1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Gigi Putih Belum Tentu Bersih

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by ghombalz, Sep 14, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ghombalz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,466 / -0
    [​IMG]

    Memiliki gigi putih bersinar seperti yang sering tampak dalam iklan pasta gigi menjadi dambaan banyak orang, padahal gigi yang berwarna gelap pun masih bisa ditoleransi karena yang terpenting adalah kebersihannya, tidak ada karang gigi atau pun lubang.

    Menyikat gigi merupakan pertahanan nomor satu masalah gigi. Paling sedikit kita harus menyikat gigi sehabis sarapan dan sebelum tidur di malam hari. Menggosok gigi jika dikerjakan dengan benar dapat membuang bakteri dan plak yang paling berperan dalam semua masalah gigi.

    Akan tetapi menurut data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2007, baru 7 persen penduduk yang berperilaku menyikat gigi dengan benar. Ditemukan pula angka keperawatan gigi yang sangat rendah, terjadinya keterlambatan perawatan gigi dan kerusakan gigi yang sebagian besar berakhir dengan pencabutan.

    Cara menyikat gigi yang tidak benar, seperti menggosok terlalu keras atau menggosok gigi dengan sikat yang sudah mekar, menurut drg.Zaura Anggraini tidak ada gunanya. "Bulu sikat yang sudah mekar itu juga tidak efektif dalam membersihkan gigi sehingga masih banyak sisa makanan dan bakteri yang tertinggal," kata dokter yang diakrab disapa Rini itu.

    Menyikat gigi yang benar adalah memegang sikat dengan gagang dalam telapak tangan sementara jempol diluruskan untuk bertindak sebagai penahan. Cara memegang sikat seperti ini membentuk sudut sedemikian rupa sehingga bulu-bulunya mencapai gusi dan sebelah bawah gusi selain permukaan gigi.

    Perlahan, gosokkan sikat gigi dengan gerakan ke depan ke belakang pendek-pendek, tiga gigi saja sekali sikat. Kemudian dengan gerakan memutar pergelangan sedikit, sapukan sikat gigi ke bagian samping gigi untuk membersihkan kotoran dan bakteri dari garis gusi.

    Dokter Rini menambahkan, anak-anak perlu diajari cara menyikat gigi yang benar. "Anak-anak biasanya hanya menggosok gigi bagian depan saja, padahal yang mudah berlubang adalah bagian gigi belakang," papar ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia itu.

    Proses pembersihan gigi yang tidak tuntas sampai ke seluruh permukaan gigi akan menyebabkan timbulnya plak atau koloni kuman yang melekat erat pada permukaan gigi dan gusi. Plak tersebut tidak akan bisa hilang hanya dengan berkumur memakai obat kumur dan harus dibersihkan dengan menyikat gigi.

    "Kuman-kuman itu mengeluarkan zat asam yang menyebabkan gigi berlubang," paparnya di sela acara pancanangan Bulan Kesehatan Gigi Nasional di Bandung, Jawa Barat, Senin (12/9/11).

    Jika sudah terbentuk plak, lama kelamaan akan menjadi karang gigi dan kita harus membersihkannya di dokter gigi. "Menyikat gigi sudah tidak mempan untuk mengatasi karang gigi, makanya lebih baik dicegah dengan menyikat gigi yang benar," imbuhnya.

    sumber
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    youthdynasty Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 16, 2009
    Messages:
    587
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +3,271 / -0
    banyak anak2 yg g tau menyikat gigi dengan benar...
    akibatnya waktu udah remaja...
    gigi2 mereka pada rusak smua...
    kayaknya ini perlu pembekalan sejak dini...
     
  4. Offline

    ardianpinky Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 7, 2011
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    tanya ya,caranya tau gigi bersih apa gak gimana?selain ke dokter gigi tentunya..
     
  5. Offline

    ghombalz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,466 / -0
    setuju gan... tapi yang diberi materi pembekalan jangan anak kecilnya doank..
    tapi juga orang tuanya juga..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.