1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Buat para ortu...

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IloveIt, Jan 31, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    IloveIt Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 30, 2010
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    Orangtua disarankan tidak mendidik anak dengan cara kekerasan fisik karena mental dan fisiknya masih lemah yang bisa berakibat buruk. Anak-anak harus dilindungi bagaimana pun susahnya dia didik. Jika diberi tahu lewat kata-kata saja tidak cukup, ada cara yang dibolehkan untuk memukulnya tapi bukan sembarang memukul.

    Dalam Children's Act 2004 ada batasan-batasan yang diperjelas bagi orangtua jika ingin memukul anaknya, yaitu tidak boleh menimbulkan bekas atau luka, tidak memukul dengan keras dan tidak boleh menyebabkan masalah kesehatan mental dalam jangka waktu panjang.

    "Orangtua tidak boleh memukul anaknya dengan sembarangan apalagi jika menggunakan alat," ujar Marjorie Gunnoe, seorang profesor psikologi di Calvin College, Grand Rapids, Michigan, seperti dikutip dari Telegraph, Senin (4/1/2010).

    Bagaimana memukul yang diperbolehkan? Gunnoe menjelaskan sebuah tepukan ringan seringkali menjadi cara paling efektif untuk mengajarkannya agar tidak melakukan sesuatu yang berbahaya atau merugikan orang lain. Pukulan ringan itu pun hanya berlaku sampai usianya 6 tahun.

    Berdasarkan hasil penelitiannya, anak yang dipukul hingga usia 6 tahun memiliki sifat positif yang lebih baik diantaranya dalam hal akademis dan optimisme, dan tidak memiliki sifat negatif yang buruk. Tapi anak yang masih sering dipukul hingga usia 11 tahun memiliki sifat negatif seperti terlibat dalam perkelahian.

    Penelitian itu juga menunjukkan anak yang dipukul ringan oleh orangtuanya hingga usia 6 tahun akan memiliki prestasi sekolah yang lebih baik dan lebih optimis. Anak-anak ini nantinya akan lebih bersemangat dalam hal belajar, mengejar cita-citanya untuk masuk universitas terkemuka serta membantunya lebih optimis dalam hal meraih mimpinya dibandingkan dengan anak yang tidak pernah dipukul sama sekali oleh orangtuanya.

    Penelitian ini melibatkan 179 remaja yang ditanya mengenai seberapa sering mereka dipukul saat masih anak-anak dan pada usia berapa terakhir kali orangtua memukulnya. Jawaban yang didapat dibandingkan dengan perilakunya termasuk kelakuan negatif seperti anti sosial, aktivitas seksual yang lebih dini, kekerasan, depresi serta kelakuan positif lainnya.

    Hal yang boleh dilakukan oleh orangtua adalah hanya melakukan tepukan ringan, sementara jika lebih dari itu sudah termasuk dalam kekerasan dan merupakan cara mendidik anak yang salah.

    Cara mendidik dengan memberikan tepukan ringan jika anak melakukan kesalahan sebaiknya juga diiringi dengan kata-kata positif agar anak tahu apa kesalahannya.

    Jika tepukan ringan tersebut dilakukan dengan bijaksana dan penuh kasih sayang, maka anak akan lebih mengerti dan juga membantunya untuk berprestasi disekolah serta lebih optimis.

    Tapi orangtua tidak boleh memukul anak di daerah wajah atau dengan menggunakan alat, karena bisa mengembangkan masalah-masalah perilaku atau mental seperti menjadi agresif.

    ===============================================
    sumber
    http://health.detik..com/read/2010/01...ang-dibolehkan
    ================================================

    maap kalo repost

    :piss::thx::piss:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    blackyway22 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 24, 2009
    Messages:
    2,003
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +10,389 / -0
    nice info, cocok buat yang mau berumah tangga sama yang sebentar lagi punya anak...

    pertamax ga ya :???:
     
  4. Offline

    bHell Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,246
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +42,929 / -0
    ane juga suka ngumpulin artikel2 ky gini..
    tuk sbagai pembelajaran nanti klo sudah berumah tangga :top:
     
  5. Offline

    deathscythe666 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    564
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +1,681 / -0
    ortu n calon ortu wajib baca ini
    biar anaknya ga madesu
    secara ya.. kdrt d indo tuh udah masuk tahapan gawat
     
  6. Offline

    kimmothep8 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 21, 2009
    Messages:
    737
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,868 / -0
    hm, bagiannya komnas ham niyh :haha:
    para ortu sebsa mgkn gk boleh kasar ke anak2'y
    klo gk kepepet banget sih jgn ampe mukul, apalagi pake alat :haha:
    :piss:
     
  7. Offline

    zodra Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 4, 2009
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    wew.. kalo gue sih.. sering bgt dipukulin waktu kecil. pernah ampe dilemparin kursi plastik, di pukulin ama sapu, dll.. maklum, didikan militer..

    tapi herannya, kok aQ tetep jadi orang yang normal2 aja. ga ampe kena sakit mental, kyk yg td disebutin.. hehee.. (udah kebal kalee..)

    Just sharing aja.. Nice inpo!!
     
  8. Offline

    nunu1234 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2009
    Messages:
    491
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +6,253 / -0
    waktu kecil gw plg inget kalau nakal mesti dipukul pake kemuceng :bonyok: :nangis:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.