1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Etika Dalam Dunia Maya

Discussion in 'Lifestyle' started by didietz_ultima, Sep 12, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    didietz_ultima Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 23, 2010
    Messages:
    807
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,884 / -0
    Facebook dan Twitter? Siapa yang tak mengenalnya? Facebook dan Twitter merupakan jejaring sosial yang paling digemari saat ini. Tidak hanya remaja tapi hampir semua orang. Memiliki akun pada jejaring sosial tersebut memang tidak masalah, selama semuanya dipergunakan dengan baik dan benar oleh si pengguna.

    Namun, walupun kita sudah menggunakan akun pada jejaring sosial tersebut dengan baik dan benar, kadang juga kita sering terkena masalah akibat penggunaan jejaring sosial. Hal ini tidak hanya pada jejaring sosial. Forum-forum internet seperti Indowebster serta Kaskus, chatting, e-mail (lebih sering pada maillist) bahkan blog, juga sering terjadi permasalahan yang didasari pada isi posting (tulisan, foto, video) dari pengguna. Penyebab utama dari permasalahan yang sering kita temui antara lain akibat kurangnya etika pengguna akun dalam dunia maya, baik dari diri sendiri maupun orang lain.

    Tata krama dan kesopanan tidak hanya berlaku di dunia nyata, dunia maya juga memerlukan kesadaran dan perilaku sopan yang sama. Berikut ini beberapa langkah yang sebaiknya dipatuhi di dunia maya saat berkomunikasi dengan orang:


    1. Tidak membuang waktu.
      Rata-rata pengguna facebook enggan terlepas dari komputer, laptop, handphone, dan gadget yang mampu mengakses facebook. Banyak waktu terbuang di depan komputer. Aturlah waktu, jangan sampai sia-sia hanya di depan komputer. Seringkali pengguna akun tidak menghiraukan interaksi sosial di lingkungan sekitar karena terlalu sibuk di dunia maya. Yang perlu diingat bahwa dalam berkomunikasi, dunia maya digunakan untuk menghilangkan batas ruang dan waktu, bukan membuang waktu serta membuat batas terhadap orang lain.
    2. Membuat posting/komentar yang tidak membuat masalah.
      Hati-hatilah dalam menulis posting pada blog, komentar pada facebook atau saatchatting. Kata-kata yang kasar, menyinggung atau konyol dapat menyebabkan masalah di dunia maya. Sering dijumpai perseteruan antara pengguna akun di dunia maya akibat sebuah posting/komentar. Kadang apa yang menurut kita sepele belum tentu sepele oleh pengguna lain, hali ini bisa saja dijadikan senjata bagi lawan komunikasi kita untuk melawan. Jika mendiskusikan sesuatu, usahakan jangan Out Of Topic (OOT). Hindari penggunakan kata yang tidak pantas seperti berbau SARA atau ***.
      Jangan terlalu gampang mencurahkan isi hati. Dalam hal ini, yang sering terlihat yaitu pada status facebook. Pada beberapa kasus, hubungan kekerabatan juga bisa hancur karena pengguna terlalu apa adanya menuliskan isi hati di dunia maya, dan itu sering terjadi. Meskipun si pemakai berniat untuk menyelesaikan masalahnya, tapi dia akan menambah masalahnya. Lebih baik kalau mau mencurahkan isi hati, sebaiknya pada orang yang kita percayai. Seperti sahabat, guru, atau orangtua, karena lebih mudah memecahkan masalah daripada di status.
    3. Menggunakan foto/gambar dengan bijaksana.
      Yang namanya dunia maya, orang bisa melakukan bermacam-macam hal. Orang bisa meng-edit foto sedemikian rupa yang berbau negatif dan menyebarkannya ke forum atau milis. Hal ini bisa merusak nama yang terlibat akibat penyalah-gunaan foto tersebut. Belum lagi foto dapat memicu keributan, atau foto-foto dengan konten porno yang sering dijumpai di dunia maya.
      Memanipulasi foto pada sebuah akun juga kurang disenangi oleh pengguna akun yang lain. Manipulasi di sini berkaitan dengan makna dari foto. Banyak foto yang mengumbar sifat palsu. Misalnya saja, seseorang di dunia nyata adalah orang yang buruk, tetapi foto yang ditampilkan pura-pura baik dan lugu. Atau wanita yang sebenarnya manis memajang foto yang terkesan seksi. Pengguna akun di dunia maya cukup sensitif untuk bisa menilai sifat seseorang dari foto yang dipajang.
    4. Tidak sembarangan memberi informasi pribadi.
      Banyak orang tidak menyadari bahaya menaruh informasi di internet. Dengan memberikan informasi tempat bekerja, nomer telepon, hingga alamat rumah, tentu dapat mengundang orang untuk berniat buruk. Bisa saja informasi tersebut dimanfaatkan untuk berbuat tidak baik. Jadi, taruhlah informasi yang umum. Jangan menaruh informasi pribadi pada sebuah akun. Ingatlah bahwa semua orang di dunia maya dapat mengakses akun tersebut.
      Apabila ingin informasi yang tertera aman dari orang-orang asing, aturlah hanya orang yang dikenal saja yang bisa mengakses informasi tersebut. Contoh buruk misalnya: Ada orang yang tidak suka dengan salah satu pengguna akun di dunia maya, orang tersebut pasti selalu mencari cari celah untuk menghancurkan akun tersebut (hack), atau menyebarkan informasi buruk melalui dunia maya (hoax).
    5. Jangan mengganggu pengguna lain.
      Banyak orang yang tidak berpikir panjang ketika menerima ajakan berteman dalam dunia maya. Tanpa disadari, orang yang diterima menjadi teman bisa menjadi pengganggu. Oleh karena itu jangan sungkan menolak ajakan teman dari orang yang tidak dikenal. Ingatlah tujuan utama menambah pertemanan adalah untuk menjalin hubungan baik. Hindari perselisihan baik dengan orang yang dikenal atau tak dikenal di dunia maya.
    6. Jangan menggunakan akun/info palsu.
      Siapa sih yang tak pernah melihat ini? Membuat akun dengan nama baru, mengambil foto secara random di internet, memberi info palsu, lalu meminta jalinan pertemanan pada akun lain. Hal ini tentu menjengkelkan. Akun palsu sering digunakan untuk memata-matai/menipu seseorang. Tidak bisakah kita tetap bersikap wajar?
    7. Memanusiakan pengguna lain.
      Ucapkanlah terima kasih pada pengguna lain sebagai penghargaan terhadap karya (posting, komentar, informasi maupun upload file). Biasakan meminta maaf jika kita membuat masalah atau merepotkan pengguna lain. Jika meminta pertolongan seperti berbagi informasi/file, ucapkanlah tolong. Karena semua orang di dunia maya adalah sama, tidak ada bos ataupun majikan. Yang ada hanya Admin, Moderator, dan User.
    8. Tidak mengirim Spam, Junk, Virus/Trojan.
      Kalau yang satu ini jelas merugikan. Jika pengguna membuka file yang berisi Virus/Trojan, tentu akan merusak sistem komputer. Niat ingin donwload sebuah lagu, ternyata komputer yang digunakan malah rusak. Tentu sangat menjengkelkan.
      Sedangkan Spam yang dimaksud di sini bisa seperti komentar-komentar tak berguna (OOT, tidak sesuai dengan aturan forum/web yang berkaitan). Spam bisa berupa sebuah posting atau pesan berantai yang tentu akan merepotkan si pengguna.
      Junk yang ada di dunia maya biasanya dihubungkan dengan posting info/file yang tak berguna, seperti memasang iklan pada sebuah posting/komentar, atau memberi link situs yang diharapkan oleh pengguna lain. Padahal kalau mau bersosialisasi kan bisa buat blog sendiri yang berisi info yang ingin diberikan ke pengguna lain.


    Jadi jagalah etika dalam dunia maya, karena secara tidak langsung apa yang kita perbuat di dunia maya merupakan tingkah laku kita dari alam bawah sadar kita. Kalau bisa sopan pada orang lain di dunia maya, apalagi di dunia nyata. Mengapa tidak mulai mencobanya hari ini?

    Itulah beberapa catatan kecil dari saya. Saya minta maaf jika ada salah dalam penulisan dan terima kasih pada teman-teman yang sudah membaca bahkan berkomentar. Semoga bermanfaat untuk kita semua.
     
    Last edited: Mar 13, 2012
    • Like Like x 23
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    nesca87 Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 5, 2011
    Messages:
    199
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -0
    Bener banget.. kita sering lupa kalau udah di dunia maya.
    lupa waktu, lupa diri (dengan sembarangan ngomong), dan lupa kalau disini bisa terjadi tindak kejahatan juga. Jadi harus ekstra hati-hati dengan informasi pribadi dan dengan orang yang baru dikenal di dunia maya.

    Lebih bagus lagi kalau bisa saling mengingatkan. ^^
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    ClaVahnz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 6, 2011
    Messages:
    2,344
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,409 / -0
    Rencana pake komputer buat nyari jawaban tugas,, ujung2ny : Facebook, IDWS, Ikariam, Kaskus, Mangahere... :stress: :malu:
     
  5. Offline

    lonnne Silent Reader Members

    Joined:
    May 2, 2010
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +57 / -0
    sama banget hahaha
     
  6. Offline

    kaki_sarmidi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 11, 2010
    Messages:
    1,776
    Trophy Points:
    181
    Ratings:
    +14,556 / -0
    belom lagi kalo udah nyantel di trit movies...
    kadang malah "sengaja" nyasar2... :malu1:
     
  7. Offline

    Lexs194 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 16, 2011
    Messages:
    2,493
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +392,133 / -0
    *yupz betul skali,... ane setuju dagh Gan!!!! :top:
     
  8. Offline

    didietz_ultima Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 23, 2010
    Messages:
    807
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,884 / -0
    maklum gan... mentang2 di dunia maya ngk nunjukin batang hidungnya, kdng org2 suka seenaknya. ane sering nemuin ini di blog2 yg ane kunjungi. apalagi kl pengunjungnya pake "Anonymous", komentarnya suka ngawur... mungkin hrs dibuat UU Dunia Maya kl. yg pnting tetep sopan aja, ntar buntutnya diksh BATA nih... wkwkwk...

    he3... ternyata sama kyk ane...
     
  9. Offline

    justician Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 12, 2010
    Messages:
    568
    Trophy Points:
    71
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +63 / -0
    mungkin ada baiknya untuk membuat aturan tertulis tentang norma norma dalam interaksi di dunia maya
     
  10. Offline

    soemphill Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 12, 2009
    Messages:
    789
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +34,166 / -0
    kayaknya no 1 untuk sekarang lebih cocok di ganti twitter dari daripada facebook :haha:
     
  11. Offline

    Sc0rpi0nz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 19, 2012
    Messages:
    1,933
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +37,497 / -1
    yup, intinya harus sopan dengan menjaga tingkah laku terhadap member/orang lain dan tidak sembarangan dalam memberi informasi pribadi
     
  12. Offline

    panda_blue Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 16, 2012
    Messages:
    515
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +715 / -0
    yang nomor satu gw banget deh , kalo uda duduk di depan kompi bawaannya ngga mau turun :hoho:
    bener itu , jaga sikap saat posting itu perlu , jangan asal post yang dapat mengundang emosi bersama :hehe:
     
  13. Offline

    psybug Members

    Joined:
    Feb 18, 2009
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Like this. hehe

    Jangan lupa jaga stamina, tidur teratur, sama makan teratur biar aktivitas inet gak ngawur.(kaya gua. sori kalo OOT)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.