1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Dosen juga Manusia?! Manusiakah Mahasiswa ?!

Discussion in 'CurHat' started by nHnR, Jul 18, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    nHnR Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    1,102
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,352 / -0
    :panda: Sebelumnya gw mw peringatin:awas: bwat User-User yang datang ke sini ya. Kalau tujuan kalian hanya untuk kejar setoran (post +1), tolong cari topik yg laen atau berakibat di :bata: :cerutu:

    Gw berharap user-user IDWS yg lain mw sekira nya meluangkan waktunya sedikit untuk memberikan masukkan atas masalah ini :piss:
    tiap hari gw akan berusaha untuk berbagi :fufufu:rumput bwat setiap masukkan yg :top:


    Case ini Based on true story, 2 peran didalam ny (sebut saja) Pak Bayu sang Dosen, dan Ucok sang Mahasiswa.
    Ucok saat ini merupakan mahasiswa semester 8 / tingkatan terakhir disebuah Perguruan tinggi, yang kebetulan bertemu dengan Pak Bayu pada sebuah matakuliah.

    Sedikit Flashback, Ucok merupakan seorang Mahasiswa yang bisa dibilang mempunyai peran sangat penting di Perguruan Tingginya. Dengan berbekal kemampuannya, Ucok dipercayakan untuk :cambuk: mengepalai bagian-kemahasiswaan di perguruan tinggi tersebut. Namun, karena suatu masalah Ucok memutuskan untuk berhenti dari bagian-kemahasiswaan dan bekerja pada sebuah perusahaan.

    Tp, seperti yang kita ketahui bekerja diperusahaan sambil :belajar: berkuliah adalah 2 hal yang bisa dibilang sulit untuk diselaraskan. Tidak jarang mahasiswa dengan kondisi ini seringkali labil emosinya :sigh: Ditambah lagi berjumpa dengan tipikal Pak Bayu

    Pak Bayu ini seringkali memberikan tugas kepada mahasiswanya melalui media Forum-pembelajaran. Dalam 1 semster ada sekitar 8 buah Tugas, ditambah puluhan Quiz dadakan. Dimana nilai mahasiswa ditentukan dari nilai Tugas + Quiz + UTS + UAS. :nongol:
    Sistem untuk Tugas dan Quiz ini pun sering kali membuat mahasiswa geram :kecewa: Quiz dan tugas yang dimaksud selalu memiliki tenggang waktu yang bisa dibilang sangat cepat. Terlebih lagi untuk beberapa mahasiswa yang berstatus sebagai pekerja.:ngeselin: Mereka tentu saja memiliki waktu yang sangat terbatas :hot: Alhasil mereka sering kali ketinggalan tugas-&-Quiz. Bagaimana tidak ketinggalan, mereka harus mengerjakan tugas yang tidak main-main banyaknya, malahan ada yang lebih dari 12 lembar folio bolak-balik tulis tangan. Ibarat :robot: para Mahasiswa dipaksa untuk menyalin hasil program yang diberikan oleh Pak Bayu. :madesu:

    Klimaks masalahpun timbul :watta:
    Tiba-tiba yM Ucok berbunyi sebuah pesan "Tugas Pak Bayu muncul lagi, kali ini harus menyalin ribuan baris program, tapi tidak bisa dicopaste. Deadline nya 4 hari :dead:"

    Ucok yang saat itu tengah dipusingkan dengan pekerjaan yang banyak ditambah dengan rapat akhir bulan. Akhirnya membuka suara kepada Pak Bayu pada Forum-pembelajaranmatakuliah tersebut. :hulk:
    Kalau dilihat oleh awam, sepertinya Pak Bayu tidak menyukai kejujuran Ucok. Ditambah lagi Ucok adalah seorang mahasiswa Sibuk yang jarang mengikuti perkuliahaan. Tanpa basa-basi Pak Bayu mengirimkan sebuah PV message kepada Ucok, yang isinya kurang lebih
    "Kamu tidak bisa mengikuti perkuliahaan saya lagi. Kamu sudah Saya vonis mendapat nilai E"

    Walaupun telah mendapatkan Nilai E, Ucok tetap mengikuti perkembangan yang terjadi pada Forum-pembelajaran tersebut. Tidak jarang juga, Ucok melayangkan kritikan pedas kepada Pak Bayu mengenai cara pengajarannya.
    Sampai suatu saat, ternyata kritikan Ucok sangatlah pedas, sehingga kritikan terhadap Pak Bayu tidak hanya didengar oleh mahasiswa melainkan kepada para Dosen yang lain dan petinggi diperguruan tinggi tersebut.

    ----------------------------

    Sry kepanjangan, tp moga2 semua :idws:IDWS-er mw baca :piss:
    The Question Is :
    Berhubung Ucok sudah Semester 8, dan tengah menyusun skripsi. Dosen pembimbing nya tidak lagi memberikan respon positif terhadap Ucok. Mungkin saja ini karena Kasus Pak Bayu. Sehingga dimata Dosen-pembimbingnya Ucok jadi seorang Antagonis :cerutu:
    Seperti yang kita ketahui, beberapa perguruan tinggi tidak mengizinkan mahasiswanya memiliki nilai E didalam IPK nya.

    Then, bagaimana cara Ucok menyelesaikan masalah ini !?
    • Meminta maaf kepada Pak Bayu dan Kepada seluruh Dosen ?!
    • Pindah perguruan tinggi :???:

    ****Updated Case****
    NB : Tiap hari gw bagi2 10 rumput di Topik ini :piss:
     
    Last edited: Jul 21, 2010
    • Like Like x 6
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    lebih baik meminta maaf ke pak bayu dan ke seluruh dosen,sayang banget udah semester 8 udah rugi waktu biaya pikiran klo pindah univ lain,apa salahnya mengalah kan kurang dikit lagi lulus ,lagian kan posisinya agak salah juga mengkritik terlalu pedas,kan tau sendiri kalau dosen lebih berkuasa,apa salahnya mengalah sedikit demi kepentingan lebih besar
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    ilcloud Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    5,401
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +7,306 / -0
    sebenernya sih ada alternatif C yaitu tunggu matkul tsb diganti oleh dosen lain...

    kalo emang matkulnya cuma diajar dia, meding wa play with his games for now..

    ok, wa nunduk, tapi tundukan gw bukan buat dosen ntu, tapi karena banyak hal yang mendorong wa untuk lulus, kaya bonyok ato buat wa sendiri...

    klo dah lulus, baru plan R dijalankan ke dosen itu, klo perlu 2x lipat.... :cerutu:
     
    • Like Like x 4
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    kanga6us Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    2,207
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +328,329 / -0
    penyelesaian masalahnya adalah minta maaf, karena si ucok tidak dapat me manage waktu dengan baik
    oleh karena itu baca undang2 dulu ya :haha:
     
  6. Offline

    nHnR Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    1,102
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,352 / -0
    tp kan, kalau mw jujur, Mahasiswa juga manusia bro. Sistem pengajaran tuh DOSEN terlalu over :sigh:
    terus kalu diliat-liat, tipikal UCOK itu orng yg rada2 susa bwat ikutin saran kek lo :kecewa:

    Gila, gw setuju banget ama yang satu ini...
    se Dosen terknal di perguruan tinggi itu bro, eN kebetulan Pak bayu ini, satu-satunya Dosen yang bisa mengajar matakuliah itu. Orang dia sendiri yang mengajukan ada matakuliah ini di perguruan tinggi ini :dead:

    btw, PLAN R itu apa ya :hahai:
     
    • Like Like x 1
  7. Offline

    zegun~kun Senpai Veteran

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    9,183
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +4,614 / -0
    first thing, gw tipe orang keras kepala yg ngga bakal mau minta maaf kalo emang bener dan ada dukungan . . . yap, engga bakal minta maaf walau diancam sekalipun, dan disinilah fungsi kekuatan media . . untuk mencari simpati dari luar, membeberkan apa yang ada, atau kalo uda kejam mode on -- menjatuhkan orang yang bersangkutan . . .

    dari yg gw liat, pak bayu itu terlalu cepet memvonis orang tanpa liat keadaan . . dia yg uda jadi dosen mesti nya ngerti dong kayak apa sibuk nya mahasiswa smt8 . .toh dia pasti pernah ngerasain jadi mahasiswa juga kan?
    dan si Bayu, oke lah memberi kritik itu wajar krn pasti semua orang juga akan melakukannya klo mengalami hal yg sama . . but, sepedas apa sih kritik nya sampe ngebuat dia jadi antagonis? kalo misal pedes masih dalam kelas cabe rawit di tukang gorengan, mungkin masih bisa jadi senjata buat si bayu utk mendapat kan respon positif atau netral dari dosen . . . apa kah kritik nya sepedas cabe bhut jolokia sampe membuat dosen menganggap dia antagonis??

    kalo gw yg ada di dalem cerita itu, yg gw bakal lakuin pertama ya coba utk ganti dosennya . . . kalo emang ngga bisa krn dia doang yg ngajar, coba dulu ikutin mau nya dia . . masih kekeuh vonis E? gw akan ngumpulin massa dulu di kalangan mahasiswa . . toh dia adalah orang yg pasti di pandang di kalangan mahasiswa kan? dan kedua membuat berita yg menyudutkan si dosen pelan2 supaya bisa dapet perhatian dari dosen lain . .
    kalo ngga ngena, baru publikasi kan lewat media . . masih ngga ngena juga? lebih baik gw keluar daripada harus minta maaf . .
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 2
  8. Offline

    alexupn Superstar Veteran

    Joined:
    May 15, 2008
    Messages:
    13,321
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +504,733 / -1
    plan R= balas dendam ...how sweet :piso:

    saya setuju sama kk ini..pengalamannya lebih bnyk di organisasi pastilah pernah mengalaminya juga.... :hihi: :piss:
    ------------------------------
    meminta maaf bukan berarti kalah.. :piss:

    tp semua jg tergantung dr org yg ngejalaninya juga sih........... :lalala:
     
    • Like Like x 1
  9. Offline

    PercivaL Post Hunter Super Moderator

    Joined:
    Jan 5, 2010
    Messages:
    2,404
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +2,114 / -0
    minta maaf aja..
    sayang amat kena biaya lagi kalo pindah kuliah...


    tp harusnya ucok bisa jelasin kondisi yg sebenernya kepada dosen pembimbing dia selama ini...
     
  10. Offline

    crazy4fun Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    6,252
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,812 / -0
    Klo menurut wa sih mending si ucok minta maaf,tapi pas minta maafnya itu,jelasin juga klo dia banyak kerjaan,karena dia kuliah sambil kerja,jadi aga berat,makanya dia kasi komentar aga pedes kek gitu :hmm:
     
  11. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,693 / -0
    that's why you must hiding your fang and claw until the right time...
    not all of us can receive critical comment, especially when it happen if front of other people.

    Because lots of people act like tyrant when they stand on power

    yes, Ucok has already shown his fang and claw in the wrong time and wrong place
    just like my comrade, who got fasis boss
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  12. Offline

    notox Post Hunter Veteran

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    2,840
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +10,006 / -0
    Pertama² minta maaf kpada pak bayu karena kritikan pedas anda.
    Setelah itu masalah dosen pembimbing tidak memberi respon positif --> mnurut saya sharusnya tidak berhub dgn pak bayu. Sebaiknya bicara 4 mata dgn dosen pembimbing knapa respon nya negatif (sapa tau anda membuat kesalahan pda skripsi anda, ato ada sifat anda yg tidak disukai).
    Daripada pindah PT lebih baik mengulang matakul yg dpt E itu...
     
    • Like Like x 5
  13. Offline

    3955elits Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 24, 2009
    Messages:
    1,748
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,580 / -0
    ya minta maaf lahh...seperti kata lyco, pick the right time and the right place....

    yg salah itu si ucok lagi, kerja disambi kuliah....ini pengalaman dari bnyk temen yg kuliah sampe hampir di DO di kampus saya gara2 TAnya terbengkalai...kebanyakan proyek dan dia kerja duluan
    ya dosen2 akhirnya sepakat klo TAmu ga selesai2 gara2 kamu kerja ga bakal dbantu.

    mnurutku sih g ada dosen yang seneng mahasiswanya di DO gara2 ga lulus...njelek2in nama kampus soalnya tar

    walaupun dosennya emang agak freak tapi ketika anda masih status mahasiswa bukan tempatnya ngritik dosen kayak gitu....it's his place his lesson his rules...dosen2 ada caranya sendiri2 buat ngajar kan..
     
    • Like Like x 1
  14. Offline

    DDDgw Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 15, 2009
    Messages:
    1,906
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +21,834 / -0
    Menurut pendapat saya :piss:
    Lebih baik Ucok mengalah & cepet2 meminta :maap: kepada pak bayu & seluruh dosen
    Namanya juga di Perguruan Tinggi, kadang masih berlaku aturan "Mahasiswa selalu salah, dan dosen selalu benar" Biarpun nilai kita harusnya A, tapi kalau Kata Dosennya E, ya kita mau apa lagi :yareyare:
    Mungkin untuk minta maaf kepada pak Bayu, Ucok sungkan/gengsi/malu, lagian kalaupun Ucok datang ke Pak Bayu, belum tentu dia bakal memaafkan Ucok
    Cara menyiasatinya, cobalah minta tolong kepada Kepala Jurusan/Fakultas/Dosen Senior yang cukup dihormati di PT tempat ucok kuliah untuk menjadi mediator supaya Ucok bisa minta maaf kepada Pak Bayu, kalau dengan cara ini saya rasa masih ada kemungkinan Pak bayu bakal maafin Ucok :yahoo:

    Kalo untuk pindah ke Perguruan Tinggi lain, saya kurang setuju, ini tidak akan menyelasaikan masalah :panda:
    Gimana kalau nanti setelah Ucok pindah ke Perguruan Tinggi lain, trus kena kasus yang sama lagi, masa tiap semester Ucok terus-terusan pindah Perguruan tinggi lagi :yareyare:

    CMIIW
     
    Last edited: Jul 18, 2010
  15. Offline

    yniko Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    10,106
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +47,540 / -0
    Kalau saya jadi Ucok, jalan yg terbaik menurut saya adalah meminta maaf kepada pak Bayu.
    Saya rasa opsi lainnya yg merupakan pindah perguruan tinggi agak tidak masuk akal, karena Ucok sudah semester 8 seharusnya dia tinggal menyusun skripsi dan lulus.
    Jika dia tetap ngotot pindah ke peguruan tinggi lain maka yg perlu diingat adalah waktu yang telah terbuang dan biaya yg dikeluarkan sampai semester 8.
    Lagipula fungsi dosen adalah memberikan illmu dan tugas sebanyak mungkin, jadi tidaklah heran bilamana terdapat dosen "killer" seperti itu.
    Karena memberikan tugas adalah tugas seorang dosen.

    Mengenai Ucok yang menyambi berkerja saya rasa itu tergantung kepada dosen nya sendiri.
    Beberapa dosen menutup mata kepada mahasiswa yg menyambi berkerja, dan beberapa tidak.
    Menurut saya selama Ucok masih berstatus mahasiswa di matakuliah pak Bayu, maka tugas Ucok adalah mematuhi peraturan dari pak Bayu.
    Dan misalnya sekalipun Ucok tidak bisa mendapat nilai baik di matakuliah tersebut karena kesulitan membagi waktu, saya merasa nilai Ucok tidak akan separah "E".

    IMHO :piss:
     
    • Like Like x 1
  16. Offline

    nHnR Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    1,102
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,352 / -0
    Ga ad dosen lain untuk mat-kul ini bro... :kecewa:
    trs sperti yg gw blg tadi, Pak Bayu ini tipikal yang agak gimana gitu. Jadi dia lebih suka mHS mengagung-agungkan dia, ketimbang mHS yang jujur seperti UCOK :madesu:

    wah, bukan nya kalau kita minta maaf, berarti menjilat sepatu dosen tersebut ya :???:

    Sepertinya ada kaitan dengan kasus Pak Bayu :swt:

    Kalo Pak Bayu bukan tipikal yang mendengar alasan ?! Melainkan maaf ?! Gimana tuh bro :sigh:


    Then !? What's should Ucok do ?!
    His already show his Fang n Claw :hiks:

    Kalo maslah mengulang, ini kan semester 8 bro. tuh Dosen ga ada kasih kesempatan untuk SP (Semester Pendek), jd mw nunggu 1 tahun donk !? :???:

    Orang kerja sambil kuliah kan ada alasan sendiri juga bro. Mungkin aja dia ini biayain kuliah sendiri dari hasil kerja dia.
    Ga bisa disalahin juga kan se Ucok, secara dr awal ga pernah ada masalah dia jalanin perkuliahaan seperti ini, sampai dia ketemu tipikal dosen Pak Bayu :sigh:

    Dr td gw nungguin jawaban kek gini. kalau emang
    "Mahasiswa selalu salah, dan dosen selalu benar"
    Masih Manusiakah Mahasiswa ?! :yareyare:

    tp, setw gw, rata2 mHS yg da semster 8 kek gitu, pasti lebih banyak yang santai bro. Jadi, tugas itu sepertinya ga etis deh :kecewa:
     
    Last edited: Jul 19, 2010
  17. Offline

    yniko Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    10,106
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +47,540 / -0
    :haha:
    Berarti regulasi universitas Ucok berbeda dengan yang lainnya
    Jadi selama Ucok masih jadi mahasiswa di universitas tersebut, tugas Ucok adalah menuruti regulasi tersebut
    Jika Ucok merasa kurang fair, saya rasa Ucok tetap harus bertahan di situasi seperti ini. Karena situasi seperti ini hanyalah selama 1 semeter saja.
    Setelah Ucok lulus maka Ucok tidak akan bertemu lagi dengan pak Bayu. Ucok pun dapat melontarkan kritikan sepedas - pedasnya karena tidak
    akan berpengaruh apa - apa lagi pada diri Ucok.

    IMO :piss:
     
  18. Offline

    seireitei92 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2010
    Messages:
    1,940
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +698 / -0
    Jadi ingat kejadian menjelang UNAS tahun ini:swt:
    mirip 100% cuma ini versi anak Kuliah
    Kalau dari pengalaman teman saya.
    lebih baik minta maaf, Secepatnya.
    tambah diperlama makin tidak baik.
    apalagi kalau dia cuma satu2 guru mata kuliah itu.
    kalau dia tidak mau memaafkan kejar terus.
    ingatkan dia ini cuma sebentar, sebentar lagi dia lulus dan bisa menghirup udara bebas.
    jangan seperti teman saya yang malah saling menghindar karena gengsi selama 3 bulan padahal sudah mau UNAS dan itu mata pelajaran UNAS
    semoga membantu dan maaf kalau dianggap sok tahu:maaf:(baru lulus SMA tahun ini:piss:)
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  19. Offline

    blood_Y_HOLE Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 16, 2010
    Messages:
    745
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +211 / -0
    mahasiswa yang membayar uang kuliah,
    tetapi dosenlah yang berhak untuk melakukan sebuah cara bagaimana perkuliahannya.

    Saia liat, disini meskipun tipe pengajarannya ga disenangi mahasiswa, hanay si ucok yang benar2 kerepotan, akrena status diluar mahasiswanya yang sibuk, teman2nya masih bisa mengatasi tugas2nya.

    Dan alasan sibuk diluar kampus, tidak bisa dipake sebagai perlindunagn di dalam kampus, karena keduanya adalah hal yang berbeda, kecuali pekerjaannya di perusahaan itu atas sponsor kapusnya (magang).

    So bagaimana ucok kedepannya? saia rasa dia lebih dulu mandahulukan kuliahnya, alasannya, pekerjaannya bisa dipending/dinegokan untuk memfasilitasi kegiatan kuliahnya,
    karena saia rasa alur birokrasi hal2 seperti ini lebih enak dilakukan kepada tempat kerja daripada tempat kuliah
     
  20. Offline

    tidus_1990 Silent Reader Members

    Joined:
    May 12, 2010
    Messages:
    176
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +294 / -0
    lebih baik mnta ma'f saja dan memberi tau kepada dosen tersebut atau malah memberi tau ke pada dosen yang ada gmna kesibukan nya!!
    biasa nya kan di Perguruan tinggi ada dispen tertentu buat yang udah kerja!!(di tempat q juga ada)
    ya masa sesama manusia gak mau mengerti !!!
    MHs juga manusia,dosen dapet uang kan juga dari mHS yang bayar mereka!!!
     
  21. Offline

    blueplanetto Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    2,907
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,817 / -0
    tuh matkul wajib ya sampe harus diulang taun depan klo gak lulus :???:

    klo menurut gw sih yg salah ucok lah....membuat kritikan terlalu pedas sehingga dia marah dan ngasih nilai E. Dan satu2nya solusi adalah meminta maaf kepada yg bersangkutan. Minta maafnya bukan hanya di kampus tapi lebih baik lagi ke rumahnya.
    Dosennya udah tua atau masih muda, klo udah tua sebaiknya jangan dilawan. Dosen yang tua segitu dalam pandangannya selama dia ngajar gak ada orang/mahasiswa yang berbuat begitu pada dia, dan tiba2 ada mahasiswa yang "nyolot" ke dia, makanya dia marah.

    satu2nya solusi ya minta maaf......mudah kan untuk ngritik tapi sangat berat untuk minta maaf :onsen:
     
    • Like Like x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.