1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

fakta menarik tentang lebah..

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by zagazz, Jul 25, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    zagazz Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 21, 2009
    Messages:
    330
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +2,392 / -0
    Banyak sekali jenis-jenis/spesies hewan yang ada di dunia ini,termasuk diantaranya lebah.namun tahukah anda bahwa binatang yang paling fantastis di dunia ini adalah lebah?.

    Lebah adalah ahli arsitektur

    26-10-honeybee

    Mengapa dikatakan seperti itu..? yapz!, karena proses pembuatan sarang nya. Tentunya,anda pernah melihat bentuk dari sarang lebah bukan..? Hal yang mengagumkan tentang lebah madu ini adalah kerjasama di antara mereka dalam membangun kantung-kantung madu ini. Bila seseorang mengamati sarang lebah yang telah jadi, mungkin ia berpikir bahwa rumah tersebut terbangun sebagai blok yang dibuat tunggal.

    Padahal sebenarnya, lebah-lebah memulai membangun rumahnya dari titik yang berbeda-beda. Ratusan lebah mulai menyusun rumahnya dari tiga atau empat titik awal yang berbeda,kemudian mereka baru melanjutkan penyusunan bangunan tersebut sampai bertemu di tengah-tengah. Tidak ada kesalahan sedikitpun pada tempat di mana mereka bertemu.sungguh perhitungan yang tepat!!

    Lebah menghitung besar sudut antara rongga satu dengan lainnya pada saat membangun rumahnya. Suatu rongga dengan rongga di belakangnya selalu dibangun dengan kemiringan tiga belas derajat dari bidang datar. Dengan begitu, kedua sisi rongga berada pada posisi miring ke atas. Kemiringan ini mencegah madu agar tidak mengalir keluar dan tumpah.Dan hasilnya..?bentuk blok hexagonal yang satu sama lain tidak berbeda sudut dan kelebarannya..alias sama besar, menakjubkan bukan??
    Lebah adalah hewan yang mempunyai sistem yang nyaris seperti manusia

    bee

    Salah satu job/pekerjaan dalam dunia lebah adalah “Pemandu” , Lalu apa hubungannya?Bagaimana lebah pencari makan menemukan bunga di wilayah yang begitu luas dibanding ukuran tubuh mereka?Bagaimana mereka menemukan jalan kembali ke sarang tanpa tersesat?

    Bagaimana mereka memberitahu lebah-lebah lain tentang arah sumber bunga? Tatkala kita berusaha menjawab beragam pertanyaan ini, kita akan sampai pada kenyataan yang sungguh menakjubkan.

    Ketika telah menemukan sumber bunga, maka tugas berikutnya dari lebah pemandu ini adalah kembali ke sarang dan memberitahu lebah-lebah lain tentang lokasi di mana ia menemukan kumpulan bunga tersebut.Lalu,ia akan membiarkan lebah-lebah lain mencicipi sedikit nektar yang ia kumpulkan dari bunga untuk memberitahu mereka tentang kualitas nektar tersebut.

    Kemudian,tugas utamanya adalah menjelaskan arah menuju sumber bunga. Ia melakukan ini dengan cara yang sangat unik, yaitu dengan tarian. Lebah pemandu mulai menari di tengah-tengah sarang dengan menggoyangkan badannya. Sulit dipercaya, tapi gerakan dalam tarian ini memberikan lebah-lebah lain informasi tentang lokasi sumber bunga.

    Misalnya, jika tarian berupa garis lurus ke arah bagian atas sarang, maka sumber makanan tepat mengarah ke arah matahari. Jika bunga berada pada arah sebaliknya, lebah akan membuat garis ke arah tersebut. Jika lebah menari ke arah kanan, maka ini menunjukkan bahwa sumber bunga berada tepat sembilan puluh derajat ke arah kanan.

    Tetapi ada satu pertanyaan, lebah menjelaskan arah tersebut berdasarkan posisi matahari, padahal posisi matahari terus berubah. Setiap empat menit matahari bergeser satu derajat ke barat, faktor yang mungkin menurut anggapan orang diabaikan lebah dalam penentuan arah ini.

    Tapi, pengamatan menunjukkan bahwa lebah-lebah ini juga memperhitungkan pergerakan matahari. Ketika lebah pemandu memberitahu arah lokasi bunga, dalam setiap empat menit, sudut yang mereka beritahukan juga bertambah satu derajat ke barat. Berkat perhitungan yang luar biasa ini, para lebah tidak pernah tersesat.

    Lebah pemandu tak hanya menunjukkan arah sumber bunga, tetapi juga jarak ke tempat tersebut. Lama waktu tarian dan jumlah getaran memberi petunjuk kepada lebah-lebah lain tentang jarak ini secara akurat. Mereka membawa perbekalan sari-sari makanan yang sekedar cukup untuk menempuh jarak ini, dan kemudian memulai perjalanan.

    Perilaku mengagumkan dari para lebah ini telah diuji dalam sebuah penelitian di California. Dalam penelitian ini, tiga wadah berisi air gula diletakkan di tiga tempat yang berbeda. Sesaat kemudian, lebah-lebah pemandu menemukan sumber makanan tersebut.

    Lebah pemandu yang mendatangi wadah pertama diberi tanda titik; yang mendatangi wadah kedua ditandai dengan garis, dan yang mendatangi wadah ketiga diberi tanda silang. Beberapa menit kemudian, lebah-lebah dalam sarang tampak mengamati dengan cermat para lebah pemandu ini.

    Para ilmuwan lalu memberi tanda titik pada lebah-lebah yang mengamati lebah pemandu bertanda titik, dan demikian halnya, mereka juga memberi lebah-lebah lain tanda yang sama dengan yang ada pada lebah pemandu yang mereka amati. Beberapa menit kemudian, lebah-lebah bertanda titik mendatangi wadah pertama, yang bertanda garis tiba di wadah kedua dan yang bertanda silang di wadah ketiga.

    Jadi, terbukti bahwa lebah-lebah dalam sarang menemukan arah berdasarkaninformasi yang sebelumnya telah disampaikan oleh lebah-lebah pemandu.Sistem organisasi yang hebat dan sempurna!!
    Sarang lebah adalah tempat paling steril di dunia

    Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian di Arizona, AS. Seekor tikus yang telah mati di taruh dalam sarang lebah yang sudah di bagi menjadi dua bagian,kemudian di ikat dengan tali dan di diamkan selama 1 1/2 tahun sebelum akhirnya di buka kembali. Apa yang terjadi?
    Nyaris tidak ada perubahan pada bangkai tikus tersebut!bau busuk pun tidak tercium sama sekali.Bahkan penelitian ini semakin menguatkan statement bahwa proses pengawetan mumi adalah dengan metode pembalseman menggunakan cairan sarang tersebut.
    Lebah dapat digunakan untuk mendeteksi ladang tambang bahkan mendeteksi keberadaan ranjau.
    Lebah adalah satu-satunya hewan yang mati dengan cara meng-antup lawannya.
    Lebah mempunyai sistem penjagaan di setiap sarang nya.

    Percaya ngga kalau lebah itu punya shift menjaga sarangnya?setiap shift di lakukan oleh 20 lebah. 10 berjaga-jaga di depan sarangnya,dan sisanya bertugas patroli di radius 15-20 meter dari sarangnya. (Waduh,kayak penjagaan sel penjara aja hehe . . .
    Hukum Aerodimanis hampir tidak berlaku pada tubuh lebah

    Kenapa? Sayapnya yang hanya setipis sayap lalat tersebut mampu meng-angkat tubuh bagian belakangnya yang hampir 30x lipat lebih berat. (Ini yang namanya “Berat pasak daripada tiang”
    Madu yang dihasilkan oleh lebah adalah satu-satunya makanan konsumsi yang tidak akan pernah basi.(nb:klo yang dijual di pinggiran mah,biasanya dah di akalin.. makanya basi.).Lalu bagaimana cara membedakan yang asli dan yang tidak asli??

    1. Madu yang tidak asli kemasan nya berupa botol yang terbuat dari bahan kaca.Alasannya adalah,madu yang tidak asli bisa terjadi pengasaman, sehingga tidak berani di kemas dalam bahan plastik. Karena kemasan plastik bisa mengembang dan meledak akibat dari gas hasil pengasaman madu yang tidak asli tsb. (Madu yang asli tidak mempunyai unsur gas)
    2. Cara paling mudahnya,taruh madu anda di sebuah piring datar.. dan goyang-goyangkanlah piring tersebut perlahan kekiri dan kekanan.Akan muncul jejak berbentuk sarang lebah (kotak-kotak segienam). It’s True!!

    Lebah mempunyai sistem kasta yang nyaris seperti kehidupan manusia

    Ada beberapa tingkat kasta pada dunia lebah yaitu :

    1. Ratu Lebah – Tugasnya adalah memproduksi lebah-lebah baru (pemakaian katanya jelek tuh!!)
    2. Lebah Perawat [ Nurse Bee ]
    Lebah perawat adalah lebah pekerja yang khusus merawat ratu lebah dan anak-anaknya atau larva. Mereka bertanggung jawab untuk memproduksi royal jelly, serta memberi makan sang ratu dengan royal jelly, bee pollen dan madu.
    3. Lebah Pencari [ Scouts Bees ]
    Lebah pencari adalah lebah pekerja yang mencari sumber-sumber pollen, nektar dan propolis. Ketika mereka menemukan sumber makanan yang terbaik, mereka akan kembali ke sarang dan menginformasikannya kepada lebah pengumpul. Kemudian, lebah pengumpul pergi untuk mengumpulkan makanan tersebut.
    4. Lebah Pengumpul [ Collector Bees ]
    Ketika mengumpulkan pollen dari bunga-bunga, lebah pengumpul hanya akan mengunjungi tipe bunga yang sama hingga semua pollen habis terkumpul. Pada saat lebah mengumpulkan pollen, ia juga mencampurkannya dengan sedikit madu dari mulutnya dan kemudian membentuk gumpalan pollen yang akan disimpan dalam kantong yang terdapat di kaki lebah.

    Lebah adalah hewan yang menghasilkan makanan bagi makhluk lain,tanpa dia sendiri menjadikan makanan tersebut sebagai konsumsi pribadi. apa itu?? of course… madu!.

    Kini,dengan segala kemampuan dan kelebihan nya tersebut,setujukah anda bahwa hewan tertua yang tak pernah ber-evolusi adalah lebah??

    smoga bermanfaat..:phone::phone:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    PseudoAngel Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    969
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +999 / -0
    baru tau kalo madu digoyang-goyang bisa jadi kayak gitu :D
    thanks,berguna buat gw kalo lagi perlu madu kalo lagi sakit :top:
     
  4. Offline

    blademaster Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    603
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +108 / -0
    Panjang banget dah...........
    Baca dulu.........
    Lain kali kasih pic gas........
    Biar lebih menarik.............
     
  5. Offline

    Dunceney Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 30, 2009
    Messages:
    515
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,654 / -0
    nyoba nggoyangin madu di rumah ah!

    ..... Ups! gak ada segi enam, berarti palsu....
     
  6. Offline

    zagazz Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 21, 2009
    Messages:
    330
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +2,392 / -0
    mff y ady..
    tdi ak buatny d skolah..
    g sempet upload..:boat::boat:
     
  7. Offline

    n_iz_are Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    1,373
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,978 / -0
    gas.... tambar picnya donk....

    da juga ya lebah perawat.... wkwkwkwkw
     
  8. Offline

    zagazz Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 21, 2009
    Messages:
    330
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +2,392 / -0
    ki gaene kesusu yo gan..
    jdi g sempet ngasih pic..
    sori bgt gan.. :onion-69:
    kpan",klo sya buat thread insyallah akn sya ksih pic..
    makasih.. :onion-69:
     
  9. Offline

    uchiha_stasezz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 15, 2009
    Messages:
    2,016
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +9,552 / -0
    wee... sarang lebah bs awetin bangkai y...
    tapi menurut g, harus na jgn nunggu 1 1/2 taon baru d buka, kyk na qlo dlm jngka wkt selama itu bau bangkai na g rasa dah ilang deh, harus na beberapa minggu baru d buka, qlo ga kecium bau bangkai na bearti bnr tuh...

    d goyang2 in bs kyk gitu y ?? coba akh d rm..
    btw thx, jadi bs tw madu mana yg asli & palsu qlo bli kemasan... :hihi:
    nice inpo :top:
     
  10. Offline

    zutara Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,284
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,233 / -0
    ne lebah yg di maksud lebah madu atw lebah yg laen negh ?? jenis lebah ada beberapa bro...
     
  11. Offline

    stigermorgan Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 16, 2009
    Messages:
    481
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +9 / -0
    yang gw denger sich kalo minum madu ga bole pake sendok Metal harus plastik ato kaca katanya bisa menyebabkan efek racun..dan ga boleh diseduh pake air panas karena khasiatnya bisa hancur alias sia2 aja diminum ada bukti nya loech ini
     
  12. Offline

    kzha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    1,865
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +7,159 / -0
    nice inpo bro :top:

    salut gw ama ne makhluk,.

    cara bikin sarangnya itu:
    di rancang hexagonal, karena dengan cara ini maka didapatkan volume(luas) maksimal dengan lilin(keliling) minimal
    derajat kemiringin yg sedemikian rupa 13 derajat,.
    di bangun dari 3-4 tempat terpisah tapi menyatu dengan klop,.
    pake desinfektan,.
    padahal ga nyewa tenaga "arsitek" loh
     
  13. Offline

    meefuu Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    183
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +116 / -0
    mantaf ya lebah tu. baru tau gw ada binatang secanggih itu !!

    kueren...

    eh, nais inpoh broo!!! :smiley_beer:
     
  14. Offline

    zhenzhaa Silent Reader Members

    Joined:
    May 24, 2009
    Messages:
    113
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    wahhh tar di baca dolo dah.....

    Pic nya dund gannn.....:stress:
     
  15. Offline

    jacxow Silent Reader Members

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    Nice inpo, lebah emg canggih bgt
     
  16. Offline

    dolka Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    352
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,306 / -0
    nayz inpow kumendan, baru tau lebah pake kasta, selama ni cm tau ratu lebah ma anak buah ajah :em1100:
     
  17. Offline

    sylar Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    291
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +506 / -0
    oh gtu toh bru tw...kirain cm mnis doang
     
  18. Offline

    shoulang Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    71
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    oww...
    bru tw kalo digoyangin di piring bsa berbentuk sginam...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.