1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Geography & Astronomy Derinkuyu, Kota bawah tanah

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by smkosasih, Oct 15, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    Misterius dan memikat, kota bawah tanah ini adalah sebuah motif yang sering digunakan dalam fiksi ilmu pengetahuan. Tetapi ada dua kota Turki kuno yang mewakili salah satu dari sekian banyak tempat yang dalam kenyataannya lebih hebat dari fantasi.

    [​IMG]

    Seperti sebuah masyarakat penghuni pangkalan laut yang sebenarnya, penduduk Anatolia Sentral mengusung konsep kehidupan bawah tanah yang ekstrim.

    Ditemukan lebih dari 100 kaki di bawah permukaan, kota kuno Derinkuyu mungkin adalah kota bawah tanah paling mengesankan yang terdapat di wilayah ini. Para arkeolog menetapkan bahwa terowongan dan ruang bawah tanah kompleks yang kedudukannya simpang siur ini pernah digunakan sebagai tempat perlindungan yang aman bagi sekitar 100.000 orang.

    Derinkuyu secara tak sengaja ditemukan pada 1963 ketika seorang penduduk Capadocia sedang mengerjakan perluasan gua tempat tinggalnya, memecahkan tembus sebuah dinding untuk menemukan sebuah ruangan misterius yang terukir pada batu di samping tempat tinggalnya.

    Terinspirasikan oleh temuan itu, sang pemilik gua terus menggali, menemukan suatu ruangan terpahat sebelumnya satu demi satu. Temuan itu membuka salah satu dari petualangan arkeologi yang lebih menarik pada abad lalu.

    Para arkeolog telah melakukan penyelidikan sepanjang 130 kaki di bawah permukaan, menemukan sebuah hunian mengesankan yang berhiaskan pahatan batu. Tetapi sebagian arkeolog memperkirakan bahwa masih ada lebih banyak lagi penyelidikan karena kedalaman kota tersebut diperkirakan mencapai sekurang-kurangnya 78 meter di dalam tanah.

    Meskipun daya tarik turis yang terkenal ini menawarkan delapan tingkat petualangan bawah tanah bagi mereka yang ingin menyelidiki Derinkuyu, namun masih ada 10 atau 12 tingkat lainnya lagi yang sekarang ini hanya para arkeolog saja yang diizinkan untuk menyelidiki. Total jumlah tingkat dari kota tersebut masih belum diketahui.

    Tempat Perlindungan yang Aman
    Bukan digunakan sebagai tempat tinggal permanen, sebaliknya, hunian bawah tanah ini berfungsi sebagai tempat persembunyian sementara selama kota yang berada di permukaan diserang. Dirancang sedemikian rupa sehingga puluhan ribu orang dapat hidup di bawah tanah, aman dari serbuan tentara selama berbulan-bulan pada suatu masa.

    Untuk bertanggung jawab terhadap begitu banyaknya orang yang tinggal di bawah tanah dalam jangka waktu lama, para perencana kota Derinkuyu memasukkan 50 lebih tabung ventilasi ke dalam rancangannya. Selain banyak sumur, kota itu juga mempunyai sungai bawah tanah alami untuk membantu memenuhi kebutuhan air dari warga.

    Memahat batu bawah tanah ini dengan peralatan primitif yang ada dalam satu ruangan saja mungkin adalah sebuah tugas yang sulit dan membutuhkan banyak tenaga, tetapi kota yang terpencar ini mempunyai gang-gang yang simpang siur yang menghubungkan ruangan-ruangan, daerah-daerah kota dan berbagai tingkat-tingkat. Bahkan ada suatu gang yang panjangnya 8 mil, menghubungkan Derinkuyu dengan banyak kota bawah tanah kuno lainnya.

    Derinkuyu mempunyai ruangan-ruangan bagi semua kegiatan sehari-hari sama seperti yang dinikmati orang-orang kuno ini ketika mereka adalah penghuni kota permukaan. Ada meja, dapur, ruang makan, kedai minum, bak tangki air, toko, gudang anggur dan gudang minyak bawah tanah serta sebuah sekolah. Bahkan ada tempat ibadat, termasuk sebuah kapel dengan luas 19,5 x 9 meter dengan ketinggian langit-langit hampir 3 meter.

    Ada akomodasi untuk banyak keluarga dan juga ruangan untuk binatang peliharaan, kebun, dan makanan yang cukup selama kurang lebih setengah tahun. Tungku dapur adalah sebuah ciri yang ada pada kedua kota dan pada beberapa tempat di Kaymakh, sebagian gang dihiasi dengan lukisan Byzantine.

    Sistem Keamanan
    Karena kota bawah tanah ini digunakan sebagai tempat perlindungan selama beberapa bulan dari penyerbu yang datang dari luar, menahan penyelundup agar tidak ke luar merupakan hal yang utama.

    Derinkuyu dilengkapi dengan pintu yang sangat besar yang dapat dipindah-pindahkan dalam bentuk piringan batu yang sangat berat, tebalnya hampir 60 cm dan diameternya 1,8 meter lebih. Pintu-pintu ini dapat digelinding membuka untuk membiarkan orang masuk dan digelinding menutup untuk menahan musuh ke luar.

    Karena mereka memahatnya lebih dari berabad-abad, kota bawah tanah yang mengagumkan ini sebenarnya adalah produk dari beberapa kebudayaan.

    Sebagai contoh Kaymakh, dibangun antara abad ke-5 dan ke-10. Walaupun struktur lengkap Kaymakh lebih tua daripada Derinkuyu yang mana inisial konstruksinya memperlihatkan abad ke-7, yang dibuat oleh Phrygians (penduduk Phrygia, sebuah daerah kuno di barat pusat Asia Kecil) banyak para arkeolog mengira bahwa tingkat pertama dari Kaymakh mungkin telah dibangun oleh Hittites (anggota dari masyarakat kuno yang mendirikan kekaisaran di Asia Kecil dan Syria) sekitar 1.400 Sebelum Masehi.

    Fakta yang didapat pada tempat itu menyatakan bahwa penghuni-penghuni ini dahulu mungkin pernah melayani sisa penduduk Hittites saat kekaisaran mereka dihancurkan oleh penyerbu dari Thrace (penduduk Thrace, negeri kuno yang terletak di barat Laut Hitam dan di utara Aegean).

    [​IMG][​IMG][​IMG]

    [​IMG]

    Code:
    sumber:http://anehbinunik.blogspot.com/2009/10/derinkuyu-and-kaymakh-keajaiban-bawah.html
    maap kalu repost....
    :maaf::maaf:
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    darknetwork Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 11, 2009
    Messages:
    1,763
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +8,405 / -0
    duh sinyal hp, nyampe gak disana yah, jangankan 3,5G mungkin gprs-pun gak dapet
     
  4. Offline

    Nagaki Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 27, 2009
    Messages:
    232
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +8 / -0
    gile dlu pnerangannya pakai apa ya aplagi slama berbulan2 gak kna sinar mtahari apa gak bsen tuh orang yg hidup disitu :niceinfo:
     
  5. Offline

    wienxx Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 4, 2009
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +34 / -0
    Tempat persembunyian yg keren, gmn bikinnya ya?!
    Sinar matahari gx msuk, tp kan da kebun jg disana, nah lho nasibnya gmn..
     
  6. Offline

    Gyaboo Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 6, 2008
    Messages:
    236
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +23 / -0
    jadi inget film city of amber... mirip kek gt kan... jgn" terinspirasi dari kota itu x
     
  7. Offline

    Mitsuyama Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    1,026
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +130 / -0
    busedd nih persiapan buat nnt 2012 yah ??
    :haha:
     
  8. Offline

    Redd87 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 28, 2008
    Messages:
    2,429
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,923 / -0
    kalo nyasar gimana tuh ?? :panik::panik:
    kira2 bakal keluar ga tuh? apa mungkin tuh tempat ada jalan keluar rahasia ? ato ruangan rahasia
     
  9. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    katanya sih tembus2nya di babakan wetan...
    :hahai::hahai::hahai:

    sebenaanya masih banyak kota bawah tanah yg menakjubkan seperti montereal, Kota bahari Spanyol Setenil De Las Bodegas di Andalucia, Cappadocians Turki, Wieliczka Salt Mine di Polandia, bunker2 bawah tanah di rusia, dll.. info lebih lanjut cari sendiri ya..
    :piss:
     
  10. Offline

    ireh Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,310 / -0
    :kaget:
    berapa lama tu buat ruang bawah tanah seluas itu...
    :top:
    ternyata udah dipikirkan dgn matang, bagaimana caranya menjalani hidup di gua dlm jangka waktu lama
    pemikiran itu masih digunakan sampe sekarang, dgn membuat bunker2 perlindungan:hehe:
     
  11. Offline

    andi msc Senpai Veteran

    Joined:
    Aug 15, 2008
    Messages:
    7,443
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +61,792 / -2
    serem banget goanya :dingin:

    itu petanya membingungkan banget :???:
     
  12. Offline

    chicken_little Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2009
    Messages:
    5,223
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,578 / -0
    wah wah, orang jaman dulu canggih juga yah bisa bikin kek begituan..:hahai:
     
  13. Offline

    Dipz Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    400
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +679 / -0
    wah, kota bawah tanah, tapi klo kebanyakan tinggal di dalam tanah bisa kena syndrom SAD seperti yang dijelaskan di thread sebelah. Btw kota ini perna masuk City of Underworld nya chanel NatGeo ya :???: ini kota yang ada di tebing itu bukan sih?
     
  14. Offline

    black_caterpilar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    536
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +66 / -0
    gw liat mapnya jadi inget maen resident epil dan game sejenisnya...
    wkwkwkwkwkwk...
    jangan2 prambanan sama boro budur ada isinya juga....:D
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.