1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Complex Curhat Center - Tanya Psikolog

Discussion in 'CurHat' started by fudinpang, Mar 9, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    fudinpang Beginner Members

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    266
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +41 / -0
    Salam Sejahtera

    Theard ini dijadikan sarana bagi para member indowebster yang ingin mendapatkan solusi atas permasalahannya.Anda dapat menceritakan masalah kesulitan anda, dan psikolog akan menjawabnya.

    Anda dapat bertanya mengenai masalah apa saja,seperti masalah asmara, rumah tangga, perasaan, tujuan hidup, sosial, ekonomi, pertemanan, kesehatan, masalah hati dan perasaan,dsb. Jawaban yang psikolog berikan akan ditinjau menurut persepektif psikologis.

    Saya mengharapkan bahwa thread ini dapat berjalan dengan baik,tanpa intervensi dari pembahasan ras, agama, suku, dsb. Pembahasan hanya berdasarkan sudut pandang dari ilmu psikologi tanpa adanya intevensi dari unsur agama, dsb.Saya mengharapkan tidak ada yang membahas dan berdebat tentang agama yang dapat membuat perpecahan di antara umat manusia, terutama para member indowebster.

    Saya adalah seorang psikolog klinis dari "Accurate" Health Center Medan

    Semoga thread ini dapat membantu anda-anda untuk mendapatkan solusi hidup sehingga hidup ini menjadi lebih baik, berguna, sukses dan berbahagia

    semoga bermanfaat

    Psikolog fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com
     
    • Thanks Thanks x 9
    • Like Like x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    hentai09 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    676
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,226 / -0
    wah,bisa konsultasi gratis nih,

    gini,gmana c cara mgatasi minder?
    soalnya gr2 rasa minder ini saya jadi sering nggantungin cewek2 (saya jga kurg tw, kok cewek2 bnyak yg nempel n suka ma saya)
    seandainya saya pacaran,saya takut hanya akan mnjadi beban buat si dia,karena sepertinya saya g'mmpunyai kelebihan bwt dtampilkan,
    disisi lain saya juga g'pingin tolak mreka karena takut akan mnyakiti mereka yg udah care bgt dg saya..

    Kpanjangan y?He3
    mohon segera d bales,tq b4
     
    Last edited: Mar 9, 2010
    • Like Like x 1
  4. Offline

    aaggss Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +56 / -0
    om pengen nanya jg
    gimana cara bersosialisasi dengan baik si
    kalo di sekola gw cuma diem diem aj dengerin orang ngomong
    calon calon hikki gw nih
     
  5. Offline

    cahyo_pwkm Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2008
    Messages:
    1,536
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +264 / -0
    nanya nih..
    gimana cara ngajak orang2 untuk mau kompak dalam segala hal?
    soalnya awa punya beberapa proyek di kampus, tapi timnya males2an dan kadang2 malah ngilang...
    tolong pencerahannya...
     
  6. Offline

    rampeg Senpai Moderator

    Joined:
    Jun 17, 2009
    Messages:
    6,034
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,362 / -1
  7. Offline

    fudinpang Beginner Members

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    266
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +41 / -0
    Jika kita ingin mencapai status untuk diri kita sendiri, kita hanya perlu melakukan apa yang bisa membantu orang lain. Bukankah mereka yang ingin membersihkan wajah mereka terlebih dahulu harus mengelap bersih permukaan cermin.

    Jb. kemungkinan anda merasa kurang percaya diri terhadap kemampuan diri anda sehingga anda merasa minder dan merasa tidak bisa berguna dan tidak ada yang bisa ditonjolkan dari kemampuan diri anda..jangan pernah mengganggap enteng kemampuan diri anda karena setiap diri manusia pasti memiliki kelebihan yang menjadi kemampuan dirinya. agar anda merasa tidak minder maka anda harus atur mindset anda supaya merasa lebih percaya diri dan optimis, percayalah kepada kemampuan diri anda sendiri, percaya bahwa apapun yang anda lakukan akan berhasil dan dapat berguna untuk orang lain, jauhi dari kecurigaan yang berlebihan, jangan menovis diri anda itu lemah dan yakinlah kepada kemampuan diri anda.

    Mengenai pasangan anda itu tergantung oleh kata hati anda. jika anda senang berdekatan dengan teman wanita itu tidak ada salahnya untuk berteman asalkan nyaman dan saling mendukung satu sama lainnya.

    semoga bahagia selalu

    psikolog/sinshe fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com

    Jb. Cobalah bersikap lebih terbuka dengan orang lain, lebih ramah dan lebih ceria ketika berhubungan dengan teman di sekolah dan jangan terlampau pendiam karena orang yang disekeliling anda merasa segan untuk berinteraksi sosial dengan anda. Cobalah mulailah pembicaraan dengan orang lain dan berilah respon terhadap pembicaraan orang lain.

    semoga bahagia selalu

    psikolog/sinshe fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com

    Jb. perbanyak memberikan motivasi kepada teman anda, berilah dorongan yang positif kepada teman anda agar lebih aktif dalam satu team dan jangan menyalahkan sikap orang lain karena akan mengurangi minat orang lain dalam berkelompok. berilah tugas secara merata kepada masing-masing kelompok dan jangan bersikap dominasi dalam satu team, dengarlah pendapat dari teman teman dan ambillah jalan tengahnya atau diskusi. Untuk menambah kekompakan satu team adalah buatlah satu gebrakan baru (inisiatif) baru dan yang berbeda dengan kelompak lain sehingga team tersebut lebih termotivasi menjadi lebih baik.

    semoga bahagia selalu

    psikolog/sinshe fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com
     
    Last edited by a moderator: Oct 31, 2011
  8. Offline

    abdeeworld Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    1,383
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +6,322 / -0
    mo tanya nih....

    saya laki umur 22th uda kerja, single, idup ama ibu aja serumah...
    keluarga saya termasuk kluarga besar, punya yayasan yang mengurus 3 sekolahan di desa....meski saya idup di desa, saya merasa senang karena sudah kecukupan....tempat tinggal saya dikelilingi rumah sodara2 dari nenek....dari 13 keluarga yang merupakan anak nenek termasuk ibu saya, ada 7 keluarga yang kumpul di satu kampung....nah masalahnya mulai dari sini, om saya (adik kandung dari ibu saya), punya istri dan 2 anak....jujur saya bener2 gak suka ama istri om saya itu...yang pertama, dia jarang banget merhatiin anaknya yang pertama, jadinya anaknya yang pertama sering ikut saya kluar maen karena saya tau perasaan dia gmn, palagi dia cowo, jadi saya ajak kemana aja dia pasti mau....sedang anak keduanya cewe, dia mirip banget ama ibunya, dia masih SD kelas 3, tapi sifatnya yang ga nguati...masa pubernya uda dia lewati, padahal masih kecil gitu....dia juga suka ama teman2 seumuranku yang biasa maen sama saya....untuk masalah utama, yang pasti istri om saya lah....dia kayak parasit...klo ada sodara saya yang ekonominya menengah keatas, dia pasti deket trus, dikit2 duitnya diambil...tapi begitu sodara saya butuh apa2, istri om saya malah diem dan ninggalin dia....karang malah dia ngedeket ke ibu saya...apalagi dia punya utang duit 5,4jt ke saya 2 th lalu lum d bayar, padahal tuh duit mau saya pake buat modal nikah....saya pengen nasehatin dia, tapi gak bisa, masalahnya dia yang jaga nenek saya....jadi tiap saya mau ngomong ama istri om saya, saya mikirin nenek...jadinya ga tega....

    gimana cara saya bisa nasehatin tuh orang...??? secara banyak banget sodara saya yang gak suka ma dia emang....

    terimakasih....
     
  9. Offline

    The_Next Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 23, 2009
    Messages:
    1,123
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +673 / -0
    Saya kan tidak pernah mengatakan cinta pada seorang perempuan pun karena takut dengan apa yang kan terjadi...
    Boleh minta sara g biar saya berani nembak cewek...

    TSnya ternyata memang bisa diandalkan Q kira mau ngejunk :top:
     
  10. Offline

    kerokero Beginner Members

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    236
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +56 / -0
    mau konsultasi yaa..
    dulu saya adalah orang yang percaya diri dan optimis..
    Tapi semenjak keluraga saya menghadapi masalah yang cukup berat saya mulai menjadi orang yang tertutup..tidak percaya diri dan bahkan seringkali rendah diri.. :onion-07:

    bagaimana cara mengatasinya supaya saya bisa kembali percaya diri dan tidak lagi tertutup..

    thanks before.. :hmm:
     
  11. Offline

    CiuMDuLuCroSs Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 21, 2009
    Messages:
    943
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,872 / -0
    blh minta pendapat ga? :???:

    jadi gini... saya lagi berantem dgn sahabat..
    gara"nya saya waktu ngmng ke dia becanda.. padahal dia lagi serius..
    biasanya dia gak pernah sampe semarah ini..
    gmn ya? masalahnya saya udah berkali-kali coba ngomong sama dia..
    dia terus"an pergi.. dan ga mau ngedengerin saya
    padahal saya dah mengakui kesalahan saya..

    gmn caranya supaya saya bisa berteman lagi ?
    padahal udah mau dket UN.. tapi malah musuhan..
    hati saya ga enak.. gk bisa mikir buat UN nanti.

    and.. dia udah kehilangan ayahnya utk slamanya beberapa hari yg lalu
    apakah itu yg membuat dia berubah sikapnya?

    :maaf: bls ya.. mohon pencerahannya :hiks:
     
  12. Offline

    fudinpang Beginner Members

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    266
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +41 / -0
    Apa yang anda kira adalah masalah berasal dari pikiran anda sendiri, apa yang anda kira adalah kegembiraan berasal dari pikiran anda sendiri. Kebahagiaan anda tidak tergantung kepada sesuatu apapun dari luar.

    Jb. Mungkin teman anda masih sakit hati dan dendam terhadap anda.. sebaiknya anda memberikan waktu kepadanya agar suasana menjadi lebih tenang dan ia bisa menerima anda kembali.. janganlah terlalu agresif karena akan membuat teman anda menjadi kurang nyaman dan mungkin di tambah lagi salah satu orang tuanya baru meninggal sehingga membuat teman anda itu terpukul dan down jiwanya...cobalah anda bersikap lebih tenang dan intropeksi diri ya.

    semoga bahagia selalu

    psikolog/sinshe fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com

    Jb. baguslah anda telah menyadari bahwa anda menjadi kurang percaya diri beserta penyebanya.. satu keuntungan untuk anda untuk segera berubah karena anda telah menyadari kelemahan diri anda.. cukup gampang buat anda untuk berubah sesuai dengan pengalaman/penyebab ketidak percayaan diri anda, yaitu dengan menerima seluruh pengalaman pahit anda ketika keluarga anda mengalami masalah dan jangan menyimpan ke dalam hati lagi.. bersikaplah pamrih, iklas dan pasrah disamping itu tetaplah berusaha untuk mengapai masa depan yang cemerlang.. masa lalu telah berlalu dan tidak mungkin akan kembali lagi maka setelah menyadari itu bersikaplah menerima dan bangkit kembali. anda akan menjadi orang yang lebih kuat menghadapi masalah.

    Mengenai ketertutupan diri anda dapat anda ubah dengan mindset anda, yaitu perbanyak membuka diri anda terhadap orang lain, jangan merasa lemah dan curiga terhadap orang lain.. perbanyak bersosialisasi dengan orang lain yang bertujuan untuk menciptakan kenyamanan, keceriaan serta kegembiraan.bukan bertambah murung.

    Mengenai rendah diri dan tidak percaya diri dapat anda tingkatkan dengan perbanyak menciptakan citra diri yang positif, berpikir positif, kurangi kecurigaan dan jangan memvonis diri lemah dan percaya pada kemampuan anda kembali.

    semoga bahagia selalu

    psikolog/sinshe fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com

    Jb. Mungkin anda kurang percaya diri dan merasa takut ditolak sehingga tidak berani menembak cewek.. solusinya adalah tingkatkan kepercayaan diri dengan merasa diri lebih berharga dan berguna di depan wanita, anda mensugesti diri anda bahwa anda mampu membahagiakan wanita tersebut dan anda pantas mencintai dan dicintai oleh pasangan anda kemudian anda belajar mengatur mindset anda bahwa cewek tersebut adalah bagian dari anggota keluarga anda sehingga anda tidak merasa takut atau canggung dan belajar untuk menerima bahwa kemungkinan anda akan ditolak oleh cewek tersebut dan anggaplah itu adalah perjalanan hidup anda..

    semoga bahagia selalu

    psikolog/sinshe fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com

    Jb. Permasalahan anda cukup dilematis ya.. di satu sisi.. anda kurang menyukainya dan ingin menegurnya kemudian di sisi lain.. ia adalah orang yang lebih tua dari anda dan istri om anda sehingga anda sulit untuk berbuat apa-apa dan hanya diam saja.. Menurut saya, sebaiknya anda bersikap sabar dan jangan banyak mencari kesalahan dia sehingga anda bisa hidup dengan tenang bersama kehadiran dia.. Anda masih terlalu muda untuk menasehati dia sehingga anda akan mencari permasalahan baru lagi.. saran saya sebaiknya mintalah keluarga lain yang satu angkatan dengannya untuk menyadarkannya.. dan jika ia masih belum sadar maka sebaiknya anda menjauhinya dan jangan terlalu dekat dengannya, hanya sekedar basa basi dan ada hal penting saja.

    Mengenai uang anda.. cobalah untuk meminta kepada terang-terangan karena itu adalah hak anda.. tagilah kepadanya sampai uang tersebut dikembalikan kepada anda.. namun tentunya jangan menggunakan kekerasan... mintalah kepada secara berkala dengan alasan yang jelas dan sedikit mendesak.

    semoga berbahagia selalu

    psikolog/sinshe fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com

    Kamu belum mengalami saat-saat yang sempurna, sekalipun kamu memiliki banyak uang, kecuali kamu telah melakukan sesuatu untuk seseorang yang tidak akan pernah bisa membalasmu

    Kita bertahan hidup dengan apa yang kita dapat, tetapi kita kita menjalani hidup dari apa yang kita berikan

    Gunung tinggi, jurangnya dalam. Setiap kelebihan, selalu diikuti kekurangan.
     
    Last edited by a moderator: Oct 31, 2011
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  13. Offline

    GossipBoy Silent Reader Members

    Joined:
    May 11, 2009
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +171 / -0
    seorang psikolog emank ampuh :top:

    mindset dan beban pikiran saya selama bertahun" dapat diobati.. Padahal cuma konseling tiap bulan n minum obat..
    yah meskipun emank menghabiskan biaya yg cukup banyak, tapi bener" pantas sih..

    kalo kepribadian saya yg dulu sangatlah parah. Mudah emosi.. Jarang bersosialisasi.. Kurang keyakinan dan percaya diri .. selalu berprasangka buruk terhadap orang lain.. mudah kecewa dan stress.. serta berbagai pribadi negatif lainnya dkk ~ ...

    namun setelah melakukan konseling beberapa bulan dengan SpKJ.. hasilnya kepribadian saya berubah 180 derajat.
    saya menjadi ramah n menyukai sosialisasi dengan teman" yg lain.. n bawaanny selalu happy dmana". udah gak pernah stress n emosian lagi:haha: intinya sih suasana hati saia selalu bergembira saat ini :hahai:
    Saat ini saya merasa diterima dan sangat disenangi komunitas baru saya saat ini. Dimana pada waktu dulu, gak pernah kepikiran sekalipun untuk masuk dalam komunitas ini (asisstant lab). Dulunya saya bahkan gak mempunyai rasa percaya diri untuk melamar di bagian ini. Namun sekarang saya berhasil mencapai apa yg dulunya dipikir itu adalah hal yg 'gak mungkin'. ternyata bisa juga :cambuk:

    nah yg ingin saya tanyakan, mengapa belakangan ini saya merasa menyesal. Menyesal mengapa gak dari dulu saya mempunyai kepribadian seperti sekarang :bolakbalik:
    Kalo aja dari dulu saya mempunyai kepribadian seperti sekarang, mungkin akan jauh lebih banyak hal yg dapat saya lakukan. Lebih dari yg saat ini tentunya.

    terus saya juga menyayangkan berbagai kesempatan yg telah saya lewatkan dulu.. karena watak saya yg kurang beres swaktu dulu.. banyak pihak terutama sahabat dan kawan" yg telah saya rugikan. karena watak yg mudah emosi menyebabkan mereka mungkin mengalami kekecewaan, meskipun tidak pernah diungkapkan secara langsung..

    apakah ada kemungkinan dapad memperbaiki hubungan dengan teman yg dulu saya kecewakan? meskipun saat ini di komunitas saya yg baru dan kelas perkuliahan yg baru saya dapat menjalin hubungan dengan ramah dengan semuanya.. Namun saya masih ingin sekali menjalin dan memperbaiki hubungan sosialisasi saya dengan teman2 yg lama..
     
    • Like Like x 1
  14. Offline

    awangtita Members

    Joined:
    Mar 31, 2010
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    huaaaa,,,,mo curhat donk
    kenapa ya rasanya males banget kuliah...padahal udah mahal2 bayar uang kuliah tapi males banget masuk kuliahnya
    apa karena kecapean kerja ato jenuh karena tiap hari kehidupanku hanya berputar kerja-kuliah aja
    gimana ya caranya supaya dua2nya bisa sejalan karena klo kaya gini terus kerja ga konsen tapi kuliah juga ga beres2 :(
     
  15. Offline

    Ciero Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 29, 2010
    Messages:
    855
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +1,551 / -0
    ikutan curhat ya..

    tmn sya punya pcr si A, karna faktor ancaman, si A pun mempunyai hubungan dengan laki2 lain, si B.
    yg jadi masalah d sni adalah..
    1. tmn sya ga tau siapa itu si B, dia hanya mendengar cerita tentang si B dari pcrny saja. mengenai masalah ini jg si A ga mau temen sya ikut campur dngn alasan "takut di apa2in sma si B". si A pun meminta teman saya untuk berjanji tdak akan ikut campur dlm masalah ini krna si A pengen dia ngurus sndri ni masalah (si A ngerasa ini salah dia)
    2. dr yg saya amati n dari penjelasan teman sya jg, si A benar2 pure d ancam, bkn karna punya ketertarikan pd co tersebut

    jadi..
    bagai mana baiknya teman saya dan pacarnya bertindak untuk menghadapi masalah ini..
    apakah benar tindakan teman sya untuk menuruti kemauan si A agar tidak terlibat dalam masalah ini?
    dan bagai mana sya bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut sebagai seorang teman????

    mohon pencerahannya..:maaf:
     
  16. Offline

    fudinpang Beginner Members

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    266
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +41 / -0
    Peloncat tinggi perlu menekuk lutut dan merendahkan tubuhnya sebelum melakukan lompatan yang tinggi itu. Seperti peloncat tinggi, beberapa orang perlu merunduk rendah untuk melompat tinggi dalam permainan hidup.

    Jb. bisa kok.. anda hanya perlu bersikap ramah. sopan dan tidak menyinggung mereka lagi dan menjadi penolong yang iklas sehingga mereka bisa mengetahui dan menilai bahwa anda telah sadar dan berubah maka mereka akan menerima anda kembali kok.

    semoga berbahagia selalu

    psikolog/sinshe fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com

    Jb. iya bisa saja kemungkinan anda merasa jenuh dengan rutinitas anda dan bisa juga anda malas kuliah karena anda kurang tertarik terhadap mata kuliah yang anda ambil sehingga anda merasa jenuh dan kehilangan minat atau bisa saja anda kurang fokus terhadap pelajaran anda atau kurang mempunyai tujuan dan motivasi anda menjalani kuliah atau pekerjaan.. caranya adalah anda perbanyak melakukan rileksasi terhadap jiwa dan pikiran anda atau membuat hati anda menjadi tenang dan pikiran anda menjadi fokus dan bahagia sehingga anda menjadi lebih nyaman dalam menjadi kehidupan anda atau anda bisa mencari kreatifitas dan kesenangan lain dalam menjalani kuliah dan pekerjaan anda.

    semoga berbahagia selalu

    psikolog/sinshe fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com

    Jb. saya kurang jelas dengan pertanyaan anda.. bisakah menjelaskan lebih simple.. semoga berbahagia selalu
     
    Last edited by a moderator: Oct 31, 2011
  17. Offline

    DelQ Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 17, 2009
    Messages:
    411
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +118 / -0
    Mau minta sarannya aja biar bisa jadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam kehidupan sehari2.
    Soalnya saya orangnya cukup mudah down, pesimistic, dan melankolis (tidak selalu, tapi cukup sering muncul).
     
  18. Offline

    alone1break Beginner Members

    Joined:
    Mar 30, 2010
    Messages:
    238
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +83 / -0
    gimana cara menumbuhkan konsistensi dan kengototan niat untuk secara kontinyu melakukan sesuatu.. semangat gt...
     
  19. Offline

    fudinpang Beginner Members

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    266
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +41 / -0
    Mengikuti arus bukan berarti tidak berusaha sendiri sama sekali, tetapi lebih pada menerima kenyataan. Ini adalah tentang mengetahui bila harus bertindak dan bila hanya dapat berdiam diri saja.

    Meskipun dari nama saya ketahuan saya ini siapa, gak apa2lah :hihi:
    *yang sudah tahu siapa saya, diem2 aja ya*
    Numpang konsultasi ya kak psikolog... :hihi:

    Sebenarnya masalah kejiwaan saya banyak sekali. Malah rasanya mungkin saja kalo sebenarnya saya sudah mengalami *gangguan*.
    Beberapa orang melihat gw memiliki gangguan isi pikiran paranoid + gangguan kecemasan (ini bahasa psikiatrinya).
    Intinya gw sulit melihat ketulusan seseorang. Mungkin itu disebabkan gw sering sekali dikecewakan dalam berbagai pertemanan di masa lalu.
    Dulu pernah berteman sama seseorang sampai cukup dekat, tapi begitu dia *nembak* dan gw tolak, dia kecewanya minta ampun, sampai2 bicara sama gw pun dia tidak mau lagi.
    Naik tingkat, gw pernah berteman akrab lagi sama 1 teman. Sampai akhirnya terbukti jelas2 dia memanfaatkan gw sebagai temannya, gw pun memutuskan hubungan sama dia.
    Begitu masuk kul, gw susah sekali berteman dekat dengan siapapun. Rasanya semua orang yg mau mendekati gw itu ada maunya. Dan memang 90% itu benar. Kalau ada acara, gw tidak pernah diundang. Tapi kalo udah mau ujian, buru2lah semua minjem catatan gw. Makanya gw agak2 gak rela... di situlah awal mula gw dicap pelit sama teman2.
    Pas tahun terakhir kul, gw dikhianati habis2an sama beberapa orang teman sekelompok. Sampai2 gw dipermalukan di satu jurusan. Dari situ gw semakin parah, semakin tidak bisa menerima ketulusan orang... Gw selalu melihat semuanya *ada udang di balik batu*. Walaupun dasarnya gw senang membantu orang, tapi isi pikiran ini bener2 menghambat gw mengeluarkan sifat gw yg sebenarnya, karena gw selalu merasa dimanfaatkan. Gw pun menjadi minder karena sudah dipermalukan seperti itu.
    Sampai sekarang, semua ajakan pesta, semua ajakan reuni, gw tolak... karena gw merasa tidak ada gunanya acara kumpul2 seperti itu, ujung2nya gw juga yg dimanfaatkan. Belum lagi ditambah (oops, ini beda lagi) gw selalu merasa minder/jelek. Terlebih gw minder karena sampe kini masih single.
    Hal ini semakin diperparah, semua ajakan chat dari teman2 kul dulu selalu gw tolak dengan berbagai alibi. Gw merasa takut sekali dimanfaatkan, entah bagaimana caranya, gw yakin gw akan dimanfaatkan lagi, dan lagi. Kalo bukan, yah, paling2 dikhianati teman lagi. Dan memang gw baru dengar, kalo baru2 ini (kejadiannya bulan Januari), gw baru saja difitnah malakin duit teman2 waktu akhir kuliah dulu. Pelakunya tak lain adalah teman yg dulunya sering chatting sama gw di YM.

    Dari cerita yg panjang itu, yang ingin saya tanyakan:
    1. Adakah yg bisa saya lakukan untuk mengatasi kondisi ini?
    2. Kira2 mengapa yah orang2 suka memanfaatkan saya? Apa yang harus saya lakukan agar orang tidak lagi suka memanfaatkan saya?
    3. Adakah cara untuk meningkatkan pede supaya setidaknya saya tidak terlalu minder dan negative-thinking terhadap diri sendiri?

    Terima kasih banyak ya kak psikolog :top:

    Jb. cobalah cari tau apakah yang menyebabkan anda menjadi kurang bersemangat dan tidak termovitasi.. apakah anda adalah orang yang mempunyai karaktek yang pesimis bawaan atau anda kehilangan minat sehingga anda menjadi pesimis..

    jika memang anda adalah seorang yang pesimis bawaan maka saran saya untuk belajar untuk mengatur mindset anda supaya anda tidak terlalu curiga terhadap segala sesuatu dan belajar untuk bersikap terbuka dan jangan takut untuk bertindak salah dan anda harus menanamkan kepercayaan diri terhadap diri anda.. yakinlah terhadap diri anda baru anda bisa mempunyai semangat untuk berjuang..

    jika anda pesimis karena anda kehilangan minat atau adanya masalah personal lainnya maka saran saya adalah segala tuntaskan masalah anda atau menyelesaikan masalah anda dengan baik sehingga anda menjadi lebih lega untuk melaksanakan aktivitas anda.

    Motivasi adalah daya pengerak seseorang atau daya perjuangan... setiap askep kehidupan harus memerlukan motivasi yang kuat untuk menjalaninya.. anda harus menemukan sendiri apa daya pengerak anda untuk melakukan sesuatu sehingga anda menjadi lebih bersemangat.

    semoga berbahagia selalu

    psikolog/sinshe fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com

    Jb,. konsistensi ada hubungannya dengan sebuah minat yang didapatkan dari dalam diri kita.. jika kita mempunyai minat terhadap satu hal maka kita dapat berkonsisten dalam melakukan niat tersebut.. yang paling penting adalah tetaplah bersabar, mempunyai komitmen yang kuat, tahan banting, tidak mudah berpaling, kreatif, tanamakan motivasi anda yang tinggi, ingatlah tujuan utama anda, belajarlah untuk mencintai hal tersebut dan dijadikan rutinitas anda sehari-hari yang tidak boleh anda langgar maka anda akan tetap konsisten.

    semoga berbahagia selalu

    psikolog/sinshe fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com

    Jb.

    1. kemungkinan anda telah mengalami krisis kepercayaan terhadap orang lain dan bukan anda mengalami gangguan kepribadian paranoid (paranoid itu ditujukan kepada orang yang mempunyai gangguan kejiwaan), namun anda hanya sekedar trauma saja.. jika anda ingin sembuh dari trauma maka anda harus belajar untuk menghilangkan trauma tersebut.. saya pikir dunia ini memang agak keras dan jika kita bisa menangani dengan baik maka kita sulit untuk selamat karena di dunia ini sangat banyak dipenuhi oleh orang yang penuh dengan kebodohan batinya, seperti keinginan untuk mencelakakan orang lain, keinginan untuk menipu orang lain.. oleh sebab itu kita harus bijaksana dan bisa memilih-milih mana yang benar dan mana yang salah.

    saran saya untuk mengatasi masalah anda adalah anda harus bersikap lebih bijaksana dalam memilih kawan dan bisa belajar dari pengalaman dan tidak membuat dan menjalankan kesalahan yang sama atau untuk kedua kalinya, anda harus mempunyai prinsip yang kuat juga agar tidak mudah percaya kepada ucapan orang lain dan anda juga harus bersikap fleksibel dalam menjalani kehidupan sosial ini.. yang artinya anda harus mengunakan topeng (mekanisme pertahanan diri) juga namun tidak berlebihan ya.. anda harus bisa melindungi diri anda dan jangan terlalu menanamkan kepercayaan yang tinggi kepada orang lain dan jangan juga mempunyai krisis kepercayaan terhadap orang lain. anda harus bisa memilah-milih mana yang baik terhadap diri anda dan baik untuk orang yang disamping anda dan mana yang terbaik untuk semua orang...

    2. seseorang yang ingin memanfaat kita karena bisa saja kita lalai dalam melakukan sesuatu seperti ada pepatah mengatakan dimana ada kesempatan maka kemungkinan kejahatan akan terjadi.. anda harus bersikap lebih teliti dan dewasa dalam sebuah penilaian.. jika anda tidak ingin dimanfaatkan oleh orang lain maka anda harus menciptakan suatu kondisi dimana orang tersebut tidak mempunyai kesempatan untuk memanfaatkan anda.

    3. untuk menghilangkan kecurigaan terhadap diri anda maka anda harus memperbaiki citra diri anda sendiri, yaitu anda harus merasa diri anda adalah orang yang berguna, orang yang mampu dan orang yang hebat. anda harus berhenti untuk mengangap enteng kemampuan diri anda.. anda harus bersikap terbuka terhadap dunia ini, yaitu anda harus bisa memandang bahwa anda sama dengan orang lain.. mengapa orang lain bisa kenapa saya tidak bisa.. tingkatlah kepercayaan diri anda dan jangan membuat penilain yang buruk karena tidak memiliki alasan yang tepat.. setiap orang memiliki kelebihan dan kelemahan yang unik.. tidak ada orang yang sempurna.

    semoga berbahagia selalu

    psikolog/sinshe fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com

    Terima kasih kak psikolog atas jawabannya.
    Akan saya coba untuk mengubah pemikiran saya tersebut dan mencoba menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi.

    Nanti cc saya akan kirimkan paket terima kasih kepada kakak, salam berbahagia kembali :top:

    Nilai dalam tempat tinggal adalah lokasi. Nilai dalam pikiran adalah kedalaman. Nilai dalam hubungan adalah ketulusan. Nilai dalam kepemimpinan adalah keteraturan. Nilai dalam kerja adalah kecakapan. Nilai dalam usaha adalah ketepatan waktu.

    Jb. wah. paket apa neh..thanks ya

    Hanya orang yang tahu mengabdi patut menjadi pemimpin
     
    Last edited by a moderator: Oct 31, 2011
  20. Offline

    tarumainfo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 1, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +5,812 / -0
    Wah tempat curhat yah?

    Curhat ahh.
    Saya gak bisa ngatur mood saya. Terkadang 4 hari saya seneng banget, sisanya kalau gak normal yah low -depresi. Sayangnya, lownya sepertinya udah parah jadinya males kuliah, loss of interest, sadness, hopeless, dll. Saya juga ngerasa aneh ke diri saya, kok bisa yah, 4 hari itu (pas seneng banget) rasanya, masalah/beban tuh gak ada, yang ada malah ingin banyak ngomong kagak jelas (tapi, biasanya sih lebih). Dari itu, saya me-pra-duga saya mengenai bipolar. Bodohnya, saya dah 5 kali ke psikiater dan gagal meluilu. Dari tiba-tiba "merasa baikan" sampai dokternya lagi libur atau tidak praktek. -_____-. Lalu, gini lah, belum ke dokter. Oh yah, saya udah punya suicidal thought + mendetail. Terkadang, karena ada masalah, tapi, terkadang juga karena tidak ada masalah.

    ~Udah ah curhatnya. hahaha. kok saya curhat kejiwaannya bukan masalah situasi yah. hahaha. Terkadang, saya cukup apatis tuk situasi. -__- Entah itu dari diri saya atau gangguan.


    Pertanyaannya :
    Bagaimana membedakan orang yang memiliki kepribadian yang asli dengan gangguan kepribadian (borderline dkk)? dan yang memiliki jiwa yang sehat dan tidak?

    ~OOT gak sih yah?~
     
  21. Offline

    Armageddon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    976
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +412 / -0
    Gw jg mw curhat nih:
    1.Gw nih skrg lg jatuh cinta ama orang yang baru gw kenal lewat YM.. apa yg hrs saya lakukan agar dpt lebih dekat dgn dia (gw cowok dia cewek)??
    2. Apakah salah kalau saya suka orang yg udah punya pacar??
    3. GW nih gampang banget suka org sehingga gampang jatuh cinta gimana ngilangin prasaan ini y??
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.