1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Promosi IDWS Store Bulan Mei: VIP 30 Hari RP.20.000. dan Maximum 30 Hari RP.35.000. Pembelian terbatas. Informasi lebih lanjut baca di sini
  3. Zona All About Story sedang membutuhkan bantuanmu, segera daftarkan diri kamu di open recruitment: moderator AAS
  4. Kini kamu bisa mengupload files menggunakan PC, Mac dan Android ke Maknyos IDWS, informasi lebih lanjut cek: Maknyos IDWS Uploader

Cara Membuat Essay yang Baik

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by awanikhwan, Aug 5, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    awanikhwan Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 14, 2010
    Messages:
    139
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +60 / -0
    gimana cara membuat essay yang baik dan sistematis

    menurut wikipedia:
    Jika dipetakan mengenai langkah-langkah membuat esai, bisa dirunut sebagai berikut:

    1. Menentukan tema atau topik
    2. Membuat outline atau garis besar ide-ide yang akan kita bahas
    3. Menuliskan pendapat kita sebagai penulisnya dengan kalimat yang singkat dan jelas
    4. Menulis tubuh esai; memulai dengan memilah poin-poin penting yang akan dibahas, kemudian buatlah beberapa subtema pembahasan agar lebih memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari gagasan kita sebagai penulisnya, selanjutnya kita harus mengembangkan subtema yang telah kita buat sebelumnya.
    5. Membuat paragraf pertama yang sifatnya sebagai pendahuluan. Itu sebabnya, yang akan kita tulis itu harus merupakan alasan atau latar belakang alasan kita menulis esai tersebut.
    6. Menuliskan kesimpulan. Ini penting karena untuk membentuk opini pembaca kita harus memberikan kesimpulan pendapat dari gagasan kita sebagai penulisnya. Karena memang tugas penulis esai adalah seperti itu. Berbeda dengan penulis berita di media massa yang seharusnya (memang) bersikap netral.
    7. Jangan lupa untuk memberikan sentuhan akhir pada tulisan kita agar pembaca merasa bisa mengambil manfaat dari apa yang kita tulis tersebut dengan mudah dan sistematis sehingga membentuk kerangka berpikir mereka secara utuh.


    saya kurang mengerti di point kedua, tolong dong anda berikan contoh menulis essay yang benar, lengkap dan sistematis (yang kurang lebih 1000 kata)

    kemudian jikalau ada kutipan dari buku, bagaimana saya menuliskannya dan apakah memakai daftar pustaka?? klo ada di mana saya letakkan daftar pustaka, apakah di halaman yang sama atau di halaman yang berbeda
    2. membuat garis besar ide-ide yang akan kita bahas

    Misal saudara mau buat essay dengan tema: Keterlibatan Tuhan terhadap Kaum Miskin

    garis besar ide-idenya:
    1. Tuhan dan Kaum Miskin dalam Budaya Timur Tengah
    2. Tuhan dan Kaum Miskin dalam Kisah Kitab Suci
    3. Tuhan dan Kaum Miskin dalam Jeritan Mereka yang Termarjinalkan.etc

    kalau ada kutipan dari buku, diakhir kata/kalimat yang dikutip biasanya diberi catatan kaki (Inset, reference, footnote, insert, kalau sudah keluar angka pada halaman paling bawah, tulis nama pengarang, judul buku (ditulis miring), penerbit, kota terbit, tahun. halaman dari kata/kalimat yang saudara tadi kutip.

    jika mau diberi daftar pustaka, silakan lihat catatan kaki yang sudah saudara buat.
    Pembuatan daftar pustaka biasanya dibuat pada halaman yang paling belakang, diurutkan sesuai dengan abjad. misal:
    Anan, Bandirto.1976. Zamrud Katulistiwa. Merapi. Yogyakarta.
    Sudibyo, Bambang (Nama di balik).1980. Era Orde Baru (judul buku dibuat miring). Kanisius. Yogyakarta

    Struktur sebuah esay terdiri dari 3 tiga bagian:
    1. Pengantar/Pengenalan (5% dari total essay)Biasanya 1 - 2 paragraf yang berisikan satu atau lebih hal-hal berikut ini: definisi masalah, pembatasan asumsi, istilah-istilah teknis yang digunakan dan tujuan penulisan, yang bisa menjelaskan secara seksama sebuah dalil yang kita ungkapkan.
    2. Pembahasan/Argumentasi (85%-90% dari total esay)Bagian utama dari sebuah esay yang ditujukan untuk mengungkapkan bukti-bukti dalam bentuk: (a) logika penalaran pribadi, (b) teori-teori yang ada, atau (c) secara empiris melalui penelitian, yang relevan dengan masalah yang kita bahas. Dalam bagian ini kita memerlukan contoh-contoh, logika, teori, hasil penelitian yang masuk akal dan relevan dengan pernyataan-pernyataan yang tegas.Lebih baik lagi seandainya kita menyisipkan teknik devil's advocate atau kontra argumentasi dalam setiap pernyataan-pernyataan yang kita buat sehingga esay kita menjadi sulit untuk diserang.Dalam hal ini kita juga perlu mengumpulkan banyak bacaan dari topik yang dibahas dengan tentunya harus mencantumkan referensi-referensi. Hindari plagiarisme!Seandainya kita tidak bisa mendapatkan contoh-contoh dari teori, media, internet atau sumber-sumber yang lain, masukkan contoh-contoh dari pengalaman pribadi atau contoh praktis.
    3. Penuntup/Kesimpulan (5%-10% dari total esay)Panjangnya penutup atau kesimpulan tergantung dari bagaimana kita menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kita ungkapan dalam bagian definisi masalah pada bagian pembukaan. Jawaban-jawaban ini sebenarnya berkaitan dengan bukti-bukti yang kita bahas pada bagian argumentasi/pembahasan yang masih dalam kerangka tujuan penulisan. Lebih baik lagi, kalau ada penekanan terhadap argumentasi yang paling kuat yang paling dikuasai pada bagian pembahasan.








    Panduan Dasar Menulis Esai

    Untuk membuat sebuah esai yang berkualitas, diperlukan kemampuan dasar menulis dan latihan yang terus menerus. Berikut ini
    panduan dasar dalam menulis sebuah esai.

    Struktur Sebuah Esai

    Pada dasarnya, sebuah esai terbagi minimum dalam lima paragraf:
    1. Paragraf pertama: Dalam paragraf ini penulis memperkenalkan topik yang akan dikemukakan, berikut tesisnya. Tesis ini harus
    dikemukakan dalam kalimat yang singkat dan jelas, sedapat mungkin pada kalimat pertama. Selanjutnya pembaca
    diperkenalkan pada tiga paragraf berikutnya yang mengembangkan tesis tersebut dalam beberapa sub topik.

    2. Paragraf kedua sampai kelima: Ketiga paragraf ini disebut tubuh dari sebuah esai yang memiliki struktur yang sama. Kalimat
    pendukung tesis dan argumen-argumennya dituliskan sebagai analisa dengan melihat relevansi dan relasinya dengan masing-
    masing sub topik.

    3. Paragraf kelima (terakhir): Paragraf kelima merupakan paragraf kesimpulan. Tuliskan kembali tesis dan sub topik yang telah
    dibahas dalam paragraf kedua sampai kelima sebagai sebuah sintesis untuk meyakinkan pembaca


    Langkah-langkah membuat Esai

    1. Memilih Topik

    Bila topik telah ditentukan, anda mungkin tidak lagi memiliki kebebasan untuk memilih. Namun demikian, bukan berarti anda siap
    untuk menuju langkah berikutnya.

    Pikirkan terlebih dahulu tipe naskah yang akan anda tulis. Apakah berupa tinjauan umum, atau analisis topik secara khusus? Jika
    hanya merupakan tinjauan umum, anda dapat langsung menuju ke langkah berikutnya. Tapi bila anda ingin melakukan analisis
    khusus, topik anda harus benar-benar spesifik. Jika topik masih terlalu umum, anda dapat mempersempit topik anda. Sebagai
    contoh, bila topik tentang “Indonesia” adalah satu topik yang masih sangat umum. Jika tujuan anda menulis sebuah gambaran
    umum (overview), maka topik ini sudah tepat. Namun bila anda ingin membuat analisis singkat, anda dapat mempersempit topik
    ini menjadi “Kekayaan Budaya Indonesia” atau “Situasi Politik di Indonesia. Setelah anda yakin akan apa yang anda tulis, anda
    bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

    Bila topik belum ditentukan, maka tugas anda jauh lebih berat. Di sisi lain, sebenarnya anda memiliki kebebasan memilih topik
    yang anda sukai, sehingga biasanya membuat esai anda jauh lebih kuat dan berkarakter.

    2. Tentukan Tujuan

    Tentukan terlebih dahulu tujuan esai yang akan anda tulis. Apakah untuk meyakinkan orang agar mempercayai apa yang anda
    percayai? Menjelaskan bagaimana melakukan hal-hal tertentu? Mendidik pembaca tentang seseorang, ide, tempat atau sesuatu?
    Apapun topik yang anda pilih, harus sesuai dengan tujuannya.

    3. Tuliskan Minat Anda

    Jika anda telah menetapkan tujuan esai anda, tuliskan beberapa subyek yang menarik minat anda. Semakin banyak subyek yang
    anda tulis, akan semakin baik. Jika anda memiliki masalah dalam menemukan subyek yang anda minati, coba lihat di sekeliling
    anda. Adakah hal-hal yang menarik di sekitar anda? Pikirkan hidup anda? Apa yang anda lakukan? Mungkin ada beberapa yang
    menarik untuk dijadikan topik. Jangan mengevaluasi subyek-subyek tersebut, tuliskan saja segala sesuatu yang terlintas di
    kepala.

    4. Evaluasi Potensial Topik

    Jika telah ada bebearpa topik yang pantas, pertimbangkan masing-masing topik tersebut. Jika tujuannya mendidik, anda harus
    mengerti benar tentang topik yang dimaksud. Jika tujuannya meyakinkan, maka topik tersebut harus benar-benar menggairahkan.
    Yang paling penting, berapa banyak ide-ide yang anda miliki untuk topik yang anda pilih.

    Sebelum anda meneruskan ke langkah berikutnya, lihatlah lagi bentuk naskah yang anda tulis. Sama halnya dengan kasus
    dimana topik anda telah ditentukan, anda juga perlu memikirkan bentuk naskah yang anda tulis.

    5. Membuat Outline

    Tujuan dari pembuatan outline adalah meletakkan ide-ide tentang topik anda dalam naskah dalam sebuah format yang
    terorganisir.
    1. Mulailah dengang menulis topik anda di bagian atas
    2. Tuliskan angka romawi I, II, III di sebelah kiri halaman tersebut, dengan jarak yang cukup lebar diantaranya
    3. Tuliskan garis besar ide anda tentang topik yang anda maksud:
    • Jika anda mencoba meyakinkan, berikan argumentasi terbaik
    • Jika anda menjelaskan satu proses, tuliskan langkah-langkahnya sehingga dapat dipahami pembaca
    • Jika anda mencoba menginformasikan sesuatu, jelaskan kategori utama dari informasi tersebut
    4. Pada masing-masing romawi, tuliskan A, B, dan C menurun di sis kiri halaman tersebut. Tuliskan fakta atau informasi
    yang mendukung ide utama

    6. Menuliskan Tesis

    Suatu pernyataan tesis mencerminkan isi esai dan poin penting yang akan disampaikan oleh pengarangnya. Anda telah
    menentukan topik dari esai anda, sekarang anda harus melihat kembali outline yang telah anda buat, dan memutuskan poin
    penting apa yang akan anda buat. Pernyataan tesis anda terdiri dari dua bagian:
    • Bagian pertama menyatakan topik. Contoh: Budaya Indonesia, Korupsi di Indonesia
    • Bagian kedua menyatakan poin-poin dari esai anda. Contoh: memiliki kekayaan yang luar biasa, memerlukan waktu yang
    panjang untuk memberantasnya, dst.


    7. Menuliskan Tubuh Esai

    Bagian ini merupakan bagian paling menyenangkan dari penulisan sebuah esai. Anda dapat menjelaskan, menggambarkan dan
    memberikan argumentasi dengan lengkap untuk topik yang telah anda pilih. Masing-masing ide penting yang anda tuliskan pada
    outline akan menjadi satu paragraf dari tubuh tesis anda.

    Masing-masing paragraf memiliki struktur yang serupa:
    • Mulailah dengan menulis ide besar anda dalam bentuk kalimat. Misalkan ide anda adalah: “Pemberantasan korupsi di
    Indonesia”, anda dapat menuliskan: “Pemberantasan korupsi di Indonesia memerlukan kesabaran besar dan waktu yang
    lama”
    • Kemudian tuliskan masing-masing poin pendukung ide tersebut, namun sisakan empat sampai lima baris.
    • Pada masing-masing poin, tuliskan perluasan dari poin tersebut. Elaborasi ini dapat berupa deskripsi atau penjelasan
    atau diskusi
    • Bila perlu, anda dapat menggunakan kalimat kesimpulan pada masing-masing paragraf.
    • Setelah menuliskan tubuh tesis, anda hanya tinggal menuliskan dua paragraf: pendahuluan dan kesimpulan.


    8. Menulis Paragraf Pertama
    • Mulailah dengan menarik perhatian pembaca.
    • Memulai dengan suatu informasi nyata dan terpercaya. Informasi ini tidak perlu benar-benar baru untuk pembaca anda,
    namun bisa menjadi ilustrasi untuk poin yang anda buat.
    • Memulai dengan suatu anekdot, yaitu suatu cerita yang menggambarkan poin yang anda maksud. Berhati-hatilah dalam
    membuat anekdot. Meski anekdot ini efektif untuk membangun ketertarikan pembaca, anda harus menggunakannya
    dengan tepat dan hati-hati.
    • Menggunakan dialog dalam dua atau tiga kalimat antara beberapa pembicara untuk menyampaikan poin anda.
    • Tambahkan satu atau dua kalimat yang akan membawa pembaca pada pernyataan tesis anda.
    • Tutup paragraf anda dengan pernyataan tesis anda.


    9. Menuliskan Kesimpulan

    Kesimpulan merupakan rangkuman dari poin-poin yang telah anda kemukakan dan memberikan perspektif akhir anda kepada
    pembaca. Tuliskan dalam tiga atau empat kalimat (namun jangan menulis ulang sama persis seperti dalam tubuh tesis di atas)
    yang menggambarkan pendapat dan perasaan anda tentang topik yang dibahas. Anda dapat menggunakan anekdot untuk
    menutup esai anda.


    10. Memberikah Sentuhan Akhir
    • Teliti urutan paragraf Mana yang paling kuat? Letakkan paragraf terkuat pada urutan pertama, dan paragraf terlemah di
    tengah. Namun, urutan tersebut harus masuk akal. Jika naskah anda menjelaskan suatu proses, anda harus bertahan
    pada urutan yang anda buat.
    • Teliti format penulisan. Telitilah format penulisan seperti margin, spasi, nama, tanggal, dan sebagainya
    • Teliti tulisan. Anda dapat merevisi hasil tulisan anda, memperkuat poin yang lemah. Baca dan baca kembali naskah anda.
    • Apakah masuk akal? Tinggalkan dulu naskah anda beberapa jam, kemudian baca kembali. Apakah masih masuk akal?
    • Apakah kalimat satu dengan yang lain mengalir dengan halus dan lancar? Bila tidak, tambahkan bebearpa kata dan frase
    untuk menghubungkannya. Atau tambahkan satu kalimat yang berkaitan dengan kalimat sebelumnya
    • Teliti kembali penulisan dan tata bahasa anda.
     
    • Terimakasih Terimakasih x 11
    • Like Like x 2
  2. Ghattotkacha Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.
  3. Offline

    killua_asakura Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 20, 2010
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Ada ebook-nya juga nggak?
     
  4. Offline

    Lord_Freakz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 6, 2010
    Messages:
    1,296
    Trophy Points:
    186
    Ratings:
    +5,420 / -0
    gk ada contohnya??:iii:

    :facepalm::
     
  5. Offline

    noerone Beginner Members

    Joined:
    Feb 26, 2009
    Messages:
    401
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +4,108 / -0
  6. Offline

    jaberwocky Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    1,273
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +121,424 / -0
    wow, membantu banget buat tugas ane nih gan... thx
     
  7. Offline

    silverkhingz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    2,585
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +26,657 / -0
    lempar ke tutips :lalala:
     
  8. Offline

    khairul_h Members

    Joined:
    Nov 11, 2011
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +10 / -0
    Maksudnya membuat soal essay :???:
     
  9. Offline

    AnGo8689 Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 11, 2011
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    mantap nih gan...kebetulan ane ada tugas kuliah membuat essay...
    jadinya thread ini sangat membantu ane...
    thx gan... :)
     
  10. Offline

    boaloverz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 7, 2009
    Messages:
    624
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +1,232 / -0
    essay tuh semacam buat karangan gitu yah? ribet juga yah langkah2nya ampir mirip bikin karya tulis..
     
  11. Offline

    basyonk Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 8, 2009
    Messages:
    338
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +16 / -0
    udah lulus ane :D
     
  12. Offline

    dickyheheheh Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 20, 2011
    Messages:
    674
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +50 / -0
    bantu banget buat tugas" ane yang belum selesai nih
     
  13. Offline

    heaven69 Beginner Members

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    238
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +11 / -0
    wah copy paste ya ini ? dari wikipedia?
     
  14. Offline

    rendyraditya Silent Reader Members

    Joined:
    May 24, 2011
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    enaksnya sih sambil liat contoh essay yg bener :ogpeacebig:
     
  15. Offline

    00khai Beginner Members

    Joined:
    Jan 28, 2012
    Messages:
    209
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    buat essya jd inget sma LIA
    LIA iru tempat kursus bahasa inggris
    kalo kita mau naik yingkat kan ada tesnya, pati suruh bikin essya tuh
    mana susah banget essay nya
     
  16. Offline

    joeboby Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 19, 2011
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    mantap nih gan infonya berguna banget nih..wkwkwk
     
  17. Offline

    aliefricky Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2011
    Messages:
    516
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +34 / -0
    thanks ya gan atas infonya, jadi terinspirasi nih gw
     
  18. Offline

    Nivalis Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 28, 2011
    Messages:
    104
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    Curhat bentar ah, ternyata nulis essai ga segampang yang dikira oleh,
    bikin satu kalimatnya aja bisa jadi berbagai makna kalo susunan dan pilihan katanya ga bener
     
  19. Offline

    1adeputra Members

    Joined:
    Dec 20, 2012
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    mau nyoba praktekin ah
     
  20. Offline

    bastomi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 15, 2012
    Messages:
    810
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +1,007 / -0
    Essay disini maksudnya sejenis karya tulis ilmiah bro.. :unyil:

    btw, thanks gan kebetulan lagi nulis essay nih..
     
  21. Offline

    alizee Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 22, 2012
    Messages:
    645
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +609 / -0
    semoga bermanfaat buat khalayak ramai gans :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. cara membuat essay

    ,
  2. cara membuat essay yang baik dan benar

    ,
  3. Struktur essay

    ,
  4. urutanpembuatan esaay,
  5. membuat essay yang baik,
  6. syarat membuat essay yg bagus,
  7. tata cara membuat essay,
  8. contoh membuat esai dari berita,
  9. cara membuat essai yang benar ,
  10. cara menulis essay yang menarik

About Forum IDWS.ID

Indowebster, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.