cm, dengan sekat-sekat di antara biji, hijau dan akhirnya coklat kehijauan atau coklat tua apabila kering jika masak, memecah sendiri sepanjang kampuhnya. Buah lamtoro mengandung 15-30 biji yang terletak melintang dalam polongan, berbentuk bulat telur sungsang atau bundar telur terbalik, dengan warna coklat tua mengkilap yang berukuran 6-10 mm × 3-4,5 mm. Bijinya mirip petai, namun berukuran lebih kecil dan berpenampang lebih kecil.




    Asal-usul, anak jenis dan persebaran

    Lamtoro berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, dan dari situ kemudian menyebar luas. Penjajah Spanyol membawa biji-bijinya dari sana ke Filipina pada akhir abad XVI. Dari tempat ini mulailah lamtoro menyebar luas ke pelbagai bagian dunia. Lamtoro ditanam sebagai peneduh tanaman kopi, penghasil kayu bakar, serta sumber pakan ternak yang lekas tumbuh.

    Lamtoro mudah beradaptasi, dan dengan cepat tanaman ini menjadi liar di berbagai daerah tropis di Asia dan Afrika; termasuk pula di Indonesia. Ada tiga anak jenis (subspesies)nya, yakni:

    • Leucaena leucocephala ssp. leucocephala; ialah anak jenis yang disebarluaskan oleh bangsa Spanyol. Di Jawa dikenal sebagai lamtoro atau petai cina ‘lokal’, berbatang pendek sekitar 5 m tingginya dan pucuk rantingnya berambut lebat.
    • ssp. glabrata (Rose) S. Zárate. Dikenal sebagai lamtoro gung, tanaman ini berukuran besar (pohon, daun, bunga, buah) dibandingkan anak jenis yang pertama. Lamtoro gung baru menyebar luas di dunia dalam beberapa dekade terakhir. Serta;
    • ssp. ixtahuacana C. E. Hughes; yang menyebar terbatas di Meksiko dan Guatemala.




     
    Last edited by a moderator: Jul 19, 2013
  4. Offline

    tsabbitminami Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 16, 2010
    Messages:
    1,807
    Trophy Points:
    222
    Ratings:
    +110,373 / -0
    Taman 42 - Ubur-ubur Bulan (Aurelia aurita)​


    [​IMG]


    KLASIFIKASI




    Ubur-ubur (Aurelia aurita)
    Kingdom : animalia
    Filum : coelenterate
    Klas : schyphozoa
    Ordo : decapoda
    Familia : aureliaceae
    Genus : Aurelia
    Spesies : Aurelia aurita



    Deskripsi
    Aurelia aurita merupakan anggota filum Coelenterata, kelas Scyphozoa. Mempunyai bentuk seperti mangkuk dan dikenal sebagai Jelly Fish. Hidup di laut secara planktonik, melayang pada badan air. Hewan ini memiliki lapisan mesoglea yang tebal dan dapat digunakan sebagai sumber nutrisi.

    Pada masa hidupnya, bentuk tubuh medusa lebih dominan dibandingkan dengan bentuk polip. Bentuk polip hanya dijumpai pada waktu larva. Hewan ini memiliki alat kelamin yang terpisah pada individu jantan dan betina. Pembuahan ovum oleh sperma secara internal di dalam tubuh individu betina. Hasil pembuahan adalah zigot yang akan berkembang menjadi larva bersilia disebut planula. Planula akan berenang dan menempel pada tempat yang sesuai. Setelah menempel. Silia dilepaskan dan planula tumbuh menjadi polip muda disebut scifistoma, kemudian membentuk tunas-tunas lateral sehingga tampak seperti tumpukan piring atau strobilasi. Kuncup dewasa paling atas akan melepaskan diri menjadi medusa disebut efira. Selanjutnya efira berkembang menjadi medusa dewasa.
    Ubur-ubur termasuk dalam kingdom animalia, filum cnidaria dan kelas scyphozoan. Nama latinnya Aurelia aurita.
    90% tubuh ubur-ubur terdiri dari air. Ubur-ubur dapat hidup di hampir segala iklim, dan sebagian besar berbahaya bagi makhluk lainnya. Ubur-ubur memiliki struktur yang tembus pandang dan tentakel (organ menyerupai belalai) yang berjuntai dari bagian bawah tubuhnya.

    Ubur-ubur mengalami pergiliran keturunan / metagenesis yaitu perkembangbiakan seksual yang diikuti oleh perkembangbiakan aseksual dalam satu generasi. Pergiliran keturunannya dalah sebagai berikut. Spermatozoid keluar dari lubang mulut medusa jantan dan masuk ke dalam usus medusa betina untuk membuahi telurnya (fertilisasi internal). Hasil pembuahannya adalah zigot. Zigot melekat pada sekeliling mulut, dan tumbuh menjadi larva yang disebut planula. Planula memiliki rambut getar untuk melekat di dasar laut, kemudian rambut getarnya dibuang. Planula lalu tumbuh menjadi polip yang bentuknya seperti terompe, disebut skifistoma, yang memiliki lempeng basalis, mulut, dan tentakel. Kemudian, timbullah sekat-sekat yang disebut strobilla. Tiap buku stobila akan terlepas, disebut efira, dan akan tumbuh menjadi ubur-ubur baru (medusa).

    Pada beberapa spesies, ada cairan beracun di dalam tentakelnya. Ubur-ubur menangkap mangsanya dengan cara menyemprotkan racun ini dan membunuh musuh-musuhnya. Ubur-ubur yang tidak mempunyai racun tentu saja bukan berarti tidak dapat mempertahankan diri. Sebagian di antaranya menggunakan sel yang menghasilkan cahaya untuk melindungi dirinya. Mereka bertindak dengan terencana dan menggunakan metode untuk menyelamatkan diri dari kura-kura laut, burung laut, ikan dan paus, yang semuanya merupakan musuhnya. Saat ubur-ubur berenang melarikan diri dari musuh-musuhnya, seluruh tubuh ubur-ubur memancarkan cahaya. Tetapi, saat musuh mencoba menggigitnya, cahaya di bagian tubuh yang berbentuk lonceng pun padam, dan tentakel yang masih bercahaya dilepaskan dari tubuhnya. Dengan cara ini, musuh-musuh mereka mengalihkan perhatian pada tentakel tersebut. Ubur-ubur mengambil keuntungan dari situasi ini dan segera melarikan diri.

    Ubur-ubur tidak memiliki mata untuk melihat mangsa dan musuhnya, tidak pula memiliki otak. Makhluk ini hanya berupa massa air seperti agar-agar, walaupun demikian dia menjalankan tingkah laku berakal seperti berburu dengan menggunakan berbagai taktik, dan meloloskan diri dari musuh-musuhnya. Jelaslah bahwa pikiran yang menghasilkan cara-cara pemecahan sedemikian tidak mungkin berasal dari ubur-ubur.



     
    Last edited by a moderator: Jul 19, 2013
  5. Offline

    marikyu moonlight :) Moderator

    Joined:
    Jan 26, 2013
    Messages:
    12,229
    Trophy Points:
    215
    Ratings:
    +19,998 / -0
    Taman 44 - Kebun Buah Semangka (Citrullus lanatus)



    [​IMG]




    KLASIFIKASI

    Semangka (Citrullus lanatus)
    Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
    Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
    Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
    Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
    Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
    Sub Kelas: Dilleniidae
    Ordo: Violales
    Famili: Cucurbitaceae (suku labu-labuan)
    Genus: Citrullus
    Spesies: Citrullus lanatus (Thunb.) Matsum.​




    Deskripsi
    Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

    Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitus tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

    Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

    Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.

    Tanaman ini cukup tahan akan kekeringan terutama apabila telah memasuki masa pembentukan buah.




     
    Last edited by a moderator: Jul 19, 2013
  6. Offline

    Rhiezaki Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 3, 2012
    Messages:
    3,855
    Trophy Points:
    187
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,422 / -2
    [​IMG]Taman 45 - Beruang Cokelat (Ursus arctos)[​IMG]

    [​IMG]


    Klasifikasi Ilmiah

    Kerajaan: Animalia
    Filum : Chordata
    Kelas : Mammalia
    Ordo : Carnivora
    Famili : Ursidae
    Genus : Ursus
    Spesies : Ursus arctos


    Deskripsi

    Beruang coklat adalah salah satu jenis beruang. Beruang coklat bisa berbobot 130–700 kg (300–1500 pon). Ada beberapa subspesies beruang coklat, antara lain: Beruang coklat Syria, Beruang coklat Kodiak, Beruang coklat Alaska, Beruang Grizzly dan Beruang coklat Meksiko.

    Beruang Coklat ditemukan di banyak bagian Amerika Utara dan Eurasia, di mana beruang mendiami wilayah berhutan dan pegunungan. Beruang cokelat juga merupakan hewan nasional untuk sejumlah negara di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Beruang coklat cenderung makan pada vegetasi, ikan dan mamalia darat kecil, tapi beruang akan hanya sesekali berburu mamalia besar seperti rusa. Beruang coklat tampaknya tidak menjadi ancaman besar terhadap manusia, meskipun ibu beruang coklat akan melindungi anaknya muda mereka beruang.

    Beruang Coklat umumnya tumbuh menjadi sekitar 2 - 3m tinggi, tampak besar ketika beruang berdiri di atas kaki belakangnya. Beruang coklat sayangnya telah menjadi sasaran taxidermists selama bertahun-tahun mengakibatkan populasi beruang coklat menurun. Saat ini ada lebih di jalan Hak Hewan yang berarti bahwa populasi beruang coklat bisa tumbuh lagi. Beruang cokelat merupakan salah satu spesies terbesar dari beruang dengan hanya beruang grizzly dan beruang kutub sampai ke ukuran yang lebih besar. Kedua beruang grizzly dan beruang kutub bagaimanapun, adalah jauh sub-spesies beruang coklat yang saat ini disesuaikan dengan hidup dalam lingkungan yang berbeda.

    Beruang coklat merupakan predator yang sangat dominan di lingkungannya, dengan ancaman hanya dari pemburu manusia berpose dominasi nyata atas beruang coklat predator hak. Beruang coklat memiliki otot yang sangat besar antara tulang belikat beruang coklat yang membuat beruang coklat berdiri di atas spesies beruang lainnya. Otot bahu besar bahwa beruang coklat memiliki berarti bahwa beruang coklat memiliki lengan sangat kuat dan memungkinkan beruang untuk mematahkan tulang hewan dengan satu babatan sederhana. Beruang coklat memiliki cakar besar dengan cakar yang bisa tumbuh lebih dari 15cm panjangnya.

    Ada diperkirakan sekitar 200.000 orang beruang coklat yang tersisa di alam lebih dari setengah dari yang ditemukan di Rusia. Sekitar 95% dari populasi beruang coklat yang ditemukan di Amerika Serikat adalah di negara bagian paling utara Alaska. Sebagian besar dari beruang cokelat yang mendiami wilayah Kanada yang ditemukan di bagian barat negara itu di pegunungan Rocky.

    Beruang coklat dalam warna sesungguhnya berkisar dari hitam menjadi kuning, kemerahan dan bahkan krem. Di beberapa daerah, beruang coklat tumbuh sebesar beruang kutub sementara di lokasi lain ukuran beruang coklat kurang dari setengah ukuran tersebut.
    Karena perbedaan pada ukuran dan warna tersebut pernah terjadi orang mempercayai bahwa ada banyak spesies beruang coklat yang berbeda, tidak hanya satu. Di belahan bumi utara beruang cokelat sudah lama ditakuti, dikagumi dan bahkan dipuja sebagai raja binatang, sehingga beruang coklat memiliki tempat khusus di cerita rakyat.



    Sub Spesies

    • Beruang Grizzly (Ursus arctos horribilis)
    • Beruang Kodiak (Ursus arctos middendorffi)
    • Beruang Coklat Eropa (Ursus arctos arctos)
    • Beruang Coklat Siberia (Ursus arctos beringianus)
    • Beruang Atlas (Ursus arctos crowtheri)
    • Beruang Gobi (Ursus arctos gobiensis)
    • Beruang Coklat Himalaya (Ursus arctos isabellinus)
    • Beruang Carpathian (Ursus arctos formicarius)
    • Beruang Marsican (Ursus arctos marsicanus)
    • Beruang Grizzly Meksiko (Ursus arctos nelsoni)
    • Beruang Tibet (Ursus arctos pruinosus)
    • Beruang Coklat Suriah (Ursus arctos syriacus)
    • Beruang Coklat Hokkaido (Ursus arctos yesoensis)



    Persebaran Spesies

    Beberapa Beruang Coklat Eropa tetap tinggal di hutan-hutan yang dulunya habitat utama mereka di benua itu. Beruang coklat Eropa tinggal di Pyrenees atau Pegunungan Alpen yang mungkin memiliki bobot 91 kilogram atau kurang. Sedangkan berat beberapa beruang Skandinavia dan Rusia mencapai lebih dari 340 kilogram.
    Beruang Coklat pernah tersebar luas di seluruh Eropa, tetapi hari ini beruang coklat bertahan hidup dalam jumlah yang wajar tinggal di hutan-hutan Skandinavia, Rumania, Rusia dan bekas Yugoslavia, sementara beberapa masih tinggal di Spanyol, Pyrenees dan pegunungan Abruzzi Italia.

    Beruang Coklat Eropa umumnya berukuran kecil, dengan berat antara 45-120kg, dan memakan berbagai tanaman dan hewan kecil. Tidak seperti di Amerika Utara, sangat sedikit pertemuan berbahaya antara manusia dan beruang coklat di Eropa. Beruang-beruang tampaknya telah belajar untuk tetap jauh dari manusia.

    Lebih jauh ke timur di Pasifik, di barat Amerika Serikat, Kanada dan Alaska, beruang coklat dikenal sebagai grizzly, dan lebih tepat sebagai Ursus arctos horribilis.

    Grizzly dewasa jantan bisa mencapai berat 410 kilogram atau lebih. Beruang Kodiak (Ursus arctos middendorffi), adalah yang terbesar dari keluarga beruang coklat, dapat mencapai hingga 680 kilogram.
    Beruang coklat tidak memiliki musuh alami dan karena mereka dapat dengan mudah menemukan makanan mereka sendiri, sehingga mereka tidak membutuhkan bantuan dari kelompok hidupnya.
    Karakteristik Beruang Coklat

    Beruang-beruang cokelat memiliki otot besar di atas bahu mereka sehingga memungkinkan untuk menggali. Kepala mereka yang besar dan bulat dengan profil wajah cekung. Saat tegak, ketinggian beruang coklat mencapai 1,5 sampai 3 meter. Meskipun ukuran beruang besar, beruang coklat bisa berlari mencapai kecepatan hingga 56 km / jam. Beruang coklat memiliki kaki depan sehingga beruang ini dapat berjalan merangkak atau juga bisa hanya menggunakan kaki belakang saja, di mana mereka dapat berjalan di atas telapak kaki mereka seperti manusia.

    Populasi beruang coklat terbesar di Rusia, dengan 120.000 beruang, di Amerika Serikat dengan 32,500 beruang dan Kanada dengan 21.750 beruang. Populasi kecil dari beruang coklat ditemukan di Eropa, termasuk Spanyol, bekas Yugoslavia dan Rusia. Ada sekitar 14.000 beruang coklat di luar kebun binatang di Eropa.

    Tanpa program perlindungan (didirikan tahun 1996), beruang coklat kemungkinan akan mengalami kepunahan di alam liar. Hingga tahun 2005 program perlindungan beruang coklat Eropa berhasil meningkatkan populasi.


    Sumber


     
    Last edited by a moderator: Jul 29, 2013
  7. Offline

    nugrozipho Senpai Gatotkaca

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    9,932
    Trophy Points:
    202
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +35,951 / -4
    [​IMG]Taman 46 - Kelapa (Cocos nucifera)[​IMG]

    [​IMG]


    Klasifikasi Ilmiah

    Kerajaan: Plantae
    Ordo: Arecales
    Famili: Arecaceae
    Upafamili: Arecoideae
    Bangsa: Cocoeae
    Genus: Cocos
    Spesies: C. nucifera


    Deskripsi

    Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

    Pohon dengan batang tunggal atau kadang-kadang bercabang. Akar serabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol, adaptif pada lahan berpasir pantai. Batang beruas-ruas namun bila sudah tua tidak terlalu tampak, khas tipe monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik), berkayu. Kayunya kurang baik digunakan untuk bangunan. Daun merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip, daun bertoreh sangat dalam sehingga nampak seperti daun majemuk. Bunga tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea; terdapat bunga jantan dan betina, berumah satu, bunga betina terletak di pangkal karangan, sedangkan bunga jantan di bagian yang jauh dari pangkal. Buah besar, diameter 10 cm sampai 20 cm atau bahkan lebih, berwarna kuning, hijau, atau coklat; buah tersusun dari mesokarp berupa serat yang berlignin, disebut sabut, melindungi bagian endokarp yang keras (disebut batok) dan kedap air; endokarp melindungi biji yang hanya dilindungi oleh membran yang melekat pada sisi dalam endokarp. Endospermium berupa cairan yang mengandung banyak enzim, dan fase padatannya mengendap pada dinding endokarp seiring dengan semakin tuanya buah; embrio kecil dan baru membesar ketika buah siap untuk berkecambah (disebut kentos).

    Kelapa secara alami tumbuh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m. Ia berasal dari pesisir Samudera Hindia, namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1.000 m dari permukaan laut, namun seiring dengan meningkatnya ketinggian, ia akan mengalami pelambatan pertumbuhan.



    Manfaat

    Kelapa adalah pohon serba guna bagi masyarakat tropika. Hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan orang. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam (dipakai misalnya pada Bandar Udara Soekarno Hatta) oleh Sedijatmo. Kayu dari batangnya, yang disebut kayu glugu, dipakai orang sebagai kayu dengan mutu menengah, dan dapat dipakai sebagai papan untuk rumah.

    Daunnya dipakai sebagai atap rumah setelah dikeringkan. Daun muda kelapa, disebut janur, dipakai sebagai bahan anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yang sangat menarik, terutama oleh masyarakat Jawa dan Bali dalam berbagai upacara, dan menjadi bentuk kerajinan tangan yang berdiri sendiri (seni merangkai janur). Tangkai anak daun yang sudah dikeringkan, disebut lidi, dihimpun menjadi satu menjadi sapu.

    Tandan bunga yang masih muda, yang disebut mayang (sebetulnya nama ini umum bagi semua bunga palma) atau manggar dalam bahasa Jawa, dipakai orang untuk hiasan dalam upacara perkawinan dengan simbol tertentu. Mayang oleh orang Jawa-Mataraman dipakai sebagai bahan pengganti gori dalam pembuatan gudeg dan disebut gudeg manggar. Bunga betina atau buah mudanya, disebut bluluk dalam bahasa Jawa, dapat dimakan. Cairan manis yang keluar dari tangkai bunga, disebut (air) nira atau legèn (bhs. Jawa), dapat diminum sebagai penyegar atau difermentasi menjadi tuak. Gula kelapa juga dibuat dari nira ini.

    Buah kelapa adalah bagian paling bernilai ekonomi. Sabut, bagian mesokarp yang berupa serat-serat kasar, diperdagangkan sebagai bahan bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bagi anggrek. Tempurung atau batok, yang sebetulnya adalah bagian endokarp, dipakai sebagai bahan bakar, pengganti gayung, wadah minuman, dan bahan baku berbagai kerajinan tangan.

    Endosperma buah kelapa yang berupa cairan serta endapannya yang melekat di dinding dalam batok ("daging buah kelapa") adalah sumber penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih dan lunak serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mengandung beraneka enzim dan memilki khasiat penetral racun dan efek penyegar/penenang. Beberapa kelapa bermutasi sehingga endapannya tidak melekat pada dinding batok melainkan tercampur dengan cairan endosperma. Mutasi ini disebut (kelapa) kopyor. Daging buah tua kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas dan cairannya dinamakan santan. Daging buah tua ini juga dapat diambil dan dikeringkan serta menjadi komoditi perdagangan bernilai ekonomis, yang disebut kopra. Kopra adalah bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak menjadi bahan minuman penyegar dan merupakan limbah industri kopra. Namun demikian, cairan ini dapat dimanfaatkan lagi untuk dibuat menjadi bahan semacam jelly yang disebut nata de coco dan merupakan bahan campuran minuman penyegar. Daging buah kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai penambah aroma pada masakan daging serta dapat dimanfaatkan sebagai obat rambut yang rontok dan mudah patah.



    Sumber



     
    Last edited by a moderator: Aug 14, 2013
  8. Offline

    scarlet26 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 17, 2011
    Messages:
    3,682
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +18,878 / -3
    Taman 47 - Semut Peluru (Paraponera clavata)

    [​IMG]


    Klasifikasi Ilmiah


    Kerajaan: Animalia
    Filum: Arthropoda
    Kelas: Insecta
    Ordo: Hymenoptera
    Famili: Formicidae
    Upafamili: Paraponerinae
    Genus: Paraponera
    Spesies: P. clavata


    Deskripsi

    Semut peluru (Paraponera clavata) adalah genus dari Paraponera salah satu spesies semut terbesar di Dunia. Semut peluru mempunyai nama latin (Paraponera clavata). dinamakan Semut Peluru karena mempunyai sengatan yang sangat kuat, seperti ditembak dengan peluru. Spesies ini hidup di hutan hujan tropis di dataran rendah yang berlembab dari selatan Nikaragua sampai Paraguay. Oleh penduduk setempat Semut peluru disebut "Hormiga Veinticuatro" atau "Semut 24 (jam)", karena dari mulai digigit rasa sakit itu akan terasa selama 24 jam.[1] Semut Peluru berukuran 18-25 mm panjang dan kekar berwarna hitam agak kemerahan menyerupai bentuk tawon tanpa sayap


    Umum

    Koloni semut peluru ini terdiri dari beberapa ratus ekor dan biasanya terletak di dasar pohon. Semut Peluru berburu secara individu di atas pohon dan di sekitar sarangnya. Semut pekerja berada dekat sarang untuk menjaga para semut kecil dan mengambil nektar hingga sampai ke ujung pohon. Nektar dibawa ke sarang untuk makanan para bayi semut oleh Semut pekerja menggunakan rahangnya. Para semut pekerja berukuran 18-25 milimeter dan warnanya agak hitam kecokelatan. Sedangkan semut ratu tubuhnya lebih besar hanya mampu memproduksi telur saja. Kaki bagian depan berwarna keemasan, badan dan kakinya berbulu. Tubuh Semut peluru ini lebih mirip seperti bentuk binatang tawon tanpa sayap. Organ Semut peluru ini berada di lambung, yang dapat mengeras bila terjadi bahaya atas dirinya.

    Semut peluru mempunyai racun yang sangat kuat, yang dapat melumpuhkan mangsa mereka atau menyerang demi perlindungannya. Rasa sakit yang disebabkan oleh gigitan semut peluru ini konon lebih besar dari pada Hymenoptera lainnya. Tingkat keparahan dari rasa sakit akibat gigitan semut peluru ini pada sekala 1,0 - 4,0 menurut Schmidt Sting Pain Index. Schmidt Sting Pain Index adalah skala rating rasa nyeri yang disebabkan gigitan Hymenoptera yang berbeda-beda. Rasa sakit ini bisa digambarkan seperti di bakar hidup-hidup, hingga sakit yang berdenyut-denyut itu berlanjut selama 24 jam. Diperkirakan bahwa semut ini telah berevolusi dengan cara menangkis pemangsa yang akan menggali mereka. Untuk mengobati akibat gigitan semut ini kalau dalam keadaan darurat bisa dikompres menggunakan air es dingin, atau menggunakan Poneratoxin (Neurotoxin Pentacosapeptide) mengobati bila terjadi kerusakan pada jaringan kulit akibat luka gigitan semut peluru



    Ritual Semut Peluru

    Di dalam pedalaman hutan Amazon orang-orang suku Satere-Mawe, para pemuda yang mengikuti ritual kedewasaan harus memasukkan tangan ke dalam sarung tangan yang sudah di isi semut peluru tersebut selama 10 menit sampai 20 kali. Mereka harus menderita karena tersengat oleh semut tanpa berteriak. Setelah selesai, tangan anak itu di bagian lengannya tersebut langsung lumpuh sementara karena racun semut peluru. Anak tersebut akan merasakan luka bakar di sekujur tubuh selama 24 jam sampai-sampai tubuhnya goyah dan lemah bila pertahanan tubuhnya lemah atau tidak dalam keadaan fit.


    Sumber



     
    Last edited by a moderator: Aug 22, 2013
    • Like Like x 1
  9. Offline

    MuhammadFajrie Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2012
    Messages:
    1,914
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +10,832 / -0
    Taman 48 - Manggis (Garcinia mangostana L.)


    [​IMG]

    Klasifikasi Ilmiah

    Kerajaan : Plantae
    Divisi : Magnoliophyta
    Kelas : Magnoliopsda
    Ordo : Malphigiales
    Famili : Cusiaceae
    Genus : Garcinia
    Spesies : G. mangostana


    Deskripsi​


    Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.
    Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera.


    Pohon dan Buah​


    Manggis merupakan sebuah pohon tropis yang tumbuh dalam suhu hangat dan stabil, paparan suhu di bawah 0 °C (32 °F) untuk jangka waktu yang lama, umumnya akan membunuh tanaman dewasa. Hortikulturis yang berpengalaman telah menumbuhkan spesies ini di luar ruangan dan membawanya untuk dikembangkan di daerah ekstrim, selatan Florida.
    Manggis bersifat apomiksis obligat, biji tidak berasal dari fertilisasi dan diduga mempunyai keanekaragaman genetik sempit, sehingga diperkirakan manggis di alam hanya satu klon dan sifatnya sama dengan induknya. Kenyataan di lapang menunjukkan adanya keanekaragaman tanaman manggis yang mungkin disebabkan faktor lingkungan mau pun faktor genetik akibat mutasi alami sejalan dengan sejarah tanaman manggis yang telah berumur ribuan tahun. [1]
    Buah manggis muda, dimana tidak memerlukan pemupukan untuk tumbuh (lihat agamospermy), pertama kali akan berwarna hijau pucat atau hampir putih di bawah kanopi. Saat buah membesar selama 2 hingga 3 bulan ke depan, warna kulitnya akan menjadi hijau gelap. Pada periode ini, pertumbuhan ukuran buah dapat meningkat hingga kulitnya berukuran 6-8 cm (2,4-3,1 inchi) dengan diameter luar, akan tetap keras hingga pematangan akhir tiba.
    Sifat kimia dari permukaan bawah kulit manggis terdiri dari berbagai polifenol, termasuk xanthones dan tanin yang menjamin astringent dapat menghambat perhatian serangga, jamur, virus tanaman, bakteri dan pemangsa hewan, pada saat buah belum matang. Perubahan warna dan pelunakan kulit menjadi proses alami yang menunjukkan pematangan buah dapat dimakan dan benih telah selesai berkembang.




     
    Last edited by a moderator: Aug 26, 2013
    • Like Like x 1
  10. Offline

    yurieels Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 28, 2011
    Messages:
    343
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +8,592 / -0
    Taman 49 Taman Air Tawar – BELUT SAWAH (Monopterus albus)


    [​IMG]

    Klasifikasi Ilmiah


    Kerajaan: Animalia

    Filum: Chordata

    Kelas: Actinopterygii

    Ordo: Synbranchiformes

    Famili: Synbranchidae

    Genus: Monopterus

    Spesies: M. albus


    Deskripsi​


    Belut sawah, moa, atau lindung (Monopterus albus) adalah sejenis ikan anggota suku Synbranchidae (belut), ordo Synbranchiiformes, yang mempunyai nilai ekonomi dan ekologi. Ikan ini dapat dimakan, baik digoreng, dimasak dengan saus pedas asam, atau digoreng renyah sebagai makanan ringan. Secara ekologi, belut dapat dijadikan indikator pencemaran lingkungan karena hewan ini mudah beradaptasi. Lenyapnya belut menandakan kerusakan lingkungan yang sangat parah telah terjadi.

    Belut adalah predator ganas di lingkungan rawa dan sawah. Makanannya ikan kecil, cacing, krustasea. Ia aktif di malam hari. Hewan ini dapat mengambil oksigen langsung dari udara dan mampu hidup berbulan-bulan tanpa air, asalkan lingkungannya tetap basah. Hewan ini bahkan mampu menyerap oksigen lewat kulitnya. Kebiasaaannya adalah bersarang di dalam lubang berlumpur dan menunggu mangsa yang lewat. Walaupun berasal dari daerah tropika, belut sawah diketahui dapat bertahan hidup melewati musim dingin dengan suhu sangat rendah. Kombinasi sifat-sifat yang dimiliki belut membuatnya menjadi hewan yang dianggap berbahaya bagi lingkungan yang bukan habitatnya.

    Ukuran maksimum adalah 1m, meskipun yang banyak dikonsumsi paling panjang 40cm. Tidak memiliki sirip, kecuali sirip ekor yang memanjang. Bentuk tubuhnya menyerupai tabung dengan tubuh licin, tanpa sisik. Warna bervariasi, namun biasanya kecoklatan hingga kelabu.

    Hewan betina bersarang di lubang, dan meletakkan telur-telurnya pada busa-busa di air yang dangkal. Jika telur menetas, keluarlah belut muda yang semuanya betina. Dalam perkembangannya, beberapa ekor akan menjadi jantan.

    Belut sawah berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara barat. Belut sekarang bahkan dilaporkan telah menghuni rawa-rawa di Hawaii, Florida, dan Georgia di Amerika Serikat dan dianggap sebagai hewan invasif.

    Belut merupakan jenis ikan yang bisa berubah kelamin (hermaprodit) yaitu dimasa usia muda berjenis kelamin betina, dimasa berikutnya yaitu jika sudah usia tua akan berubah menjadi berjenis kelamin jantan.


    Lingkungan Hidup​


    Belut sawah hidup di daerah persawahan dan parit-parit sawah. Belut sawah hidup di daerah lumpur atau tanah becek sampai kedalaman berkisar 10 cm dengan cara menggali lubang seperti terowongan berliku dengan pola sarang menyerupai huruf U. Belut sawah menyukai media dingin sebagai tempat tinggalnya. Suhu optimal saat budidaya belut sawah berkisar antara 21 – 27 derajat celsius. Apabila mengalami kenaikan temperatur air, maka belut sawah akan meninggalkan tempat tersebut. Belut sawah mampu hidup di perairan dengan kandungan oksigen terlarut rendah, karena belut sawah selain bernapas menggunakan insang juga memiliki alat pernapasan tambahan berupa lipatan-lipatan kulit tipis dalam rongga mulutnya.




     
    Last edited by a moderator: Sep 3, 2013
  11. Offline

    nugrozipho Senpai Gatotkaca

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    9,932
    Trophy Points:
    202
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +35,951 / -4
    [​IMG] ~Taman 50 - Wortel (Daucus carota)~[​IMG]

    [​IMG]



    Klasifikasi Ilmiah


    Kerajaan: Plantae

    Divisi: Magnoliophyta

    Kelas: Magnoliopsida

    Ordo: Apiales

    Famili: Apiaceae

    Genus: Daucus

    Spesies: D. carota



    Deskripsi

    Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih.


    Penggunaan

    Wortel dapat dimakan dengan berbagai cara. Pada wortel mentah hanya 3% β-ririencha yang dilepaskan selama proses pencernaan, proses ini dapat ditingkatkan hingga 39% melalui pulping, memasaknya dan menambahkan minyak sawit. Bisa juga dengan cara di buat jus wortel dan kandungan vitaminnya hampir sama dengan wortel yang dimakan begitu saja.

    Wortel dapat menaikkan jumlah produksi tomat jika ditanam di rumahmu. Jika dibiarkan berbunga, wortel akan mengeluarkan aroma herbal yang menarik tawon predator untuk datang dan membunuh hama kebun.



    Manfaat Wortel Bagi Kesehatan


    • KESEHATAN MATA. Wortel kaya betakaroten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia.
    • KOLESTEROL. Penelitian oleh Robertson dkk menunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%. Begitu juga penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS. Mereka yang makan wortel 5 x seminggu, menurunkan risiko stroke hingga 68%. Sedangkan dari penelitian di Universitas Brussels diketahui vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke. Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut.
    • KANKER. Penelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. Karenanya, beliau menganjurkan agar para perokok mengonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karoten untuk mencegah kanker paru. Ternyata, selain kaknker paru, betakaroten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara. Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya naik 2 - 5 kali lipat.
    • SEMBELIT. Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar.


    Sumber


     
    Last edited by a moderator: Sep 11, 2013
  12. Offline

    miss_shatter_day Superstar Veteran

    Joined:
    Dec 25, 2011
    Messages:
    16,268
    Trophy Points:
    276
    Ratings:
    +257,287 / -0

    Taman 51 - Black Widow Spider
    ~Genus Latrodectus~


    [​IMG]








    [TH="background-color: #000000, colspan: 2, align: center"]Scientific classification[/TH]



















    [TH="background-color: #000000, colspan: 2, align: center"]Species[/TH]


    Kingdom: Animalia
    Phylum: Arthropoda
    Class: Arachnida
    Order: Araneae
    Family: Theridiidae
    Genus: Latrodectus
    Walckenaer, 1805
    Approx. 31, see article

    Laba-laba janda hitam dapat dikenal melalui tanda di perutnya, berwarna merah berbentuk jam pasir pada perut mereka. Mereka dapat ditemukan di daerah beriklim sedang di seluruh dunia.

    Gigitan laba-laba ini jauh ditakuti karena bisanya dilaporkan 15 kali lebih kuat dari ular itu. Pada manusia, gigitan dapat menyebabkan nyeri otot, mual, dan kelumpuhan diafragma yang dapat membuat sulit bernapas, namun bertentangan dengan kepercayaan populer, kebanyakan orang yang digigit tidak mengalami kematian yang serius apalagi kerusakan tubuh. Tapi gigitan bisa berakibat fatal-biasanya untuk anak kecil, orang tua, atau orang sakit. Untungnya, kematian yang disebabkannya cukup langka, laba-laba ini tidak agresif dan menggigit hanya untuk pertahanan diri, seperti ketika seseorang sengaja duduk pada mereka.

    Hewan-hewan paling berisiko menggigit janda hitam adalah serangga dan laba-laba janda hitam jantan. Betina kadang-kadang membunuh dan memakan rekan-rekan mereka setelah kawin dalam perilaku mengerikan yang memberi nama serangga tersebut. Janda hitam sangat baik kepada sesame, kecuali pada musim kawin.

    Laba-laba memintal jaring besar di mana perempuan menangguhkan kepompong dengan ratusan telur. Laba-laba kecil menetas dan meninggalkan telur namun tetap berada pada jarring induknya. Laba-laba janda hitam juga menggunakan jaring-jaring mereka untuk menjerat mangsanya, yang terdiri dari lalat, nyamuk, belalang, kumbang, dan ulat. Janda hitam jantan memiliki bulu halus dikakinya, yang berarti mereka memiliki bulu pada kaki belakang mereka yang mereka gunakan untuk menutupi mangsa mereka dengan sutra setelah telah terperangkap.

    Untuk pakan, janda hitam menusuk mangsanya dengan taring mereka dan mengelola enzim pencernaan ke mayat. Dengan menggunakan enzim, dan taring mereka kertakan, laba-laba mencairkan tubuh mangsa mereka dan menyedot cairan yang dihasilkan

    Sumber :
    1. Wikipedia
    2. Blog melacakalam.wordpress
    3. Animals.nationalgeographic


     
    Last edited by a moderator: Sep 18, 2013
    • Like Like x 1
  13. Offline

    yurieels Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 28, 2011
    Messages:
    343
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +8,592 / -0


    Taman 52 - Taman Bunga Bakung
    [​IMG] Bakung Cahaya Emas (Lilium auratum) [​IMG]




    [​IMG]






    [TH="background-color: #FFFFFF, colspan: 2, align: center"]Klasifikasi Ilmiah[/TH]






















    [TH="background-color: #FFFFF, colspan: 2, align: center"]Nama Ilmiah[/TH]


    Kerajaan: Plantae
    Divisi: Magnoliophyta
    Kelas: Liliopsida
    Ordo: Liliales
    Famili: Liliaceae
    Genus: Lilium
    Spesies: L. auratum
    Lilium auratumLindl.





    [/td]


    Bakung Cahaya Emas merupakan tanaman berumbi dari famili lily. Tersebar di padang rumput dan hutan tepi pegunungan di wilayah Kinki utara dengan pengecualian wilayah Hokuriku dan Hokkaido dan wilayah Kanto, Jepang.

    Tinggi tanaman 1-1.5m dan berbunga sekitar Juli sampai Agustus. Bunga, mekar 1-10 atau lebih dan menyebarkan kelopak dalam menyapu luar. Ukurannya adalah yang terbesar di antara keluarga lily dengan diameter lebih dari 20 cm. Memiliki beberapa coretan kuning, bintik-bintik merah di bagian dalam, dan kelopak dengan warna putih. Dari penampilannya yang sangat cantik, bunga ini disebut sebagai "Raja bunga bakung".

    Pada tahun 1873, dipamerkan dengan lily lainnya di Japan Expo di Wina, dan mendapatkan banyak perhatian di Eropa. Sejak itu, umbi lily adalah salah satu barang ekspor utama di era Taisho. Bunga ini ditetapkan sebagai bunga prefektur Kanagawa.


     
    Last edited by a moderator: Sep 25, 2013
  14. Offline

    Zehel 鹿屋基地 Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    7,954
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,021 / -1

    Taman 53 - Si Dubuk dari Gua Hantu
    Crocuta crocuta


    [​IMG]








    [TH="background-color: #000000, colspan: 2, align: center"]Scientific classification[/TH]



















    [TH="background-color: #000000, colspan: 2, align: center"]Species[/TH]


    Kingdom: Animalia
    Phylum: Chordata
    Class: Mammalia
    Order: Carnivora
    Family: Hyaenidae
    Genus: Crocuta
    Crocuta crocuta

    Dubuk (Crocuta crocuta) atau dubuk tutul, adalah mamalia karnivora dari suku Hyaenidae, yang jumlahnya terbanyak di antara spesies yang sekerabat dengannya. Meskipun daerah persebaran spesies ini selama masa prasejarah mencakup Eurasia dari Eropa Atlantik sampai Cina, sekarang mereka hanya terdapat di seluruh Afrika di sebelah selatan Sahara kecuali Lembah Kongo. Dubuk hidup di sebuah komunitas matriarkal yang disebut klan, yang terdiri sampai 80 individu.

    Meskipun seringkali dianggap sebagai hewan pemakan bangkai yang penakut, sebagian besar dubuk mendapatkan makanan dengan cara berburu hewan ungulata berukuran sedang, dan seringkali berselisih dengan singa mengenai masalah makanan dan wilayah kekuasaan. Mereka termasuk yang tercerdas di antara hewan karnivora, dengan penelitian yang mengindikasikan tingkat kecerdasan sosial mereka setara dengan spesies primata.

    Dubuk biasanya muncul dalam mitologi dan cerita rakyat Afrika, dengan penggambaran sosok yang berbeda-beda, mulai dari pembawa terang, sampai simbol kerusakan moral.

    Sumber :
    Wikipedia






    Template by: miss_shatter_day
     
    Last edited by a moderator: Oct 7, 2013
  15. Offline

    marikyu moonlight :) Moderator

    Joined:
    Jan 26, 2013
    Messages:
    12,229
    Trophy Points:
    215
    Ratings:
    +19,998 / -0
    Taman Bunga Lily of The Valley (Convallaria majalis)
    Bunga Cantik yang Beracun


    [​IMG] [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG] [​IMG]

    [​IMG]




    KLASIFIKASI

    Lily of The Valley (Convallaria majalis)
    Kingdom: Plantae
    Clade: Angiosperms
    Clade: Monocots
    Order: Asparagales
    Family: Asparagaceae
    Subfamily: Nolinoideae
    Genus: Convallaria
    Species: C. majalis



    Deskripsi

    Lily of the valley (Convallaria majalis) adalah bunga musim semi warna putih berukuran sangat kecil dengan bentuk menyerupai lonceng. Bunga ini banyak tumbuh di negara Inggris terutama di bagian utara. Sedangkan makna dari bunga mungil yang cantik ini adalah kepercayaan, pancaran kebahagiaan dan kesucian.

    Lily of the Valley termasuk salah satu yang paling indah dalam keluarga Lily. Bunga-bunganya biasanya berwarna putih walaupun kadang ada juga yang berwarna putih kemerah-mudaan. Pada bulan September bunga ini mengeluarkan buah berry manis di bagian petalnya yang berdiameter 5-7 mm.

    Lily of the Valley juga digunakan untuk keperluan pengobatan, dapat mencegah atau menolak racun, digunakan juga sebagai keperluan pengobatan hati dan epilepsy. Kegunaan lain dari bunga ini adalah untuk membuat parfum. Tetapi perlu diingat bahwa bunga Lily of the Valley ini mengandung racun yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak bisa mengakibatkan kematian. Convallatoxin, racun yang terdapat di dalam tumbuhan ini dulu digunakan sebagai keperluan medikasi hati. Walaupun hanya mengonsumsi satu atau dua takaran dari bunganya yang berbentuk lonceng ini tidak akan berakibat fatal, namun apabila dimakan dalam jumlah cukup banyak dapat menyebabkan rasa sakit di mulut, muntah-muntah, keram di seluruh tubuh, dan diare. Racun di bunga ini juga dapat menyebabkan disfungsi jantung dan detak jantung melemah.






     
    Last edited by a moderator: Oct 16, 2013
    • Like Like x 1
  16. Offline

    nugrozipho Senpai Gatotkaca

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    9,932
    Trophy Points:
    202
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +35,951 / -4
    Taman 55 - Ikan Lou han (Amphilophus trimaculatus)







    Ikan Lou Han (bahasa Inggris: Flowerhorn) merupakan salah satu ikan hias terkenal yang dipelihara di dalam akuarium karena warna sisik mereka yang hidup serta benjolan kepala mereka yang berbentuk khas berjuluk "benjol kelam". Aslinya mereka hanya berhabitat di Malaysia danTaiwan, namun saat ini banyak dipelihra oleh penggemar ikan di seluruh dunia. Namun, beberapa kritikus telah mempertanyakan dampak dari program-program penyempurnaan ikan ini.

    Asal Mula
    Progam pengembangbiakan telah dimulai sejak tahun 1993. Orang Malaysia terutama banyak yang mengagumi ikan dengan kepala menonjol, yang dikenal sebagai Karoi atau "kapal perang", ditemukan di bagian barat negara mereka. Dahi sedikit menonjol dan ekor panjang ikan ini berharga untuk para peminat masyarakat Taiwan sebagai tanda pembawa keberuntungan dalam geomansi. Pada tahun 1994, iblis merah Cichlid (genus Amphilophus) yang diimpor dari Amerika Tengah ke Malaysia dan hasil hibrida parrot cichlid yang diimpor dari Taiwan ke Malaysia dan dibesarkan ikan ini secara bersamaan, menandai kelahiran ikan lou han tersebut.

    Pada tahun 1995, perkawinan persilangan diadakan lebih lanjut dengan Human Face Red God of Fortune, yang menghasilkan jenis baru yang disebut Five-Colors God of Fortune. Karena warnanya yang indah, ikan ini menjadi cepat populer. Penyempurnaaan secara selektif terus berlanjut hingga tahun 1998, ketika Seven-Colors Blue Fiery Mouth (yang juga disebut sebagai Greenish Gold Tiger) yang diimpor dari Amerika Tengah, dan hasil perkawinan silangnya dengan Jin Gang Blood Parrot dari Taiwan.[1] Pembelesteran ini akhirnya menghasilkan generasi pertama hibrida flowerhorn Hua Luo Han, yang kemudian diikuti dengan perkenalan flowerhorn berikutnya.


    [TH="background-color: #D3D3A4"]Ikan Lou han[/TH]



    [TH="background-color: #D3D3A4"]Klasifikasi ilmiah[/TH]


    [​IMG]






















    Kerajaan: Animalia
    Filum: Chordata
    Kelas: Actinopterygii
    Ordo: Perciformes
    Famili: Cichlidae
    Genus: Amphilophus
    Spesies: A. trimaculatus
    Kedatangan di Dunia Barat
    Ketika flowerhorn pertama kali diimpor ke Amerika Serikat, hanya ada dua jenis ikan ini yang distribusi, flowerhorn dan Golden Base. Maka dari itu datanglah dua varietas, mereka dengan mutiara (bintik-bintik perak putih pada kulit) dan yang tidak. Golden Base juga memiliki dua varietas, mereka yang pudar dan yang tidak. Di antara segala jenis flowerhorn, yang tanpa mutiara dengan cepat disusul popularitasnya oleh mereka yang mempunyai mutiara, menjadi skala flowerhorns mutiara, atau Zhen Zhu. Dengan Golden Base, yang dikembangkan kulit menjadi keemasan yang menarik ditempatkan pada flowerhorn kulit abu-abu itu.

    Pada tahun 1999, ada empat jenis flowerhorn yang tersedia di pasar Amerika: flowerhorn biasa, flowerhorn skala mutiara, flowerhorn emas, dan fader. Peternak komersial pengkembang biak, dan ikan yang dipilih untuk penampilan tanpa memperhatikan terminologi. Akibatnya, nama menjadi sesuatu yang membingungkan dan jenis keturunan menjadi sulit dilacak.

    Sekitar 2000-2001, berbagai Kamfa muncul. Ini adalah hibrida dari setiap jenis flowerhorn yang disilangkan dengan spesies dari genus Vieja atau dengan Parrot Cichlid jenis apapun. Ini membawa beberapa sifat baru, seperti mulut pendek, ekor terbungkus, mata cekung, dan gundukan yang semakin besar di bagian kepala. Melihat ini, mereka yang membesarkan di Zhen Zhus baik itu peternakan ikan untuk mengembangkan lebih cepat dan menjadi lebih berwarna, untuk bersaing dengan jenis Kamfa.

    Perawatan
    Flowerhorn Cichlid diharuskan untuk disimpan pada suhu air 80–85 °F, dan pH kurang dari 7.4–8.0. Mereka membutuhkan tangki minimum sekitar 20–30 galon untuk tumbuh. Jika agresif dan teritorial, dua atau lebih flowerhorn biasanya tidak disimpan secara berkelompok, tetapi isi tangki mereka dapat dibagi dengan membagi akrilik atau krat telur.

    Kritik
    Kritik juga telah terdengar mengenai flowerhorn, yang sebenarnya merupakan ikan buatan manusia, ke dalam taksa ikan, yang disediakan untuk identifikasi spesies yang ditemukan di alam. Praktek ini dapat membuat identifikasi cichlid semakin sulit. Pembiakan dengan garis keturunan yang murni spesies Cichlid telah terjadi di sejumlah cichlid yang umumnya disimpan untuk tujuan hobi, risiko kerugian adalah tentang material genetik.

    Pengembangbiakan Flowerhorn juga memberikan kontribusi akan permintaan komersial untuk pembuatan ikan jenis baru dan berbeda yang mungkin dapat menyebabkan praktik yang dipertanyakan serta diragukan seperti peternakan untuk kelainan bentuk anatomi (seperti yang terjadi di peternakan ikan mas).
    Flowerhorn telah dikritik oleh beberapa penggemar Cichlid dan pemerhati lingkungan untuk sejumlah alasan. Minat flowerhorn mengakibatkan pemusnahan surplus dan cacat ikan, beberapa yang dibuang di alam liar di Malaysia dan Singapura, di mana mereka mudah beradaptasi dan mengganggu ekosistem sungai dan kolam. Seperti cichlids lainnya, flowerhorn bersifat agresif dan dapat berkembang biak dengan cepat, bersaing dan memangsa ikan asli.
     
    Last edited by a moderator: Oct 16, 2013
    • Like Like x 2
  17. Offline

    fuikisama Superstar Moderator

    Joined:
    Mar 24, 2012
    Messages:
    17,867
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +22,843 / -179
    Taman 56 ~ Epiphyllum "The Queen of Night" Anguliger (Wijayakusuma)







    Deskripsi
    Epiphyllum anguliger, umumnya dikenal sebagai kaktus fishbone, adalah spesies kaktus asli India, Meksiko. Spesies ini umumnya ditanam sebagai tanaman hias karena keindahannya, dan aroma wangi bunganya dimusim gugur. Dikenal juga dikenal sebagai Wijayakusuma (bunga Dewa Wisnu)

    Etimologi
    Spesies ini dinamai demikian karena batangnya yang sangat bergerigi ("anguliger" = "bantalan sudut" ) yang terkadang membentuk persegi panjang yang sempurna.

    Sejarah
    Tanaman ini pertama kali didistribusikan oleh Horticultural Society of London yang memperolehnya dari seorang kolektor, T. Hartweg, pada tahun 1846.

    Asal dan Habitat
    C & S Mexico (Jalisco, Nayarit, Colima, Guerrero, dan Matanego). Tanaman epifit yang tumbuh di hutan ek abadi.

    Sistematika
    Sebuah spesies yang sangat variabel namun berbeda dan pengakuan taksa subspecific tampaknya tidak diperlukan. Yang berkerabat dekat dengan Epiphyllum crenatum dan Epiphyllum laui.

    Budidaya
    Sangat mudah dibudidayakan, epifit yang tumbuh cepat. Membutuhkan kompos yang mengandung banyak humus dan kelembaban yang cukup dimusim panas. Harus disimpan pada suhu 16-25° C (61-77° F), dimungkinkan turun menjadi 10-15° C (50-59° F) untuk jangka waktu singkat. Kondisi terbaik tumbuh di daerah semi - teduh. Berbunga diakhir musim gugur atau awal musim dingin.



    [TH="background-color: #90EE90, colspan: 2, align: center"]Zig Zag Cactus[/TH]





    [TH="background-color: #90EE90, colspan: 2, align: center"]Scientific classification[/TH]































    [TH="background-color: #90EE90, colspan: 2, align: center"]Binomial name[/TH]



    [TH="background-color: #90EE90, colspan: 2, align: center"]Synonyms[/TH]


    [​IMG]
    Photo: Emma Lindahl
    Kingdom: Plantae
    (unranked): Angiosperms
    (unranked): Eudicots
    (unranked): Core eudicots
    Order: Caryophyllales
    Family: Cactaceae
    Subfamily: Cactoideae
    Tribe: Hylocereeae
    Genus: Epiphyllum
    Species: E. anguliger
    Epiphyllum anguliger
    (Lem.) G.Don
    Phyllocactus anguliger Lem.
    Phyllocactus serratus Brongnart
    Phyllocactus angularis Labouret
    Phyllocactus darrahii K.Schumann
    Epiphyllum darrahii (K.Schumann) Britton & Rose


    Sawachika :sedih:

     
    Last edited by a moderator: Oct 28, 2013
    • Like Like x 1
  18. Offline

    Rhiezaki Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 3, 2012
    Messages:
    3,855
    Trophy Points:
    187
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,422 / -2
    Taman 57 - Sarang Nyamuk (Culicidae)









    Deskripsi
    Nyamuk adalah serangga tergolong dalam order Diptera; genera termasuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, Culiseta, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies. Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang; antarspesies berbeda-beda tetapi jarang sekali melebihi 15 mm.

    Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai "Mosquito", berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kata Mosquito bermula sejak tahun 1583. Di Britania Raya nyamuk dikenal sebagai gnats.

    Pada nyamuk betina, bagian mulutnya membentuk probosis panjang untuk menembus kulit mamalia (atau dalam sebagian kasus burung atau juga reptilia dan amfibi untuk menghisap darah. Nyamuk betina memerlukan protein untuk pembentukan telur dan oleh karena diet nyamuk terdiri dari madu dan jus buah, yang tidak mengandung protein, kebanyakan nyamuk betina perlu menghisap darah untuk mendapatkan protein yang diperlukan. Nyamuk jantan berbeda dengan nyamuk betina, dengan bagian mulut yang tidak sesuai untuk menghisap darah. Agak rumit nyamuk betina dari satu genus, Toxorhynchites, tidak pernah menghisap darah. Larva nyamuk besar ini merupakan pemangsa jentik-jentik nyamuk yang lain.


    Reproduksi dan Habitat
    Reproduksi
    Nyamuk mengalami empat tahap dalam siklus hidup: telur, larva, pupa, dan dewasa. Tempo tiga peringkat pertama bergantung kepada spesies – dan suhu. Hanya nyamuk betina saja yang menyedot darah mangsanya. dan itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan makan. Sebab, pada kenyataanya, baik jantan maupun betina makan cairan nektar bunga. sebab nyamuk betina memberi nutrisi pada telurnya. Telur-telur nyamuk membutuhkan protein yang terdapat dalam darah untuk berkembang.

    Fase perkembangan nyamuk dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa sangat menakjubkan. Telur nyamuk biasanya diletakkan pada daun lembab atau kolam yang kering. Pemilihan tempat ini dilakukan oleh induk nyamuk dengan menggunakan reseptor yang ada di bawah perutnya. Reseptor ini berfungsi sebagai sensor suhu dan kelembaban. Setelah tempat ditemukan, induk nyamuk mulai mengerami telurnya. Telur-telur itu panjangnya kurang dari 1 mm, disusun secara bergaris, baik dalam kelompok maupun satu persatu. Beberapa spesies nyamuk meletakkan telur-telurnya saling berdekatan membentuk suatu rakit yang bisa terdiri dari 300 telur.

    Selesai itu, telur berada pada masa periode inkubasi (pengeraman). Pada periode ini, inkubasi sempurna terjadi pada musim dingin. Setelah itu larva mulai keluar dari telurnya semua dalam waktu yang hampir sama. Sampai siklus pertumbuhan ini selesai secara keseluruhan. Larva nyamuk akan berubah kulitnya sebanyak 2 kali.

    Selesai berganti kulit, nyamuk berada pada fase transisi. Fase ini dinamakan “fase pupa”. Pada fase ini, nyamuk sangat rentan terhadap kebocoran pupa. Agar tetap bertahan, sebelum pupa siap untuk perubahan kulit yang terakhir kalinya, 2 pipa nyamuk muncul ke atas air. pipa itu digunakan untuk alat pernafasan.
    Nyamuk dalam kepompong pupa yang cukup dewasa dan siap terbang dengan semua organnya seperti antenaa, belalai, kaki, dada, sayap, perut, dan mata besar yang menutupi sebagian besar kepalanya. lalu kepompong pupa disobek di atas. Tingkat ketika nyamuk yang telah lengkap muncul ini adalah tingkat yang paling membahayakan.

    Nyamuk harus keluar dari air tanpa kontak langsung dengan air, sehingga hanya kakinya yang menyentuh permukaan air. Kecepatan ini sangatlah penting, meskipun angin tipis dapat menyebabkan kematiannya. Akhirnya, nyamuk tinggal landas untuk penerbangan perdananya setelah istirahat sekitar setengah jam.

    Culex tarsalis bisa menyelesaikan siklus hidupnya dalam tempo 14 hari pada 20 °C dan hanya sepuluh hari pada suhu 25 °C. Sebagian spesies mempunyai siklus hidup sependek empat hari atau hingga satu bulan. Larva nyamuk dikenal sebagai jentik dan didapati di sembarang bekas berisi air. Jentik bernafas melalui saluran udara yang terdapat pada ujung ekor. Pupa biasanya seaktif larva, tetapi bernafas melalui tanduk thorakis yang terdapat pada gelung thorakis. Kebanyakan jentik memakan mikroorganisme, tetapi beberapa jentik adalah pemangsa bagi jentik spesies lain. Sebagian larva nyamuk seperti Wyeomia hidup dalam keadaan luar biasa. Jentik-jentik spesies ini hidup dalam air tergenang dalam tumbuhan epifit atau di dalam air tergenang dalam pohon periuk kera. Jentik-jentik spesies genus Deinocerites hidup di dalam sarang ketam sepanjang pesisir pantai.

    Habitat
    Masa pendewasaan dari telur, larva hingga pupa terjadi di air dan berlangsung antara 7 dan 14 hari . hal ini tergantung dari suh da kondisi lingkungan sekitarnya. Sementara proses perubahan pupa atau kepompong menjadi nyamuk berlangsung lebih singkat yakni antara 2 sampai 3 hari. Nyamuk betina yang keluar dari pupa akan langsung terbang berputar putar di sekitarnya untuk mencari nyamuk jantan dan kawin


    Wabah Penyakit
    Kebanyakan kelompok nyamuk modern tidak lagi bergantung kepada racun serangga berbahaya tetapi menjurus kepada organisme khusus yang memakan nyamuk, atau menjangkiti mereka dengan penyakit yang membunuh mereka. Hal-hal seperti itu bisa terjadi walaupun di Kawasan Perlindungan, seperti "Forsyth refuge" dan Seaview Marriott Golf Resort, di mana sekawanan nyamuk utama dilaksanakan dan dipantau menggunakan "killifish" dan belut muda. Kesannya di dokumen dengan menggunakan mikroskop maju bawah air seperti ecoSCOPE. Bagaimanapun, wabah penyakit bawaan nyamuk masih menyebabkan penyemburan dengan bahan kimia yang kurang beracun dibandingkan yang digunakan pada masa lalu.

    Capung, juga dikenal sebagai elang nyamuk merupakan agen pengawal yang berkesan. Larva capung (naiads) memakan jentik-jentik dalam penampungan air sementara capung dewasa pula memburu dan memakan nyamuk dewasa, terutama nyamuk harimau asia yang terbang pada waktu siang. Penyemburan nyamuk bisa memperburuk keadaan dan meningkatkan populasi nyamuk dalam tempo jangka masa panjang sekiranya penyemburan itu melenyapkan capung dan pemangsa almi yang lain.

    Sebagian nyamuk mampu menyebarkan penyakit protozoa seperti malaria, penyakit filaria seperti kaki gajah, dan penyakit bawaan virus seperti demam kuning, demam berdarah dengue, encephalitis, dan virus Nil Barat. Virus Nil Barat disebarkan secara tidak sengaja ke Amerika Serikat pada tahun 1999 dan pada tahun 2003 telah merebak ke seluruh negara bagian di Amerika Serikat.

    Berat nyamuk hanya 2 hingga 2,5 mg. Nyamuk mampu terbang antara 1,5 hingga 2,5 km/jam.

    Pengusir nyamuk biasanya mempunyai kandungan aktif berikut: DEET, sulingan minyak Catnip - Nepetalactone, Citronella atau sulingan minyak eucalyptus.


    Penyebab Gatal
    Nyamuk selalu dapat menemukan sasarannya dengan tepat karena mereka melihat dengan gerakan, panas tubuh, dan bau tubuh. Sewaktu nyamuk hinggap di tubuh dia menempelkan mulutnya yang mirip sedotan disebut juga probosis. Lalu terdapat pisau yang akan merobek kulit korban maju mundur hingga menemukan urat darah, setelah itu baru darah yang ada dihisap. Dalam prosesnya nyamuk juga mengeluarkan air liur yang mengandung antikoagulan untuk mencegah darah yang ia hisap membeku. Proses ini berlangsung cepat dan seolah-olah proses yang terjadi adalah nyamuk menusuk tubuh padahal tidak begitu, nyamuk membedah kita seperti layaknya dokter bedah yang cepat dan akurat. Setalah nyamuk kenyang dia akan mencabut probiosis dan terbang. Air liur nyamuk yang tertinggal di kulit korban akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengganggu, terjadilah proses yang dikenal dengan alergi, dan yang terjadi adalah bentol-bentol dan gatal.



    [TH="background-color: #90EE90, colspan: 2, align: center"]Nyamuk[/TH]



    [TH="background-color: #90EE90, colspan: 2, align: center"]Scientific classification[/TH]

























    [TH="background-color: #90EE90, colspan: 2, align: center"]Subfamilies[/TH]



    [TH="background-color: #90EE90, colspan: 2, align: center"]Diversity[/TH]


    [​IMG]
    Kingdom Animalia
    Phylum Arthropoda
    Class Insecta
    Order Diptera
    Suborder Nematocera
    Infraorder Culicomorpha
    Superfamily Culicoidea
    Family Culicidae
    41 genera
    Sumber:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Nyamuk
    http://en.wikipedia.org/wiki/Mosquito
    http://zonaikan.wordpress.com/2012/05/18/reproduksi-dan-habitat-nyamuk/

     
    Last edited by a moderator: Nov 2, 2013
    • Like Like x 1
  19. Offline

    ryanzpratama Αἰγόκερως Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 19, 2012
    Messages:
    23,675
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +30,474 / -45
    Taman 58 - Buah naga (Hylocereus undatus)









    Deskripsi
    Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.
    Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).


    Varietas
    Nama buah naga merujuk pada buah-buah yang dapat dimakan dari tumbuhan jenis:
    • Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih.
    • Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah.
    • Selenicereus megalanthus dengan kulit buah kuning dan daging buah putih.
    • Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah.


    Morfologi
    Morfologi tanaman buah naga terdiri dari akar, batang, duri, bunga, dan buah. Akar buah naga hanyalah akar serabut yang berkembang dalam tanah pada batang atas sebagai akar gantung. Akar tumbuh di sepanjang batang pada bagian punggung sirip di sudut batang. Pada bagian duri, akan tumbuh bunga yang bentuknya mirip bunga Wijayakusuma. Bunga yang tidak rontok berkembang menjadi buah. Buah naga bentuknya bulat agak lonjong seukuran dengan buah alpukat. Kulit buahnya berwarna merah menyala untuk jenis buah naga putih dan merah, berwarna merah gelap untuk buah naga hitam, dan berwarna kuning untuk buah naga kuning. Di sekujur kulit dipenuhi dengan jumbai-jumbai yang dianalogikan dengan sisik naga. Oleh sebab itu, buah ini disebut buah naga.

    Batangnya berbentuk segitiga, durinya sangat pendek dan tidak mencolok, sehingga sering dianggap "kaktus tak berduri". Bunganya mekar pada awal senja jika kuncup bunga sudah berukuran sekitar 30 cm. Mahkota bunga bagian luar yang berwarna krem, mekar sekitar pukul sembilan malam, lalu disusul mahkota bagian dalam yang putih bersih, meliputi sejumlah benang sari yang berwarna kuning. Bunga seperti corong itu akhirnya terbuka penuh pada tengah malam, karena itu buah naga dikenal sebagai night blooming cereus. Saat mekar penuh, buah naga menyebar bau yang harum. Aroma ini untuk memikat kelelawar, agar menyerbuki bunga buah naga.


    Pembudidayaan buah naga
    Pada umumnya, buah naga dibudidaya dengan cara stek atau penyemaian biji. Tanaman akan tumbuh subur jika media tanam porous (tidak becek), kaya akan unsur hara, berpasir, cukup sinar matahari dan bersuhu antara 38-40° C. Jika perawatan cukup baik, tanaman akan mulai berbuah pada umur 11-17 bulan. Buah naga sangat adaptif dibudidaya di berbagai daearah dengan ketinggian di 0-1200 m dpl. Hal terpenting adalah mendapatkan sinar matahari yang cukup merupakan syarat pertumbuhan buah naga merah.

    Buah naga dapat berkembang dengan kondisi tanah dan ketinggian lokasi apapun, namun tumbuhan ini cukup rakus akan unsur hara, sehingga apabila tanah mengandung pupuk yang bagus, maka pertumbuhannya akan baik. Dalam waktu 1 tahun, pohon buah naga dapat mencapai ketinggian 3 meter lebih. Berdasarkan beberapa sumber, buah naga belum banyak dibudidayakan di Indonesia. Sementara ini, daerah Mojokerto, Jember, Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Ponorogo, Kalibawang, Kulon Progo, Batam dan Bandung merupakan daerah yang telah membudidayakan tanaman ini.


    Manfaat buah naga
    Buah naga merah akhir akhir ini sering disorot sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk membantu mengatasi dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari batang buah naga, daging buah naga, sampai dengan kulit buah naga juga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat. Dokter juga sangat merekomendasikan buah naga merah, sebagai buah konsumsi yang bisa di gunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit.
    Berikut ini beberapa manfaat dari buah naga:
    • Buah naga merah membantu menyembuhkan penyakit kanker, kandungan vitamin kompleksnya, sudah direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker.
    • Mempercantik penampilan, dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, buah naga merah membantu menjaga kesehatan kulit, bahkan buah dan kulitnya juga bisa digunakan sebagai bahan lulur.
    • Karena rasa manis buah naga merah bukan berasal dari glukosa, maka buah naga merah juga bisa untuk membantu menyembuhkan penyakit diabetes.
    • Menjaga kesehatan dan stamina, dengan kandungan antioksidan dan vitaminnya.
    • Mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang, karena buah naga merah mengandung banyak kalsium organik.



    [TH="background-color: #90EE90, colspan: 2, align: center"]Buah Naga[/TH]



    [TH="background-color: #90EE90, colspan: 2, align: center"]Scientific classification[/TH]






















    [TH="background-color: #90EE90, colspan: 2, align: center"]Binomial name[/TH]



    [TH="background-color: #90EE90, colspan: 2, align: center"]Synonyms[/TH]


    [​IMG]
    Kingdom Plantae
    (unranked) Angiosperms
    (unranked) Eudicots
    Order Caryophyllales
    Family Cactaceae
    Genus Hylocereus
    Spesies H. undatus
    Hylocereus undatus
    (Haworth) Britton & Rose​
    • Cactus triangularis aphyllus Jacquin
    • Cereus triangularis major de Candolle
    • Cereus undatus Haworth
    • Cereus tricostatus Gosselin
    • Hylocereus tricostatus (Gosselin) Britton & Rose
    • Hylocereus undatus (Haworth) Britton & Rose

    Sumber:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Buah_naga/
    http://en.wikipedia.org/wiki/Pitaya/
    http://en.wikipedia.org/wiki/Hylocereus_undatus/

     
    Last edited by a moderator: Nov 12, 2013
    • Like Like x 1
  20. Offline

    wewe201002 U see ≠ U know Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 24, 2012
    Messages:
    6,551
    Trophy Points:
    187
    Ratings:
    +7,086 / -81
    Taman 59
    Kutu Busuk a.k.a Bangsat a.k.a Kepinding a.k.a Tinggi a.k.a Tumila
    (Cimex lectularius)


    [​IMG]




    Kutu busuk atau bangsat atau kepinding atau tinggi atau disebut juga tumila adalah serangga parasit dari keluarga Cimicidae. Kutu busuk dikenal sebagai spesies yang meminum darah manusia dan hewan berdarah panas lainnya. Kutu busuk senang tinggal di rumah manusia, khususnya pada tempat tidur.Kutu busuk biasa tinggal dan bertelur di lipatan tempat tidur atau bantal dan tempat-tempat tersembunyi lainnya. Kutu busuk bisa menggigit tanpa disadari korbannya, biasanya ia akan agresif pada malam hari. ia akan menimbulkan bekas gigitannya yang berupa bentol dan terasa gatal serta panas pada korbannya. Serangga parasit ini bisa menimbulkan penyakit ruam-ruam, efek psikologis, dan gejala alergi. Hewan ini beraroma tidak sedap dan sangat menyengat di hidung.

    Keperluan darah
    Kutu busuk perlu darah untuk perkembangannya dari menetas hingga dewasa. Umumnya ia ditemukan di tempat tidur, kursi, atau sofa. Di Indonesia, sampai akhir 1970-an, permasalahan kutu busuk banyak ditemukan di rumah, hotel,dan juga Bus tempat pertunjukan dan lain sebagainya.

    Perkembangbiakan
    Kutu busuk betina bertelur 200 butir (3-4 butir telur setiap harinya). Dalam 5 bulan, kutu busuk berukuran 6-10 mm hingga dewasa. Mampu bertahan hidup hingga 10 bulan.


     
    Last edited by a moderator: Nov 18, 2013
    • Like Like x 2
  21. Offline

    marikyu moonlight :) Moderator

    Joined:
    Jan 26, 2013
    Messages:
    12,229
    Trophy Points:
    215
    Ratings:
    +19,998 / -0
    Taman 60
    Kangkung (Ipomoea aquatica)


    [​IMG]




    Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.), juga dikenal sebagai Ipomoea reptans Poir1. merupakan sejenis tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan di tanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.

    Masakan yang populer yang menggunakan kangkung adalah kangkung goreng belacan.

    Kangkung juga merupakan makanan salah satu spesies hewan Chersina, atau kura-kura..

    Gambaran
    Ada dua bentuk kangkung. Kangkung mempunyai daun yang licin dan berbentuk mata panah, sepanjang 5-6 inci. Tumbuhan ini memiliki batang yang menjalar dengan daun berselang dan batang yang menegak pada pangkal daun. Tumbuhan ini bewarna hijau pucat dan menghasilkan bunga bewarna putih, yang menghasilkan kantung yang mengandung empat biji benih. Terdapat juga jenis daun lebar dan daun tirus.

    Penanaman
    Ada dua jenis penanaman diusahakan: kering dan basah. Dalam keduanya, sejumlah besar bahan organik (kompos) dan air diperlukan agar tanaman ini dapat tumbuh dengan subur. Dalam penanaman kering, kangkung ditanam pada jarak 5 inci pada batas dan ditunjang dengan kayu sangga. Kangkung dapat ditanam dari biji benih atau keratan akar. Ia sering ditanam pada semaian sebelum dipindahkan di kebun. Daun kangkung dapat dipanen setelah 6 minggu ia ditanam.

    Jika penanaman basah digunakan, potongan sepanjang 12-inci ditanam dalam lumpur dan dibiarkan basah. Semasa kangkung tumbuh, kawasan basah ditenggelami pada tahap 6 inci dan aliran air perlahan digunakan. Aliran air ini kemudian dihentikan apabila tanah harus digemburkan. Panen dapat dilakukan 30 hari setelah penanaman. Apabila pucuk tanaman dipetik, cabang dari tepi daun akan tumbuh lagi dan dapat dipanen setiap 7-10 hari.

    Semasa berbunga, pucuk kangkung tumbuh dengan lambat, tetapi pembajakan tanah dan panen cenderung menggalakkan lebih banyak daun yang dihasilkan.

    Kegunaan
    Hampir keseluruhan tanaman muda dapat dimakan. Karena kangkung tua berserat kasar, pucuk yang muda lebih digemari. Ia dapat dimakan mentah atau dimasak seperti bayam. Kangkung sering juga digoreng sebagai cah. Plecing kangkung merupakan menu yang terkenal dari daerah Lombok.



     
    Last edited by a moderator: Nov 26, 2013
    • Like Like x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.