1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Empat Senjata Lawan Kolesterol Jahat

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by vincentrevival, Sep 19, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    VIVAnews - Kolesterol bermanfaat untuk pembentukan membran sel dan produksi hormon. Namun, jumlah kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein) yang berlebihan dapat memblok aliran darah menuju otak. Selain stroke, kondisi tersebut juga menjadi pemicu utama jantung koroner.

    Demi mencegah penimbunan kolesterol jahat dalam darah, jaga asupan makan dan gizi Anda. Perbanyak konsumsi buah dan sayur berikut:

    Apel
    Salah satu kandungan gizi apel yang bermanfaat adalah seratnya. Buah ini punya dua jenis serat. Ada yang tidak dapat dicerna oleh tubuh (insoluble fiber) dan ada yang dapat dicerna (soluble fiber). Jenis soluble fiber yang dominan pada apel adalah pektin, kandungannya mencapai 81%.

    Insoluble fiber berkhasiat mencegah penyakit kanker, soluble fiber membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Adanya pektin membuat kolesterol yang berasal dari makanan (seperti dari daging-dagingan, susu, telur) tidak bisa ‘jalan-jalan’ ke saluran pembuluh darah. Pektin akan mengikat kolesterol dan membuatnya tetap berada dalam usus dan kolesterol akan dibuang dari dalam tubuh melalui feces. Hanya dengan memakan 1 buah apel per hari, Anda sudah mendapatkan 20% serat yang diperlukan tubuh.

    Anggur merah
    Buah anggur yang berwarna merah dan ungu merupakan makanan sumber flavonoid terbaik (anggur hijau yang sesungguhnya berwarna putih atau pucat tidak mengandung flavonoid ini). Flavonoid seperti quercetin dan catechin, berkhasiat memperlancar aliran darah dalam tubuh, mencegah reaksi oksidasi kolesterol LDL dan mengurangi terbentuknya plak di pembuluh darah.

    Heart information network melaporkan bahwa sekelompok orang yang diberi jus anggur merah (dibuat dari 130 - 270 gram) per hari, setelah 2 minggu ternyata aliran darahnya lebih lancar.

    Wortel
    Beta karoten yang terkandung dalam wortel adalah senyawa antioksidan. Seperti vitamin C, senyawa ini berguna untuk mencegah oksidasi LDL sehingga dapat membantu mencegah terbentuknya plak pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan pembuluh darah jantung tersumbat.

    Sayuran akar berwarna merah ini juga mengandung kalsium pektat yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, seperti halnya pectin (pektin) dari apel. Suatu penelitian di Amerika melaporkan bahwa mereka yang mengkonsumsi 700 gram wortel sehari selama 3 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 11%.

    Kacang kedelai
    Pektin dan stanol ester dalam kacang kedelai berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Cara kerja stanol ester dan pektin hampir mirip, yaitu mencegah penyerapan kolesterol di dalam tubuh. Sementara vitamin E yang tergolong antioksidan bermanfaat menurunkan kadar LDL dalam darah, sehingga dapat mencegah terjadinya atherosclerosis. Mengkonsumsi tempe rata-rata 25 gram per hari dapat menurunkan jumlah LDL dalam darah.

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/248065-empat-senjata-lawan-kolesterol-jahat
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    hooligan29 Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 10, 2010
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    anggur merahnya yang cap orang tua bukan gan? haha
     
  4. Offline

    xibi08 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    1,876
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +4,646 / -0
    mo tanya gan yang kacang kedele katanya kandungan purinnya bisa bikin asem urat, tapi ternyata bagus buat ngelawan kolesterol ya, gara - gara buku soal asem urat ane udah ngurangin makan olahan kedele kayak tahu tempe dll soalnya takut kalo sampe asem urat, kalo wortel sama apel mah emang makanan wajib sedangkan yang anggur merah tuh yang seger atau minuman wine gitu yah
     
  5. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    justru yg gw baca, kandungan asam urat pada kedele tidak sebanyak di jeroan.
     
  6. Offline

    ophelia17 Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    195
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +223 / -0
    setau gw anggur merah emg bagus, apalagi kl udah dijadiin wine
    makanya red wine itu lebih bagus dr yg white dan emg bikin hidup lebih lama katanya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.