1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Flora Buah-buahan Indonesia yg sudah langka, ada yg pernah coba?

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by blacksheep, Apr 11, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,943 / -0
    Menteng (Baccaurea racemosa)
    [​IMG]
    Rasanya asam-asam manis. Daging buahnya sangat sedikit karena bijinya besar. Buah ini banyak
    terdapat di Bogor dan sekitarnya. Di Jawa Tengah, menteng disebut dengan mundung.
    Menteng, kepundung, atau (ke)mundung adalah pohon penghasil buah dengan
    nama sama yang dapat dimakan. Sekilas buah menteng mirip dengan buah
    duku namun tajuk pohonnya berbeda. Rasa buahnya biasanya masam (kecut)
    meskipun ada pula yang manis.
    Menteng dulu biasa ditanam di pekarangan namun sekarang sudah sulit
    ditemui akibat desakan penduduk dan penanaman tanaman buah lain yang
    lebih disukai. Tumbuhan ini asli dari Pulau Jawa. Di sekitar Jakarta
    dan Bogor kadang-kadang masih ditemukan penjual buah menteng.
    Kemang (Mangifera caesia)
    [​IMG]
    Buah kemang sejenis mangga, apabila telah matang berwarna kuning kecoklat-coklatan. Buah ini mengeluarkan
    aroma seperti terpentin. Daging buah berwarna kuning,mengandung banyak cairan dengan rasa asam manis. Buah yang masak
    dapat dimakan segar, sedang buah yang hampir masak biasanya dimakan
    untuk campuran rujak. Daunnya yang masih muda dapat digunakan untuk
    lalap. Kemang menyebar secara alami di Sumatra, Kalimantan dan
    Semenanjung Malaya; dan banyak dibudidayakan di Jawa bagian barat,
    terutama dekat Bogor. Tumbuhan ini terutama menyebar di dataran rendah
    di bawah 400 m, jarang hingga 800 m dpl. Jenis ini tahan terhadap
    penggenangan, dan seringkali didapati dekat tepi sungai.
    Di sebagian wilayah sumatera selatan ada mitos yg meyebutkan jika
    setumpuk buah durian digabungkan dengan 1 buah kemang dalam 1 malam
    seluruh buah durian akan merekah terbuka matang, juga mitos orang akan
    langsung mokad apabila kepalanya tertimpa buah ini
    Gandaria (Bouea macrophylla Griffith)
    [​IMG]
    Adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia.
    Tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan banyak dibudidayakan di Sumatera dan Thailand.
    Gandaria dimanfaatkan buah, daun, dan batangnya. Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda,
    dan sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria.Buah
    gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa kecut-manis
    dan dapat dimakan langsung. Daunnya digunakan sebagai lalap. Batang gandaria dapat digunakan sebagai papan.
    Kecapi (Sandoricum koetjape)
    [​IMG]
    Kecapi, sentul atau ketuat adalah nama sejenis buah dan juga pohon penghasilnya
    Kecapi diperkirakan berasal dari Indocina dan Semenanjung Malaya.
    Berabad-abad yang silam, tumbuhan ini dibawa dan dimasukkan ke India,
    Indonesia (Borneo, Maluku), Mauritius, dan Filipina, di mana tanaman
    buah ini kemudian menjadi populer, ditanam secara luas dan mengalami
    naturalisasi.
    Pohon ini ditanam terutama karena diharapkan buahnya, yang berasa manis
    atau agak masam. Kulit buahnya yang berdaging tebal kerap dimakan dalam
    keadaan segar atau dimasak lebih dulu, dijadikan manisan atau marmalade.
    Kayu kecapi bermutu baik sebagai bahan konstruksi rumah, bahan perkakas atau kerajinan, mudah dikerjakan dan mudah dipoles.
    Berbagai bagian pohon kecapi memiliki khasiat obat. Rebusan daunnya
    digunakan sebagai penurun demam. Serbuk kulit batangnya untuk
    pengobatan cacing gelang. Akarnya untuk obat kembung, sakit perut dan
    diare; serta untuk penguat tubuh wanita setelah melahirkan.
    Kecapi ada dua macam, yakni dengan daun tua sebelum gugur berwarna
    kuning dan yang berwarna merah. Dahulu, kedua varietas ini dianggap
    sebagai spesies yang berbeda
    Bisbul (diospyros blancoi)
    [​IMG]
    Bisbul adalah nama sejenis buah beserta pohonnya. Tumbuhan ini berkerabat dekat dengan kesemek dan kayu hitam.
    Nama-nama lainnya adalah buah mentega (bahasa Melayu, merujuk pada daging buahnya ketika masak),
    kamagong, tabang atau mabolo (Tagalog, merujuk pada kulit buahnya yang
    berbulu halus), marit (Thailand), dan velvet apple (Inggris).
    Buah bisbol berbentuk bulat, agak pipih. Kulit buah berwarna merah
    muda, atau jingga kekuning-kuningan dengan bulu halus berwarna
    kemerahan. Berbau seperti mentega. Biji berwarna coklat.
    Burahol/Kepel (Stechocarpus burahol)
    [​IMG]
    Adalah flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta.
    Buah kepel dikenal sebagai buah meja (santapan wajib) kegemaran puteri
    kraton di Jawa karena menyebabkan keringat beraroma wangi.
    Bentuk buah burahol bulat lonjong atau kebulatan, bagian pangkal agak
    meruncing. Warnanya coklat keabu-abuan, kalau sudah tua berubah
    menjadi coklat tua. Daging buah agak kekuningan sampai kecoklatan, rasa
    manis, membungkus biji yang berukuran cukup besar. Buah masak
    dimakan segar, dan setelah makan buah ini pengeluaran air seni menjadi
    lancar. Selain itu, bau keringat menjadi wangi, bau napas menjadi harum.
    Jambu Mawar (Eugenia jambos)

    [​IMG]
    Jambu mawar alias jambu kraton adalah anggota suku jambu-jambuan atau Myrtaceae
    yang berasal dari Asia Tenggara, Dinamai demikian karena buah jambu ini memiliki aroma wangi yang keras seperti mawar.
    Buah berbentuk hampir bulat, agak lonjong atau melebar pada dasarnya.
    Garis tengahnya 4 - 5 cm. Bila sudah masak warnanya kuning
    pucat atau kehijau-hijauan, dengan kulit licin dan agak keras.
    Warna bijinya coklat. Buah yang sudah masak bisa dimakan segar atau
    dimasak dulu dicampur dengan buah lainnya serta gula untuk dibuat selai
    atau jeli.
    Lobi-lobi (Flacourtia inermis)

    [​IMG]
    Buah lobi-lobi berukuran kecil, bentuknya agak bundar. Yang sudah masak
    warnanya merah tua, rasanya asam atau manis, kadang-kadang
    kelat dengan biji banyak. Buah yang sudah masak digunakan untuk bahan
    pembuat rujak, sirup, sele, buah kalengan, asinan dan manisan.
    Rukem (Flacourtia rukem)
    [​IMG]
    Buah berbentuk bulat, daging buahnya tebal dan mengandung cairan.
    Buah yang masak berwarna merah kehitaman. Rasanya asam-asam manis,dan
    berbiji banyak. Dapat dimakan dalam keadaan segar, dan dapat
    pula dibuat rujak. Bisa juga dibuat manisan dan asinan. Buah yang masih
    muda dapat digunkan sebagai obat, dan daun mudanya bisa untuk
    lalap.
    Sawo Durian (Chrysophyllum cainito)
    [​IMG]
    Buah sawo durian hijau yang telah tua kulitnya hijau keputihan dan jika
    masih muda warnanya hijau muda. Sedang daging buahnya lunak dan
    berwarna putih susu bila telah masak.
    Sawo durian merah mula-mula berwarna hijau, lalu berubah kemerahan dan
    lantas menjadi keunguan di saat mencapai kematangannya. Daging
    buah berwarna putih susu seperti sawo durian hijau. Hanya saja di bagian tepinya, bila dibelah, akan tampak warna keunguan.
    Sawo Kecik (Manilkara kauki)

    [​IMG]
    Buah berbentuk bulat telur berukuran kecil. Buah yang masak enak
    dimakan, rasanya manis, kadang-kadang sedikit sepet. Kulitnya sangat
    tipis, dan mudah mengelupas. Buahnya selain dapat dimakan, kayunya yang
    keras dan kuat sangat baik untuk dibuat patung, perabot rumah
    tangga, alat-alat pertukangan, tiang penyangga rumah, dan sebagainya.
    Terap (Artocarpus odoratissimus)

    [​IMG]
    Pohon ini terutama ditanam karena buahnya, yang dimakan dalam keadaan segar
    atau diolah sebagai kue-kue. Buah terap harus segera dimakan dalam beberapa jam
    setelah dibuka, karena baunya yang harum cepat berkurang dan warnanya
    dapat berubah karena teroksidasi. Biji terap juga dapat dimakan setelah
    dipanggang atau direbus dengan garam.
    Terap dapat tumbuh sejak daerah dekat pantai hingga ketinggian sekitar
    1000 m dpl. Pohon ini menyenangi tanah liat berpasir dan wilayah dengan
    curah hujan cukup tinggi dan merata. Buah biasa didapati di awal musim
    hujan, antara Agustus hingga Januari bergantung pada lokasinya.
    Jambu Bol (Syzygium malaccense)

    [​IMG]
    Buah jambu bol biasa disajikan sebagai buah meja.
    Jambu bol, bersama dengan jambu air dan jambu semarang atau jambu cincalo
    memiliki pemanfaatan yang kurang lebih serupa dan dapat saling menggantikan.
    Buah-buah ini umumnya dimakan segar, atau dijadikan sebagai salah satu bahan rujak.
    Aneka jenis jambu ini juga dapat disetup atau dijadikan asinan. Karena rasa dan aromanya,
    jambu bol pada umumnya lebih disukai orang dan karena itu harganya juga
    umumnya lebih tinggi daripada jambu air atau jambu semarang.
    Kulit batangnya digunakan sebagai obat sariawan. Sedangkan kayunya yang
    keras dan kemerahan cukup baik sebagai bahan bangunan, asalkan tidak
    kena tanah.
    Jamblang (Syzygium cumini)
    [​IMG]
    Buah jamblang biasa dimakan segar. Di India dan Filipina, seperti juga
    kebiasaan di beberapa daerah di Indonesia, buah jamblang yang masak
    dicampur dengan sedikit garam dan kadang-kadang ditambahi gula, lalu
    dikocok di dalam wadah tertutup (biasanya dua mangkuk ditangkupkan)
    sehingga lunak dan berkurang sepatnya. Buah yang kaya vitamin A dan C
    ini juga dapat dijadikan sari buah, jeli atau anggur. Di Filipina,
    anggur jamblang diusahakan secara komersial.Pohon jamblang juga sering
    ditanam sebagai pohon peneduh di pekarangan dan perkebunan (misalnya
    untuk meneduhi tanaman kopi), atau sebagai penahan angin (wind break).
    Bunga-bunganya baik sebagai pakan lebah madu.
    Buni (Antidesma bunius)
    [​IMG]
    [​IMG]
    adalah pohon penghasil buah yang dapat dimakan. Buah buni kecil-kecil
    berwarna merah, dan tersusun dalam satu tangkai panjang, menyerupai
    rantai . Buni termasuk tumbuhan yang sudah jarang dijumpai di
    pekarangan.
    Buahnya dapat dimakan sebagai buah meja, dibuat selai, atau difermentasi menjadi minuman alkohol di Filipina dan Jawa.
    Nama-nama lainnya: Boni, huni (Sunda), wuni (Jawa), bignai (Filipina)
    Ciremai (Phyllanthus acidus)
    [​IMG]
    Ceremai tumbuhan berbentuk pohon, berumur panjang, Daun tunggal,
    bertangkai pendek, tersusun berselingwarna hijau muda, bentuk bulat
    telur, panjang 2 - 7 cm, lebar 1,5 - 2 cm, helaian daun tipis tegar,
    ujung runcing, pangkal tumpul (obtusus), tepi rata, pertulangan
    menyirip (pinnate), tidak memiliki daun penumpu, permukaan halus, tidak
    pernah meluruh. Bunga majemuk, bentuk tandan (racemus), muncul di
    sepanjang batang dan cabang, kelopak berbentuk bintang (stellatus),
    mahkota berwarna merah muda. Buah batu (drupa), bulat, panjang 1,2 -
    1,5 cm, warna kuning muda, bentuk biji bulat pipih, berbiji 4 - 6,
    berwarna cokelat muda, rasanya asam. Akar tunggang.
    Kawis
    [​IMG]
    Buah ini khas dari Kabupaten Rembang dan sudah termasuk buah yang
    langka di jaman ini. Buah lawis ini katanya hanya bisa hidup di tanah
    yang mengandung kapur. Selain di Rembang, dapat juga dijumpai di
    Juwana-Kabupaten Pati. Aromanya khas, bentuknya seperti melon, tapi
    lebih kecil dan tempurungnya keras. Sering juga disebut Java Cola
    karena rasanya yang mirip cola. Buah ini kalau sudah matang, diolah
    menjadi sirup dan limun (minuman bersoda). Bisa juga dimakan langsung
    dengan dicampur gula atau dibuat semacam es blewah.
    Matoa (Pometia pinnata)
    [​IMG]
    Pohon matoa dapat tumbuh tinggi dan memiliki kayu yang cukup keras.
    Rasa buahnya adalah campuran antara rambutan, durian, dan kelengkeng.
    Buahnya berbentuk lonjong dan seukuran buah pinang, ketika muda
    berwarna hijau dan setelah matang berwarna hijau kekuningan. Tumbuhan
    ini adalah flora identitas Provinsi Papua Barat.
    Murbei (Morus australis Poir)
    [​IMG]
    Nama daerah: Kitau; Kerto; Babasaran; Bebesaran; Murbei; Lampaung; Mempaung
    Buah murbei yg berwarna merah berasa manis asam, tumbuhan ini berbentuk semak-semak, biasanya ditemui di dataran tinggi.
    Quote:
    Originally Posted by basink
    [​IMG]
    Ada tambahan gan
    - kersen/talok
    [​IMG]
    -Ciplukan
    [​IMG]
    -Apel Bludru
    [​IMG]


    Klo ga salah Menteng, Gandaria, Kemang menjadi nama daerah di ibukota
    Code:
    http://www.kamusmalesbanget.com/forum/Pic-Buah-buahan-Indonesia-yg-sudah-langka-ada-yg-pernah-coba
    http://edyworld.blogspot.com/2010/05/buah-buahan-indonesia-yg-sudah-langka.html
    http://groups.yahoo.com/group/jejakpetualang/message/33668
    http://archive.kaskus.us/thread/1069541
    http://www.deedaad.com/showthread.php?3610-Buah-buahan-Indonesia-yg-sudah-langka-ada-yg-pernah-coba
    http://tkhi.forumotions.com/topik-umum-f1/buah-buahan-indonesia-yg-sudah-langka-ada-yg-pernah-coba-t138.htm
    http://www.kaorinusantara.web.id/forum/f32/buah-buahan-indonesia-yg-sudah-langka-5415.html/
    
    
     
    Last edited: Nov 17, 2010
    • Thanks Thanks x 9
    • Like Like x 5
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    silverdued Banned User

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Yang pernah aq cba neeh:
    1. kersen/talok di Sby disbut keres, manis klo matang berwarna merah
    2. ciplukan, bentuk n rasax mirip kersen, tapi buahx dibalut oleh kelopakx
    3. sawo kecik, prnah coba d kraton Jogja, rasanya kayak sawo tapi...
    4. kawista, kulitx keras rasanya acep..acep.. asem
    5. Murbei, ada yg merah ama ungu, rasanya ada yg manis ma asem

    :onion-12: jdi kngen mo coba lgi neeh...
     
  4. Offline

    chipmunk Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 23, 2009
    Messages:
    815
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +302 / -1
    kemang manis. tapi abis makan bibir jadi asem dan aneh
     
    • Like Like x 1
  5. Offline

    mousearts Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 5, 2009
    Messages:
    142
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +48 / -0
    Terap ???

    Nangka kah ??
     
  6. Offline

    Dudut Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 28, 2009
    Messages:
    1,430
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,152 / -0
    satu pun belum
    ada yg pernah gw coba :swt:
     
  7. Offline

    CY_T_Anezaki Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 3, 2009
    Messages:
    2,154
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,698 / -0
    Bedanya murbei sama arbei apaan ya ? apa malah sama

    Yg udah gw makan kersen, sama kecapi, tp rata2 yg disajikan oleh TS adalah buah yg cukup jarang dan hampir ga pernah ditemuin untuk dimakan
     
  8. Offline

    afarzain Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 30, 2009
    Messages:
    556
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +226 / -0
    dulu sering mkan kersen gw....:p
    ada phonnya d rumah..:haha:

    tpi skarng udh g da lgi...:((
    rmahnya dah pindah si!!:P
     
  9. Offline

    wicaks13 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 27, 2008
    Messages:
    291
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +19,215 / -0
    Tu semua buah bisa di liat di taman buah mekarsari kan????
    Buah Kawis....Klo di karawang dikasih nama kawista baunya kaya muntah rasanya aneh, kata orang tempatan buahnya enak banget pas di cium UUUUeeekkkk
     
  10. Offline

    chays Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    210
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +48 / -0
    - menteng itu disebut kemundung di kota wa.. masih ada n masih ada yang jual, yah ga sebanyak dlu.. wa suka ne buah buat temen nonton tv.. masih sering nyicipin, seingat wa bbrapa bulan lalu terakhir makan ne buah..

    - buah kepel ini juga pernah makan.. pengen lagi, sayang di daerah wa ga ada..

    - Jambu Mawar ini sama kayak jambu monyet bukan? klo iy ada tuh ditetangga, cuma yang punya aga galak. dlu sering "minta" klo malem2.. hihihihi..

    - Lobi-lobi ini juga pernah maem, cuma namanya beda klo ga salah, pas kecil, cuma inget bentuknya aja..

    - Rukem klo ditempat wa buahnya ga gini, buahnya awalnya aga keras, perlu "dipijit" sebelum dimakan, klo dah ga keras rasanya jadi manis, klo masih keras ga enak.

    - Sawo Durian, Sawo Kecik udah pernah makan.. cuma sawo Durian namanya jadi kernettu disini.. apa buah yang beda yah..

    - Jambu Bol ini dlu juga punya kebun dirumah, cuma tergusur buat perluasan rumah..

    - Ciremai klo ditempat wa dimudahin bacanya jadi cerme. hahahahahaha.. masih ada di rumah nenek wa, ga gede2 dari jaman wa TK sampe sekarang gara2 dipotong klo terlalu tinggi..

    - Kawis ini ada dirumah tetangga wa, cuma disini namanya beda juga.. apa yah, lupa.. pokoknya biasanya klo matengnya dimaemnya dicampur ma alpukat, susu coklat kental manis ma air ma es ma kolang - kaling.. enak.. palagi aromanya juga khas..

    - Matoa, ngebaca rasanya macem2 jadi pengen nyobain.. pasti enak.. ga perlu banyak buah dah dapet rasanya.. hahahaha.. ga capek ngunyahnya..
    - Murbei masih eksis, masih banyak, biasanya dibikin es terus dijual ditoko2.. buah favorit pas kecil, soalnya satu pohon bisa dapet banyak..

    - kersen/talok ini kok wa lihatnya mirip ceres ya.. klo bener sama masih banyak banget disini.. ada pohonnya gede banget di SMA wa, batangnya ga yang gede banget cuman entah knp ngerumpun, jadine lebar banget coveragenya, tempat favorit ngedate, soalnya tempatnya nyaman..

    - Ciplukan ini buah masa kecil. masih ada sih, cuman musti nyari ke kebun2, soalnya ga dibudidayakan n dianggep gulma.

    indonesia mang kaya ya..
    selaen itu ada juga tuh buah dari kalimantan ato sulawesi yah, oleh2 dlu.. kayak melon cuma manis banget.. saking manisnya habis makan besoknya pada serak.. hahahahaha..
     
  11. Offline

    monk25 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    538
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +5,961 / -0
    bnyk yg blom pernah makan....:swt:
    yang pernah makan cuman....

    [​IMG]

    yang ini namanya juwet ya klo di jawa..?
    jare`ne mbahku buah iki seneng`ane gendruwo :haha::haha::haha::haha:

    [​IMG]
     
  12. Offline

    Ryazor Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 29, 2008
    Messages:
    2,276
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +33,379 / -0
    Juwet kan? masih sering kok gw makan gituan :haha:

    Arbei kalo ga salah namanya
     
  13. Offline

    rotkrotk Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    660
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +452 / -0
    kalo juwet mah banyak di t4 gw...
    sambil jalan2 ngmbil juwet2 di gunung di t4 gw...
    mantap kalo lagi musimnya... banyak bgt
     
  14. Offline

    drake7 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2008
    Messages:
    1,041
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,955 / -0
    udah coba yang kecapi (asem), terap, dan jambu bol.
    ternyata masih banyak yang belum pernah gw temui.
    Menarik juga infonya nih bos.
     
  15. Offline

    AngelKing Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 9, 2008
    Messages:
    503
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +263 / -0
    :onion-103: parah....

    dr smua na ntu, blon ada 1 pun yg pernah gw icip2....:onion-55:

    adakah yg berbaik hati kirimin tuh buah2an k rumah gw....:onion-76:
     
  16. Offline

    NuRaider Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 24, 2008
    Messages:
    3,866
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +54,508 / -0
    Buni di t4 gw malah lebih terkenal klo di pake rujak..

    Rujak Buni.. gw sih ga terlalu seneng.. Kecut.. :D
     
  17. Offline

    Feischmaker Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,021 / -0
    banyak yang ud gw coba...

    gandaria, kecapi, lobi2x, kepel, sawo kecik, jambu-bol, jamblang, matoa, kersen, ciplukan...
     
  18. Offline

    leoforyui Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    168
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +7,091 / -0
    kecapi sama jamblang udah termasuk langka yah?
    padahal waktu kecil sering banget makan.

    matoa baru akhir2 ini aja ngerasain
     
  19. Offline

    xellos_fans Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 7, 2008
    Messages:
    318
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +29 / -0
    pernah makan yg ini
    jamblang = juwet kan?
    ciremai = cerme / cermi ?, biasa dibuat manisan ato dirujak nih
    murbei
    kersen, ini kerses kan ? masih banyak disini, tumbuh liar
    ciplukan, dah langka banget nih tanaman, terakhir liat kelas 1 smp kali

    pingin coba kepel nih biar keringatnya wangi :lol:
    btw ada yg tahu buah rambusa? tanaman liar merambat, yg katanya seh makanan ular (ular kok makan buah)
     
  20. Offline

    denmasklowor Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    62
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    yang atas bukannya talok? klo yang bawah emang juwet, klo aku punya pohon salam (yang daunnya buat bumbu masak) buahnya kalo ada yang masak cukup enak, kalo kesukaannya gendruwo bukannya pohon gayam? buahnya bikin kenyang sih trus rasanya malah gurih2 gimana gitu. ciplukan kesukaan bocah nggragas, trus jambu bol punya pohonnya dulu tapi karena terlalu tinggi dipotong malah mati, trus 'resah' <- nama buah lo, kapulaga (menginvasi kebon orang), jambu monyet, halah kalo masa kecil sering main bareng bocah2 nggragas nggak bakal kelaperan seharian main. eh tapi ini ada nih buah langka tapi nggak ada yang mau makan : buah maja.
     
  21. Offline

    ScapeXxX Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 7, 2008
    Messages:
    1,005
    Trophy Points:
    132
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,483 / -0
    kalo tempat gw yang atas namanya widoro..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.