1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Info Bolehkah Mesin Motor Dicuci Masih Keadaan Panas?

Discussion in 'Otomotif' started by bHell, Mar 26, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    bHell Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,246
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +42,927 / -0
    [​IMG]

    Ada yang bilang, motor habis kena hujan cepat (langsung) dicuci. Jika didiamkan berhari-hari bisa menimbulkan karat. Ada juga yang mewanti-wanti, seusai jalan dan mesin masih panas, jangan langsung diguyur air.

    Malah tukang ojek lebih parah. Begitu melihat ada genangan air, kontan berhenti dan motor disiram. Termasuk mesin sehingga mengeluarkan kepulan asap. Bahkan mesin sengaja dinyalakan sambil dimasukkan gigi persneling untuk membersihkan pelek.

    Terus terang, sampai sekarang belum ada jawaban yang pasti, boleh tidaknya mesin diguyur kala suhunya masih panas. Agar tidak penasaran, Galan Ridwan, mantan penasihat teknik tim Suzuki AHRS, menjelaskan kalau semua teknik cuci seperti di atas bisa dilakukan, mau mesin masih panas, mati, atau dihidupkan.

    Menurut Galan, boleh saja suhu dapur pacu masih panas diguyur air dan tak akan mengubah struktur material. Sebab, suhu pendingin—air yang disemprotkan—maupun pemanas (jika steam) masih di bawah batas ukuran. "Lain hal jika suhu air di bawah minus 0 derajat atau air panas di atas 100 derajat. Itu yang bisa bikin struktur material komponen mesin berubah sehingga kinerja mesin jadi tidak normal," papar alumnus IKIP Bandung, jurusan Teknik Mesin Otomotif.

    Ia mencontohkan bola-bola laher saat akan ditempatkan pada bantalan bearing. Jika disiram dengan air minus 10 derajat, komponen itu akan menciut dan dengan mudah masuk ke rumah bantalan.


    Jadi, mesin masih panas, dingin, atau masih hidup boleh diguyur. Kecuali mau membuka atau kencangkan baut, sebaiknya suhu mesin dalam kondisi normal.

    Lantas bagaimana jika badan sudah lelah habis menempuh perjalanan puluhan kilometer, sementara kondisi motor sudah kotor. Sebenarnya enggak perlu dicuci dan dilap semua. Ada beberapa bagian penting yang mesti bersih.

    - Bersihkan mika lampu depan dan belakang dan panel spidometer, terutama sisi-sisinya. Karena jika didiamkan mika akan berembun.

    - Perhatikan teleskopik shockbreaker depan. Kalau ada percikan lumpur, as suspensi harus dilap karena jika kotoran terus menempel akan cepat merusak sil shockbreaker.

    - Shockbreaker belakang juga harus dilap, terutama model lama. Atau as shock yang enggak ada penutupnya, kotoran bisa merusak sil.

    - Kolong sepatbor belakang harus disemprot dan bersih dari kotoran. Terutama untuk skubek, lengan ayun yang menyatu sama mesin disiram. Pengendapan kotoran dikhawatirkan mengganggu kerja lengan ayun dan bisa membuat karat.
    * (KR15)

    sip deh,, intiNy BOLEH :top:

    tp klo saran ane sih mending..
    lagi juga jangan takut mesin motor knapa2...
    material mesin motor gak selemah itu krna panas lalu disiram air jadi "meledak" gitu.. (ap yah bahasa tepatNy)
     
    Last edited: Mar 26, 2010
    • Thanks Thanks x 16
    • Like Like x 11
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Rincar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 14, 2008
    Messages:
    582
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +918 / -0
    info yang menarik bro..
    biasanya kalo motor abis kena hujan, saya cm lap aja bagian yg msh basah pake lap kering mcm kanebo.. lumayan bersih kok, jdnya ga terlalu dekil..
    klo bsknya msh kotor jg, baru dicuci pagi2 skali.. :p
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    bHell Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,246
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +42,927 / -0
    yup, klo emg ga diburu2 buat nyuci motor knp gak tunggu adem dulu aj, yaa gak :top:
     
  5. Offline

    choli Superstar Super Moderator

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    10,921
    Trophy Points:
    186
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,239 / -2
    Idealnya sih emang harus nunggu dolo ampe motronya agak adem dikit..
    Soalnya kalo masih panas diguyur ama aer, untuk janggka panjangnya ngga baik untuk kesehatan motor...

    Btw, pernyataan: "... suhu air panas diatas 100 derajat.." idelanya kan ngga mungkin..
    Soalnya suhu air maksimal tuh cuma ampe 100 derajat aja...
    Diatas itu udah pasti jadi uap air...
     
  6. Offline

    ueharakikumi Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    174
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +97 / -0
    info yg bagus. :)
    biasanya aku cuci motor keesokan harinya/paginya, klo langsung dicuci biasanya keluar asapnya, itu tandanya ada perubahan suhu yg drastis, nah lebih baik enggak langsung deh...
     
  7. Offline

    zakainiwak Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    1,291
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +25,726 / -0
    gw malah demen kalo lagi panas disirem...:hehe:
    asepnya ampe ngebul...:lol:
    seru aja...
    pernah sebulan gak dicuci padahal udah banyak lumpur...
    pas dicuci gak karat kok...
    cuma nyucinya rada lama....:haha:
    kotorannya banyak...:semangat:
     
  8. Offline

    v3rt3x Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    2,605
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,390 / -0
    owhhh gitu toh, jadi ga ngaruh :???: nice info gan :top:

    yg penting mah bersihin motor secara berkala yah :ngacir:
     
  9. Offline

    bloody_hound47 Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    194
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +3 / -0
    berarti klo abis ujan mesin keluar asep gitu normal yah..
     
  10. Offline

    shinobi32 Forza Inter! Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,344
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +70,807 / -10
    iya, gw pernah nonton nih tips di tv.
    lagian besi motor kan udah di atur buat memuai sampai dengan suhu tertentu.
    so, gak masalah mw nyuci panas2 ato egk.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  11. Offline

    plankton Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 1, 2008
    Messages:
    1,530
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +381,535 / -0
    nah,, masih ada pertanyaan nih,,,
    apakah cuci motor dengan steam,, merusak bodi / mesin yang disiram :???:
     
    • Like Like x 1
  12. Offline

    bHell Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,246
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +42,927 / -0
    nah klo yg ini sih tergantung kondisi airNy sendiri bro... :hehe:
    ap tempat steam trsebut kwalitas airny bagus (dgn catatan gak ad butiran2 pasir halus kecil,, yg ad di air tanah)
    n yg terpenting,, tenaga steamNy gak gitu kencang,, btw tuk yg ini sih udah ad settinganNy kok di alat steam, CMIIW
    yg terakhir, tuk bodi,, dilihat dari kwalitas cat itu sendiri :yareyare:
    --
    biasaNy sih (klo ane merhatiin di tempat steam) klo tuk bagian bodi gak pernah make tenaga yg besar (disemprot dngan kekuatan tinggi) tapi di siram pake settingan yg menyebar (ap y bahasany :swt:)
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 3
  13. Offline

    yniko Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    10,106
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +47,545 / -0
    :top: bgt ini info..... Soalnya aq ke mana" naik motor sich..... Dan biasanya kalo udah kotor walaupun panas aq langsung siram aj , sekalian biar cepet dingin...... :haha::haha:..... Baru tahu kalo dak boleh ternyata....
     
  14. Offline

    SanD5 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    1,938
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +11,674 / -0
    ternyata panas2 langsung d cuci gpp y :top:
    nice inpo
     
    • Like Like x 1
  15. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    aduh kalo udah musim ujan mah yang ada bikin males banget nyuci motor, makan tenaga
    hari ini cuci besok belepotan lagi
     
  16. Offline

    raedeni Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 12, 2009
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    wow
    nice info gan :top:
    baru tau gw
    selama ini bokap slalu bilang ga boleh
    dibuktiin dgn alesan klo disiram air aja lgs keluar asep
    wakakakaka
    skr bisa nyerang balik bokap buat nyuci lgs
    takut jd karat :gaswat:
     
  17. Offline

    Bak4man Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 10, 2008
    Messages:
    95
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    info yg menarik , apalagi skrg jkt lg musim ujan, dan capenya klo ane kluar pasti kena ujan melulu....

    tp setau ane klo cuci steam juga ga bagus buat motor yg beradiator kan?
     
  18. Offline

    bhaso Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 25, 2010
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +218 / -0
    Boz,,
    pengalaman gw y, klo panas2 d cuci,,
    blok mesin ma leher knalpot biasany cpet jd berubah warna
    (rada2 kuning biasany)..
    bete aja klo kejadianny kyk gtu,,
    mesti d poles make autosol biar kinclong lg,,,
     
  19. Offline

    TheSeventhBlue Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 22, 2010
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +59 / -0
    waduh... pantes dalam mesin motor gw pada berkarat XD wkwkwkwk terpaksa jual murah... ternyata gak boleh toh.......
     
  20. Offline

    juandiwebster Members

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    good lah poko na mah, hatur thank yu Info na nya...
     
  21. Offline

    ghostslayer Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 26, 2008
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +20 / -0
    Pengalaman ane, lama2 tu mesin jadi kasar suaranya.
    Mungkin karena panas + dingin, jadi kropos kali ya ?
     
    • Like Like x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.