1. Diberitahukan akan ada perpanjangan maintenance Forum IDWS pada hari Sabtu, 29 Agustus 2015 pada pukul 23.59 WIB. Informasi lebih lanjut ada di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  4. Kini kamu bisa mengupload files menggunakan PC, Mac dan Android ke Maknyos IDWS, informasi lebih lanjut cek: Maknyos IDWS Uploader
    Dismiss Notice
  5. Gratis VIP selama 5 Hari khusus untuk member Registered dan MVU, syaratnya hanya login di sini.
    Dismiss Notice
  6. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Zona MTV membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Zona MTV (West Series, Asian Drama, Tokusatsu).
    Dismiss Notice

Machinery Cara Kerja Pesawat Terbang

Discussion in 'Science and Technology' started by icham, Dec 6, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    icham Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,207 / -0
    sebelum ngomongin cara terbangnya
    mending liat sejarahnya dulu :piss:
    Pesawat terbang yang lebih berat dari udara diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910. Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.

    Prinsip dasar dari cara pesawat terbang untuk mengudara sama untuk semua pesawat, baik pesawat capung maupun pesawat super jumbo seperti Airbus A380.

    Yang mempengaruhi pesawat unutk terbang adalah gaya - gaya aerodinamis yang mengenainya yaitu, gaya angkat (lift), gaya hambat (drag), gaya berat (grafitasi), dan gaya dorong (trust).
    [​IMG]

    Gaya dorong pesawat kedepan didapat dari baling-baling yang berputar pada ujung pesawat (lihat gambar). Sedangkan gaya hambat merupakan pergesekan pesawat udara dengan angin. Karena pesawat udara mempunyai massa, maka gaya grafitasi akan membawa pesawat kebawah, untuk itulah gaya angkat diperlukan. Gaya angkat dihasilkan dari sayap pesawat udara.

    Sayap pesawat udara ini yang memegang peranan kunci untuk mengkat badan pesawat. Penampang sayap ini biasanya disebut " aerofoil" Selama penerbangan udara mengalir ke atas dan bawah sayap. Udara yang megalir diatas sayap lebih cepat dari udara yang mengalir dibawah sayap, sehingga tekanan udara diatas pesawat lebih rendah.

    Disaat yang bersamaan udara dibawah sayap dibelokan kebawah, sehingga terjadi gaya angkat (udara yang terdorong kebawah akan mendorong sayap keatas- gaya aksi reaksi).
    [​IMG]

    Gaya dorong terhadap sayap dan tekanan udara yang rendah diatas sayap inilah yang di butuhkan untuk pesawat terbang di udara.

    Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pesawat dapat terbang, diantaranya :
    [​IMG]bukan sayap yang ini gan :piss:

    [​IMG]bukan yang ini juga :piss:

    [​IMG]:clap:

    sayap
    Sebuah pesawat memerlukan gaya angkat atau lift yang di butuhkan untuk terbang. Lift dihasilkan oleh permukaan suatu sayap (wing) yang berbentuk airfoil.

    Bentuk penampang airfoil pada suatu sayap pesawat terbang
    [​IMG]

    Gaya angkat terjadi karena adanya aliran udara yang melewati bagian atas dan bagian bawah di sekitar airfoil. Pada saat terbang, aliran udara yang melewati bagian atas airfoil akan memiliki kecepatan yang lebih besar daripada kecepatan aliran udara yang melewati bagian bawah dari airfoil. Maka, pada permukaan bawah airfoil akan memiliki tekanan yang lebih besar daripada permukaan di atas. Perbedaan tekanan pada bagian atas dan bawah inilah yang menyebabkan terjadinya gaya angkat atau lift pada sayap pesawat. Oleh karena tekanan berpindah dari daerah yang bertekanan besar menuju ke daerah yang bertekanan kecil, maka tekanan pada bagian bawah airfoil akan bergerak menuju bagian atas airfoil sehingga tercipta gaya angkat pada sayap pesawat. Gaya angkat inilah yang membuat pesawat dapat terbang dan melayang bebas di udara.

    [​IMG]

    Untuk bergerak ke depan (baik di darat maupun di udara), pesawat memerlukan daya dorong yang di hasilkan oleh tenaga penggerak atau yang biasa di sebut dengan mesin (engine). Daya dorong yang nantinya di hasilkan oleh engine ini biasa di sebut dengan thrust.
    Terdapat beberapa jenis engine dari pesawat, diantaranya :
    -Piston Engine
    -Turbojet Engine
    -Turboporop Engine
    -Turbofan Engine
    -Turboshaft Engine
    Piston engine atau biasa di sebut dengan mesin torak, merupakan mesin yang menggunakan piston (torak) sebagai tenaga penggerak. Piston yang bergerak naik turun di hubungkan dengan crankshaft melalui connecting rod untuk memutar propeller atau baling-baling. Piston dapat bergerak naik turun karena adanya pembakaran antara campuran udara dengan bahan bakar (fuel) di dalam ruang bakar (combustion chamber). Pembakaran di dalam combustion chamber menghasilkan expansion gas panas yang dapat menggerakkan piston bergerak naik turun.
    [​IMG]

    Pesawat yang menggunakan mesin piston umumnya menggunakan propeller sebagai tenaga pendorong untuk menghasulkan thrust. Bentuk penampang dari propeller itu sendiri sama seperti sayap, yaitu juga berbentuk airfoil. Sehingga pada saat propeller berputar maka akan menghasilkan gaya dorong atau thrust sehingga pesawat dapat bergerak ke depan. Pesawat dengan mesin piston ini merupakan jenis pesawat ringan atau biasa di sebut dengan light aircraft. Pesawat ini mempunyai daya jelajah yang kecil dan ketinggian terbang yang tidak terlalu tinggi.

    Pada dasarnya, prinsip kerja dari semua engine pesawat sama. Yaitu memanfaatkan energi pembakaran antara campuran bahan bakar dengan udara yang menghasilkan expansion gas yang terjadi di dalam ruang bakar cc (combustion chamber).
    Dinamakan turbojet engine karena mesin ini menggunakan turbin dalam membangkitkan tenaga, dan jet yang artinya semburan/pancaran. Yaitu semburan hasil pembakaran di dalam cc keluar menuju turbin dan memutar turbin, lalu turbin memutar compressor dan menggerakkan komponen engine lainnya.
    [​IMG]

    Prinsip kerja dari Turboprop engine sama dengan proses kerja dari turbojet engine. Yang membedakannya adalah terdapat propeller pada engine ini. Propeller terhubung dengan turbin dan compressor melalui shaft.
    [​IMG]

    Sama dengan turboprop, prinsip kerja turbofan sama dengan turbojet engine. Perbedaannya adalah pada turbofan engine terdapat fan di depan compressor. Fan berfungsi untuk menghisap udara masuk ke dalam compressor.
    [​IMG]

    Prinsip kerja dari turboshaft engine juga hampir sama deng an turbojet engine. Engine ini di gunakan pada helikopter. Pada turboshaft engine, terdapat shaft yang terhubung dengan turbin. Shaft ini menghubungkan ke main rotor atau baling-baling pada helikopter. Rotor pada helikopter mempunyai penampang berbentuk airfoil.
    [​IMG]


    Bidang Kendali (Flight Control Surface)
    Untuk menggerakkan pesawat (berbelok, menukik, dan rolling atau berbalik), seorang pilot memerlukan bidang kendali atau control surface .

    Primary control surface
    Primary control surface atau bidang kendali utama adalah bidang kendali pesawat yang dapat mengatur pergerakan pesawat pada saat terbang di udara.
    Aileron, elevator, dan rudder merupakan bidang kendali utama pada pesawat.
    1). Aileron terletak pada sayap, digunakan pesawat pada saat melakukan rolling (berbalik) di udara dan pergerakannya berada pada sumbu longitudinal pesawat, aileron dikendalikan dengan menggunakan stick control yang berada pada cockpit.
    2). Elevator terletak pada bagian ekor (empenage) atau bagian horizontal stabilizer, digunakan pesawat untuk melakukan piching (mengangguk) dan pergerakannya pada sumbu lateral pesawat, elevator di kendalikan dengan menggunakan stick control yang berada di ruangan cockpit.
    3). Rudder terletak di pada bagian ekor tepatnya di bagian vertical stabilizer, di gunakan pesawat untuk melakukan yawing (berbelok) diudara dan pergerakannya pada sumbu vertical pesawat, rudder di kendalikan dengan menggunakan rudder pedal yang terletak pada ruang cockpit.
    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]


    sory klo :repost: :repost:

    ane cuma mw bagi2 ilmu aja nie

    klo :repost: Delete aja om Momod :piss: :piss:
     
    Last edited: Dec 6, 2009
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ghattotkacha Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.


  3. Offline

    nielsianu Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    owh begitu toh mesin nya liat di musium iptek TMII emang gitu sayapnya klo kena angin malah naik ke atas
     
  4. Offline

    Exultate Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 30, 2009
    Messages:
    411
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +224 / -0
    pusing bro bacanya, teknis banget hahaha
    maklum biasanya cuma maen pesawat dari kertas di lipat2 jadi deh hehe
    :piss:
     
  5. Offline

    tomiero Post Hunter Veteran

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    3,519
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +7,191 / -0
    lebih cocok di education ni, gw pindah ya :p
     
  6. Offline

    ENC Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    229
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,237 / -0
    Jadi pada intinya, pesawat itu terbang dengan mengandalkan wing trus di bantu dengan tenaga dorong (thrust). Berati klo gag ada tenaga dorong, pesawat gag bisa terbang karna gag ada daya angkatnya lagi gt? tp karna masih ada wing.. pesawat masih bisa melayang di udara y?
    nice post bro..
    btw.. klo bisa bikin post yg ky gnian lagi.. hehe..
    :top:
     
  7. Offline

    embahJambronk Members

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    ad istilah yg ane gk ngerti.... yaitu, "airfoil"... airfoil mang ap sh???

    btw, nice post gan :onion-106:
     
  8. Offline

    embahJambronk Members

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    ad istilah yg ane gk ngerti.... yaitu, "airfoil"... airfoil mang ap sh??? :piss:

    btw, nice post gan
     
  9. Offline

    SoulHACKER Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 22, 2009
    Messages:
    295
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +92 / -0
    Airfoil itu kalau gak salah maksudnya adalah lapisan2 udara. Lihat gambar berikut:
    [​IMG]
    Nah, lihat kan ada garis2 berwarna merah dan biru. Itu dia lapisan2 udaranya atau airfoil.

    Kalau salah mohon dikoreksi. Terima kasih.:piss:

    Oiya, kita patut bangga nih. Salah seorang penyempurna sayap pesawat terbang berasal dari bangsa kita, yaitu Pak B. J. Habibie. Beliau menemukan Rumus Habibie yang digunakan untuk menghitung retak/crack pada sayap pesawat terbang. Sampai sekarang rumus ini masih dipakai di pabrik Boeing dan pabrik pesawat terbang lainnya.
     
  10. Offline

    icon7p Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -0
    Waktu naik pesawat kebetulan duduk dekat jendela bagian sayapnya, bagian belakang sayapnya bisa bergerak waktu pesawat turun, ternyata gitu toh cara kerjanya. Manteb postnya
     
  11. Offline

    ndre85 Beginner Members

    Joined:
    May 4, 2009
    Messages:
    321
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +37,089 / -0
    wah keren banget baru tau cara kendaliin sayap belakangnya jadi cuma belok - belok doang...tapi kalo helikopter gimana ya???? kan beda tuh
     
  12. Offline

    witheblack Silent Reader Members

    Joined:
    May 22, 2009
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +30 / -0
    mungkin pada dasarnya pesawat itu memanfaatkan efek mekanika fluida.
     
  13. Offline

    ENC Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    229
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,237 / -0
    maaf bro sebelumnya..
    klo menurut gw.. yg warna merah ama biru itu airflownya.. klo airfoil itu klo gag salah bentuk sayapnya ya?
    kan bagian sayap itu ada beberapa macam kaya leading edge, trailing edge, ama chord leght, nah airfoil itu bentuk dari wing itu.. tp klo salah mohon di koreksi lagi.. hehe..

    klo yg ini skalian numpang share y TS..
    helikopter itu terbang dengan memanfaatkan rotor blade (baling-baling yg atas) ama tail rotor (baling-baling yg belakang yg kecil). Jadi ketika Rotor itu di putar, helikopter akan menghasilkan daya angkat dari putaran rotor itu. coba klo bro liat blade nya.. bentuknya kaya sayap. jadi sebenernya helikopter juga terbang dengan menggunakan sayap. tapi sayapnya muter gt.. nah, untuk majuin helikopter gag pake tenaga dorong kaya pesawat sayap tetap. helikopter memanfaatkan rotor juga.. jadi baling baling yg atas akan sedikit condong ke depan pas helikopter mau di majukan. begitu juga sebaliknya, dia akan mundur apabila baling-balingnya di condong kan ke belakang. satu hal yg membedakan helikopter dengan pesawat sayap tetap, klo belok helikopter harus memanfaatkan rudder.. klo pesawat sayap tetap, rudder hanya di gunakan untuk gerakan di darat dan menyeimbangkan ketika di udara. nih contoh untuk helikopter. Lu mau belok ke kanan? secara otomatis Lu miringkan stik ke kanan.. akibatnya helikopter akan rolling, tapi gag belok.. jadi lu injek rudder kanan untuk rotasinya.. beres.. klo sayap tetap, Lu mau belok kanan? tinggal liat kanan kiri, klo aman, belokin aja itu setirnya.. beres..

    mohon di koreksi klo ada kesalahan..:piss::piss:
     
  14. Offline

    jail Members

    Joined:
    Jun 16, 2008
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    betul om... tepatnya merah (ato ungu yah?) itu upper airflow, biru lower surface airflow. knp di bedain warnanya...
    karena perbedaan kecepatan airflow antara yang merah dgn yang biru akan menghasilkan perbedaan air pressure yang akan mengangkat bidang sayap ke atas....(tekanan udara di bawah lebih besar dari pada tekanan udara diatas permukaan sayap)

    emang klo pengen tau kenapa pesawat bisa terbang nga cuma dgn airfoil... karena Lift juga tergantung dari Luas bidang sayap dan Aspect Ratio selain dari kecepatan airflow dan density udara... airfoil biasanya digunakan sebagai standar referensi para perancang seperti seri NACA dsb deh...

    btw... airfoil itu irisan 2D penampang sayap... dari Leading edge ke Trailing edge...


    Hmmm.... klo menurut yg gw tau yah... (piss) emang bener helikopter itu sayapnya muter (rotary wing) nah baling2 ini bisa berputar terhadap arah terbang (relative wind) untuk setiap bidang baling2 (blade)-klo di pesawat biasa menggunakan flap untuk memanipulasi Lift-
    atau sebagai satu kesatuan (rotary disc) untuk terbang maju, mundur ato sideway....

    klo untuk kendali arah... helikopter make kontrol anti torsi... karena pada heli umumnya perlu tail rotor yg fungsinya sbg anti torsi dari rotor utama...

    nah biar pilot nga terlalu binggung maka pedal anti torsi itu di samakan letaknya dengan pedal rudder di pesawat biasa.... tapi fungsinya sama... directional control...

    Heli juga punya rudder surface... contohnya Ka-50 Hokum... dia itu bukan heli umumnya, dia pake konfig tandem rotor... ada 2 main rotor yang disusun atas bawah, dua rotor ini berlawanan arah putarnya shg jg sbg anti torsi, nah rudder ditambahkan buat nambah kelincahan... agile man....
     
    Last edited by a moderator: Dec 21, 2009
  15. Offline

    ENC Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    229
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,237 / -0
    ohh.. jadi pedal rudder untuk chooper itu fungsinya sebagai anti torsi dari rotor utama y? berarti pedal itu menggerakan tail rotor..

    ok.. waktu itu emang masi bingung juga, klo ada pedal rudder dimana yawnya? biasanya klo d fixed wing pedal di injek, ekornya meliuk ky ikan.. klo d chooper beda ternyata..
    tapi tetep.. helikopter itu lebih susah di bandingkan fixed wing..
     
  16. Offline

    ich4n Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,708
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +813 / -0
    :top: nice info
    lumayan lengkap info tentang prinsip dasar bagaimana pesawat bisa terbang, jadi mengerti gw, ternyata pesawat baling ama pesawat jet sama aja prinsipnya cuman beda mesin doang.
    btw spoilernya banyak banget jadi :pusing: lama" :piss:
     
  17. Offline

    ENC Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    229
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,237 / -0
    woopss.. beda mesin sama beda cara kerja.. yg sama cuma prinsip :piss::piss:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS.ID

Indowebster, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.