1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Di Balik Kasus David Hartanto

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by hanjieun, Mar 9, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    hanjieun Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 23, 2008
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +8 / -0
    bantu copas aja nih...dari forum tetangga, dia punya temen di fesbuk....

    Di Balik Kasus David Hartanto
    (Mahasiswa NTU yang dibuat seolah2 bunuh diri)


    Yesterday at 11:41pm
    Berikut kesaksian dari teman saya Klemens yang berkunjung ke rumah David Hartanto:


    Hari ini (5/3-09) saya dan temen2 SD/SMP yang seangkatan sama David Hartanto (Ming2) kita sama2 main kerumah keluarga Hartanto, sekedar untuk menyampaikan bela sungkawa, serta mencari kebenaran yang sesungguhnya karena kami tahu kalau David tidak akan melakukan hal-hal yang seperti diberitakan oleh media. Disana kami disambut oleh kakak David, dan orangtuanya, kebetulan kami datang bersamaan dengan keluarga besar Hartanto, jadi kami lebih banyak mengobrol dengan kakak David, yaitu William Hartanto, atau dulu dikenal teman2 seangkatannya dengan panggilan Weha.

    Semakin lama mendalami kasus ini, makin banyak keanehan yang terbuka, dan untuk adanya pemberitaan yang mulai menunjukkan kebenaran, kami berterima kasih untuk rekan David di NTU yaitu edwin, kami tahu dia mempertaruhkan gelar sarjananya demi mengungkap kebenaran, karena itu kami juga mau membantu menyebarkan kabar yang sesungguhnya.

    Kejanggalan-kejanggalan yang ada:
    1. Munculnya berita bahwa David menyerang Profesor Chan Kap Luk, lalu bunuh diri, padahal tidak ada bekas sayatan di pergelangan tangan seperti yang diberitakan, lalu darimana muncul berita tersebut? Untuk apa dimunculkan berita palsu bahwa David menyayat pergelangan tangannya?

    2. Saat keluarga tiba disana senin malam setelah kejadian, keluarga ingin langsung melihat jenazah David, namun dihalangi oleh pihak2 tertentu, dengan alasan sudah peraturan, tentu saja keluarga harus menurut, apalagi saat itu keluarga masih syok. Lalu saat diizinkan melihat kondisi jenazah keesokan harinya, keluarga hanya diizinkan untuk melihat jenazah bagian leher ke atas, sedangkan bagian tubuh yang lain telah ditutupi plastik. Keluarga Hartanto juga telah mengkonfirmasikan ke pihak polisi Singapura, tidak ada luka di bagian pergelangan tangan. Saat itu keluarga Hartanto juga melihat di bagian leher depan (daerah leher dibawah bahu) terdapat banyak plesteran luka.

    Pertanyaannya. Untuk apa keluarga Hartanto menunggu 1 hari untuk melihat jenazah keluarga kandung mereka sendiri? Mengapa jenazah harus ditutupi oleh plastik? Apakah benar ada peraturan seperti itu? Atau hanya karangan pihak2 tertentu saja untuk menutupi kenyataan? Darimana asal luka di leher? Mengapa jenazah David terlihat berdarah cukup parah di bagian bokong?

    3. Saat keluarga tiba di TKP senin malam, karena tidak diizinkan untuk melihat jenazah, keluarga datang ke NTU untuk melihat TKP, namun saat sampai, polisi tidak menemukan satupun bekas darah ataupun police line. Hebat bukan? Hanya dalam waktu sekitar 7 jam sejak waktu kejadian, TKP telah bersih total, adakah alasan untuk buru2 membersihkan TKP?

    4. Lalu keluarga datang melihat kamar David, dan apa yang ditemukan? Ternyata semua peralatan komputer yang ada di kamar itu semua MENYALA. Apakah seorang yang mau bunuh diri akan menyalakan semua peralatan komputernya? Bahkan menurut kesaksian seorang teman, account MSN David masih menyala. Apakah hal ini terlihat seperti David mau mengakhiri hidupnya? Bahkan dia masih bermain game online sampai jam 2 pagi di hari kejadian bersama teman yang tadi menjenguk keluarga David.

    5. Pada ruangan profesor tertinggal tas David yang biasa dia bawa, dan tebak apa yang dia bawa dalam tasnya? Sebuah handuk dan botol air mineral 1,5 L. (Semua yang mengenal Ming2 pasti tahu, dikelas, sejak SD, Ming2 selalu membawa handuk, bahkan kadang dikalungkan di leher saat berada di kelas, dia juga selalu membawa air minum yang banyak karena mamanya selalu berpesan untuk banyak mengkonsumsi air). Apakah seorang yang mau membunuh, lalu bunuh diri, akan membawa barang seperti itu? Akan jauh lebih mudah untuk membawa sebilah pisau yang besar (lebih besar dari pisau berukuran 10cm yang muncul di TKP, yang entah milik siapa).

    6. Keluarga dihalang-halangi saat hendak bertemu dengan Profesor Chan Kap Luk, dengan alasan, saat itu dia sedang di ICU, dan kenyataannya? Hari rabu sang Profesor telah keluar dari rumah sakit. Apakah ada catatan seorang yang menderita luka tusukan parah yang harus masuk ICU, dapat keluar dari rumah sakit dalam tidak sampai 2 hari? Benarkan sang Profesor terluka? Atau hanya membaca koran sambil bersantai di ICU?

    7. Saat keluarga ingin bertemu dengan "saksi mata" yang melihat David melompat dari lantai 4, pihak NTU menghalangi dengan alasan hal itu harus dirahasiakan. Oke, kalau begitu, darimana kita tahu kalau benar2 ada orang yang melihat kalau David benar2 melompat, bukannya terjatuh ataupun dijatuhkan orang?

    8. Data tentang David dan FYP (Final Year Project) nya telah dihapus dari database NTU. Hanya dalam 2 hari, NTU langsung menghapus data topik FYP yang sedang David kerjakan, adakah alasan khusus dibalik keterburu-buruan pihak NTU untuk menghapus data tersebut? Tidakkah ada rasa ingin mengenang salah satu mahasiswa berprestasinya, alih-alih langsung menghapus data, seakan David tidak pernah kuliah disana?

    9. Polisi Singapura menahan Laptop milik David dan akan dikembalikan setelah penyelidikan selesai. Untuk apa?

    10. Pisau yang ada di TKP, dilaporkan berasal dari hall 4, itu hasil investigasi? Atau hanya karangan? Seorang teman di NTU berkata bahwa biasanya seorang dosen memiliki pisau kecil di ruangannya yang biasa digunakan untuk memotong buah. Jadi? Itu pisau milik David Hartanto atau Chan Kap Luk?

    11. Waktu kejadian adalah sekitar jam 10.45 waktu Singapura hari Senin, apakah tidak terdengar aneh jika hanya sedikit sekali mahasiswa yang ada dan menyaksikan kejadian? Adakah tekanan dari pihak NTU untuk tutup mulut?

    12. Senjata yang ditemukan -pisau buah 10cm- ditemukan tanpa gagang, dimanakah gagangnya? Mengapa tidak dilakukan analisa sidik jari? Jelas tidak mungkin menusuk seseorang tanpa menggunakan gagang pisau, jadi entah siapapun yang menusuk siapa, pasti ada gagangnya, namun pemberitaannya belum jelas.

    Pemberitaan miring yang disebutkan media pun tidak berdasar, berikut klarifikasinya:

    1. David berniat membunuh Profesornya lalu bunuh diri meloncat. Di dalam ruangan tersebut hanya ada David dan Profesor, David telah tiada, dan kesaksian yang bisa didengarkan hanyalah dari Profesor, darimana kita tahu kalau kesaksian tersebut benar? Tanpa bukti2 yang cukup, kesaksian Profesor tersebut tidak bisa dijadikan alasan untuk menyalahkan David.

    2. David dikatakan stress karena beasiswanya dicabut, bahkan dia salah sasaran, yaitu mengamuk ke dosen pembimbingnya. Tidakkah hal itu terdengan sangat aneh? David sangat tahu dengan jelas bahwa beasiswanya diberhentikan karena prestasinya menurun, bukan salah Profesor itu. Pihak keluarga telah diberitahu sejak hari pertama diberitahukan bahwa beasiswanya diberhentikan, dan pihak keluarga menerima, dan mampu untuk membayarnya, David juga bersikap biasa2 saja tentang pemberhentian beasiswanya. Bagi yang mengenal dia, tentu tahu bahwa dia orang yang sangat cuek, hal ini juga dapat dilihat dari post edwin.

    3. Dikatakan pula, bahwa David depresi karena tidak mampu menyelesaikan FYPnya. Seorang rekan David disana menyatakan bahwa FYP David hampir selesai. Dia tidak pulang ke Indonesia pada akhir semester lalu, karena ingin berkonsentrasi menyelesaikan FYPnya. Bagi yang mengenal David, apalagi kami teman sekolahnya, tentu tahu, David sejak dulu memang ketagihan game, tapi 1 hal, dia selalu mengerjakan tugas dan PRnya dengan baik, tanpa bantuan orang lain apalagi menyalin hasil pekerjaan orang lain. Jadi, jika dikatakan dia menyerang dosen pembimbingnya karena FYPnya tidak selesai, hal itu benar2 tidak masuk diakal.

    4. David diberitakan pula menghilang dari pergaulan selama kurang lebih 1 minggu sebelum kejadian, namun keluarga David tahu yang sebenarnya, David sedang berkonsentrasi untuk menyelesaikan FYPnya, jadi pernyataan bahwa David menghilang dari pergaulan karena sedang depresi dan ingin membunuh itu sangat tidak valid, karena saat itu dia banyak chatting dengan kakaknya, bahkan bermain game online bersama temannya di Indonesia. Terlihat seperti orang depresi yang mau membunuh dosennya? Tidak sama sekali!

    Saat ini fakta-fakta yang muncul setelah menyingkirkan pemberitaan media adalah:
    1. David meninggal jatuh dari lantai 4, tanpa luka sayatan di pergelangan tangan, dan dengan luka di bagian leher, serta bagian bokong berlumuran darah.
    2. Sang Profesor keluar dari rumah sakit dalam 2 hari, tanpa kejelasan dan foto apakah dia terluka atau tidak.
    3. Pisau tidak jelas berasal darimana, dan ditemukan tanpa gagang.
    4. Pihak universitas menutup-nutupi kejadian ini.

    Spekulasi dan kemungkinan-kemungkinan:

    Apakah benar David menyerang profesor saat dia sedang membungkuk menghadap ke layar komputer? Jika itu benar, maka tidak mungkin saat ini profesor tersebut telah pulang ke rumahnya dalam 2 hari sejak kejadian.

    Apakah sang profesor tersebut yang justru menyerang David?
    Tidak tahu, namun jika ya, apa motifnya?

    Saat ini santer beredar di Singapura kabar bahwa sang Profesor ingin merebut FYP milik David. Hal ini didukung oleh kesaksian teman David yang mengatakan FYP David hampir selesai. Apakah mungkin seorang dosen dan Profesor dari universitas terkemuka di negara maju mau merebut FYP milik mahasiswanya sendiri? Apakah ini motif sesungguhnya? Kita tidak tahu!

    Apakah ada orang ketiga dalam kasus ini?
    Kita tidak juga tahu.

    Ming, saat ini lo udah gak ada, gak ada lagi yang bisa kita lakukan buat lo, selain pulihin nama baik lo, dan menyatakan kebenaran, lo istirahat yang tenang aja disana.

    RIP, ming.

    Kabarkan ini ke teman-teman, saudara, dan copylah tulisan saya ini di blog/forum/facebook/friendster anda.

    Salam.
    Klemens A.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    larukux Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 13, 2008
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +7 / -0
    Pihak Singapore dan NTU mentupi semuanya
    Hmmm sepertinya emang ada konspirasi dibalik ini semua....
    Smoga KBRi kita membantu keluarga korban dalam menggungkap kebenaran..

    Mari kita Dukung keluarga korban agar dapat bantuan dari pemerintah dalam mengusut kasus ini...smoga dengung kasus ini sampe ke telinga President kita.

    Tanamkan SOLIDARITAS INDONESIA..JANGAN MAU DI RENDAHKAN NEGARA LAIN.

    UNGKAPKAN KEBENARAN....

    salam,
    LOVE INDONESIA
     
  4. Offline

    altaria Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2008
    Messages:
    220
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +10,828 / -0
    wah menarik nioh...

    kelanjutannya akan bergulir seperti apa ya?

    emang c sejak muncul berita pertama kali juga da banyak kejadian yang mengganjal...

    ya semoga pemerintah indo membantu penyelidikan dengan baik..

    amin...
     
  5. Offline

    Gradient Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 23, 2009
    Messages:
    869
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +59 / -0
    ini pendapat gw ya, daripada kita menebak2 gak jelas, kita nuduh2 seolah2 pihak NTU yang salah, mending kita berdoa supaya david diterima disisiNya.

    gw gak bilang si david yang salah ato NTU yang salah, tapi kan semuanya udah kejadian. ya gak usah dingomongin terus lahh...kasian juga David ntar gak tenang di'sana'.

    untuk pihak-pihak yang mengenal david, gw tau kalian pasti sedih banget. tapi jangan gara2 kalian sedih, kalian jadi seolah-olah menyalahkan orang laen. Dari post diatas, gw nangkep kalo semuanya ditulis untuk menjatuhkan pihak NTU dan membela David. wajar sih, karena yang nulis adalah temen baek David. tapi alangkah baiknya kalo kita ngeliat masalahnya dari dua sisi, jangan sebagai temen baek david aja. kalo kita ngeliat dari sisi temen baek david, ya udah pasti lah sedikit banyak kita bakal ngebela temen kita.

    no offense all. mendoakan david lebih baik daripada mencari2 kesalahan orang laen. toh kalo udah tau siapa yang salah jg buat apaan ? gak ada guna kan....
     
  6. Offline

    ferdi_ Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2008
    Messages:
    985
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +720 / -0
    Bukannya mo nyari kesalahan orang laen, tapi cuma mo nyari kebenaran. Gua juga gak kenal ama ini orang, tapi apa lu gak kasihan? Nama baik orang ini bisa tercemar (andaikan kasusnya ini memang disengaja diatur oleh pihak2 tertentu). Dengan tahu pelaku sebenarnya jadi kasus ini bisa jelas kan apakah David atau si Profesor yang bersalah (ato mungkin ada pihak ketiga?). Liat aja foto pisonya kaya gini

    [​IMG][​IMG]

    Gua cuma ngambil dari detikNews. Kalo seandainya ini bener piso yang dipake si David kenapa harus pake piso yang kaya gini? Bukannya susah buat bunuh orang?
     
  7. Offline

    IrisSachiel Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 11, 2009
    Messages:
    500
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +14 / -0
    Hmmm.... pada akhirnya memang yang hiduplah yang menceritakan kebenarannya.... Setelah gw baca postingan diatas, gw baru sadar ternyata masih ada kenyataan yang belum diketahui banyak pihak tentang kasus ini.
    Gw turut berduka cita atas kejadian ini. Gw harap bagi keluarga dan teman - teman David bisa tabah menerimanya.

    Gw sangat menyayangkan tindakan dari NTU yang sangat menutupi kejadian tersebut juga para saksi yang terpaksa bungkam. Rasional memang, itu karena pihak NTU memang memiliki autoritas dan kuasa untuk menutup - nutupi kasus tersebut.

    Ahhh.... gw gak tau lagi mau ngomong apa selain gw mendukung 100% langkah pihak keluarga untuk mencari tahu kenyataan sesungguhnya dibalik kejadian berikut. tapi jangan terlanjur terpaku pada satu kebenaran semu dulu.... carilah kebenaran tersebut dari semua sisi baru setelah itu kita ambil kesimpulannya.

    Ingat! Kebenaran itu ada banyak tergantung dari masing - masing pelaku yang terlibat didalamnya tapi kenyataan hanya ada satu.
     
  8. Offline

    jordan Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 3, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +39 / -0
    bener spt slogan x-flie, the truth is out there
     
  9. Offline

    Montblanc Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    249
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +85 / -0
    gua baca di koran hari ini juga gitu

    banyak kejanggalan di kasus ini.

    Katanya sebelum polisi ke TKP lokasinya udah 'tidak steril' karena darah2 sudah dibersihkan dan barang bukti sudah tidak pada tempatnya.
     
  10. Offline

    Feischmaker Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,021 / -0
    ...omoshirou ni... the plot thickens...

    also my biggest condolences to my academic ally... DAVID....
     
  11. Offline

    donnyxme Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    365
    Trophy Points:
    71
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +34 / -0
    bokong berdarah ? jgn jgn proffesornya gay physopath . Atau di bully di kalangan mahasiswa. Bisa saja professor kepksa tutup mulut karena pelakunya jadi banyak kalau berasal dr mahasiswa NTU sendiri. Bad publicity... a very bad one kalau pembunuhnya malah dr kumpulan gang mahasiswa. They're young... and young people sometime do crazy thing... well not all of them .. cuman.. bisa jadi kan?
     
    Last edited: Mar 11, 2009
  12. Offline

    v3rt3x Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    2,605
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,390 / -0
    ikut nyimak ye, memang mencurigakan nih kasus, banyak hole-nya [​IMG]


    ga nyangka universitas sekelas NTU bisa kena kasus kek gini [​IMG]

    ternyata eh ternyata [​IMG]
     
  13. Offline

    pugna Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 11, 2009
    Messages:
    329
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +909 / -0
    eh klo prof yang di katany di tusuk ntu jg mati??
     
  14. Offline

    7304030 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 4, 2009
    Messages:
    2,019
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,212 / -0
    kok skrg rame diberitain jd diputuskan bunuh diri?mungkin emg bukan dibunuh, itu bunuh diri atau kecelakaan, tp si prof nya dan NTU nya sendiri gmn?
     
  15. Offline

    noerman Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 24, 2008
    Messages:
    78
    Trophy Points:
    61
    Ratings:
    +827 / -0
    Turut berduka untuk semua pihak keluarga dan teman-temannya, aku sempet "miris" (jawa:ketakutan melebihi bayangan) karena ada saudaraku di NTU. Untungnya dia beberapa tahun di atas David.
    Aku tak tahu kontribusi apa yg bisa kuberikan pada pihak-pihak diatas selain semoga kebenaran terkuak suatu saat nanti walaupun vonisnya sekarang katanya David bunuh diri.

    Semoga yg ditinggalkan bisa berbesar hati dan menunggu kebenaran (walau sampai akhir dunia nanti)
     
  16. Offline

    IrisSachiel Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 11, 2009
    Messages:
    500
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +14 / -0
    saya sangat menyesalkan keputusan persidangan kasus ini....
    kepada keluarga, diharapkan ketabahannya...

    masih ada Tuhan... biarlah Tuhan yang mengadili....

    Saya turut mendukung kalian...
     
  17. Offline

    Tanzmania Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 26, 2009
    Messages:
    964
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,483 / -0
    Nec kasus emanx aneh :dead:
    Byk bgt janggal na... ssh juga buat di ungkap soalnya di kejadian bukan di sini tapi negri orang..pasti terbatas bgt akses qt!:pinch:
     
  18. Offline

    ferdi_ Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2008
    Messages:
    985
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +720 / -0
    Yah, selain itu juga ngelibatin universitas ternama di negara itu, sudah pasti pengadilannya juga kongkalikong buat ngejaga nama baik NTU. Sayang pemerintah Indonesia seperti gak ada usaha buat ngebantuin keluarga si David (dari yang gua baca di koran, keluarganya ngomong begitu).
     
  19. Offline

    Shad12ow Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 27, 2009
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +38 / -0
    Bukannya sampe sekarang cerita asli kasusnya belum ada yang bener-bener resmi ya ? Sayang sekali aset intelektual kita di negeri lain malah terbunuh...
     
  20. Offline

    seanman Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    883
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +3,241 / -0
    Masalahnya si david bisa bikin radar buat ngedetect manusia kek sistem israel gitu.. wkwkwkwkw..
    btw NTU tuh jadi riset militer.. jadi berhati2 aja yg sekarang kesana..
    jadi inget univ di rusia
    soal kalkulus problemnya ga jauh dr roket, heli, ama pesawat
     
    Last edited: Jul 30, 2009
  21. Offline

    Loki134 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 18, 2008
    Messages:
    237
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +2 / -0
    g yakin banget pihak singapore udh terlanjur ngomong kl david bunuh diri dengan anggapan pihak keluarga adalah warga biasa dan tidak akan menuntut apa2..

    trnyt keluargaNy gk cm diem aj, jd y kebohongan pengadilan yg udh menyatakan bunuh diri sejak awal gk bakal dirubah lagi, mungkin karena malu n ada intervensi dr pemerintah..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.