1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Weapon Definisi BOM dan Jenis2nya

Discussion in 'Military Interest' started by Shigeru, Sep 24, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Shigeru Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 20, 2009
    Messages:
    2,034
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +4,333 / -0
    Apa itu BOM ?

    Kata bom berasal dari bahasa Yunani βόμβος (bombos), sebuah istilah yang meniru suara ledakan ‘bom’ dalam bahasa inggris. Bom adalah senjata ledak yang lazim digunakan dalam perang, juga dalam aksi-aksi terorisme. Kebanyakan bom terdiri dari wadah logam yang diisi dengan bahan peledak atau bahan kimia, dan suatu alat untuk meledakkan dan menghamburkan isi bom. Bom adalah alat yang menghasilkan ledakan yang mengeluarkan energi secara besar dan cepat. Ledakan yang dihasilkan menyebabkan kehancuran dan kerusakan terhadap benda mati dan benda hidup disekitarnya, yang diakibatkan oleh pergerakan tekanan udara dan pergerakan fragmen-fragmen yang terdapat di dalam bom, maupun serpihan fragmen benda-benda disekitarnya. Selain itu, bom juga dapat membunuh manusiahanya dengan suara yang dihasilkannya saja.

    Ukuran bom beraneka ragam. Yang kecil dapat ditenteng dan dilemparkan dengan tangan, seperti granat, atau ditembakkan dengan senjata altileri. Tapi, bom umumnya dijatuhkan dari pesawat terbang.
    Kepala ledak (warhead) peluru kendali pada hakikatnya tergolong bom juga.

    Kebanyakan bom memiliki sumbu untuk memicu ledakan. Sumbu sentuh meledakkan bom ketika bom menyentuh sasaran. Sumbu kedekatan meledakkan bom ketika bom menghampiri permukaan tanah. Sumbu kedekatan ini bekerja berdasarkan bertambahnya tekanan udara ketika bom itu mendekati tanah. Namun secara garis besar ada dua macam bom yaitu bom biasa dan bom nuklir.

    Jenis Bom

    Bom Biasa

    Lebih rinci lagi, terdapat lima macam bom biasa, yaitu:
    (1) bom serbaguna,
    (2) bom kendali,
    (3) bom anti-lapis baja,
    (4) fragmentasi, dan
    (5) pembakar.


    1.Bom Serbaguna.
    Bom ini berisi RDX atau TNT (trinitrotoluena) sebagai bahan peledaknya. Bom jenis ini biasa dijatuhkan dari pesawat yang terbang tinggi. Efek merusakanya didasarkan pada ledakan dan tekanan balik ketika udara tersedot kembali untuk mengisi kehampaan. Kecepatan pecahan bom secepat peluru, dengan gelombang kejut yang bisa melewati tanah, air, maupun bangunan.
    Bobot bom serbaguna umumnya berkisar antara 100 sampai 1.000 kilogram. Panjangnya dua sampai empat meter. Tapi, ada juga bom serbaguna yang seberat 6.800 kilogram. Jenis ini biasanya dijatuhkan di atas hutan untuk menyiapkan pendaratan helikopter supaya aman.

    2.Bom Kendali.
    Bom ini diarahkan ke sasaran dengan peralatan elektronik. Ada yang berisi kamera TV yang diarahkan pada sasaran. Pilot mengikuti target pada monitor TV dalam pesawat terbang. Bila ada penyimpangan, pilot dapat mengoreksi jatuhnya bom dengan kendali jarak jauh. Ada pula bom yang telah menyimpan gambar sasaran dalam memorinya dan dapat memandu diri. Bom dapat juga dipandu pengindera laser.

    3.Bom Anti-Lapis Baja.
    Bom ini digunakan untuk menyerang kapal perang yang tebal lapisan bajanya. Hidung bom ini keras dan tebal, sehingga dapat menembus lapisan baja itu. Setelah menembus, barulah bom itu meledak di dalam kapal.

    4.Bom Fragmentasi.
    Bom ini berguna untuk membunuh dan melukai pasukan musuh di lapangan terbuka dan merusak pesawat, kendaraan, dan peralatan ringan. Bom ini berisi batangan atau pecahan logam, yang akan pecah menjadi kepingan tajam, ketika bom meletus. Ada juga bom kelompok yang terdiri dari ratusan bom kecil dalam wadah ringan. Setelah lepas dari pesawat, wadahnya terbuka dan bomnya menghambur pada medan yang cukup luas. Ada yang meledak dan ada pula yang berperan sebagai ranjau (ini menunggu picu kedua untuk meledak).

    5.Bom Pembakar.
    Bom ini berfungsi untuk mengawali kebakaran. Bom ini diisi bensin atau termit, yakni campuran alumunium dan oksida besi. Bobot bom berkisar antara 1,6sampai 500 kilogram. Salah satu jenis bom pembakar adalah bom napalm, yaitu bom yang terbuat dari bensin yang dibuat seperti selai yang lekat. Setelah bom meledak, selai ini tersebar dan melekat di mana-mana sambil membakar tempat yang dilekatinya.

    Bom-bom lain, misalnya bom yang kimia yang menyeburkan asap atau gas racun, bom anti kapal selam (yang meledak di dalam air setelah mencapai kedalaman tertentu), bom propaganda yang menyebarkan selebaran, dan bom suar yang memancarkan cahaya untuk untuk pemotretan malam hari.
    Bom ini berfungsi untuk mengawali kebakaran. Bom ini diisi bensin atau termit, yakni campuran alumunium dan oksida besi. Bobot bom berkisar antara 1,6sampai 500 kilogram. Salah satu jenis bom pembakar adalah bom napalm, yaitu bom yang terbuat dari bensin yang dibuat seperti selai yang lekat. Setelah bom meledak, selai ini tersebar dan melekat di mana-mana sambil membakar tempat yang dilekatinya.

    Bom-bom lain, misalnya bom yang kimia yang menyeburkan asap atau gas racun, bom anti kapal selam (yang meledak di dalam air setelah mencapai kedalaman tertentu), bom propaganda yang menyebarkan selebaran, dan bom suar yang memancarkan cahaya untuk untuk pemotretan malam hari.


    Bom Nuklir

    Bom nuklir merupakan bom yang memiliki daya ledak yang maha dahsyat. Ledakannya berasal dari peristiwa-peristiwa pembelahan (fisi) dan penggabungan (fusi) inti-inti atom. Efek yang ditimbulkannya merupakan akibat pelepasan energi yang sangat besar, dalam waktu yang sangat singkat.

    Termasuk dalam jenis ini antara lain bom atom dan bom hidrogen.

    Bom yang berasal dari pembelahan inti atom disebut bom atom. Dasar pelepasan tenaga atom adalah pembelahan inti yang berlangsung dengan reaksi berantai. Bom atom memerlukan waktu kurang dari 1/100.000 detik untuk melakukan pembelahan inti dalam jumlah besar, sehingga terjadi pelepasan tenaga sangat besar.

    Peristiwa pembelahan inti adalah proses ketika sebuah neutron menabrak suatu inti berat. Akibat tabrakan ini, terjadi pembelahan menjadi dua inti yang lebih kecil dan beberapa butir neutron, dengan disertai pelepasan energi (panas) yang sangat besar. Neutron-neutron ini kemudian menabrak inti-inti lain yang akan membelah lebih lanjut.

    Untuk terjadinya peledakan suatu bom atom, dalam reaksi berantai yang terjadi harus terpenuhi kondisi-kondisi berikut:
    (1) nomor atom unsur induk lebih besar dari 90,
    (2) setelah menangkap neutron, inti itu seketika membelah menjadi dua bagian yang hampir sama massanya,
    (3) adanya massa kritis yang bisa menghasilkan neutron sebagai neutron pemula dalam reaksi berantai,
    (4) jumlah massa sebelum reaksi lebih besar dari jumlah massa sesudah reaksi,
    (5) dalam setiap reaksi, jumlah neutron yang terjadi harus lebih banyak dari jumlah neutron yang bereaksi.

    Bahan bom atom lazimnya adalah uranium-235 atau plutonium-239. Pada prinsipnya, bom atom terdiri dari dua massa yang masing-masing lebih kecil dari massa kritisnya. Tapi, bila digabung menjadi satu massa akan melebihi massa kritis tersebut. Bila hendak diledakkan, kedua massa tersebut digabungkan rapat-rapat sehingga terjadilah rentetan pembelahan inti yang mengakibatkan peledakan yang sangat dahsyat. Sebagai contoh, bom atom generasi awal yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki (1945) memiliki daya ledak sekitar 20.000 ton TNT.

    Jenis bom yang lain adalah bom hidrogen. Bom jenis ini mendapatkan tenaga dari fusi inti-inti atom hidrogen berat (deutron). Reaksi penggabungan ini memerlukan suhu yang sangat tinggi untuk memulainya. Untuk itu, pada bom hidrogen digunakan bom atom kecil untuk mengawalinya.

    Ledakan bom hidrogen jauh lebih dahsyat daripada ledakan bom atom. Daya ledaknya diukur dalam megaton (juta ton) TNT. Ledakan bom ini akan menghasilkan bola api dengan garis tengah beberapa kilometer disertai timbulnya awan cendawan yang tinggi sekali.

    Di samping bom atom dan bom hidrogen, dikenal pula bom kobalt. Neutron yang banyak dihasilkan pada ledakan bom hidrogen dimanfaatkan untuk mengubah kobat biasa (Co-59) menjadi kobalt-60 yang radioaktif. Bom kobalt dibuat dengan menyelubungi sebuah bom hidrogen dengan wadah yang terbuat dari kobalt biasa yang tebal.

    Note:
    Artikel ini hanya sekedar memberikan informasi mengenai BOM dan tidak bertujuan untuk mengajarkan seseorang untuk membuatnya dengan maksud tertentu.

    Sumber : htxp://budayangeblog.wordpress.com
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Virgo_shaka Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    478
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +69 / -0
    Kok ga dikasih contoh juga, bro? Semisal dinamit masuk ke kategori mana, trus Nitrogliserin? Trus penggunaan air raksa dalam bom seperti apa? :???:
     
  4. Offline

    chynthia Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,761 / -0
    ^
    ^
    Air raksa bukannya cuman buat mekanisme timernya ama detonation nya? jadi bukan air raksanya yang meledak.
    CMIIW
     
    • Like Like x 1
  5. Offline

    Virgo_shaka Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    478
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +69 / -0
    Tahu, cuma yang bingung gimana mekanismenya. Kalau air Raksa emang ga bisa meledak :)
     
  6. Offline

    Virgo_shaka Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    478
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +69 / -0
    Jangan posting one liner, bro.

    Indonesia ga pernah menolak bom. Kalau nolak bom, berarti peralatan perang kita benar-benra minim dong.
     
  7. Offline

    yusuno Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 12, 2009
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    wa perna baca di buku fisika wa, kalo bom hidrogen (H-Bomb) itu sampe 500x dari bom atom yang di nagasaki~~:panik:
    beneran nda si??
     
  8. Offline

    Kiddo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    1,146
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +668 / -1
    info yg bagus :top:

    baru kali ini gw baca post panjang tanpa sadar...biasanya gw skip bacanya tapi yg kali ini dari awal sampe akhir gw baca XD
     
  9. Offline

    escape Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    718
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +1,839 / -0
    nice tread.. cuman lebih bagus lgi klo kek yg di bilang di atas...

    contoh and gambar gtu...

    yah itung itung nambah ilmu ... n_n
     
  10. Offline

    Dunceney Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 30, 2009
    Messages:
    515
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,654 / -0
    ^ setuju, tapi lebih bagus lagi kalo dikasih gambar ledakannya
     
  11. Offline

    kazzel Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    701
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +249 / -0
    Lebih bagus lagi kalo ada cara ngrakitnya:haha:
     
  12. Offline

    kacamataku Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 30, 2009
    Messages:
    2,035
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +17,833 / -0
    wah nice info.......
    baru tau klo ada istilah n jenis2 nya kaya gini
     
  13. Offline

    reale Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo C4 masuk kategori mana yah
     
  14. Offline

    d515151 Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 12, 2010
    Messages:
    187
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,751 / -1
    Bom kendali yang paling enak untuk digunakan dalam perang
    Bom yang sangat penting dalam strategi militer :boong:
     
  15. Offline

    happybratboy Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,241
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,346 / -0
    klo yang di bali itu bom nya jenis apa ya???
     
  16. Offline

    easyvalen Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,829
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,074 / -0
    kok ngak ada bom paku.
     
  17. Offline

    Artanis Superstar Veteran

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,980
    Trophy Points:
    261
    Ratings:
    +72,561 / -1
    ane tambahin nich gan..
    Bom Cluster : Bom Cluster bersifat menyebar..
    Bom jenis ini sangat efektif di gunakan untuk menyapu pasukan infanteri musuh.. :takut:
     
    • Thanks Thanks x 1
  18. Offline

    tamaguci Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +80 / -0
    betul kasih contoh kek kalau perlu pake gambar ato video

    baru tau kalau kata bom disadur dari bahasa yunani
     
  19. Offline

    eduard_zhong Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 27, 2010
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    yang paling hebat dari semua bom nuklir yah
     
  20. Offline

    rahmadpoetra Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    554
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,382 / -0
    bom paku itu yang di bomnya dilengkapin ama paku2 tajam gitu ya???
    bom kyk gini byk bgt di Rusia..... :takut:
     
  21. Offline

    Sniper_king Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 25, 2011
    Messages:
    1,286
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +3,547 / -0
    cluster bom sering di pake israel buat bunuh warga sipil palestina :voodoo:

    apapun itu jenisnya, bom akan selalu membawa bencana kematian :iii:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.