1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Demam Bukanlah Penyakit

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by soulhunter, Feb 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    soulhunter Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    1,895
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,940 / -0
    [​IMG]
    KOMPAS.com — Anak-anak memang rentan terkena penyakit. Baru saja sembuh dari diare, batu-pilek bisa saja menyergap. Salah satu kondisi "sakit" yang paling diderita anak adalah demam. Namun, para orangtua perlu mengetahui bahwa demam yang muncul pada si kecil hanya merupakan gejala dari sakit yang sesungguhnya.

    Demam adalah proses mekanisme tubuh yang sehat ketika melawan suatu penyakit. Tubuh dikatakan demam jika suhunya lebih dari normal, yaitu 37,5 derajat celsius diukur dengan termometer. Demam merupakan alarm tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap suatu gangguan. Pemeriksaan dokter akan memunculkan diagnosis penyakit si kecil.

    Pada umumnya tubuh demam karena dua hal:

    1. Penyesuaian dengan lingkungan
    Dalam keadaan normal, suhu tubuh diatur oleh pusat pengatur suhu badan di hipotalamus. Jika suhu lingkungan naik atau turun, tubuh mengirim sinyal ke pusat pengatur suhu tubuh untuk menyesuaikan diri.

    Proses penyesuaian inilah yang menampilkan mekanisme tertentu. Misalnya, jika udara di sekitar dingin, pembuluh darah mengerut untuk mengurangi pengeluaran panas tubuh. Sebaliknya jika udara di luar panas, pembuluh darah melebar, dan kelenjar keringat bekerja untuk melepas kelembaban.

    2. Melawan infeksi

    Ketika sel-sel darah putih sebagai "pasukan" yang melawan penyakit bekerja keras melawan musuh, maka saat itu ada zat-zat kimia yang dilepaskan dalam aliran darah dan berkelaan mengirim laporan ke otak. Laporan ini kemudian direspons dengan perintah agar tubuh meningkatkan suhunya. Alasannya, untuk menghambat perkembangbiakan penyakit yang masuk. Selain itu, diharapkan dapat membantu merangsang pembuatan antibodi.

    Yang patut diketahui orangtua adalah penanganan pada anak demam:

    - Anda bisa memberinya obat penurun panas dengan dosis yang sesuai petunjuk dokter.
    - Kompres si kecil di daerah kepala, ketiak, selangkangan dengan menggunakan air hangat.
    - Usahakan agar si kecil mengenakan pakaian yang tipis dan longgar agar tidak kegerahan. Jika suhu tubuhnya meninggi, dekap ia dalam pelukan Anda sehingga panasnya bisa berpindah ke tubuh Anda.

    Code:
    http://kesehatan.kompas.com/read/2010/02/16/11103863/Demam.Bukanlah.Penyakit
    
     
    • Thanks Thanks x 4
    • Like Like x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    4w4n2 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 2, 2009
    Messages:
    1,117
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +31,980 / -0
    walopun bukan penyakit tp kalau kena demam....bikin ngapa2in jadi males gan...

    :malu:
     
    • Like Like x 1
  4. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    kata teman saya yang mahasiswa kedokteran

    demam itu terjadi karena otak tidak sinkron sama keadaan badan, keadaan badan sebenarnya panas, tapi otak mengenalinya sebagai kondisi badan sedang dingin/mengigil

    makanya kalau demam biar orang badannya panas, dia akan merasa kedinginan/menggigil
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    jerukno15 Lurking Around Veteran

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,968
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +18,487 / -0
    saia sedang demam karena mau flu... tubuh saia sedang berjuang :semangat:
     
    • Like Like x 2
  6. Offline

    fjr324budiman Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    415
    Trophy Points:
    207
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,035 / -0
    tubuh manusia memang paling sempurna,,
    segala sesuatu yg terjadi pada tubuh memang ada arti tersendiri,, kalo udah gini gw cm bisa bersukur aja diciptakan sbg manusia,,,
     
    • Like Like x 12
  7. Offline

    deztian Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 5, 2009
    Messages:
    663
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +284 / -0
    klo demam jadi gak enak gitu gmn?
     
  8. Offline

    deathscythe666 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    564
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +1,681 / -0
    kyknya prnah baca deh d komik apa gitu

    demam bukan penyakit, tapi suatu kondisi dimana tubuh menaikkan suhu badan untuk melawan penyakit agar perlawanan antibodi menjadi optimal
    jd pemberian obat penurun panas malah akan menyebabkan penyakit yg dilawan itu sulit diberantas
    blum lagi efek samping obat tersebut jauh lebih berbahaya dari demam bahkan penyakit yg dilawan tersebut
     
  9. Offline

    qichan Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    103
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +46 / -0
    IMO.. kenapa obat tuk nurunin panas digunakan, coz manfaatnya lebih besar daripada kerugiannya
    saat suhu tubuh sangat tinggi (>39 derajat) itu sangat berbahya buat otak kita,, (bisa kejang, dan kerusakan otak lainnya) -->>jelas kerugian yang besar
    makanya diberi obat tuk nurunin suhu tubuh untuk mencegah suhu meningkat sangat tinggi,,
    meskipun emang benar, saat suhu tubuh naik adalah kondisi yang baik untuk sistem imun qt

    nah, kalo dilihat lebih jauh, jelas pemberian obat penurun suhu tubuh lebih bermanfaat
    [he, saya juga sempat mempertanyakan hal ini sebelumnya.. sempat nggak terima juga dgn penjelasan2 yg dah diberikan^^]

    mengenai efek samping,, setahu saya kalo kita make obat standar (paracetamol) mah efek sampingnya bisa dibilang sangat jarang (kecuali kalo dipake dlm jangka waktu lama n dosis tinggi)
    gomen
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  10. Offline

    jekmol Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 2, 2010
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    yah... gimana juga badan kita pasti bereaksi terhadap lingkungan gtu juga emosi kita entah kita stress pa ngga... tapi yang gua tau klo kita bad feeling kita pasti gampang sakit
     
  11. Offline

    safiqboy Members

    Joined:
    Feb 4, 2010
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    (nambahin...)
    kalo gak salah juga demam itu juga sekaligus membantu penyembuhan karena melebarkan pembuluh darah sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. tapi coba dicek lagi ya. lupa baca dari mana....
     
  12. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,149
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,162 / -0
    Pada demam akibat infeksi, bakteri yang menginfeksi mengeluarkan toksin yang mengakibatkan settingan suhu di otak kita meningkat.
    Akibatnya kita akan merasa menggigil/kedinginan, karena suhu tubuh kita saat itu lebih rendah daripada settingan suhu di otak.
    Bersama itu, timbul gejala akibat penyerapan toksin di otot2, yaitu sakit kepala, badan pegal2, tidak enak badan, dll.
     
    • Like Like x 6
  13. Offline

    reskawannabe Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 21, 2008
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +64 / -0
    sebenernya sih mungkin buat secara langsung pembuatan antibodinya,, tapi kalo demam itu biasanya diakibatkan oleh respon tubuh agar enzim-enzim hidrolisisnya dapat bekerja secara optimal untuk mencerna mikroba yang masuk ke dalam tubuh. nah enzim itu kerja optimalnya di suhu 40 derajat celsius, tapi suhu segitu gak bisa ditoleransi tubuh. paling tubuh bisa tahan di suhu sekitar 37-37,5. 38 aja udah tinggi. lebih dari itu bisa membuat rusak sel-sel dalam tubuh kita. makanya kenapa kalo demam sih sebaiknya lakukan tindakan segera untuk menurunkan suhu tubuh, biar gak terlambat.
     
  14. Offline

    uchihauchiha Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    263
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +1 / -0
    wah nice info~
    tapi tetep aja klo demam harus diobati~
    klo berlanjut kan gawat tuh hehe~
     
  15. Offline

    The_Next Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 23, 2009
    Messages:
    1,123
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +673 / -0
    Yips singkatanya kita "evolusi" menyesuaikan dengan keadaan :haha:

    Masuk Angin juga gitu,, itu adalah tanda2 kl ada yang salah dengan organ kita:yareyare:
     
  16. Offline

    zoro_kasep Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    117
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +24 / -0
    demam...

    reaksi tubuh (hipotalamus) akibat keluarnya mediator (zat2 yang dikeluarin kalau ada infeksi) inflamasi (radang) dimana mediator itu keluar kalo ada infeksi (mau virus ato bakteri)
    Demam diharapkan bisa membuat sang 'tamu' tidak nyaman (sangat berfungsi pada virus, kecuali HIV -sejauh ini), bakteri mah masih bisa nyaman2 aja.

    Betul banget juga kalo demam bisa bikin rusak sel2 yang ga kuat..mending minum obat penurun panas daripada sel rusak (terutama syaraf karena syaraf GA BISA REGENERASI, makanya yg kusta tetep kusta, yg syaraf putus krn kebacok gabisa sembuh sempurna -bisa gerak karena periferal branches yg terbentuk)

    Info logis : DAN kalo anda demam, jangan sekali2 minum obat kortikosteroid (obat dewa julukannya, enakeun pisan coy!), karena obat tersebut akan menutup kembali kapilaritas pembuluh darah kapiler yg SEHARUSnya membesar (pada lokasi infeksi) supaya antibodi dan obat bisa masuk ke sana!
    (kesel gw ma orang puskesmas yg ngasi kortikosteroid ke orang demam)
     
  17. Offline

    Usopp Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 2, 2009
    Messages:
    1,356
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,637 / -0
    :???: wow... saya baru tahu kalo demam adalah usaha tubuh untuk melawan penyakit...

    tapi kalo demam terlalu tunggi gmana? :hihi:
     
  18. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,149
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,162 / -0
    Demam yg tinggi banget itu kan tanda2 infeksi :top:
    Memang demam saja bukan penyakit, tapi gejala pertahanan tubuh...
    Tapi pada infeksi, demam adalah salah satu gejala penting mengingat demam di sini dapat disebabkan oleh toksin dari bakteri atau respons kekebalan tubuh terhadap virus.
     
  19. Offline

    daisuki Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    846
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,150 / -0
    Nah dok, kenapa ya kalau kita dalam kondisi demam sering diberi obat demam. Apakah itu untuk menyembuhkan infeksi tersebut?
    Lalu apa fungsi antibiotik?
    terima kasih banyak untuk jawabannya;
    :makasih-g:
     
  20. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,149
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,162 / -0
    Ini seperti membasmi semut.
    Kalo memberi obat demam itu adalah menyemprot semut yg sudah merajalela di luar,
    maka memberi antibiotik adalah menyemprot racun serangga ke dalam sarang semut.
    Kira2 begitu deh :hihi:
     
  21. Offline

    Keikokukien Beginner Members

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    208
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +8 / -0
    wah kalo gitu.. kalo ada org demam lgsg peluk aja ya ??
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.