1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Cara Bermain UNO

Discussion in 'Games Free Talk' started by achy, Sep 16, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    achy Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 14, 2008
    Messages:
    1,298
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,323 / -0
    Maap Mod kalo Re-post, dihapus aja kalo repost

    Cara Bermain UNO di IRC

    Banyak yang tidak mengetahui cara bermain UNO, padahal sebenarnya bermain UNO itu sangat mudah. Dan bila seseorang sudah mengetahui caranya biasanya orang tersebut akan ketagihan (additected) untuk bermain UNO. Permainan UNO sendiri dimainkan oleh minimal dua orang atau lebih. Makin banyak yang bermain, pastinya permainan akan semakin menarik.

    Pada dasarnya permainan UNO hanya menyamakan angka atau menyamakan warna dengan kartu yang terakhir dibuang oleh pemain terakhir. Pemenang UNO adalah yang pemain pertama menghabiskan kartu yang ada ditangannya. Pada awal permainan setiap pemain akan diberi 7 buah kartu secara acak. Ada 4 warna yang dimainkan yaitu:

    • Green (hijau) dari angka 1 hingga 9
    • Blue (biru) dari angka 1 hingga 9
    • Red (merah) dari angka 1 hingga 9
    • Yellow (kuning) dari angka 1 hingga 9
    CARA BERMAIN DI IRC:
    Untuk mengikuti sebuah game uno, hanya tinggal mengetikkan: jo di channel untuk dibagikan 7 buah kartu. Perhatikan terus permainan, amati setiap kartu yang terakhir dibagikan. misalnya: si_A mainkan [ Green 8 ] ke si_B (berarti selanjutnya adalah giliran si_B)

    Misalnya kartu terakhir yang dibuang adalah [ Green 8 ] maka kita hanya dapat mengeluarkan kartu yang berwarna hijau (Green) atau kartu yang mempunyai nilai 8. Untuk mengeluarkan kartu dapat dilakukan dengan mengetikan: pl (kartunya) di channel. misalnya bila kita ingin mengeluarkan kartu [ Yellow 8 ] maka kita cukup mengetikkan: pl Y8. atau bila kita ingin menyamakan warna dengan kartu [ Green 6 ] maka kita cukup mengetikkan: pl G6.

    Apabila ternyata kita tidak mempunyai kartu terakhir yaitu [ Green 8 ] maka kita harus mengambil kartu dari kocokan dengan cara mengetik: dr. Kemudian kartu yang kita ambil kita samakan lagi dengan kartu terakhir. Apabila ternyata kartunya berwarna hijau atau mempunyai nilai 8 dapat dikeluarkan dengan mengetikkan: pl (kartunya). Akan tetapi apabila setelah mengambil dari kocokan dan tetap tidak mendapatkan kartu yang sama maka harus mengetikkan: pa (pass)

    Selain kartu angka, terdapat 3 kartu lainnya yaitu REVERSE, SKIP, dan DRAW TWO.

    • Kartu Reserve berguna untuk mengubah arah putaran pemain. misalnya semula arah permainan dari si_A, si_B, si_C dan si_D maka bila si_D mengeluarkan kartu REVERSE maka putaran berubah menjadi si_D, si_C, si_B dan si_A.
    • Kartu Skip berguna untuk melewat giliran pemain selanjutnya setelah giliran pemain yang mengeluarkan skip. misalnya permainan diikuti dengan giliran secara berurutan: si_A, si_B, si_C dan si_D, maka bila si_A mengeluarkan kartu SKIP maka giliran si_B akan dilewati dan selanjutnya yang jalan adalah si_C.
    • Kartu Draw Two berguna untuk membuat pemain selanjutnya mengambil 2 kartu dari kocokan. bila si_A mengeluarkan kartu DRAW TWO maka si_B harus mengambil 2 kartu kan selanjutnya yang jalan adalah si_C.
    Selain kartu yang berwarna merah, hijau, biru dan kuning, terdapat kartu joker yaitu [ WILD ] dan [WILDDRAWFOUR]. Keunggulan kartu ini adalah, kartu ini dapat dikeluarkan kapan pun tidak perlu menyamakan dengan kartu sebelumnya. setelah mengeluarkan kartu joker ini, maka pemain harus memilih warna selanjutnya. Misalnya, bila memilih warna selanjutnya hijau maka dapat mengetik: co G. Untuk kartu [WILDDRAWFOUR].maka pemain selanjutnya harus mengambil 4 kartu dari kocokan dan giliran dia dilewat. Misalnya permainan diikuti dengan giliran secara berurutan: si_A, si_B, si_C dan si_D, maka bila si_A mengeluarkan kartu [WILDDRAWFOUR]. maka si_B harus mengambil 4 kartu, kemudian si_A memilih warna dan selanjutnya yang jalan adalah si_C sesuai dengan warna yang dipilih si_A.

    LIST PERINTAH
    List Perintah yang dipakai:

    • jo = join (untuk mengikuti permainan)
    • pl = play yaitu untuk menjalankan kartu (example : pl g 3 = kita memainkan kartu hijau angka 3)
    • dr = drew yaitu mengambil kartu dari kocokan apabila kita tidak mempunyai kartu yang diminta
    • pa = pass yaitu memberikan giliran kepada pemain selanjutnya karena kita tidak memiliki kartu.
    • cd = melihat kartu yang terakhir turun
    • ca = melihat kartu yang ada di tangan kita
    • st = melihat jumlah kartu seluruh pemain
    • tu = melihat kartu seluruh pemain dan urutannya
    • od = melihat urutan permainan
    • ti = melihat waktu permainan
    • !unotop10 = untuk melihat ranking
    • !unowon = melihat poin kita
    TAKTIK PERMAINAN UNO
    Dari penjelasan diatas dapat dilihat bahwa UNO merupakan permainan yang sangat simpel dan mudah untuk dimainkan. Semakin banyak kita bermain dan berlatih tentunya membuat kita semakin mengetahui taktik-taktik untuk memenangkan sebuah permainan UNO. Taktik-taktik yang disarankan:

    • Sebisa mungkin keluarkan secepatnya kartu terbesar yang ada ditangan. Untuk menghindari lawan mendapatkan nilai yang besar ketika menang.
    • Keluarkan terlebih dahulu kartu yang tidak mempunyai kesamaan angka dengan yang lain.
    • Pertahankan kartu joker selama mungkin, terutama kartu WDF agar lawan kita yang sudah UNO (tinggal memilik 1 kartu) tidak dapat menang dengan mudah.
    • Konsentrasi terhadap permainan, amati kartu yang telah keluar. sering-sering melihat jumlah kartu pemain lainnya dengan mengetik: ct.
    • Walaupun kartu tinggal bersisa satu tidak menjamin bisa keluar sebagai pemenang karena sewaktu-waktu pemain sebelumnya bisa saja memerintahkan untuk mengambil dua kartu atau empat kartu tambahan lagi
    • Sering-seringlah ganggu konsentrasi pemain lain dengan mengajak ngobrol.





    Permainan Kartu UNO
    dah pernah maen UNO?! Ato malah belum tau UNO itu makanan apa?!
    UNO itu permainan kartu untuk anak-anak tapi cukup menantang dan menyenangkan bila dimainkan orang dewasa seperti saya ini (lagi kecanduan maen UNO). Gambar Kartu UNO dicetak khusus, bukan seperti Kartu Remi biasa. Jumlah Kartu UNO ada 112 kartu (pada intruksi aturan resmi dari mattel ada 108 kartu padahal jika dihitung ada 112 kartu), terdiri dari kartu warna merah, kuning, hijau, biru dengan angka 0-9 dan kartu-kartu spesial. Lebih jelasnya seperti ini:

    1. Kartu UNO terdiri dari kartu warna merah, kuning, hijau, biru dan hitam (disebut wild card).
    2. Kartu - kartu warna merah, kuning, hijau dan biru memiliki nomor dari ‘0′ - ‘9′, untuk kartu dengan nomor ‘1′ - ‘9′ berjumlah 2 kartu untuk setiap warna.
    3. Kartu spesial UNO

    • Kartu warna dengan nomor ‘0′ = 4 (setiap warna punya 1 kartu ini)
      Kartu ini berfungsi untuk bertukar kartu dengan pemain lain. Jika ada yang menurunkan kartu ‘0′ ini, maka kartu yang sedang dipegang pemain saat ini menjadi kartu milik pemain berikutnya sesuai urutan giliran main yang sedang berjalan.
    • Kartu warna tanpa nomor = 4 (setiap warna punya 1 kartu ini)
      Saat kartu ini di turunkan seorang pemain, maka semua pemain wajib menumpangkan tangan diatas kartu ini, sehingga akan membuat tumpukan tangan diatas kartu dan tangan pemain yang berada di tumpukan paling atas akan terkena pinalti.
    • Draw Two Card = 8 (setiap warna punya 2 kartu Draw Two)
      Kartu ini hanya bisa dilawan dengan kartu +2 dan kartu wild +4. Jika saat giliran main tidak punya kartu +2 atau kartu wild +4 maka akan terkena pinalti.
    • Reverse Card = 8 (setiap warna punya 2 kartu Reverse)
      Kartu ini untuk memutar arah urutan main, misalnya urutan main saat ini searah jarum jam kemudian kartu ini dikeluarkan oleh seorang pemain maka urutan main berbalik arah menjadi berlawanan dengan arah jarum jam. Pemain berikutnya adalah pemain sebelumnya dari pemain yang mengeluarkan kartu reverse karena putaran main telah berbalik arah.
    • Skip Card = 8 (setiap warna punya 2 kartu Skip)
      Kartu ini untuk melewati giliran main pemain berikutnya. Misal pemain mengeluarkan kartu skip maka 1 orang pemain berikutnya dilewati.
    • Wild Card = 4
      Kartu ini bisa melawan semua kartu warna dengan angka ‘1′-’9′ dan kemudian pemain yang mengeluarkan kartu ini boleh bebas meminta kartu warna apa yang dimainkan pemain berikutnya.
    • Wild Card with Draw Four = 4
      Kartu ini hanya bisa dilawan dengan kartu +4 saja dan yang mengerluarkan kartu ini boleh bebas meminta kartu warna apa yang dimainkan pemain selanjutnya. Jika pemain berikutnya tidak punya kartu +4 maka akan terkena pinalti.
    Aturan Main:
    Permainan kartu dimulai dengan membagi 7 kartu ke setiap pemain. Kemudian ambil satu kartu dari tumpukan kartu sebagai bukaan pertama dan sisa biarkan dengan tumpukan kartu tertutup sebagai kartu yang diambil pemain yang terkena pinalti. Nah untuk melawan kartu bukaan pertama tadi yaitu bisa dengan menyamakan warna kartu atau dengan menyamakan nomor kartu. Ya, cuma itu aturan mainnya.
    Oh iya ada lagi, jika punya 2 kartu atau lebih dengan nomor sama baik warna sama atau berbeda dapat diturunkan bersama dan kemudian kartu pada tumpukan teratas yang diturunkan tadi menjadi kartu yang yang wajib dilawan pemain selanjutnya.
    Satu lagi, jika kartu yang dipegang di tangan pemain tinggal satu kartu, pemain itu wajib mengucapkan kata ‘UNO!!’, apabila pemain lain lebih dulu mengucapkan kata ‘UNO!!’ sembari menunjuk pemain itu, maka pemain yang tinggal satu kartu tadi terkena pinalti. Setelah kartu habis pemain juga wajib mengucap ‘UNO!!’ 2 kali, jika keduluan pemain lain juga terkena pinalti.
    Macam - macam Pinalti:

    • Pinalti kartu warna tanpa nomor
      Pemain yang tangannya berada di tumpukan paling atas mengambil 2 kartu.
    • Pinalti kartu Draw (kartu ‘+2′ atau ‘+4′)
      Pemain yang tidak bisa melawan kartu draw, mengambil kartu sejumlah akumulasi dari kartu draw dihitung sejak kartu draw pertama. Jadi begini, jika pemain pertama menurunkan kartu +2, pemain kedua juga menurunkan kartu +2, permain ketiga menurunkan kartu +4, dan pemain keempat tidak punya kartu +4, maka pemain keempat terkena pinalti mengambil kartu sejumlah 2 + 2 + 4 = 8 kartu.
    • Pinalti menyebutkan kata ‘UNO’
      Ini pinalti yang paling seru!! Kata ‘UNO’ dalam permainan ini sangat keramat, saat permainan dimulai pemain tidak boleh mengucapkan kata ‘UNO’ kecuali kartu pemain tersebut tinggal satu kartu. Setiap satu kata ‘UNO’ yang terucap mengambil kartu pinalti 2 buah.
    Gimana gak jelas?!
    Aku pertamanya juga bingung kq, tapi setelah beberapa kali main kartu ini mulai ngerasa gampang and enjoy. Beli aja kartunya dulu dan maenlah bersamaku… hahaha…
    Oh iya, permainan UNO yang saya tulis ini merupakan aturan main yang sering saya gunakan dengan teman-teman, memang sedikit berbeda dengan aturan resmi dari mattel.
    Sekedar info saja:
    kartu UNO ini dapat dibeli (jogja) di kidz station, gramedia dan katanya juga ada di snoopy. Harganya sekitar 40ribu - 60ribu.


    mudah-mudahan ngerti :D
    mohon kritik dan sarannya, ndak nolak GRP juga :hahai:

    Sumber :
    Tutorial UNO IRC di Blog CatHy
    UNO Kartu


    Game UNO bwt PC disini
     
    Last edited: Mar 8, 2011
    • Like Like x 7
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Kyouka Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    182
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +2,171 / -0
    Bahasa Indonesia... Thanks Gan :cihuy: udah lama nyari yg indo :cihuy:
     
  4. Offline

    der_kaiser Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 29, 2009
    Messages:
    210
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +7 / -0
    wah ada juga uno secara online yaaa,, asyik..
    siap2 cari musuh ach :tkp3::tkp3:
     
  5. Offline

    Goatse Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Gw baru tau di IRC ada game kayak gini..... gak pernah make programnya sampe sekarang.... maklum orang udik huheheh....
     
  6. Offline

    kuwsendiri Beginner Members

    Joined:
    Aug 31, 2009
    Messages:
    291
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +568 / -0
    asiiiikkk..
    makasih atas inponya gan..
    ahaha
    akhirnya gw bisa jga nih mnang turnamen di fesbuk...
    :hero:
     
  7. Offline

    morikawa Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +61 / -0
    haha...klo gw maen nya aturannya beda lg...
    + +an itu boleh di skip ama di reverse..trus +4 jg masi boleh tambah +2 asal warna nya sama...jd Bisa + byk deh...terakhir rekor gw ampe +24...hahaha
     
  8. Offline

    saint_xaver Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 28, 2009
    Messages:
    346
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +17 / -0
    wah sering main uno pas kuliah, tp lebih asyik main langsung bisa sambil ketawa2, apalagi klo ampe kena draw 4 berturut2, rekor draw ampe 18 kartu, wew.
     
  9. Offline

    tresnadi Senpai Banned User

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    6,162
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +113,139 / -0
    Wah.. Pnjelasan lengkap.. Mantap.. :top:
    Pantes klo masuk irc pda asyik2 sndiri, gw gak ngerti sndiri jdi jarang lgi ksana.. :madesu:
    Sip, dipelajari dlu ah :belajar:
     
  10. Offline

    morli Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 26, 2009
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    klo cara wa sih ngumpulin 4 kartu yg beda warna tapi nomerny sama
    misalny aja wa ngumpulin kartu no 3 warna merah,kuning,ijo,biru di tangan
    soalny biar kartuny bisa diturunin bersamaan sekaligus (peraturannya krtu yg nomer sama bisa diturunin sekaligus)

    klo ada 4 warna jd g takut warnany laen (uno cuman ada 4 warna)

    langsung menang de...

    ga perlu ambil pusing teriak uno2 segala
     
  11. Offline

    madorax Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    2,785
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +22,822 / -0
    ahahaha... uno ya... dulu sepanjang 2007 sempat tergila2 kartu ini... anak2 tetangga kuajak main semua sampai 8 orang... kebayang deh serunya ketika draw two keluar... :lol:
    apalagi ditimpuk draw four 4 biji... :dead:
     
    • Like Like x 1
  12. Offline

    pr45 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 18, 2009
    Messages:
    511
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,231 / -0
    Achy..seharusnya sekalian pasang dong !unotop10 -nya di thread ini..
    hahaha..pengen narsis nih gw..wajajaja..
     
    • Like Like x 1
  13. Offline

    achy Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 14, 2008
    Messages:
    1,298
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,323 / -0
    jangan ah .. nanti pada ndak mau main... :hahai:

    ternyata banyak juga yang ndak tau ...:swt:
     
  14. Offline

    juanzzz Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    104
    Trophy Points:
    166
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,093 / -0
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
  15. Offline

    bowniebonsky Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    166
    Trophy Points:
    36
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +277 / -0
    ini game seru abiz, gw pernah maen ma temen mpe 8 orang!! mantap!!! :hahai::hahai:
     
  16. Offline

    bLantara Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 30, 2009
    Messages:
    1,457
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +255 / -0
    gila.. gw kalah 26 x berturut" dari cwe gw... :hot::hot:
    tpii stelah baca ini ,, yaa lumayan.. bisa mngimbangii...
     
    • Like Like x 1
  17. Offline

    prufessuer Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    2,163
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,651 / -0
    lengkap jg infonya nih thx

    :niceinfo:

    saatnya dipraktekkan :boong:
     
  18. Offline

    tertindas Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    4,017
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +30,775 / -0
    ni dia yg gw cr

    saatnya blz dendam :haha:
     
  19. Offline

    Shuichi Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,528
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +152,907 / -2
    Thanks bgd buat kka Achy yg udh Share cara main UNO disini ...

    skrg jd gak susah lagi main UNO-nya ...
     
    • Like Like x 2
  20. Offline

    wakabyyashi Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 24, 2009
    Messages:
    269
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +8 / -0
    game uno emang seru bgt.....gw saking serunya maen ampe jam 1...wakakakakaka
     
    • Like Like x 1
  21. Offline

    zagayo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 26, 2007
    Messages:
    849
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +25,794 / -0
    btw itu yg uno irc.. ada info channel nya ga bro ?
     
    • Like Like x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.