1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Fakta Lain Seputar Nikotin

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by finoeci, Apr 21, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    finoeci Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    2,363
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,495 / -0
    Nikotin selama ini dikenal sebagai zat yang terkandung dalam rokok dan bisa menyebabkan ketergantungan. Tapi ada beberapa fakta lain seputar nikotin yang belum diketahui masyarakat.

    Orang-orang Indian adalah orang yang mengajarkan seluruh dunia untuk merokok. Hal ini diketahui dari ekspedisi Christopher Columbus yang membawa daun tembakau pertama kali yang diberikan oleh kepala Indian ke Eropa.

    Saat itu orang-orang Eropa mudah tertipu dan menggunakan tembakau sebagai obat untuk sakit kepala, kelelahan dan mudah tersinggung.

    Komponen utama tanaman ini yang diberi nama nikotin ditemukan oleh duta besar Prancis Jean Nicot pada pertengahan abad XIV, saat itu masyarakat mempercayai nikotin sebagai obat.

    Tapi setengah abad kemudian baru diketahui bahaya tembakau dan asapnya bagi tubuh manusia, tapi hanya beberapa orang saja yang mampu berkata tidak terhadap tembakau.

    Seperti dikutip dari Buzzle dan nicotinefacts, Senin (19/4/2010) ada beberapa fakta lain mengenai nikotin yang masih jarang diketahui oleh masyarakat, yaitu:

    1. Sebagian besar perokok mempercayai bahwa efek dari rokok bisa membuat tenang.
    Tapi psikolog tidak setuju dengan hal tersebut. Meurutnya bukan pengaruh asap rokok dan nikotin yang menenangkan, melainkan refleks dari mengisap.

    Para dokter menyarankan bagi orang yang mengalami insomnia berat bisa mengonsumsi susu atau cairan lain melalui sedotan, karena efek mengisap ini bisa menenangkan.

    2. Nikotin bisa benar-benar bermanfaat sebagai obat jika digunakan dengan benar dan dosis yang akurat. Namun selama ini orang menggunakan nikotin untuk hal yang berbeda dan dalam dosis yang tinggi.

    3. Dalam American Journal of Psychiatry diketahui bahwa reaksi nikotin dengan oksigen dapat membentuk asam nicotinic. Efek dari turunan senyawa ini bisa bermanfaat bagi tubuh manusia yaitu menenagkan, meningkatkan suasana hati dan merangsang aktivitas otak, fungsi motorik dan memori. Jika molekul nikotin diubah sedemikian rupa tidak akan menyebabkan kecanduan seperti rokok.

    4. Para dokter memiliki istilah wajah perokok, karena kulit orang yang merokok 25-40 persen lebih tipis dibanding non-perokok. Semakin lama seseorang merokok, maka semakin berkurang kadar kolagen dan elastinnya. Namun jika seseorang belum terlalu lama merokok, kulit dan wajahnya bisa membaik.

    5. Psikolog menggolongkan perokok berat sebagai pencari petualangan. Secara sadar atau lebih seringnya tidak sadar, mereka ingin mendapatkan adrenalin yang lebih dan mengabaikan potensi bahaya tak heran banyak iklan rokok yang menggunakan olahraga ekstrim sebagai ilustrasinya.

    6. Sangat sedikit para ibu yang siap untuk melepaskan kebiasaan berbahaya ini bagi kesehatan bayinya. Padahal kebiasaan merokok yang dilakukan oleh ibu bisa berdampak terhadap kesehatan anaknya saat masih di dalam rahim atau tidak, karena dapat menghambat asupan oksigen ke anak.

    7. Sebuah studi menuturkan anak yang mengalami alergi terhadap debu, bulu binatang, alergi makanan, penyakit perut atau rongga gigi bisa disebabkan oleh asap rokok yang terhirup.

    8. Ada berbagai metode yang bisa dilakukan agar bisa berhenti merokok, tapi metode asli yang pertama kali diusulkan oleh seorang desainer Inggris untuk menyapih rokok melalui asbak yaitu dengan menampilkan sesuatu yang seram di asbaknya. Beberapa orang bisa berhenti merokok dengan metode ini, tapi ada juga yang tidak berhasil.

    Sumber

    Smoga bermanfaat... :bye:
     
    Last edited: Jun 2, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    jolma Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 24, 2009
    Messages:
    102
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +130 / -0
    wah berarti bukan masalah ngerokok dong buat manusianya
    tapi sensasi menghisapnya ya bro?
    asap rokok lebih berbahaya!!!
     
  4. Offline

    1nuy45h4 Beginner Members

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    kapan ya ada peraturan dilarang merokok disemua tempat...? :rokok:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.