1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  4. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  5. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

News [Clothes] Japanese Traditional Clothes For Female

Discussion in 'Fashion' started by misschoi407, Jan 30, 2014.

  1. Offline

    misschoi407 Rockstar Moderator

    Joined:
    Dec 14, 2012
    Messages:
    31,410
    Trophy Points:
    207
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +19,956 / -0
    Japanese Traditional Clothes

    Yuk mengenal jenis-jenis kimono dijepang :hihi:

    Kimono, pakaian tradisional khas Jepang ini sangat terkenal bukan hanya di Jepang tapi juga diberbagai negara. Mulai dari anak anak sampai orang dewasa cocok mengenakan kimono, pakaian tradisional ini tidak hanya merupakan simbol dari keunikan tradisi di Jepang tapi juga merupakan warisan budaya yang sangat dijaga oleh orang orang Jepang. Orang jepang sering memakai kimono diberbagai kesempatan seperti festival dan juga acara acara formal, tapi tahukah minna-san jika kimono memiliki banyak jenis, setiap kimono memiliki fungsi dan keunikan tersendiri. Ingin tahu lebih lanjut apa saja jenis jenis Kimono yang ada di Jepang? ayo disimak, dozoo....

    Sebelum kita melihat berbagai jenis kimono, mari kita kembali sebentar melihat sejarah dibalik pakaian tradisional Jepang yang sangat terkenal ini. Kimono yang kita kenal pada saat ini merupakan pakaian tradisional masyarakat Jepang pada zaman Edo sekitar tahun 1600-1868. Ada perbedaan cara memakai kimono pada zaman itu dimana untuk wanita di kelas samurai memiliki cara mengenakan kimono yang lebih sederhana dibandingkan wanita yang berada di luar kelas samurai, mereka yang berada di luar kelas samurai memiliki gaya mengenakan kimono yang lebih beragam.

    Ada berbagai jenis Kimono di Jepang, tidak hanya berbeda bentuk desainnya saja tetapi fungsi dari setiap kimono pun berbeda beda.

    1.Yukata, Kimono musim panas
    [​IMG]

    oke..... yukata juga sebuah kimono, hanya saja fungsi dan penamaannya membuat kebanyakan orang berpikir bahwa yukata adalah yukata bukan kimono, yukata berasal dari penamaan yu (mandi) dan katabira (pakaian dalam). Pada masa heian, para bangsawan Jepang selalu mengenakan sebuah piama tipis berbahan linen setelah mereka menikmati pemandian air panas, tradisi inipun berlanjut sampai periode edo dimana pada saat itu pemandian air panas sudah sangat digemari oleh orang orang Jepang, yaap orang Jepang sangat suka pemandian air panas. Sampai saat ini yukata pun juga disediakan sebagai pakaian bagi para tamu ryokan (penginapan tradisional Jepang) saat mereka selesai menikmati onsen pribadi, biasanya pelayan ryokan akan menyediakan beberapa helai yukata di dalam lemari kamar penginapan. Yukata yang saat ini umum digunakan terbuat dari bahan katun tipis yang sangat nyaman dan sejuk saat digunakan, tidak heran jika yukata sangat cocok dikenakan saat musim panas tiba. Pada saat menghadiri festival musim panas di Jepang seperti bon odori, minna-san akan banyak menemui orang orang yang mengenakan Yukata.

    2. Furisode, Kimono yang melambangkan kedewasaan


    [​IMG]
    Ketika seorang anak perempuan di Jepang menginjak umur 20 tahun, orang tuanya akan menghadiahi anak tersebut dengan sebuah kimono saat perayaan seijin no hi atau hari menuju dewasa sang anak. Umur 20 tahun merupakan sebuah tanggung jawab bagi sang anak, mereka telah diberi tanggung jawab penuh untuk semua hal yang ingin mereka lakukan. Furisode merupakan kimono berlengan panjang dan memiliki tampilan warna yang mencolok dan terbuat dari bahan kain sutra yang berkualitas tinggi, arti dari furisode sendiri adalah "swinging sleeves" atau lengan yang berkibas, hmmm.... cukup aneh jika diartikan lebih lanjut.

    3. Homongi


    [​IMG]

    Jika furisode melambangkan beranjaknya seorang wanita menuju umur "dewasa" maka Homongi melambangkan sebuah awal baru bagi kehidupan wanita di Jepang, yaap sebuah pernikahan. Banyak orang tua yang memberikan Homongi sebagai hadiah untuk anaknya yang baru saja menikah untuk menggantikan furisode yang mereka miliki. Homongi biasanya dipakai oleh wanita Jepang yang sudah menikah pada saat upacara minum teh atau menghadiri upacara pernikahan kerabat jauh seperti teman dan..... mantan pacar *uhuk uhuk

    4. Tomesode
    [​IMG]

    Tomesode salah satu dari kimono resmi yang dipakai oleh wanita Jepang yang telah menikah, lalu apa yang membedakan Homongi dengan Tomesode? dari segi fungsi tomesode juga dikenakan untuk menghadiri acara formal seperti pernikahan layaknya homongi, akan tetapi tomesode digunakan untuk menghadiri acara pernikahan dari kerabat dekat seperti keluarga kandung. Dari segi tampilan, Tomesode hanya memiliki satu warna yaitu warna hitam, berbeda dengan homongi yang memiliki warna yang lebih bervariasi

    5. Mofuku, Kimono disaat berduka


    [​IMG]

    Warna hitam adalah warna khas untuk menggambarkan sebuah rasa duka yang mendalam, begitu juga dengan kimono ini. Mofuku yang merupakan kimono resmi khusus dikenakan untuk menghadiri upacara pemakaman di Jepang, memiliki warna hitam yang menggambarkan suasana saat kimono ini dipakai. Tetapi saat ini orang Jepang sudah mulai mengenakan Jas hitam saat menghadiri upacara pemakaman, hanya sebagian saja yang masih mengenakan kimono hitam ini, biasanya para kerabat dekat (perempuan) dari sang almarhum yang mengenakannya. Jika kalian pernah menonton Usagii drop live movie, kalian bisa melihat scene dimana ibu dari kawachi memakai mofuku dan beberapa orang lainnya tidak memakainya, APA!! belum menonton filmnya!!?? minna-san..... kalian benar benar telah melewatkan 2% kebahagiaan dari hidup kalian.

    6. Uchikake

    [​IMG]

    Berbeda dengan Tormesode dan Homongi, kimono yang satu ini benar benar dipakai saat hari upacara pernikahan dari seorang wanita Jepang. Mereka memakai uchikake sebagai pakaian resmi saat mereka menikah, kimono yang satu ini merupakan yang paling indah dan tentunya konteks indah ini berbanding lurus dengan harga dari kimono ini, yaap.... uchikake adalah kimono yang paling mahal diantara semua jenis kimono yang ada sehingga kebanyakan keluarga akan menyewa kimono ini saat pernikahan anak mereka, itupun tetap dibandrol dengan harga sewa yang sangat mahal. Kimono ini memiliki desain yang unik menyerupai gaun, kain kimono memanjang sampai menyentuh tanah sehingga pengantin wanita harus dibantu saat mengenakan kimono ini, siapa juga yang mau merusak hari paling bersejarah dalam hidup hanya karena terpeleset??

    Terlepas dari semua itu, kimono tetaplah barang mahal. Jangan sekali kali meminta kimono sebagai oleh oleh dari teman yang akan pulang berlibur dari Jepang, terkecuali teman minna-san punya satu bak mandi yang penuh dengan koin emas mungkin tidak jadi masalah. Tapi kemungkinan ada dua sih jika teman minna-san masih berbaik hati dia akan tetap membelikan kimono!! tentunya dalam bentuk gantungan kunci, atau jika beruntung minna-san bakal dapat oleh oleh tabi (sendal tradisional Jepang) tepat di pipi minna-san.

    Pernahkah minna-san mengenakan kimono sebelumnya, bagaimana rasanya mengenakan pakaian tradisional Jepang yang satu ini? yoroshiku onegaishimasu. :)




    Source


     
    Last edited by a moderator: Sep 25, 2014
    • Like Like x 38
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    Emma45 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 17, 2014
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +249 / -0
    aku sukanya dari kimono itu coraknya :sayangku:
    bunga2 :XD:
    apalagi kalau ditambah kain yang lembut juga :hihi:

    baru tahu aku kalau ada dua macam kimono untuk perempuan dewasa: homongi dan tomesode... kirain sama aja :matabelo:

    apalagi kalau menikah, pas acara aja kimononya bisa ganti 7 kali bukan? :???:
    :keringat:
     
  4. Offline

    12345678 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 25, 2009
    Messages:
    2,198
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +7,100 / -0
    br tw klo ternyata nama nya ada banyak dan fungsinya beda2.. :keringat:

    rasanya semakin berumur,, semakin simple motifnya y.. semakin anggun.. :lalala:


    thx for sharing the info... :siul:
     
  5. Offline

    superrare Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +10 / -0
    Dulu jaman kuliah sama tmn yg concern bgt sm budaya jepang pernah dikasih tau macam-macam kimono sesuai fungsinya gitu, tp udh lupa, eh liat thread nya jadi inget lagi.. Nice info.. :top:
     
  6. Offline

    YasmineMJ Members

    Joined:
    Dec 9, 2011
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    I really would like to try them :/
     
  7. Offline

    asoy_cemplon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 21, 2012
    Messages:
    552
    Trophy Points:
    42
    Ratings:
    +132 / -17
    imagenya minta di reup donk :tolong:
    kagak keliatan dia aye :sedih:

    ini khusus cewek ya :bloon:
    kirain ada cowoknya juga :iii:

    dari dulu pengen bikin baju cowok yg model jepang tradisional gini :matabelo:
     
  8. Offline

    lollipopdeath Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 4, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +4 / -0
    Imut sekaaaaliii ; w ;
    Pengen coba sesekaaali
     
  9. Offline

    rocchan Silent Reader Members

    Joined:
    May 6, 2012
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    pengen coba :matabelo:
    imuut :matabelo:
     
  10. Offline

    novitanuphi Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 27, 2012
    Messages:
    5,358
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +5,223 / -0
    ternyata kimono jenisnya macem2 :matabelo:

    pengen nyobain satu aja, tapi kapan ya :sedih:
    gag pengen kimono warna hitam :XD:
    motif kimono bagus2 ya :lalala: bunganya feminin :onegai:
     
  11. Offline

    CarlJSmith DayRock Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 28, 2012
    Messages:
    3,634
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +9,809 / -1
    yg kusuka dari baju kimono krn motif dan coraknya indah. dulu pernah tanya temen yg dri jepang katanya harga kimono mahal banget (berapa yen gitu lupa gue). lah kalo org jepang yg beli langsung dr negaranya sendiri aja mahal,trus kalo mau import pasti lebih mahal dunk :keringat:
     
  12. Offline

    kartikameansstar Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 19, 2014
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    say apernah liat yang di movienya rurouni kenshin, kimono yang di bagian lengannya bisa dijadikan kantong.. itu termasuk homongi ya?
     
  13. Offline

    OXYCANTHAA Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 21, 2015
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +21 / -0
    Pengen coba pakai Furisode atau Uchikake :onegai:
    Walaupun sebetulnya suka pakai warna untuk Tomesode yang lebih bold warnanya:matabelo:
    Perlu bahan berapa meter untuk buat kimono ya kira-kira:bingung:
     
  14. Offline

    biMz_biMz Innocent Member Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 26, 2011
    Messages:
    3,017
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +2,934 / -178
    Perempuan itu kalau pake yukata cantik nya naik 100% @,@

    Sent from my ASUS ZENFONE Using Tapatalk
     
  15. Offline

    purnaragani Silent Reader Members

    Joined:
    May 16, 2014
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -12
    oh. .
    ternyata kimono ada beberapa jenih :matabelo
    tambah pengetahuan :top:
     
  16. Offline

    andr3a Silent Reader Members

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -1
    tambah cantik ya kalau pakai kimono :ogsayang:
     
  17. Offline

    hgbsebayang Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 8, 2011
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Pengen coba pakai Furisode atau Uchikakenyaaa. hahaha.
     
  18. Offline

    moonquake Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 20, 2013
    Messages:
    84
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +16 / -0
    best nye. memang nak try satu pakaian traditional jepun satu hari nanti
     
  19. Offline

    RyuKuShuRO Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 3, 2014
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +2 / -0
    banyak yaaaa ternyata aku taunya cma yukata sajaa
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.