1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Machinery brainport, ********** penglihatan bagi tunanetra

Discussion in 'Science and Technology' started by lyneard, Aug 25, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    lyneard Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    648
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +459 / -0
    [​IMG]
    Orang-orang yang kehilangan penglihatan bakal memiliki mata “normal” lagi.

    Setidaknya itulah yang dialami oleh Kopral Marinir Mike Jernigan. Pria asal McLean, Virginia, AS tersebut kehilangan kedua penglihatannya alias buta akibat bom di Iraq pada tahun 2004. Ledakan bom dijalan yang hampir merenggut nyawanya.

    “Saya melihat sebuah garis, garis horizontal,” ujarnya seperti dikutip dari situs Pittsburgh Tribune Review pada hari Jum’at (19/6)


    Bagi Jernigan, kemampuan mengidentifikasi bentuk dan sejenisnya termasuk prestasi sempurna.

    Memakai kacamata hitam, Kopral Jernigan saat itu mengarahkan kepalanya kesebuah garis putih diatas papan tulis berwarna hitam. Setelah mempelajari gambar selama beberapa detik, ia segera mengenali.

    Dia mampu mengidentifikasi garis tersebut dengan bantuan Brainport. Perangkat inilah yang menangkap gambar melalui kamera digital yang dipasang pada kaca matanya. Lantas kamera tersebut mengubah gambar menjadi sinyal listrik dan selanjutnya mengirimkan pesan kesensor yang dimasukkan kedalam lidah.

    Selama demonstrasi di The Louis J.Fox Center for Vision Restoration, South Oakland, tersebut, Jernigan berhasil mengidentifikasi garis, lingkaran dan anak panah tanpa kesalahan sedikitpun.

    Teknologi ini tergolong baru, namun para peniliti di Fox Center akan mulai mempelajari Brainport ini dan proyek ini akan didanai oleh Louis J.Fox, alumnus University of Pittsburgh yang juga pensiunan pialang komoditas yang mengalami kerusakan penglihatan akibat penggumpalan darah pada pembuluh retinanya.

    Brainport diciptakan dan dikembangkan oleh Wicab.Inc, yang berpusat di Wisconsin. Namun peralatan ini belum dijual secara komersial.

    University of Pittsburg Medical Center (UPMC) pun bertekad mewujudkan sumbangan Fox. Mereka ingin penemuan tersebut memberikan harapan bagi orang buta maupun yang mengalami kerusakan penglihatan.

    “Setiap langkah maju selalu ditunggu. Itulah yang lebih dari saya dapat saat ini,” komentar Jernigan setelah demonstrasi.

    Namun bagaimanapun prodk semacam ini masih harus dibayar sangat mahal, Produk ini akan tersedia di pasaran pada akhir 2009 dengan harga $10,000.
    [​IMG]

    [​IMG]
    =======================
    maaf klk repost...langsung del aja om mod....
    refrensi: koran jawa pos....
     
  2. Offline

    Mamba Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2009
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +25 / -0
    Jadi si alat ngasih respon k lidah y???
    Terus dari lidah si system syaraf mengantarkannya k otak???
    Wah keren jg alatna gan!!!
    :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.