1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Cara Mudah Makan Sayur dan Buah

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by blacksheep, May 10, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,958 / -0
    Cara Mudah Makan Sayur dan Buah
    Penulis : Ikarowina Tarigan
    [​IMG]









    Foto : wordpress.com
    ANDA pasti sudah sering mendengar peringatan tentang bahaya obesitas, kanker dan diabetes. Semua peringatan ini selalu disertai dengan pernyataan bahwa penyakit tersebut erat hubungannya dengan diet. Anda disarankan untuk
    mengkonsumsi paling tidak 5 porsi buah dan sayur setiap harinya.

    Masalahnya, makan 5 porsi buah dan sayur ini bukanlah hal yang mudah. Terutama dengan kesibukan kerja sepanjang hari. Kondisi kerja kadang menuntut kita untuk mengkonsumsi makanan yang paling mudah didapat. Biasanya makanan ini bukan sayur atau buah tapi karbohidrat olahan. Untuk meningkatkan asupan buah dan sayur dalam diet Anda sehari-hari, Anda bisa mencoba cara sederhana berikut.

    1. Jus

    Membeli jus buah alami tanpa pemanis merupakan cara termudah untuk meningkatkan asupan buah Anda. Ada juga beberapa tempat yang menyediakan jus sayuran. Tetapi, jika Anda punya waktu paling tidak 10 menit, Anda
    bisa menyatukan 5 porsi buah Anda menjadi satu jus yang segar dan lezat. Anda bisa mencampurkan 2 buah kiwi, 2 potong nenas, segenggam penuh anggur, segenggam stroberi, dan 250 ml jus apel alami. Hasil gabungan ini bisa menjadi sarapan pagi Anda. Dengan menggabungkan buah seperti ini, Anda bisa sekaligus mendapatkan berbagai jenis nutrisi seperti vitamin A, B2, C, E, folat, niacin, kalium, serta serat. Anda juga bisa membuat jus sayur dengan memilih sayuran yang segar.

    2. Pilihlah sayuran menjadi snack Anda

    Cobalah mengganti snack tengah hari Anda dengan sayuran yang tentunya lebih sehat. Anda bisa makan wortel atau seledri mentah, atau sayuran renyah lainnya. Makanan ini juga bersifat mengenyangkan. Selain itu, sayuran akan
    mencegah penurunan energi drastis yang biasanya terjadi setelah makan snack yang tinggi gula.

    Coba pertimbangkan, sepotong bolu cokelat mengandung 700 kalori. Jumlah ini setara dengan 1/3 jumlah kalori yang dianjurkan untuk laki-laki pada umumnya. Selain itu, juga akan menyebabkan penurunan kadar gula drastis setelahnya. Anda bisa mengganti bolu ini dengan segenggam penuh sayuran. Wortel ukuran rata-rata mengandung 32 kalori, seledri mengandung 8 kalori. Anda bisa mengkonsumsi 1/2 kg sayuran dengan jumlah kalori yang masih lebih sedikit dibandingkan dengan sepotong bolu cokelat. Jika rasa sayuran membuat Anda cepat bosan, gunakanlah yogurt sebagai tambahan.

    3. Tambahkan buah dalam sarapan pagi Anda

    Selain membuat jus, menambahkan ekstra buah saat sarapan merupakan cara cepat untuk meningkatkan asupan buah. Jika Anda mengkonsumsi yogurt atau sereal saat sarapan, tambahkan segenggam buah ke dalam mangkok. Anda bisa menambahkan stroberi atau bahkan pisang. Buah ini akan memberi energi tambahan yang sehat.

    4. Gandakan porsi

    Saat makan siang atau makan malam, cobalah memperbanyak konsumsi sayur Anda. Untuk memastikan Anda bisa memenuhi 5 porsi sayuran, cobalah untuk makan jenis sayuran yang berbeda dalam sekali makan. Hal ini akan menguntungkan: dengan makan porsi yang lebih banyak, maka Anda akan mengurangi porsi makanan yang lainnya seperti nasi atau daging. Mengurangi makanan yang tinggi kalori (bukan menghindarinya) bisa membantu Anda menurunkan berat badan serta meningkatkan kesehatan secara umum.

    5. Buah dan sayur kalengan juga bisa membantu

    Buah dan sayur kalengan juga tetap mempunyai nutrisi yang setara dengan sayuran segar. Sayur atau buah kalengan ini lebih mudah disiapkan, dengan begitu akan membantu Anda memenuhi 5 porsi buah dan sayur harian Anda

    Dengan memadukan semua tip in, Anda bahkan bisa mengkonsumsi lebih dari 5 porsi buah dan sayuran setiap harinya tanpa melakukan perubahan gaya hidup yang berarti. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat perencanaan.
    http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/?ar_id=MTE0NA==
     
    Last edited by a moderator: May 10, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    wicaks13 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 27, 2008
    Messages:
    291
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +19,215 / -0
    Pake mayonaise wah enak banget tuh
     
  4. Offline

    catropius Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    thx infonya..
    penting buat mahasiswa yang g mampu bli buah2an karna mahal, minum jus aja ya...
    hehe
     
  5. Offline

    meneng Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    435
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +19 / -0
    weks kukira info buat orang2 yang susah makan buah sama sayuran!! tapi gpp lah, nice info!!
     
  6. Offline

    Villiers Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 3, 2009
    Messages:
    297
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +14,811 / -0
    :top:
    nice info..

    tp klo snacknya sayuran, waduh, rasanya gimana gt..
    makan seledri mentah, :haha:
     
  7. Offline

    Kiddo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    1,147
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +668 / -1
    kalo pencok mah gw doyan XD

    gado2 termasuk makan sayuran ga ya??
     
  8. Offline

    taishou Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2009
    Messages:
    2,949
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +33,918 / -0
    gile yg jus..buah2annya yg bukan buah murah... :swt:
    anak kos mah beli jadi aja jus duomix.
    murah meriah :haha:
     
  9. Offline

    hagare Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 2, 2009
    Messages:
    1,957
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,015 / -0
    dijus emang paling mantap bos.
    dimana2 kalo susah makan buah ama sayur mending dijus aja emang
     
  10. Offline

    selfrit Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    912
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +530 / -0
    wa waktu kecil suka makan ketimun buat jadi snack tapi yang ada dimarahin terus katanya bisa bikin sakit perut gimana dunk
    :onion-44:
     
  11. Offline

    maniac_squall Multi-Dimension Traveller Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2008
    Messages:
    2,475
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,806 / -0
    waduh, gw kurang hobi sih makan buah. kalo lagi pengen aj. tp demi sehat harus bisa.
     
  12. Offline

    gr33n5unday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 28, 2009
    Messages:
    569
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +462 / -0
    wah enak tuh makan salad :D
    gw jadi suka makan sayur kalo dicampur m mayonaise ato sambel kacang. maknyuz!!
    tp kalo makan kol, seledri, bawang mentah mah noway!!!!
    buah mah pasti gw makan!! asal bukan duku aja *i hate duku*
     
  13. Offline

    Foreza Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 17, 2008
    Messages:
    461
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +3,912 / -0
    wah emang bener yah boss ....
    makan ketimun bikin sakit perut ...
    gw biasa nya klo abis makan suka makan ketimun
    tp kok gpp yah? hehe....
     
  14. Offline

    namie04 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    1,127
    Trophy Points:
    146
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,316 / -0
    kalo sibuk gimana dong, masa suruh ortu yg nyiapin buah2an segala macemnya
     
  15. Offline

    nitnot Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 2, 2009
    Messages:
    1,151
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +662 / -0
    di buad salad lezat campur mayonise,,,,wuiihh,,,,

    klo kebiasaan ane makan rujak gimana tuh??siang2makan rujak,,,,trus kenyang,,jadi gag makan nasii,,,sehat gag??
     
  16. Offline

    andi msc Senpai Veteran

    Joined:
    Aug 15, 2008
    Messages:
    7,443
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +61,796 / -2
    klo jus gw demen banget

    apalagi jus buah dicampur sedikit cream pencuci mulut
     
  17. Offline

    BaronTrance Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    179
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +37 / -0
    jus sayur?

    auh.. ga d..


    kecuali klo jus wortel .. sering minum.. :swt:

    kata mama biar matanya sehat.. :haha:
     
  18. Offline

    aldehida Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    1,979
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +16,331 / -0
    Sarapan Yoghurt + buah2an enak banget gan, padahal banyak orang yg bilang bikin sakit perut tapi saya ngerasa seger banget kalo makan yoghurt pas pagi
     
  19. Offline

    JasmineSky Beginner Members

    Joined:
    Jun 12, 2009
    Messages:
    207
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +42 / -0
    pke jus emang mantep banget... terutama jus stoberi, enak..
    terlebih lagi jus bisa menyehatkan badan dan menguruskan badan..
    yoghurt juga baik untuk pencernaan, bisa ngurusin badan juga...
    jadi sambil menyelam, minum aer..untuk kesehatan dan melangsingkan badan ^^
     
  20. Offline

    vshikamaru Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 12, 2008
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    22
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4 / -0
    ^
    ^
    timunnya belon dicuci langsung dimakan mungkin.... ;D
    gw sekarang mulai gerakan makan malam pake buah aja..... gak usah susah2 beli yg mahal, beli aja dari tukang rujak..... ;D
     
  21. Offline

    eflaze Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,321
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +1,705 / -0
    wah..
    jadi makin tertarik makan buah dan sayuran nih
    cuma ya kantong nya nih lg cekak...
    bisa makan enak ajah dah syukur
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.