1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

[ego'is'me]yang sebenarnya

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by I11I3I2I21I12I9I2I21I12I, Oct 5, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    I11I3I2I21I12I9I2I21I12I Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +57 / -0
    kemarin minggu sore gw baru kumpul2 temen2 masa smp dulu, y walau cm beberapa saja yg bs dtg di karenakan hujan deras yg mengguyur seharian, tp beberapa dari mereka ad yg ttp saja datang, seakan badai yg hebat sekalipun gak menghalangi niat untuk bertemu teman lama. saat itu hujan yg dari pagi sudah menyapa, sempat menggoyahkan niat gw untuk bertemu dan bercengkerama bersama teman2 lama, pertemuan yg di jadwalkan pukul 1 siang tepat ternyata cukup lama mundur di karenakan hujan yg ikut meramaikan suasana minggu itu, tp lagi2 ad sj beberapa tmn yg ttp dtg pada waktu yg telah di tentukan dan di sepakati sebelumnya bersama.

    perbincangan dan obrolan2 terasa menyatu dan hangat, kami bertanya satu sm lain ttg kesibukan kami sekarang dan masa2 yg kami lewati setelahnya lulus dari bangku sekolah menengah pertama, kebanyakan dari kami mmg jarang bertemu ketika melanjutkan pendidikan sekolah menengah akhir dan perguruan tinggi bersama, dikarenakan kami memiliki pilihan2 yg berbeda dalam menentukan tempat di mana kami akan melanjutkan pendidikan kami. di sela2 obrolan kami sempat membahas kegiatan yg di lakukan setelah lulus kuliah, y kebanykan dari kami mmg sudah ad yg menyelesaikan masa studinya di perguruan tinggi dan ad jg yg masih senang dengan masanya di perguruan tinggi. pertanyaan pun di lontarkan kepada gw saat ini, slh satu teman gw bertanya "gimana kabar '...' rektornya kynya keluar duluan di banding lw' dan semuanya pun tertawa termasuk gw sendiri, lalu ad teman yg menyambar "gw kira gw yg paling parah, kayanya lw lebih parah dari gw secara gw masuk angkatan tahun lalu, nah lw kan?" teman ce gw yg satu ini memang selulusnya dari sekolah menengah akhir mmg langsung kerja dan baru masuk perguruan tinggi belakangan ini, mendengar pertanyaannya itu semuanya pun tertawa termasuk gw yg kembali ikut tertawa dan tidak memberikan jawaban apa2. jauh sebelum perbincangan dan obrolan hari minggu itu, gw mmg sudah memikirkan hal itu. mungkin semua orang bertanya2 mengapa dan ap yg membuat gw tidak serius menjalani masa studi gw di perguruan tinggi.

    teman kuliah gw ad yg berkata gw kurang motivasi, malas dan berbagai mcm testimonial ttg kelakuan gw yg satu ini. ya mmg benar dan gw akui gw tdk termotivasi utk kuliah, disamping hobi gw bermusik gw kurang menyukai duduk belajar di perguruan tinggi. tahun2 awal gw luangkan waktu untuk fokus bermusik sampai dengan saat ini. beberapa teman yg berkumpul pd hari minggu itu pun tw karena sebagian berjalan bersama dan berjuang bersama dalam bermusik semenjak kali pertama kami bertemu di sekolah menengah pertama. dan yg mereka gak habis pikir, lima dari kami yg tersisa masih berkutat dengan musik yg hanya gw seorang, 4 dari kami ad yg dengan lancar lulus perguruan tinggi dan mendapat pekerjaan, ad yg semenjak lulus pendidikian sekolah menengah akhir langsung bekerja dan mereka mengharapkan gw untuk bisa sesukses mereka.

    faktor itu semakin menguat karena awal pertama masuk perguruan tinggi adalah dari kemauan orang tua, pribadi sebenarnya menginginkan sekolah musik tetapi orang tw berkehendak lain. ad teman yg bertanya "apakah selama ini lw bermusik sudah menghasilkan?" mendengar pertanyaannya gw hanya diam, bukan karen tdk bs menjawab tetapi karena sudut pandang dy dan gw berbeda percuma utk di jelaskan karena ukuran baik tidaknya dy dan gw berbeda. mmg selama 8 tahun berkutat dengan musik, belum pernah sekalipun menghasilkan apapun dari hobi gw itu. gw mmg blm berpikir dan blm ad kemauan utk menghasilkan sesuatu dari musik, terutama uang. bagi gw pribadi bermusik merupakan suatu kepuasaan sendiri bagus2 apa yg kita hasilkan di apresiasi baik oleh orang lain terlebih orang yg terdekat di dalam hidup.

    dikarenakan umur yg selalu bertambah dan tuntutan dari banyak orang dan keadaan, sekali lagi membuat gw pribadi utk memikirkan lebih baik dan mencermatinya dengan lebih bijak, mengalah bukan berarti kalah dan mungkin utk menjalankan seusatu yg tdk qt senangi sama baiknya dgn hal yg sangat qt senangi. tap sekali lagi dari hati yg paling dalam masih belum bisa menerima semua itu.

    Ya iya, Ga enggak:

    1. tak ad salahnya melakukan sesuatu sesuai dengan yg kita inginkan, "bagaimana kalo hal itu mengganggu orang lain?"
    2. "teguh pendirian, keras kepala, dan egois apa yg membedakannya?" bukankah sama2 mempertahankan keyakinan kita akan sesuatu.
    3. menurut salah seorang pemikir, sifat dasar dari manusia itu adalah pementingan diri sendiri. "memang salah qt memikirkan ap yang terbaik dan tidak bagi diri qt sendiri.
    ~~~~~~~

    ketemu lagi di salah satu thread I11I3I2I21I12I9I2I21I12I bagi yg punya pengalaman dan cerita ato pendapat, silahkan mari kita share bersama.:siul:

     
    Last edited: Oct 12, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    andidragon Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 27, 2009
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    56
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -0
    Mengiginkan yang terbaik untuk diri sendiri sih tidak salah,
    Tapi pikirkan juga orang lain...
    jangan enak-enak sendiri sementara yang laen tidak diperdulikan:awas:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    MAJINBHU Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 21, 2008
    Messages:
    2,183
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +203 / -0
    egoisme tidaklah salah......egoisme adalah salah satu sifat berharga yang diberikan Allah SWT agar seseorang dapat maju dan bertahan hidup

    tapi hendaklah egoisme itu disertakan dengan sikap tegang rasa dan perhatian terhadap sekelilingnya karna klo keegoisme itu dijalankan tanpa disertai sifat-sifat lainny maka hanya akan menuju ke jurang kehancuran dan kesendirian

    :ehem::ehem::ehem:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    MiniMaximA Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 12, 2008
    Messages:
    1,040
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +40 / -0
    Kenyataan memang pahit, kepuasan bermain musik tidak sebanding dengan kepuasan mengisi perut kala lapar.
    Menekuni hobi juga ada batasnya, jangan dibawa kali rasa egois sampe nyusahin ortu.

    Gw sekarang uda bisa sedikit egois, karna gw uda punya penghasilan sendiri.
    Tapi blom bisa sepenuhnya egois karna gw blom punya tempat tinggal yg mapan dan lagi berusaha balas budi sama ortu, biarpun sedikit.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    I11I3I2I21I12I9I2I21I12I Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +57 / -0
    apakah ad contoh kasus sifat egois yg menuntun ke jurang kehancuran dan kesendirian?:rokok:
    :yareyare:kehidupan yg penuh intrik.
    mungkinkah tidak sebanding kepuasan bermusik, kepuasan menari, kepuasan berkebun, kepuasan menggambar, dan lainya dengan kepuasan mengisi perut?

    ya ya ya kemampuan manusia yg terbatas tak sebanding rasa kepuasaan yg tdk terbatas:fufufu:
     
  7. Offline

    Mitsuyama Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    1,026
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +130 / -0
    egoiisss sihh gag papa asal jangan kelewatan...
    coz egois itu perasaan yang di beri tuhan ama kita...:haha:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  8. Offline

    ryzqrd Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 4, 2009
    Messages:
    1,552
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +528 / -0
    kalo menurut gw sih bro..
    kalo emang seneng main musik.. y lanjut ajaaaa..
    kalo itu dah jadi tujuan TS, lanjut lah..
    keren menurut gw kalo bro TS dah tau tujuan hidup.. ^_^
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  9. Offline

    I11I3I2I21I12I9I2I21I12I Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +57 / -0
    :hmm:kita mmg punya tujuan hidup yg mmg qt inginkan sendiri, tp banyak hal yg mempengaruhi tujuan qt itu. baik secara sadar maupun tdk sadar mungkin qt telah egois dlm memilih tujuan hidup qt dan mencoba utk mempertahankannya.
     
  10. Offline

    hikki_hikaru Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    101
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +52 / -0
    inget...
    kalo hobi sama bakat itu lain lho....

    klo menurut saia pribadi sih :

    klo cma sekedar hobi mending jgan diutamain...
    istilahnya, klo dah kerja hobi itu digunain untuk penghasilan tambahan.
    ato,
    mungkin saja ortu kmu mengganggap bakatmu memang disana, jadi kamu disekolahkan disana...
    (be positif thinking)

    klo saya sendiri sih, percaya klo orang tua itu milih yang terbaik buat anaknya...
    ehehehe

    CMIIW :-D
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  11. Offline

    asou Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +75 / -0
    Menurut saya secara sederhana dapat dikatakan seperti ini:
    Teguh pendirian itu berarti kita tahu bahwa ide/pemikiran kita sebagai hal yang benar (menurut kita). Kita juga mempunyai alasan atas ide/pemikiran kita dan alasan mengapa kita tidak menggunakan ide/pemikiran orang lain. Tetapi yang perlu diingat di sini, alasan yang kita katakan adalah alasan yang tepat, bukan sekedar pembelaan diri (self denial). Bila suatu saat kita merasa bahwa alasan kita tidak tepat, kita mau untuk merubah pendirian kita.

    Self denial akan muncul selama kita masih memiliki ego di dalam diri kita, dimana ego sendiri akan memunculkan konsep dualitas mengenai benar dan salah, baik dan buruk, berguna dan tidak berguna, dll. Oleh karena itu bila ada orang yang mengutarakan ide yang bertolakan dengan ide kita, selama masih ada ego, kita tidak akan dapat berpikir secara 'riil', karena ego tesebut akan melindungi dirinya sendiri (agar tidak menjadi diri yang salah. Ego kita akan menjadi 'benar' dengan 'menyalahkan' orang lain) dengan cara mengemukakan alasan2 mengapa ide orang lain tersebut tidak benar, terlepas apakah ide orang lain tersebut salah/benar. Inilah yang sering kali disebut sebagai keras kepala. Sering kali orang yang keras kepala tidak akan mengubah idenya untuk jangka waktu yang lama, meskipun ide tersebut sudah tidak tepat lagi. Hal ini dikarenakan ego yang memiliki sifat untuk menjadi benar. Bila kita merubah ide kita, maka secara implisit kita akan mengatakan ide kita (yang secara harafiah juga berarti diri kita, karena ego mengenal ide=diri kita) yang sebelumnya itu salah, dan ego tidak suka dengan menjadi salah. Oleh karena itu, jalan satu-satunya untuk selalu benar adalah dengan cara memegang ide tersebut selama mungkin.

    Sedangkan egoisme adalah tindakan-tindakan, tidak selalu harus berhubungan dengan mempertahankan keyakinan, yang dilatarbelakangi oleh ego di dalamnya. Ego tidak salah pun juga tidak benar. Ego hanyalah unsur di dalam diri kita yang bilamana tidak kita sadari dengan benar akan menghalangi pemikiran kita dengan realitas yang sebenarnya.
     
    Last edited: Oct 8, 2009
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  12. Offline

    recure Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 17, 2009
    Messages:
    6,490
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,129 / -0
    tdk ada yg slh dari egoisme cuma kl berlebihan tuh tdk baik kan salah satu sifat manusia adalah egois
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  13. Offline

    I11I3I2I21I12I9I2I21I12I Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +57 / -0
    :rokok:nice info gan terima kasih telah menanggapi thread ini dgn baik, semoga menjadi tambahan wawasan bwt user lainnya.
     
  14. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,149
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,161 / -0
    umumnya ortu nggak akan jahat sama anaknya. yg jelas tujuan ortu di cerita tadi adalah agar si anak menjadi orang yang berguna dan mampu berdiri sendiri. memang rata2 ortu berpendapat bahwa bersekolah itu perlu agar setidaknya seorang anak punya gelar akademis yang bisa menolongnya mencari pekerjaan. hobi musik (juga olahraga pada banyak kasus yg pernah gw dengar) memang nggak salah, tapi karir musik itu penuh persaingan dan naik turun. mungkin ortu dari seorang anak yg ingin berkarir musik ketar-ketir ngeliat kondisi dunia entertainment sekarang yg ga pasti, kadang seorang pemusik atau artis dengan mudahnya naik daun namun turunnya pun bisa secepat naiknya.

    memang sich, sangat baik jika kita mampu menyeimbangkan kedua hal itu: hobi kita (pendapat pribadi) dan kewajiban akademis (keinginan ortu). keduanya memberi sumbangan positif dalam hidup kita. hobi membuat kita bahagia, namun kualifikasi akademis dapat menjadi sandaran di kala hobi kita tak menghasilkan lagi.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  15. Offline

    I11I3I2I21I12I9I2I21I12I Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +57 / -0
    ga sadar klo sis post comment:piss:.
    menjalani ap yg qt inginkan ato dunia qt, bukankah diri qt sendiri yg mengetahuinya lebih baik di bandingkan dgn orang lain? karena qt langsung terlibat langsung dan menjalaninya secara langsung.
     
  16. Offline

    mohax_2000 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 5, 2009
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    Ati2 bro. Jaman modern ga bsa lagi brtahan idup cuma mengandalkan insting. Pekerjaan, profesi, earning, learning, semua butuh great planning dan visi jauh k dpn.

    Oke egois dikit, karena itu membedakan kita dari makhluk lain selain manusia. Tp jgn sekali2 meninggalkan dampak buruk. Dianggap trlalu egois sama org2 sekitar loe, jaman skrg skill brhubungan interperson sangat penting dlm karir apapun.

    Gak ada lg superman soloist.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  17. Offline

    I11I3I2I21I12I9I2I21I12I Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +57 / -0
    bener visi yang baik dan perencanaan mapan untuk bs bertahan hidup. lagi2 ketika seseorang berada di puncak keberhasilan hidupnya lahir kembali keinginan yg dulu sempat tdk terlaksana, y mungkin berhasil ato tidak keinginannya itu di kemudian hari.:rokok:
     
  18. Offline

    djackdani Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    388
    Trophy Points:
    57
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +45 / -0
    Klo qw sih dapat menyimpulkan bahwa semua itu adalah karena ideologi dari masing-masing individu,ya memang smua tak jauh dari sifat egoisme dan itu memang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
    Klo q sih apa yang aku kerjaan menurut qw baik untuk diri sendiri sekarang ini dan selama tidak menggangu orang laen ya mengapa tidak. Soal memakai pemikiran ato ide orang lain untuk kita itu urusan berikutnya,tp tidak dipungkiri kita tetap memerlukan sosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain.Pro kontra dan dilema pendapat akan selalu ada dan itu pasti akan mempengaruhi jalan pemikiran kita sendiri dan itu sah-sah saja.
    Menurut qw Be your self aja...!!!!:makasih-g::makasih-g::makasih-g:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  19. Offline

    SilverRegret Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2009
    Messages:
    494
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +46 / -0
    gan usah naif lah, pada dasarnya smua mnusia tu egois..
    cuman mentingin dri sdri..
    klopun kt care ma org laen psti ada tujuannya sdri..
    yg pada akhirnya mengacu kmbali pada dri sdri jg..

    wa justru salut ma org yg mau ngakuin kekurangannya, drpd org yg naif berpikir seolah2 bwt bantuin org laen tanpa memperdulikan dri sdri..
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  20. Offline

    satsujinki Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    1,881
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,138 / -0
    :swt:,....
    yah, terbentur ma umur, semakin dewasalah kita, pola pikir dituntut untuk berkembang, jangan kembali mirip anak sma,... jadi makin luas dunia kita, ada juga ygg namanya bermasyarakat, bagaimana menyikapi tindakan yg seperti diutarakn om 1[p32]4[2]41[213]4[32][3215
    namanya sulit :swt:

    kekanak2an itu bole, tp mesti uda bisa menetukan mana yg terbaik bagi dirinya sendiri, yg terbaik bukan berarti yg benar-yg bagus-yg menuru t orang lain bagus... tp yg baik, tindakan yg, dimana diri kita,usahakan jangan sampai kita menyesalinya di kemudian hari...




    ego ???????, wtf,.....
    ga mau ahh, dibawa berpikir ke jaman freudian, ..... utaks saia ga kuat broder,...
    pengen gw kembali ke jaman anak2, dimana saia ga mungkin, akan punya banyak pikiranbanyak masalah, seperti kk diatas :lol:...
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  21. Offline

    I11I3I2I21I12I9I2I21I12I Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +57 / -0
    :hmm: terima kasih telah menyimak thread saia
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.