1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Disease Gangguan Psikosomatik, Merasa Sakit Tapi Ternyata Masalah Jiwa

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by smkosasih, Oct 17, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    Anthony eksekutif muda berusia 34 tahun itu sudah hampir satu tahun merasakan keluhan penyakit yang sering berpindah-pindah. Dia mengeluh merasa pegal-pegal, badannya terasa tidak enak, perut terasa penuh dan mual serta sering merasa seperti keluar keringat dingin. Anthony juga sering merasa dadanya sesak bila bernapas.
    [​IMG]
    Anthony bercerita bahwa ia pernah berobat di bagian penyakit dalam dan telah dilakukan beberapa tes bahkan sampai melakukan CT-Scan dan MRI namun dinyatakan hasilnya semua dalam batas normal.

    Anthony tentunya tidak percaya hal tersebut karena dia merasa ada yang tidak beres dengan dirinya. Teman-temannya mengatakan mungkin dia stres dengan pekerjaan, tapi Anthony selalu menyangkal hal itu.

    Oleh sejawat dokter ahli penyakit dalam, Anthony disarankan untuk datang ke psikiater khususnya yang bergerak di bidang psikosomatik karena mungkin ada problem psikis yang melatarbelakangi keluhannya. Anthony sempat kesal karena saran itu, dia berkata, "Memangnya saya gila Dok?!".

    Hal itu dikarenakan dia merasa kehidupannya baik-baik saja. Bilapun ada masalah, Anthony memang cenderung lebih menyimpannya sendiri dan tidak pernah membicarakan dengan orang lain bahkan dengan istrinya sekalipun. "Saya memang biasa menyimpan apapun kekesalan dan kemarahan saya sendiri," ujarnya kepada dokter penyakit dalamnya.

    Keluhan Psikosomatik

    Kasus seperti di atas sebenarnya sering ditemukan di praktek dokter umum dan spesialis. Pasien dengan keluhan fisik yang sangat banyak dan sering berganti-ganti setiap minggunya, biasanya datang pertama kali ke tempat praktek dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam.

    Dokter biasanya akan memeriksa fisik pasien dengan keluhan seperti ini dan menyarankan beberapa tes penunjang. Tapi hampir tidak pernah ditemukan kelainan fisik yang mendasari keluhannya. Begitu juga dengan hasil tes penunjang seperti laboratorium, radiologi (rontgen, CT-Scan atau MRI) atau bahkan sampai endoskopi, tidak ditemukan kelainan pada pasien.

    Bila sudah begini biasanya dokter umum atau spesialis lain akan merujuk pasien dengan keluhan seperti ini untuk datang ke psikiater supaya dapat dilakukan evaluasi lebih lanjut. Namun tentunya tidak mudah meminta pasien untuk menuruti saran ini.

    Beberapa di antaranya malah merasa bahwa dokternya tidak mampu mengobati dirinya. Selanjutnya pasien akan mencari dokter lain untuk mencoba mengobati 'penyakitnya' ini. Tidak heran pasien biasanya memiliki rekam medik yang sangat tebal dan mempunyai beberapa dokter sekaligus.

    Gangguan Kejiwaan

    Dalam bidang kesehatan jiwa, gangguan psikosomatik sebenarnya termasuk dalam bagian gangguan somatoform. Gangguan ini ditandai dengan adanya suatu keluhan fisik yang berulang yang disertai dengan permintaan pemeriksaan medis, meskipun sudah berkali-kali dilakukan dan hasilnya normal. Setidaknya pun ada gangguan fisik maka gangguan tersebut berbeda atau tidak dapat menjelaskan keluhan yang dikemukakan pasien. Jelasnya gangguan psikomatik adalah gangguan fisik yang diakibatkan masalah-masalah kejiwaan.

    Biasanya gejala ini ada hubungannya dengan konflik dan perkembangan psikologis dari pasien, namun pasien biasanya menolak gagasan adanya hubungan antara penyakit yang diderita dengan problem atau konflik kehidupannya. Bahkan bila ditemukan adanya tanda depresi atau kecemasan pada pasien, pasien tetap menolak adanya hubungan tersebut.

    Gangguan ini juga sering ditimbulkan pada pasien dengan gangguan kecemasan yang sangat seperti pada gangguan panik. Gejala jantung berdebar sangat sering dikeluhkan oleh pasien gangguan panik. Selain itu juga sering mengalami sesak napas. Kondisi ini juga meresahkan pasien karena ketika diperiksa ternyata tdak terdapat kelainan dalam organ tubuh pasien.

    Apa Yang Harus Dilakukan ?

    Pasien atau keluarga pasien yang mengalami hal ini dapat segera datang untuk bertemu dengan psikiater. Penjelasan tentang bagaimana mekanisme stres berpengaruh ke fungsi tubuh akan membantu pasien dalam memahami gangguan Psikosomatik yang dideritanya saat ini.

    Walaupun dalam pemeriksaan klinis dan penunjang tidak didapatkan keluhan, pasien dengan keluhan ini mengalami suatu disfungsi di sistem saraf pusat terutama di sistem saraf otonom dan jaras hipotalamus pituitary adrenal (HPA Axis). Kondisi ini telah diteliti oleh ilmuwan di Amerika Serikat dan memang berpengaruh terhadap kondisi kesehatan secara umum.

    Pengobatan dengan pendekatan psikoterapi dan penggunaan obat dengan dosis yang tepat dan dalam jangka waktu tertentu akan membantu pasien menghadapi keadaan gangguan Psikosomatiknya dan akhirnya dapat berfungsi secara baik kembali.


    Penulis
    Dr. Andri, SpKJ
    Psikiater Bidang Psikosomatik Medis


    sumber:detikHealth
     
    Last edited by a moderator: Dec 8, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,168 / -0
    Psikosomatik ini sering jadi masalah dalam diagnosis, karena sering kali pasien psikosomatik nggak sadar dirinya mengalami depresi terselubung yg bikin dia sakit2an.
    Makanya psikosomatik ini sendiri dijadikan cabang dari penyakit dalam, selain buat membantu psikiatri.
     
  4. Offline

    fallofthe3rdreich Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,976 / -0
    sbenernya kalo pasiennya kooperatif dokter ga ada masalah melayani pasien2 "doctor shopping"

    kalo dari pengalaman pribadi, seringnya adalah para pengguna askes pns yg karna gratis jadi sering periksa
    nah malesnya disini, sudah berobatnya gratis mintanya aneh2 pula
    kalimat favorit saya (mengutip dari perkataan prof X, guru saya dulu)
    "Yang dokter siapa kamu atau saya"
    setelah itu dijamin pasiennya ga bakal balik lagi

    kalo sejawat psikiater sih enak kerjaannya psikokatarsis (istilah awamnya, mengeluarkan uneg2 pasien) kalo ada pasien kaya gini
    nariknya gila2an lagi ada yg nyampe 200-400rbu/jam

    eh kok malah jadi curhat gini yah.. :maaf:

    Note : sukur avatar si TS dah diganti, pengen :muntah: liat avatar yg kemarin
     
    • Thanks Thanks x 2
  5. Offline

    andirx Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 8, 2012
    Messages:
    576
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +65 / -1
    Menurut g sih semua penyakit itu timbul dari dlm hati,pikiran kalau pikiranya lg kacau biasanya bisa ken apenyakit
     
  6. Offline

    GFA Beginner Members

    Joined:
    Feb 14, 2011
    Messages:
    403
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +1,296 / -0
    Kaya kata pepatah tubuh ama jiwa sebenarnya berhubungan jika pikiran sakit maka akan mempengaruhi kesehatan fisik
     
  7. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,168 / -0
    Menurut info dari ahli psikosomatik (ini dengernya dah agak lama);
    gejala2 psikosomatik/somatoform disorders umumnya ga jauh2 dari "jantung berdebar", "sesak napas", "otot pegal2 serasa gak bertenaga", "sakit perut" atau "sakit kepala" (tapi sakit perutnya atau sakit kepalanya ini susah dijelaskan secara medis dan tidak berpola), dan tidak jauh pula dari gangguan pencernaan.
    Makanya sebagian besar orang yg punya gangguan psikosomatik, selain punya tipe kepribadian pencemas (tipe A), juga mengeluhkan minimal 2-3 dari gejala di atas.

    Yang sulit kalo kebetulan orangnya tidak terlalu menunjukkan kecemasan yang nyata, tapi malah ada semacam "insidious depression" atau seperti yang disebutkan dalam artikel di atas, yaitu adanya "denial" tentang hubungan antara stres dengan gangguan kesehatan nonspesifik dari orang ybs.
    Karena di sini dokter mesti melibatkan keluarga/partner subjek utk mencari tahu penyebab/stressor pemicu gangguan psikosomatik ini, kemudian mengelolanya dgn baik.
     
  8. Offline

    Tiboom Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 24, 2012
    Messages:
    1,373
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +402 / -0
    ternya bener kata" bokap gw :hoho:
    kalo org sakit itu yang penting motivasi buat sembuhnya
    biar obatnya abis ratusan juta,tapi kalo orgnya kga niat sembuh ya kaga bakal sembuh

    kata temen gw istilahnya "loro pikir" / sakit pikirannya :lol:
     
  9. Offline

    alikucing Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 10, 2010
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    kasus ini dengan makin tinggi tingkat stress pada manusia makin tinggi pula frekuensinya...ini ud bbrp x saya jumpai di rumah sakit
     
  10. Offline

    tc_print Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 30, 2011
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    biasanya juga terpengaruh efek sugesti orang-orang disekitarnya. ketika ada yang asam urat, mendadak punya gejala seperti asam urat.... ketika tetangganya ada yang vertigo, menceritakan penyakitnya, mendadak punya gejala yang sama :D
     
  11. Offline

    phantomshadow63 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 12, 2010
    Messages:
    776
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +47,598 / -1
    katanya sih kalo ditanya 1 bagian tubuh dia bilang sakit, trus di tanya bagian tubuh yg lain katanya sakit juga, bagian tubuh ini sakit, bagian tubuh itu sakit, jadi kayak semua bagian tubuh itu bisa sakit semua,,trus biasanya orangnya tu bnyk omong/bnyk cerita tentang sakit didirinya meskipun gak ditanya,,pdhl kalo diperiksain bener2 tu gak ada masalah apa2...makanya sekarang dokter2 jg ngasih konseling/edukasi buat setiap pasien2 mereka...CMIIW
     
  12. Offline

    borrowtime Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 16, 2010
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    biasanya sih orang sakit kayak gini minta perhatiaan sih..
    dan keluhannya sering ga nyambung dengan gejala gejala lainnya..
     
  13. Offline

    madonnalilyify Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 20, 2012
    Messages:
    1,461
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +807 / -6
    hahahha
    penyakit kyk gini nih yg nyerang kalo gw panik or cemas...
    biasanya sih kalo lg stress ato ad deadline bisa kena migren :keringat:
    pas ad moment penting jantung berdebar2 keringat dingin bercucuran :keringat:
    pas mo ujian kalo gk sakit kepala mendadak,,tiba2 mules dan muka pucat :keringat:

    setelah semuanya lewat...eh 'serangan' itu menghilang
     
  14. Offline

    attonk Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    penyakit ini susah susah gampang untuk dikenali terlebih karena pasiennya datang dengan gejala fisik mulai dari ringan sampai berat tapi dari hasil pemeriksaan penunjang tidak didapatkan kelainan. setelah anamnesis / diskusi lebih panjang dengan dokternya baru ketahuan kalo psikosomatis .. sayangnya, banyak dokter yang kurang meluangkan waktunya untuk pasien, ada juga pasien yang habis terima resep langsung pengen ngacir aja dari dokternya.
     
  15. Offline

    frostarrow Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 22, 2011
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    pada gangguan psikosomatik, orangnya ga bohong kalo dia bener2 ngerasain keluhan pada kesehatannya. cuma masalahnya hal yg mendasari keluhannya itu ternyata sifatnya psikologis
     
  16. Offline

    m_michael_w Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 11, 2009
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    namanya gangguan somatoform atao hipokondriasis bro =D
     
  17. Offline

    PNKAMENRIDER Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 25, 2010
    Messages:
    742
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +68 / -0
    aku juga dulu seperti itu masalah kejiwaan yang berlarut lama dan timbul kecemasan, tapi cemasa dlam hal apa aku kgk tau
    dan biaya pengobatannya mahal juga sih ya, tapi kalo yang psikiater ngomong/ ngrobol sejam cuma 25.000. obatnya yang mahal

    kalo ada gejala seperti itu lagi aku sering ngobrol sama orang buat megluarin unek2 ini, kalo nggak gawat bisa depresi lagi
     
  18. Offline

    jaejoong99 Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 10, 2011
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    iya ini kyk sugesti y? contoh yg ane sering alamin kalo ke gores kalo gk di lihat atau gk tau kalo itu ke gores gk akan berasa sakit .
     
  19. Offline

    niquel Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 27, 2010
    Messages:
    151
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +26 / -0
    Hmmm aku jujur aja memang ngerasain semua yang ada di atas... Dan aku juga memang merasakan stress... Tapi keluarga nggak peduli dan nganggap aku bercanda karena aku sering bercanda sama orang2.... Tapi aku nggak tau dimana lokasi psikiater di daerah ku... Dan kadang nggak tau kenapa sering bengong sendiri terus badan aku pas di sentuh rasanya kayak di tusuk pake besi tajam... Padahal waktu di cek badan ku nggak ada yang salah... ada kah yang bisa bantu solusi nya?
     
  20. Offline

    calvaria Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 11, 2009
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +4 / -0
    kalo berobat ke psikiater ntar malu gan..dikira tetangganya orang gila
    bagusnya gmana dong?
     
  21. Offline

    evanjohannes94 Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 7, 2014
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    Tapi pada akhirnya, cara deteksinya gimana dong?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.