1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Fenomena Mudik di INDONESIA yang Unik..!!

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by Hktoyshop, Aug 21, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Hktoyshop Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,786
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,909 / -0
    Mudik adalah kegiatan perantau untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa, Mudik boleh dikatakan sebuah tradisi yang mutlak harus dilaksanakan. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. (wikipedia indonesia).

    Mudik diambil dari kata "udik" yang berati kampung atau jauh dari kota.
    entah sejak kapan tradisi mudik pulang kampung di indonesia dimulai. Namun menurut budayawan Jacob Soemardjo, mudik merupakan tradisi primordial masyarakat petani Jawa yang sudah mengenal tradisi ini jauh sebelum berdiri Kerajaan Majapahit untuk membersihkan pekuburan dan doa bersama kepada dewa-dewa di kahyangan untuk memohon keselamatan kampung halamannya yang rutin dilakukan sekali dalam setahun. Kebiasaan membersihkan dan berdoa bersama di pekuburan sanak keluarga sewaktu pulang kampung sampai saat ini masih banyak ditemukan di daerah Jawa.

    Budaya mudik adalah suatu nilai sosial positif bagi masyarakat Indonesia, karena dengan mudik berarti masyarakat masih menjunjung nilai silaturahmi antara keluarga.
    acara mudik khususnya menjelang lebaran bukan hanya menjadi milik umat muslim yang akan merayakan idul fitri bersama keluarga, namun telah menjadi milik "masyarakat indonesia" seluruhnya. karena pada dasarnya bersilaturahmi adalah hakikat dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. karena manusia sebagai makhluk sosial tidak akan dapat hidup tanpa orang lain, meskipun manusia adalah juga makhluk individu yang berhak menetukan tujuan hidupnya sendiri.


    Selain untuk bersilaturahmi, mudik juga digunakan sebagai momen untuk menunjukkan sebuah eksistensi para pemudik kepada orang lain. Dengan bertemu sanak keluarga, mereka bisa menunjukkan sampai sejauh mana hasil jerih payah mencapai taraf hidup di perantauan. meskipun ajang "pamer" ini cenderung berdampak negatif. para perantau rela menghamburkan tabungannya, jerih payahnya selama di rantau untuk menunjukkan "keberhasilan" kepada keluarga dan tetangga. tak heran dealer handphone dan motor/mobil sangat laris menjelang hari lebaran.

    Sebenarnya pulang kampung bukan hanya terdapat di Indonesia, di masyarakat eropa atau amerika pun, mereka memiliki tradisi berkumpul makan bersama keluarga besar di malam natal. meskipun mobilisasi yang ada tak sehebat "pulang kampung" di indonesia. diperkirakan mobilitas mudik di indonesia, adalah mobilisasi penduduk terbesar di dunia setiap tahunnya.
    hal ini juga berarti masih pekatnya sentralisasi pembangunan, pemerintahan, dan ekonomi Indonesia di Jakarta. Pegawai swasta, pegawai pemerintah, anak kuliah, pembantu rumah tangga, semuanya pulang ke kampung halaman dari jakarta, seolah identik bahwa jakarta adalah ladang sumber penghidupan.
    Pemerintah harus mulai memikirkan pemerataan pembangunan. supaya beban urbanisasi bisa ditekan.


    Ribuan orang bahkan jutaan, berbondong2 berebut tiket kereta api, bus, pesawat, kapal laut, travel bahkan rela naik mobil atau motor pribadi semalaman suntuk hanya untuk merayakan hari raya bersama keluarga.
    Saya membayangkan begitu indahnya niat hati orang-orang yang pulang kampung hanya untuk bertemu keluarga. karena ternyata masyarakat kita masih peduli dengan keluarga. sangat ironis memang ketika menyaksikan berita2 kriminal ada, ibu membuang anaknya, anak membunuh orang tua, sesama keluarga saling bertengkar. Sedikit terbayar sudah keprihatinan itu ketika menyaksikan jutaan orang "mati-matian" merindukan keluarga untuk pulang kampung.


    Orang yang mencintai kampung halamannya adalah orang yang tidak lupa darimana dia berasal, lebih filosofis adalah ibarat kacang yang tak lupa akan kulitnya. atau menurut pepatah "Sejauh-jauh burung terbang, akhirnya akan kembali ke sarangnya" oleh karena itu mudik juga dapat digunakan untuk sebuah refleksi diri kembali ke asal, kembali kebelakang, bahkan sampai di masa kecil kita.
    pernahkah terbayang ketika kita di sini saat ini, sedang menggunakan internet, dan terpikir di kampung halaman kita, mungkin masih banyak orang yang tak tahu apa itu internet.
    Ketika kita dengan mudah berkomunikasi dengan handphone, fasilitas hiburan yang beragam, tempat makan yang bervariasi, semuanya mudah dan praktis.
    Sedangkan di tempat lain sangat mungkin orang2 di kampung harus berjuang untuk sekedar hidup yang layak. Tentunya jangan sampai hanya berhenti pada keperihatinan di situ, namun seharusnya ada komitmen untuk membangun kampung halaman kita.

    Lekat dengan budaya kita cerita rakyat Malin Kundang di Sumatera Barat, kisah seorang anak yang lupa akan kampung halamannya, bahkan malu mengakui Ibunya karena sangat miskin. yang kemudian Malin dikutuk menjadi batu yang bersujud.
    dari cerita rakyat tersebut dapat menjadi inspirasi pula, bahwa dengan pulang ke kampung, sungkem dengan orang tua, adalah juga sebentuk kecil bhakti untuk orang tua atau keluarga dengan menunjukkan sedikit keberhasilan di tanah rantau.
    Orang bijak bilang, orang yang berbhakti adalah anak yang memuliakan orang tuanya.



     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Sub_Zero Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 10, 2011
    Messages:
    1,270
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +1,307 / -0
    ko nggak mudik bakal sendirian dah di area kost-an:sepi:
    apalagi cuman sekali setahun mudiknya:sepi:
     
  4. Offline

    ghombalz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,466 / -0
    wah wah wah.....
    .
    tapi kalo di INDONESIA udah wajar... ga usah kaget lagi... tiap tahun juga begini...
    taun depan mungkin lebih brutal lagi...
     
  5. Offline

    nununu Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 24, 2010
    Messages:
    2,088
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +198 / -0
    paling banyak pada pulang mudik ke daerah mana ya ?
    jateng, jatim, atau daerah lain ?
     
  6. Offline

    tr4yzzz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 5, 2008
    Messages:
    667
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +34,061 / -0
    :haha: rela antri panjang dan desak2an demi bertemu keluarga dikampung halaman :top:
     
  7. Offline

    lenthobakar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2011
    Messages:
    623
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +311 / -0
    inilah yg disebut memanfaatkan momentum yg ada....
     
  8. Offline

    Hktoyshop Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,786
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,909 / -0
    iya gan..begitulah mudik.
     
  9. Offline

    manusiaitubebas Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 22, 2011
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    Mudik sih boleh aja.... tp yg bikin sebel pas balik ke jakarta bw sanak keluarga ny ato temen2 ny yg belum pny kerjaan ato kpastian di jakarta tyg ujung2 ny bikin tambah bnyk pengangguran di jakarta....dan yg pasti bikin jakarta makin sumpek..... knp sih mereka ga mau mencoba untuk membangun daerah ny masing2....jd ga numpuk di jakarta....
     
  10. Offline

    Kaito_Kaze Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 30, 2011
    Messages:
    539
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +7,122 / -0
    untung aja lebaran tahun ini saudara yang biasanya mudik keliatannya gak jadi gara-gara kehabisan tiket, jadi lebaran kali ini bia tenang istirahatnya :yahoo:
     
  11. Offline

    winter_winds Mainlander Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 3, 2010
    Messages:
    18,612
    Trophy Points:
    247
    Ratings:
    +46,345 / -297
    nahh itu yg masih sering terjadi sekarang.....:swt:
     
  12. Offline

    Donghoy Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 22, 2009
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -1

    betul bro, belum tentu mereka pendatang hidup lebih baik dijakarta, sudah tau kehidupan jakarta keras dan :hot:
     
    Last edited: Aug 22, 2011
  13. Offline

    Khortdad Beginner Members

    Joined:
    Mar 30, 2011
    Messages:
    239
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +212 / -0
    emang mudik paling parah naek kereta ekonomi. ane pernah dari jogja nyampe jakarta berdiri. :hot:
     
  14. Offline

    tian_1800 Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 5, 2010
    Messages:
    17,371
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +23,088 / -0
    mudik tahun ini pake motor lewat jalan yang sepi :sepi: kaga bakal desak-desakan...
    moga-moga mudik tahun ini bisa lancar :doa:
     
  15. Offline

    2easy4key Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 1, 2011
    Messages:
    527
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +21 / -0
    gila mudik massal.. ntar setelah semua mudik massal.. baliknya jd penuhnya rakyat di kota jakarta.. haha..
    jadi kayak pepatah tenang sebelum ada badai..
     
  16. Offline

    anshar Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 20, 2010
    Messages:
    469
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +15,379 / -0
    kalau para pedagang umumnya orang Sumatera Barat, memilih Mudik setelah Hari Raya Idul Fitri, karna sebelum hari raya lagi panen2 jual beli gan
     
  17. Offline

    Hktoyshop Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,786
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,909 / -0
    bener tuh,,, soalnya orang2 emang lagi pada banyak duit.hehehehe
     
  18. Offline

    hero4dohl Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +3,833 / -0
    mudik adalah masa panen bagi berbagai angkutan transportasi

    hehehehe. bisa panen banyak duid.. aplagi harga tiket n karcis pada naik
     
  19. Offline

    zulfikarfahmi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 20, 2010
    Messages:
    555
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +102 / -0
    ane mudik ke jatim gan
    :haha:
     
  20. Offline

    fuuma22 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    199
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    wew wew wew.....

    kalo di indonesia mah dah wajar banget fenomena mudik kaya gini secara semua orang ngadu nasib di jakarta

    semoga cepat terjadi pemerataan pembangunan jadi ga ada orang2 daerah eksodus ke jakarta
     
  21. Offline

    skyers64ul Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 24, 2011
    Messages:
    491
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,070 / -0
    emg udh tradisi di indonesia mudik mah
    budaya bangsa kita nih :D
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.