1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Cinta

Discussion in 'Lifestyle' started by midorikawa, Jul 7, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    midorikawa Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +959 / -0
    Sudah banyak lagu digubah, puisi ditulis, dan kanvas dilukis untuk menggambarkan cinta. Tapi apakah cinta itu sebenarnya? Tentunya seorang pelukis akan berbeda dengan seorang pencipta lagu dalam menjelaskan cinta. Bahkan setiap orang akan mendefinisikan cinta dengan cara yang berbeda. Sah-sah saja.

    Psikologi sebagai ilmu yang mempelajari manusia, sudah lama tertarik dengan konsep cinta (misalnya Eric Fromm, Maslow) karena manusia satu-satunya makhluk, konon, yang dapat merasakan cinta. Hanya saja masalahnya, sebagai sebuah konsep, cinta sedemikian abstraknya sehingga sulit untuk didekati secara ilmiah. Dalam tulisan ini dipilih teori seorang psikolog, Robert Sternberg, yang telah berusaha untuk menjabarkan cinta dalam konteks hubungan antara dua orang.

    Menurut Sternberg, cinta adalah sebuah kisah, kisah yang ditulis oleh setiap orang. Kisah tersebut merefleksikan kepribadian, minat dan perasaan seseorang terhadap suatu hubungan. Ada kisah tentang perang memperebutkan kekuasaan, misteri, permainan dan sebagainya. Kisah pada setiap orang berasal dari “skenario” yang sudah dikenalnya, apakah dari orang tua, pengalaman, cerita dan sebagainya. Kisah ini biasanya mempengaruhi orang bagaimana ia bersikap dan bertindak dalam sebuah hubungan.

    Sternberg terkenal dengan teorinya tentang segitiga cinta (bukan cinta segitiga, lho). Segitiga cinta itu mengandung komponen: (1) keintiman (intimacy), (2) gairah (passion) dan (3) komitmen.

    Keintiman adalah elemen emosi, yang di dalamnya terdapat kehangatan, kepercayaan (trust) dan keinginan untuk membina hubungan. Ciri-cirinya antara lain seseorang akan merasa dekat dengan seseorang, senang bercakap-cakap dengannya sampai waktu yang lama, merasa rindu bila lama tidak bertemu, dan ada keinginan untuk bergandengan tangan atau saling merangkul bahu.

    Gairah adalah elemen motivasional yang didasari oleh dorongan dari dalam diri yang bersifat seksual.

    Komitmen adalah elemen kognitif, berupa keputusan untuk secara sinambung dan tetap menjalankan suatu kehidupan bersama.

    Menurut Strenberg, setiap komponen itu pada setiap orang berbeda derajatnya. Ada yang hanya tinggi di gairah, tapi rendah pada komitmen (lihat tabel). Sedangkan cinta yang ideal adalah apabila ketiga komponen itu berada dalam proporsi yang sesuai pada suatu waktu tertentu. Misalnya pada tahap awal hubungan, yang paling besar adalah komponen keintiman. Setelah keintiman berlanjut pada gairah yang lebih besar, (dalam beberapa budaya) disertai dengan komitmen yang lebih besar. Misalnya melalui perkawinan.

    Cinta dalam sebuah hubungan ini tidak selalu berada dalam konteks pacaran atau perkawinan. Pola-pola proporsi ketiga komponen ini dapat membentuk berbagai macam tipe hubungan seperti terlihat dalam tabel berikut.

    Nonlove
    Ketiga komponen tidak ada
    Ada pada kebanyakan hubungan interpersonal, seperti pertemanan biasa (hanya kenalan saja)

    Liking
    Hanya keintiman
    Ada kedekatan, saling pengertian, dukungan emosional, dan kehangatan. Biasanya ada pada hubungan persahabatan (bisa sesama jenis kelamin)

    Infatuation
    Hanya gairah
    Seperti pada cinta pada pandangan pertama, ketertarikan secara fisik, biasanya mudah hilang

    Empty love
    Hanya komitmen
    Biasanya ditemukan pada pasangan yang telah menikah dalam waktu yang panjang (misalnya pada pasangan usia lanjut)

    Romantic love
    Keintiman dan gairah
    Hubungan yang melibatkan gairah fisik maupun emosi yang kuat, tanpa ada komitmen (pacaran atau perkawinan)

    Companionate love
    Keintiman dan komitmen
    Hubungan jangka panjang yang tidak melibatkan unsur seksual, termasuk persahabatan (juga persahabatan suami-istri)

    Fatous love
    Gairah dan komitmen
    Hubungan dengan komitmen tertentu (misalnya perkawinan) atas dasar gairah seksual. Biasanya pada suami istri yang sudah kehilangan keintimannya

    Consummate love
    Semua komponen
    Menjadi tujuan dari hubungan cinta yang ideal

    Sumber: Papalia; Olds & Feldman. (1998). Human development (7th ed.). Boston: McGraw Hill

    Pada remaja, diharapkan mereka mulai mengenali cinta melalui hubungan yang mengandung komponen keintiman. Mulai dari tahap perkenalan, lalu menjadi teman akrab, lalu sahabat. Pada tahap persahabatan, baik dengan lawan jenis maupun sesama jenis kelamin, diharapkan berkembang perasaan hangat, kedekatan dan emosi-emosi lain yang lebih kaya. Dalam hubungan antar jenis, persahabatan dapat berkembang dengan komitmen pacaran. Pada tahap pacaran ini keintiman dapat muncul komponen gairah dengan proporsi yang relatif rendah.

    Pada pasangan yang telah dewasa, bila faktor-faktor emosional dan sosial telah dinilai siap, maka hubungan itu dapat dilanjutkan dengan membuat komitmen perkawinan. Dalam perkawinan, diharapkan ketiga komponen ini tetap hadir dan sama kuatnya.

    Pada budaya tertentu, komitmen dianggap sebagai kekutan utama dalam perkawinan. Karena itu banyak perkawinan (dalam budaya tersebut) yang hanya dilandasi oleh komitmen masing-masing pihak pada lembaga perkawinan itu sendiri. Perkawinan dipandang sebagai keharusan budaya dan agama untuk melanjutkan keturunan, atau karena usia, atau untuk meningkatkan status, atau sebab-sebab lain. Perkawinan seperti ini akan terasa kering karena baik suami maupun istri hanya menjalankan kewajibannya saja.

    Variasi lain, perkawinan hanya dianggap sebagai lembaga yang mensahkan hubungan seksual. Perkawinan semacam ini kehilangan sifat persahabatannya, yang ditandai dengan tidak adanya kemesraan suami istri, seperti makan bersama, berbincang-bincang, saling berpelukan dan sebagainya.

    Seperti telah diuraikan sebelumnya, pola hubungan cinta seseorang sangat ditentukan oleh pengalamannya sendiri mulai dari masa kanak-kanak. Bagaimana orang tuanya saling mengekspresikan persaan cinta mereka (atau malah bertengkar melulu), hubungan awal dengan teman-teman dekat, kisah-kisah romantis sampai yang horor, dan seterusnya, akan membekas dan mempengaruhi seseorang dalam berhubungan. Karenanya setiap orang disarankan untuk menyadari kisah cinta yang ditulis untuk dirinya sendiri. Seperti apakah cinta menurut kamu?

    Memang teori Strenberg tentang cinta ini belumlah lengkap dan memuaskan semua orang. Misalnya bagaimana teori ini dapat menjelaskan cinta ibu terhadap anaknya? Atau bagaimana cinta dapat dipertentangkan dengan perang dan kebencian? Hanya saja, sebagai sebuah deskripsi ilmiah terhadap fenomena cinta, teori ini dapat dikatakan cukup membantu dalam memetakan pola-pola hubungan cinta antar individu.

    Diambil dari :
    www.e-psikologi.com
    Oleh Raymond Tambunan, Psi.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zutara Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,284
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,240 / -0
    jd apa itu cinta ?? terlalu kompleks ternyata....:rokok:
     
  4. Offline

    Nio Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    whew...
    cinta boleh banyak jenis tp yang bisa bertahan ato paling baik itu yang cuma UNCONDITONAL LOVE (cinta yang tidak tergantung dengan kondisi)
    yang bisa melakukan hal itu ga semua orang hehee...
    orang2 bisa cerai DSB, karena ga punya unconditonal love (AGAPE)
    gitu...
    hehe
    gw aja pengen punya cinta yang kaya gitu..
    hehe
    belajar punya ohohooho...
     
  5. Offline

    tehkotak88 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    1,325
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,646 / -0
    Cinta itu keputusan, bukan perasaan

    itu yg ditegasin guru g
     
  6. Offline

    Nio Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    bener banget!!!!!
    gw setuju hehee...
    :tank:
     
  7. Offline

    miha Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 4, 2009
    Messages:
    281
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +37 / -0
    oke dech yg penting cinta aja dech.......wakakaka
     
  8. Offline

    dodo Members

    Joined:
    Nov 13, 2008
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    cinta tuh anugerah..

    manakala bersemi indah sekali

    dikala diputuskan sakit sekali
    =====================
    [​IMG]
     
  9. Offline

    sky07 Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 1, 2007
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +455 / -0
    cinta itu meskipun... bukan karena...

    jika bilang cinta karena dia cantik atau karena dia kaya... itu bukan cinta

    :onion-86:
     
  10. Offline

    archore Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 16, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +35 / -0
    seram amit spoilernya..
    cinta itu... anugerah, musibah
    dtng tak dijemput, plng tak diantar...
    ditembak semaput, ditinggal terlantar..
     
  11. Offline

    kentutmania Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 1, 2008
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    panjang amat yah.. Setuju sih.. tapi teorinya kebanyakaann........
     
  12. Offline

    experience27 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    8,565
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,763 / -0
    wah klo liat teorinya ternyat cinta itu rumit bgt ya,, ckck.. puyeng gw,.wkwk
     
  13. Offline

    sonisaoteam Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    67
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +13 / -0
    iya nih kpanjangan teori jd tambah bingung sebenernya arti CINTA, klo w tebak sich CINTA itu perasaan syg kpda org terdekat (ortu, sodara, tetangga, bahkan peliharaan kita):piss:
     
  14. Offline

    zutara Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,284
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,240 / -0

    yang tak mungkin mudah tuk melepaskannya...
    :angel3:

    nyuahahahahaha.... keren bener ini komen... :hahai:

    zutara like this comment [​IMG]
     
    • Like Like x 1
  15. Offline

    darker_rizzie Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 12, 2009
    Messages:
    243
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +15 / -0
    Ngga usah ngerti cinta sekarang juga ngga papa kok :) Nanti ngertinya pelan2 lewat pengalaman^^
     
  16. Offline

    darker_rizzie Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 12, 2009
    Messages:
    243
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +15 / -0
    Gmn cara jelasinnya ya? ^^; Bingung juga sih, emang cinta tuh harus dirasakn bukan melalui perkataan orang lain xD
     
  17. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    kalau kata mbah surip cinta itu diekspresikan dengan kata kata "I LOVE YOU FULL"

    dan tindakan konkret seperti menggendong orang yang anda cintai
     
  18. Offline

    engboh Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    724
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +34,562 / -0
    informasi tentang cintanya komplit :top:
    kalo disimpulkan cinta itu buta :hero:
     
  19. Offline

    dawerzzzz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    1,515
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,133 / -0
    seperti pepatah mengatakan :

    " CINTA PENDERITAANNYA TIADA BERAKHIR " :haha:

    bagi :thx: and :grp: donk
     
  20. Offline

    gopel_04 Beginner Members

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    241
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +102 / -0
    Cinta itu adalah suatu pengorbanan untuk sesuatu hal yang abstrak!!!!!!!!!!!
     
  21. Offline

    ricki Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    4,002
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +906,494 / -1
    cinta itu hanya untuk dinikmati,biarkan mengalir apa adanya,tak perlu dimengerti
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.