1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Fir’aun Manakah Yang Tenggelam di Laut Merah?

Discussion in 'History and Culture' started by AndhikA7X, Aug 16, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    AndhikA7X Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    524
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +340 / -0
    [​IMG]
    Relief Ramesses II

    Kisah mengenai Mukjizat Nabi Musa (Moses) yang membelah Laut Merah dengan tongkatnya untuk menghindari kejaran Fir’aun dan bala tentaranya tentunya sudah tak asing lagi ditelinga kita. Di kitab suci Al-Qur’an dan Alkitab, kronlogi pengejaran dikisahkan begitu gamblang walaupun terdapat sedikit perberbedaan kisah diatara keduanya. Namun yang pasti, kedua kitab suci tersebut mengisahkan kepada kita mengenai akhir yang menggembirakan bagi Musa beserta Kaum Bani Israel karena dapat meloloskan diri dari kejaran Fir’aun beserta bala tentaranya. Dan bagi sang Fir’aun, ia justru menemui ajalnya setelah tenggelam bersama pasukannya di Laut Merah.

    Walaupun Al-Quran dan Alkitab sudah cukup jelas mengisahkan kronologi peristiwa itu terjadi, namun masih terdapat teka-teki mengenai siapa sebenarnya Fir’aun yang memimpin pengejaran terhadap Musa beserta kaum Bani Israel? Al-Quran dan Alkitab tidak menyebutkan secara mendetail siapakah Fir’aun yang dimaksud.

    Fir’aun (Pharaoh) merupakan gelar yang diberikan kepada raja-raja Mesir kuno. Asal usuI istilah Fir’aun sebetulnya merujuk kepada nama istana tempat berdiamnya seorang raja, namun lama – kelamaan digunakan sebagai gelar raja-raja Mesir kuno. Banyak Fir’aun yang telah memimpin peradaban yang terkenal dengan penginggalan Piramida Khufu-nya itu, mulai dari Raja Menes -sekitar 3000 SM, pendiri kerajaan, pemersatu Mesir hulu dan hilir – hingga Mesir jatuh dibawah kepemimpinan raja-raja dari Persia.

    Sejauh ini telah banyak studi yang dilakukan untuk mengidentifikasi siapakah Fir’aun yang sedang berkuasa saat peristiwa keluarnya Musa beserta Bani Israel dari tanah Mesir. Berikut beberapa kandidatnya :

    * Ahmose I (1550 SM – 1525 SM)
    * Thutmose I (1506 SM – 1493 SM)
    * Thutmose II (1494 SM – 1479 SM)
    * Thutmose III (1479 SM – 1425 SM)
    * Amenhotep II (1427 SM – 1401 SM)
    * Amenhotep IV(1352 SM – 1336 SM)
    * Horemheb (sekitar 1319 SM – 1292 SM)
    * Ramesses I (sekitar 1292 SM – 1290 SM)
    * Seti I (sekitar 1290 SM – 1279 SM)
    * Ramesses II (1279 SM – 1213 SM)
    * Merneptah (1213 SM – 1203 SM)
    * Amenmesse (1203 SM – 1199 SM)
    * Setnakhte (1190 SM – 1186 SM)

    Dari daftar beberapa Fir’aun diatas, nama Ramesses II selama ini memang kerap diidentifikasikan sebagai Fir’aun yang sedang berkuasa pada saat itu. Ia merupakan sosok Fir’aun terbesar dan terkuat yang pernah memimpin peradaban Mesir kuno. Ramesses II juga merupakan salah satu Fir’aun yang paling lama berkuasa, yakni 66 tahun lamanya.

    Sifatnya yang kadang tirani terhadap masyarakat kelas bawah, membuat sejarawan banyak yang berspekulasi dengan menyebutkan ia sebagai raja yang memperbudak Bani Israel. Walaupun demikian, tidak ada bukti arkeologi yang benar-benar memperkuat dugaan tersebut. Selain itu periode masa hidupnya juga dikatakan tidak cocok dengan kemungkinan terjadinya peristiwa keluaran.

    Kemudian menilik ke Raja Merneptah – putra Ramesses II – yang berkuasa setelah Ramesses II mangkat, ia juga bukan merupakan Fir’aun yang dimaksud mengingat pada masa pemerintahannya, Merneptah pernah mengatakan bahwa Bangsa Israel telah tiba di tanah Kana’an. Itu artinya, peristiwa keluarnya Musa beserta Bani Israel telah lama terjadi sebelum ia berkuasa.

    Lalu bagaimana dengan Seti I, ayah dari Ramesses II ? Bagaimanapun juga, ahli sejarah Alkitab mengatakan peristiwa keluaran ini terjadi disekitar 1400 SM, itu jauh dari masa pemerintahan Seti I.

    Beberapa Sejarawan yang menggunakan metode penelitian dengan cara mencocokkan kronologi di dalam catatan-catatan peninggalan Mesir Kuno dengan perkiraan waktu keluaran pada kitab suci menyimpulkan, kemungkinan peristiwa itu terjadi saat Mesir kuno dibawah pimpinan Raja-raja Dinasti ke-18.

    Dinasti ke-18 mencakup beberapa raja, yakni Thutmose I (1506 SM – 1493 SM), Thutmose II (1494 SM – 1479 SM), diselingi oleh kepempinan Fir’aun wanita yaitu Ratu Hatsepsut (1479 SM -1458 SM) kemudian Thutmose III (1479 SM – 1425 SM).

    Benarkan Thutmose II Fir’aun yang tenggelam di Laut Merah?
    [​IMG]
    Relief Thutmose II

    Menurut studi yang dilakukan oleh Sejarawan Alan Gardiner, setelah kematian Thutmose I dan masa persinggahannya selama 40 tahun di Madyan / Midian, Musa memutuskan untuk kembali ke tanah Mesir tempat beliau dibesarkan. Allah menugaskan Musa untuk menyampaikan ajaran agama yang hakiki kepada Fir’aun. Pada saat itu, Mesir dipimpin oleh Raja Thutmose II yang memperistri Ratu Hatshepsut.

    Thutmose II, menurut sejarah bukanlah sosok Fir’aun yang hebat, sebaliknya istrinya Hatshepsut yang banyak berperan penting bagi kemajuan kerajaan. Walaupun bukan merupakan sosok pemimpin yang dikatakan berpengaruh, Gardiner tetap meyakini Thutmose II merupakan kandidat terkuat fir’aun yang melakukan pengejaran terhadap Musa beserta kaum Bani Israel. Hal itu dikarenakan banyaknya kecocokan dengan studi sejarah yang ia lakukan.

    Garnier juga menambahakan bahwa di pusara tempat berdiamnya mummi Thutmose II, hampir tidak ditemukan ornamen-ornamen dan benda-benda berharga “semewah” pusara raja-raja Mesir kuno yang lainnya. Ada kesan bahwa raja ini tidak begitu disukai dan dihormati oleh rakyatnya, sehingga mereka tak peduli dengan kematian sang Raja. Selain itu, kematiannya yang mendadak juga menjadi salah satu alasannya.

    Penelitian terhadap Mummi Thutmose II yang ditemukan di situs Deir el-Bahri pada tahun 1881 mengungkapkan bahwa terdapat banyak bekas cidera di tubuhnya, dan Mummi-nya ditemukan tidak dalam kondisi yang bagus. Hal ini mungkin menandakan Thutmose II mati secara tidak wajar. Apakah cidera di tubuhnya itu akibat hempasan kekuatan gelombang Laut Merah yang secara tiba-tiba tertutup kembali? Wallahu ‘alam Bishawab

    Al-Quran sendiri mengisahkan detik-detik terakhir kehidupan Sang Fir’aun :

    Dan Kami memungkinkan Bani Israel melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Fir’aun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Fir’aun itu telah hampir tenggelam berkatalah ia ;” Saya percaya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israel, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”. ( QS Yunus 90).

    Dari ayat diatas kita dapat mengetahui bahwa Fir’aun mencoba memohon kepada Allah agar ia diselamatkan ketika air mengenggelamkan raganya. Namun sangatlah jelas bahwasannya tindakan Fir’aun hanyalah suatu kebohongan semata sebagai alasan untuk menyelamatkan dirinya sendiri dari maut.

    Setelah sang Fir’aun tewas pada periode pemerintahannya yang tergolong singkat, besar kemungkinan jalannya roda pemerintahan diambil alih sementara oleh sang Ratu yang tak lain ialah Hatshepsut sebelum akhirnya Thutmose III naik tahta.

    Jika benar Thutmose II merupakan Fir’aun yang dimaksud, ada suatu kemungkinan kronologi sejarahnya menjadi demikian :

    Pertama, Musa dibesarkan dilingkungan kerajaan Mesir saat Thutmose I berkuasa, dan istri Thutmose I yang menemukan bayi Musa saat hanyut di Sungai Nil.

    Kedua, selang puluhan tahun setelah Musa melarikan diri dari tanah Mesir karena ancaman hukuman mati akibat peristiwa terbunuhnya seorang prajurit kerajaan olehnya, ia kembali untuk menyampaikan ajaran Allah kepada Fir’aun. Namun pada saat itu mungkin Thutmose I telah meninggal dan digantikan putranya Thutmose II.
    [​IMG]
    Mummi Thutmose II

    Mengapa Thutmose II Diyakini Sebagai Firaun Yang Tenggelam di Laut Merah Sedangkan Mummi-nya Sendiri Berhasil Ditemukan?

    Pertanyaan diatas memang kerap ditanyakan. Mereka yang bertanya kebanyakan beranggapan bahwa Jasad Fir’aun tidak mungkin berhasil ditemukan apalagi dalam bentuk Mummi, sebab telah tenggelam di Laut Merah bersama bala tentaranya.

    ==================bagian ini didelete karena merupakan quote dari kitab suci agama======================

    Sorry klo Rpost:onion-80:
     
    Last edited by a moderator: Aug 23, 2011
    • Thanks Thanks x 5
    • Like Like x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    stigermorgan Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 16, 2009
    Messages:
    481
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +9 / -0
    ASIKX pertamax Nich

    Kalo dipikir2 emank kagak logis ato mungin musa itu cerita fiksi?????? soalnya ga ada bukti2 fisik yang kongkrit.bangsa mesir juga ga membuat pahatan perihal kejadian ini padahal mereka kan juga udah mengenal catatan sejarah.
     
    Last edited: Aug 16, 2009
  4. Offline

    ngilerman Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2008
    Messages:
    2,782
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +129,236 / -2
    klo ga salah pernah dilakukan pencarian besar"an kan di laut merah.

    nyari bangkai" bekas kereta" perang gitu. dan klo ga salah lagi, ditemukan tapi cmn sedikit ga seperti yang di cerita.

    jadi kemungkinan besar sih ini tuh fakta bkn fiksi

    klo masalah Firaun yg mana yang mati sih ga terlalu ambil pusing deh >,<
     
  5. Offline

    kzha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    1,868
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +7,159 / -0
    emang kebanyakan nganggep Ramses II yg tenggelam di laut merah,..
    walaupun bangsa mesir jaman dulu umumnya politheisme, tapi sepertinya Amenhotep IV itu monotheistik,.

    @stigermorgan
    tulisan bukan satu2nya alat untuk mengetahui sejarah masa lalu,.
     
  6. Offline

    notpatent Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 10, 2009
    Messages:
    337
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,259 / -0
    jadikan semuanya pelajaran
    "kebiadaban dan ketidakadilan" pasti akan lenyap!!!
    ckckckckcckckckckckck
    KALO PEMIMPIN KITA SEKARANG ADIL NDAK ya? wkwkwkwkwk
     
  7. Offline

    KyleSteward Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2008
    Messages:
    1,294
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +82 / -0
    Hmm klo dilihat dr lama berkuasanya emang seharusnya Ramesses II. Klo ga salah firaunnya saat Musa lari dan saat Musa kembali itu masih sama kan :???: Klo sama ga mungkin Seti I diliad dari masa pemerintahan yang hanya 9 tahun. Sementara sampe Musa datang lagi ke mesir 10 tahun lebih mungkin ada
     
  8. Offline

    uchiha_stasezz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 15, 2009
    Messages:
    2,016
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +9,554 / -0
    bnr g jg setuju..
    emang qlo d liat dari jangka waktu pemerintahan na c, ramses II..

    tapi bukan na waktu Musa lari, trus kembali, Musa na dah beda y ?? soal na pas lari Musa na dah belah lautan & firaun na mati d laut merah... ?? :belajar:
     
  9. Offline

    ayamgoreng Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,361
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,298 / -0
    keyennn bror artikel nya mantapp itulah ke hebatan Allah
     
  10. Offline

    kulocaki Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 1, 2008
    Messages:
    5,006
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +49,652 / -2
    iya setuju!!!
    wa juga pernah baca tapo wa lupa dimana klo mumi yg ditemukan itu jasadnya terdapat kandungan garam na... ini sudah cukup membuktikan klo dia pernah tenggelam di laut.
     
  11. Offline

    Kerrigan Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 12, 2008
    Messages:
    1,276
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +938 / -0
    gw baca di tafsir Al-Qur'an katanya sih Mernepthah :???:

    Wallahua'lam
     
  12. Offline

    eflaze Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,321
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +1,705 / -0
    yang berlalu biar lah berlalu...
    kebesaran...kekuatan dan kemahatauan hanya miliki NYA
     
  13. Offline

    ilcloud Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    5,401
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +7,306 / -0
    bukannya officialnya ramses II?
     
  14. Online

    chewae Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +4 / -0
    iyaa.. apakah ada manuskrip dari mesir yang bercerita tentang perbudakan Israel.. khan tu lama to masak gak ada sama sekali...?
     
  15. Offline

    1c4ru5 Senpai Regional Leader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,690
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,791 / -1
    prnh bca ktnya ramses 2 ya??cma gk tw dhe
     
  16. Offline

    bonchez Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +44 / -0
    apalah arti darisebuah nama.... yg penting jgn men-Tuhan-kan diri daripada mati ngenes trus dipajang akakakak
     
  17. Offline

    dana12pm Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 18, 2010
    Messages:
    371
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +31,338 / -0
    Iya juga..
    Masalahnya kejadiannya pun terlalu lama..
    Dan hasil penelitian pun terkadang terbantah oleh penemuan yang lebih baru..
    :niceinfo: :piss:
     
  18. Offline

    pangerankelinci Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 17, 2010
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    baru tau juga nih ada penjabarannya....
     
  19. Offline

    wil_ly Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 30, 2010
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    astaga...akhirnya baru percaya tuhan..:yareyare::yareyare:

    pantas aja dia kena hukum tuhan di :dead: dengan cara ditenggelamin di laut merah...
     
    Last edited by a moderator: Jan 6, 2012
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  20. Offline

    hyakushiki Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    3,445
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,867 / -0
    kalo yg aku baca dari j4w4 pos minggu2 ini.. ada wartawan nya yg menulis tentang perjalanannya di sepanjang sungai nil, dia sempat mampir ke museum kairo dan ke makam raja2 firaun di lembah luxor, dan disana ada makam piramida Ramses II dan Ramses II memang firaun terbesar di sejarah mesir, menurutku ramses tewas di laut kemudian tubuhnya dihanyutkan ke tepi laut agar mayatnya bisa dimumikan sebagai bukti adanya mukjizat terbelahnya laut merah :sembah:
     
  21. Offline

    Remones Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2010
    Messages:
    572
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +332 / -0
    :???: jadi Ramsses II yang kecebur di laut merah,
    ato yang mana nih?
    ko membuat pertanyaan yang bikin tambah bertanya tanya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.