1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Chimerism

Discussion in 'Science and Technology' started by josher, Oct 1, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    josher Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 16, 2009
    Messages:
    1,500
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,329 / -0
    mau thread ini sepi, ga peduli.. yang penting ngepost :fufufu:
    -----------------------------------------------------


    Chimera

    [​IMG]

    Chimera merupakan nama dari makhluk mistis yang digambarkan berupa beberapa makhluk di dalam satu tubuh. Chimera biasanya digambarkan gabungan dari singa/macan, kambing, naga, dan ular. Memiliki badan singa / separuh singa separuh kambing, memiliki kepala singa/macan, naga, dan kambing, serta memiliki ekor ular. Chimera juga kadang digambarkan memiliki sayap.

    [​IMG]

    Nah, kalau chimera yang berikut ini adalah suatu kelainan pada manusia yang mana intinya adalah ada dua "makhluk" dalam satu tubuh.

    Chimerism - You Are Your Own Twin

    Chimerism adalah suatu kelainan yang sangat langka, yang mencampurkan beberapa populasi kromosom ke dalam satu organisme. Dalam kasus ini, chimerism dapat berupa dua set DNA atau organ-organ yang DNA-nya tidak sama dengan DNA keseluruhan dari suatu organisme. Dalam beberapa kasus, karakteristik hermaphrodit,

    atau dengan kata lain, mempunyai organ seks pria dan wanita secara bersamaan, dapat merupakan tanda-tanda dari chimerism. Chimerism ini dapat dideteksi dengan tes DNA.

    Chimerism biasanya muncul pada awal perkembangan embrio. Dalam hal ini, dua embrio kembar non-identik bergabung satu sama lain. Bukannya berkembang sendiri-sendiri menjadi dua janin/embrio (kembar), tetapi justru menjadi satu janin/embrio dan terus tumbuh sebagai satu embrio. Walaupun kondisi ini sangat langka, dengan hanya 35 orang di Amerika yang teridentifikasi, tetapi hal ini mendapat perhatian dari beberapa media populer. Discovery Channel juga pernah menayangkan tentang chimerism ini.

    [​IMG][​IMG]
    How chimerism happens


    Beberapa acara televisi pernah menampilkan tentang chimerism ini. Misalnya dalam CSI, dimana seorang tersangka memiliki dua set DNA dalam tubuhnya. Setelah diadakan tes DNA, DNA yang ditemukan pada tempat kejadian perkara tidak sama dengan DNA tersangka walaupun bukti-bukti lain menunjukkan bahwa dia adalah pembunuhnya. Setelah tersangka berhasil diidentifikasi memiliki chimerism, maka dia pun dinyatakan bersalah.
    (CSI: Crime Scene Investigation - Bloodlines)

    [​IMG]


    Kasus chimerism ini sendiri sangat jarang ditemui. Sebagai contoh, kasus Lydia Fairchild, yang berlanjut hingga ke pengadilan dimana setelah diadakan tes DNA, menunjukkan bahwa anaknya kemungkinan adalah bukan anak kandungnya, karena DNA mereka tidak sama. Dan setelah kemudian diketahui bahwa dia adalah chimerism, maka tuduhan kepadanya dibersihkan dan Lydia Fairchild pun bisa berkumpul kembali dengan anaknya.

    The Strange Case of Lydia Fairchild

    Lydia Fairchild sedang hamil dengan anak ketiga, ketika ia dan ayah dari anak-anaknya, Jamie Townsend, berpisah. Ketika Fairchild mengajukan untuk tunjangan sosial pada tahun 2002, ia diminta untuk memberikan bukti DNA bahwa Townsend adalah ayah dari anak-anaknya. Saat hasil menunjukkan Townsend jelas ayah dari anak-anak, tes DNA menunjukkan bahwa ia bukanlah ibu mereka.

    Hal ini mengakibatkan Fairchild dibawa ke pengadilan untuk penipuan mengambil manfaat dari anak-anak orang lain atau terlibat dalam sebuah penipuan. Catatan rumah sakit tentang kelahiran anaknya sebelumnya pun diabaikan. Jaksa memanggil dua anaknya yang akan diambil ke dalam perawatan. Ketika tiba saatnya bagi Lydia untuk melahirkan anak ketiganya, hakim memerintahkan saksi untuk hadir pada saat kelahiran. Saksi ini adalah untuk memastikan bahwa sampel darah segera diambil dari si anak dan Fairchild. Dua minggu kemudian, tes DNA menunjukkan bahwa dia juga bukanlah ibu dari anak itu.

    Sebuah terobosan terjadi ketika seorang pengacara menemukan artikel di "New England Journal of Medicine" tentang kasus serupa yang terjadi di Boston, dan menyadari bahwa kasus Fairchild mungkin juga disebabkan oleh chimerism. Pada tahun 1998, seorang guru berusia 52 tahun di Boston, Karen Keegan sedang membutuhkan transplantasi ginjal. Ketika tiga anak laki-laki dewasa Karen diuji untuk kesesuaian sebagai donor, ditemukan bahwa dua dari mereka tidak cocok dengan DNA-nya sebagaimana anak-anak biologis seharusnya. Kemudian pengujian menunjukkan bahwa Keegan adalah sebuah chimera, kombinasi dua sel yang berbeda dengan dua set kromosom. DNA yang tidak cocok ini mungkin berasal dari embrio yang berbeda.

    Jaksa kemudian menyarankan kemungkinan ini kepada pengacara Fairchild, yang kemudian mengatur tes lebih lanjut. Seperti dalam kasus Keegan, sampel DNA diambil dari anggota keluarga. DNA untuk anak-anak Fairchild cocok dengan ibu Lydia Fairchild, atau dengan kata lain nenek mereka. Mereka juga menemukan bahwa walaupun DNA dalam kulit dan rambut Fairchild tidak cocok dengan anak-anaknya, DNA dari rahimnya berbeda dan cocok. Lydia Fairchild memiliki dua set DNA yang berbeda. Ciri khas dari sebuah chimera.
    Akhirnya, Lydia Fairchild pun bisa berkumpul kembali dengan ketiga anak-anaknya.

    [​IMG]
    Lydia Fairchild and her children

    selengkapnya silakan tanya ke paman Google ya :piss:

    --------------------

    dari sis cynthia: :piss:
     
    Last edited: Oct 2, 2009
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    wiwi.22 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 21, 2008
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,091 / -0
    wah sebenernya bikin bingung juga yah? Waktu dulu belajar biologi kalo ga salah DNA kita (manusia) kita ga mungkin bisa nyatu dengan DNA makhluk hidup yang tidak sejenis dengan kita..

    Tapi dalam artikel di atas ternyata dalam tubuh manusia bisa terdapat dua rantai DNA yang berbeda, yah meskipun memang ga ada hubungannya dengan 2 DNA yang beda jenis.. Masih abstrak banget sih akan hal ini.. Dah lama juga ga belajar tentang DNA lagi..

    :malu2:
     
  4. Offline

    purwanto1988 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    340
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +4 / -0
    jarang terjadi n pencampuran gen nya agak rumit,.. tapi bisa di mengerti sedikit,.. mereka beruntung ya klo gak terdeteksi maka mereka bisa bebas jadi tuduhan" yang terjadi

    DNA itu kan asam rangkaian dan DNA seseorang pasti cocok dengan bapak dan ibunya tapi pencampuran dengan DNA diluar itu gak masuk akal
     
  5. Offline

    ireh Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,310 / -0
    :kaget:
    hermaprodit,
    kalo mau bwat keturunan ga perlu pasangan donk kalo gitu....:lol:
    ----------------
    ternyata ini chimera tu penyakit kelainan gen pada manusia to, kirain hewan beneran..:hihi:
     
  6. Offline

    tivaro27 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2008
    Messages:
    1,228
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,808 / -0
    Di Indonesia kan ada beberapa kasus yang lahir awalnya sebagai cewek eh setelah umur berapa tahun muncul kelamin cowok di kemaluannya en akhirnya ganti nama. Wa pernah nonton di TV swasta. Apa itu termasuk Chimerism ini?
     
  7. Offline

    mellody Lurking Around Veteran

    Joined:
    Nov 27, 2008
    Messages:
    1,493
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,578 / -0
    Kalo soal Chimaera ini saya perna blajar dari Fullmetal Alchemist dan Digimon yang awalnya saya pikir juga monster tapi ternyata emang kelainan gen...

    :niceinfo: gan saya pikir malah ini binatang legenda awalnya :swt:
     
  8. Offline

    irwanrahman96 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 17, 2009
    Messages:
    344
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,004 / -0
    tenang, saya masih peduli :piss:

    ooo, ternyata bisa seperti itu yah... baru tau
    :niceinfo:
     
  9. Offline

    wingerhunter Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Hmm... masih tidak bisa membayangkan kalo manusia bisa hermaphrodite...
     
  10. Offline

    josher Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 16, 2009
    Messages:
    1,500
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,329 / -0
    mungkin juga sih
    aku juga sempat mikir gitu :belajar:
     
  11. Offline

    enak_oom Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +170 / -0
    emang bisa ya di satuin gtu gennya???
     
  12. Offline

    chynthia Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,760 / -0
    chimerism ini g perna nonton di serial House MD season 3 epi 2 kalo gak salah. cuman kalo disini bukan berganti kelamin, cuman si pasien chimerism ini diceritakan saat masi di kandungan ibunya, gen saudara kembarnya terserap ke badannya. jadi si pasien memiliki gen-gen saudara kembarnya yang sepertinya ikut hidup di dalam tubuhnya.
    link IDWS:
    http://www.indowebster.com/HouseMD3x02caneandablermvb.html
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.