1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Tips Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by Hktoyshop, Aug 24, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Hktoyshop Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,786
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,909 / -0
    [​IMG]
    Bau mulut menjadi problem yang biasa dialami saat puasa.Jangan sampai problem ini mengganggu puasa dan aktivitas Anda .Nah,bagaimana cara mengatasinya? Bulan puasa telah tiba.Anda pun sudah bersiap-siap menjalankan dengan khusyuk.

    Namun,bagaimana dengan bau mulut yang selalu menghampiri saat puasa? Inilah yang membuat Anda merasa tak percaya diri,apalagi bila harus berkomunikasi dengan banyak orang. Mungkin tidak aneh lagi bagi kita untuk merasakan sesuatu yang tidak sedap menghampiri mulut saat kita sedang menjalani kewajiban berpuasa selama 14 jam.

    Beberapa pertanyaan pun muncul, mengapa bau tak sedap pada mulut, menyerang saat kita berpuasa? Gigi putih bersih, senyum menawan, serta napas segar adalah dambaan sebagian masyarakat modern dewasa ini. Namun, apabila bau mulut atau yang dalam bahasa kedokteran dikenal dengan istilah halitosis terjadi, bisa-bisa menjadi masalah tersendiri dan membuat seseorang merasa kurang percaya diri.

    Mulut merupakan gerbang masuknya makanan menuju tubuh dan menjadi gerbang keluarnya udara dari dalam tubuh, di samping memiliki fungsi yang sangat aktif dalam bersosialisasi seharihari. Setiap hari kita tersenyum, tertawa,dan berbicara dengan melibatkan organ ini; dan saat berpuasa, keterlibatannya pun tidak kalah penting.

    Dokter gigi dari Dharmawangsa 8 Dental Care, drg Aditya Pribadi SpOrtho, menjelaskan bahwa apabila dikaitkan dengan puasa, penyebab utama bau mulut karena lambung yang kosong dalam waktu yang lama dapat merangsang timbulnya aroma yang kurang sedap, yang kemudian keluarkan melalui rongga mulut.

    Selain itu,berkurangnya produksi air liur (saliva) karena berkurangnya rangsangan makanan yang masuk.

    Saat saliva berkurang,bakteri dalam mulut pun jadi lebih banyak sehingga muncul bau mulut,”ujarnya. Bau mulut saat puasa merupakan keluhan yang normal dijumpai. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak bisa kita hindari. Banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga agar mulut kita tetap bersih dan napas terasa segar selama berpuasa.

    Berdasarkan data yang disebutkan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI),pada dasarnya bau mulut disebabkan tiga faktor utama.

    Faktor pertama yaitu dari dalam mulut.Faktor di dalam mulut sendiri karena ada gigi berlubang, banyak pelak atau karang gigi, serta gigi rusak bahkan sampai menjadikan gigi busuk karena dibiarkan atau tidak dirawat.

    Faktor kedua datang dari luar mulut.Faktor dari luar mulut,tetapi masih dari saluran napas atau cerna, atau penyakit umum lainnya. Peradangan atau penyakit pada bagian-bagian ini menyebabkan hal serupa seperti pada faktor yang pertama.Sebagai contoh,penyakit tuberkulosis (TBC paru) menyebabkan bau mulut agak amis, diabetes menyebabkan bau mulut seperti aceton (cairan pembersih cat kuku)

    Faktor ketiga adalah konsumsi makanan dan minuman yang bisa meninggalkan bau setelah beberapa jam mengonsumsinya,misalnya petai, kopi, atau minuman keras.

    Penelitian menunjukkan 85-90% penyebab bau mulut disebabkan adanya kelainan rongga mulut, baik karies gigi maupun infeksi jaringan penyangga gigi. Selain itu, sisa makanan yang tertinggal di mulut dapat menyebabkan bau mulut. Ada ratusan spesies bakteri tinggal di mulut kita,dan sebagian besar dari mereka mencerna protein sehingga menghasilkan senyawa yang mengandung belerang yang mudah menguap dan menimbulkan bau mulut.

    Aditya menyarankan selama bulan puasa memberikan perhatian ekstra dengan menyikat gigi dua kali sehari pada waktu yang tepat, yakni setelah makan sahur dan malam sebelum tidur.Hindari tidur setelah makan sahur dengan kondisi gigi dan mulut yang masih ada sisa makanan,dan tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang beraroma tajam.

    Selain itu, ada baiknya juga untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi sebelum memasuki bulan suci Ramadan,” saran Aditya. Brand Manager Pepsodent PT Unilever Indonesia Amalia Sarah Santi mengatakan, sosialisasi dan edukasi mengenai pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa sangat diperlukan.

    Hal ini untuk mengenali dan menemukan solusi tepat untuk kebutuhan kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa. “Dengan solusi yang tepat, menjalankan ibadah puasa pun akan lebih terasa nyaman,” ujarnya.




    semoga Berkenan :)

    maaaf kalau repost​
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    nedco87 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 23, 2008
    Messages:
    7,969
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,679 / -0
    gua pake tips 3-5 menit sblon imsak buat sikat gigi.......


    ato minum air putih dah cukup
     
  4. Offline

    link0551 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2008
    Messages:
    599
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +274 / -0
    selain sikat gigi, pake obat kumur terutama yang berjenis antiseptic... sangat efektif wat menghalau bau mulut untuk sekitar 10 jam pertama...
     
  5. Offline

    kucinglistrik Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    5,226
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +38,545 / -0
    wah klo ay mah make obat kumur itu pas siang2....
    kerna biasanya bau mulut itu munculnya setelah siang hari.... :onion-08:
     
  6. Offline

    kimmonosz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    705
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +153 / -0
    pake sikat gigi nabi aja
    bentuk nya kaya batang singkong agak warna kuning
    bagus tuh...
     
  7. Offline

    theMaLe Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +745 / -0
    Siwak maksud ente??
     
  8. Offline

    link0551 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2008
    Messages:
    599
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +274 / -0
    hmm kalo bisa sih jangan kk, soalnya kalo kumur2 di siang hari rawan ketelen...
    lebih baik pake yg di bawah ini:
    V
    V
    V

    (siwak, bener siwak namanya)
     
  9. Offline

    kimmonosz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    705
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +153 / -0
    @tHeMaLe & link0551

    iya itu maksud gw...
    orang2 gw liad suka pake itu
     
  10. Offline

    oreomilk Beginner Members

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    211
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +22 / -0
    jiahh..semprotin aja parfum kedalaam mulut..
    asal jgn ditelen tu parfumm
    heheeww....
     
  11. Offline

    lazuard Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 30, 2009
    Messages:
    410
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +13 / -0
    gw pake listerin kalo mo kerja:)

    eh ada yang ngatain batal:(
     
  12. Offline

    nfypulsa Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 18, 2009
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ms pk lister** batal puasax?slx qu jg pk lister**...
     
    Last edited by a moderator: Aug 8, 2012
  13. Offline

    Garfield_86 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    1,493
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +46,968 / -1
    Batal kan ditelen..

    Kalo mau ya abis sahur, boz..

    :smiley_beer:
     
    Last edited by a moderator: Aug 8, 2012
  14. Offline

    ravemaster3 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    1,068
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,538 / -0
    sikat gigi trus pake lister** aja..
    gue sih ampuh tuh ampe buka..
     
    Last edited by a moderator: Aug 8, 2012
  15. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    Cara Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa

    VIVAnews - Bau mulut pada saat puasa terkadang sangat mengganggu aktivitas. Apalagi untuk orang yang memiliki aktivitas berhubungan dengan orang banyak. Komunikasi pun menjadi terhambat akibat tidak percaya diri.

    Menurut Prof. Dr. H. Eky s. Soeria Soemantri, drg. Sp. Ortho, Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), bau mulut pada saat puasa adalah hal yang wajar karena di dalam mulut terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa-sia makanan menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut.

    Jika tidak berpuasa, mulut akan akan memproduksi saliva ketika sedang makan. Saliva berperan untuk membunuh bakteri-bakteri tersebut. Sedangkan ketika berpuasa mulut lebih banyak diam sehingga produksi saliva berkurang. Akibatnya, bakteri berkembang biak dengan sangat cepat sehingga bau tak sedap muncul.

    Tidak hanya itu, menurutnya, penyebab bau mulut juga disebabkan oleh adanya plak pada gigi. "Plak pada gigi terdiri dari 2 yakni plak keras dan lunak. Plak adalah media berkembangnya bakteri karena terdiri dari lapisan sisa-sisa makanan, lendir, ludah, dan sel-sel epital yang mati," ujarnya ketika ditemui di sela-sela acara pengukuhan Bulan Kesehatan Gigi Nasional, Hotel Mulia, Senayan, Jakarta.

    Selain itu, penyebab bau mulut juga bisa datang dari dalam tubuh, seperti yang dialami pengidap diabetes atau maag.

    Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti:

    1. Hindari makanan-makanan yang berbau menyengat seperti petai, durian, atau bawang.

    2. Jaga kesehatan mulut dengan secara rutin menggosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur di malam hari.

    3. Hindari rokok dan alkohol yang dapat memicu terjadinya periodontitis dan gingivitis yang memperburuk kebersihan mulut. Selain itu, alkohol dapat mengurangi produksi air liur yang mengakibatkan semakin cepatnya perkembangan bakteri.

    4. Banyak minum air putih ketika sahur dan berbuka untuk menjaga kesimbangan air dalam tubuh.

    5. Konsumsi buah dan sayuran seperti apel, wortel, dan bengkuang.

    6. Konsumsi makanan probiotik untuk membantu kesehatan pencernaan dan mencegah bau mulut.

    7. Konsumsi keju karena keju kaya akan kalsium, rendah karbohidrat, dan mengandung fosfat sehingga bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur, dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.

    8. Jangan terlalu sering menggunakan obat kumur. "Boleh pakai obat kumur tapi jangan sering-sering, mungkin hanya di malam hari," ujar drg. Eky. Di dalam mulut terdapat bakteri jahat dan bakteri baik yang harus dijaga keseimbangannya.

    9. Konsumsi rempah-rempah seperti ketumbar, mint, tarragon, kayu putih, rosemary, dan kapulaga yang sangat baik untuk memerangi bau mulut.

    10. Konsumsi vitamin C seperti berry, jeruk, dan melon karena dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi pertumbuhan bakteri. Dapatkan vitamin C dari buah dan makanan lain, bukan dari suplemen, karena suplemen justru memperparah bau mulut.

    Menurut drg. Eky, kebiasaan masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa dengan makanan manis sah-sah saja, asal kebersihan mulut selalu terjaga. (ren)

    Sumber
     
    Last edited by a moderator: Aug 8, 2012
  16. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    Hindari MSG atau micin juga :top:
    Itu buat kita haus luar biasa, udah begitu mulut cepat berbau lagi :sigh:
     
  17. Offline

    gaara_hisoka Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 8, 2009
    Messages:
    8,363
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +78,860 / -0
    Kalo gigi berlubang... sakit maag or pencernaan... sariawan... pasti mulutnya bau... mau gak mau :madesu:

    Apalagi kalo ternyata mengonsumsi obat antibiotik secara reguler... kemungkinan bau mulutnya bertambah juga...
     
  18. Offline

    kasogi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    514
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +4,180 / -0
    Micin membuat cepat haus :bingung:
    padahal tiap sahur makan dengan sop,sop tanpa penyedap rasa gimana rasanya :dead:
     
  19. Offline

    bluesh19 Beginner Members

    Joined:
    Jul 25, 2011
    Messages:
    330
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +47 / -0
    bau mulut pas puasa emang susah buat dihindari,, walopun uda sikat gigi pas abis sahur tetep aja bau kalo uda siang,,,
    kalo kumur2 ntar takutnya malah batal gr2 g swengaja ketelen...
     
  20. Offline

    rafdit Silent Reader Members

    Joined:
    May 10, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    pake lister** ama sikat gigi
     
    Last edited by a moderator: Aug 8, 2012
  21. Offline

    jimgun Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 28, 2010
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +5 / -0
    Wah tipsnya biasa aj... Ga mempan buat aku... Mulutku tetep aja bau.... Haha
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.