1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Bingung pilih motor..?!

Discussion in 'Otomotif' started by Dickenz, Mar 11, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Dickenz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    625
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +2,745 / -0
    Seseorang selalu akan dihadapkan pada kebingungan saat akan membeli sebuah motor baru.
    Mulai dari merk,tipe,teknologi-nya sampai kepada kebingungan pemilihan warna/striping,irit tidaknya bensin,dan harga jualnya kembali.

    Kebingungan akan semakin mejadi ketika orang lain memberikan masukan-nasihat dan petuahnya,
    meskipun kadang mereka sendiri tidak tahu-menahu soal motor.
    Penonton selalu merasa jago daripada pemain..

    Hal tersebut wajar,agar tidak salah dalam memilih,tetapi banyaknya masukan juga akan membuat semakin pusing dalam menentukan pilihan. Lebih parahnya lagi kalau penentuan pemilihan motor itu di mintakan pendapatnya via milling list, bukannya jadi ajang untuk tukar pendapat-masukan tetapi malah menjadi ajang untuk saling menjelek-jelekan salah satu motor

    Bagaimana mungkin seseorang mengetahui plus minusnya sebuah motor padahal dia sendiri belum pernah punya/menggunakan motor itu? Masukan-nasihat yang dia berikan hanyalah sebatas baca dari media,& kata/pengalaman orang lain…
    Demikian hebatnya pabrikan pembuat motor itu mempromosikan keunggulan motor yang diproduksinya
    sampai-sampai usernya mau dengan lantang membelanya pada saat merk itu dijelekan?

    Padahal,hemat saya,tidak usah terlalu banyak pertimbangan,takutnya yang ada malah salah beli (beli hanya karena
    suara terbanyak) atau malah tidak jadi beli karena bingunganya. Namun perlu juga diingat bahwa jangan sampai membeli motor dengan tergesa-gesa,tidak sabar menunggu karena stock yang ada indent misalnya, yang akhirnya malah membeli motor merk lain daripada harus menunggu masa indent.

    Sesuaikan saja dengan keinginan dan kondisinya:
    - Budget yang tersedia
    - Tentukan dulu peruntukannya (harian, balapan, gengsi)
    - Tentukan merknya (Honda,Yamaha,Suzuki,Kawasaki,Etc)
    - Tentukan jenis motornya (bebek,matic,sport/touring)
    - Tentukan teknologinya (Karburator-Injeksi, pendingin radiator-udara)

    Sampai disini sebenarnya merk-tipe motor idaman sudah siap untuk ditentukan pilihanya.
    Selamat memilih dan membeli motor baru..



     
    • Thanks Thanks x 5
    • Like Like x 4
    Last edited: Jan 7, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Dickenz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    625
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +2,745 / -0
    Untuk Merawat

    Cek Kondisi Oli

    Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as atau stang klep. Jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara berkala dan gunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

    Cek Kondisi Aki

    Jangan biarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.

    Jangan biarkan baterai atau accu yang sudah mulai melemah, segeralah menggantinya, bukan hal baik jika anda tetap memaksa menggunakannya. Jika tetap dipaksakan kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih) yang akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.

    Jika memang motor anda mengalami hal tersebut, arus listrik yang dihantarkan baterai atau accu tidak sempurna akan menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan memaksa mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya sebab hanya akan merusak gigi transmisi.

    Periksa Rantai dan Gir

    Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?

    Periksa Kabel Koil dan Busi

    Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepat ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihat keretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

    Perhatikan Selang Bensin

    Selang bensin ke karburator juga merupakanm komponen yang layak diperhatikan. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis dan mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

    Panaskan Mesin paling lama 2 Menit

    Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu Anda pasti tak mau buang-buang bensin khan?.

    Periksa tekanan angin ban

    Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.

    Gunakan Selalu Sparepart Asli

    Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.

    So tidak sulit bukan, asal anda rajin merawat motor dengan benar pasti motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima

    Sumber : kapanlagi.com

    1. Servis Rutin

    Setiap 2 bulan atau 2000 kilometer (tergantung mana yang lebih dulu di capai), hal itu tentu sangat penting mengingat kita tidak memiliki peralatan yang secanggih bengkel favorit kita, disarankan ke bengkel Ahass, karena item pemeriksaan lebih detail bergaransi, klo soal harga nggak mahal koq, dari pada buka-buka sendiri di rumah dengan kunci-kunci yang kurang pas dengan baut/murnya, bisa-bisa malah ada yang aus/seleg, wah bisa berabe, ujung-ujungnya malah ngeluarin duit lebih banyak lagi buat betulinnya.

    2. Cuci motor anda!

    Cuci sendiri / steam juga boleh, lakukan dengan rutin, setiap motor kita kucel, berdebu, sebaiknya bikin motor tungganngan kita selalu bersih, karena motor yang jorok berbeda rasanya waktu dinaiki dengan motor yang keadaannya bersih, betul nggak?

    3. Periksa dan pastikan Oli tidak pernah telat ganti


    Masa ganti oli sama dengan waktu servis, 2000km/2bln, Oli adalah bagian dari mesin yang tidak bisa di hindarkan pemeriksaan rutinnya.


    4. Adakah rembesan-rembesan oli di bawah mesin anda!


    Periksa, karena kalo ditemukan oli anda akan berkurang, akibatnya kapasitas oli tidak sesuai dan mesin akan cepat panas serta beberapa komponen mesin akan cepat aus, selanjutnya hal-hal yang terjadi adalah ;


    Knalpot keluar asap putih
    Suara mesin kasar
    Tarikan motor berat
    Nggak enak dech pokonya….


    wuih… ngeri kan? kalo dah gitu kita jadi ngrogoh dompet dech dan habisnya ratusan ribu buat betulinnya!


    5. Rante jangan dibiarkan kering

    Kalo rante roda kering, cepet-cepet lumasin pake oli yang SAE-nya 80-90 kalo terlalu encer, maka akan cepet kering lagi, kalo sering kekeringan rante cepet melar, akibatnya sering kendor dan harus sering-sering disetel trus nggak lama minta ganti dech… tapi kalo rutin ngecek dan lumasin rante, dijamin awet!


    6. Panaskan mesin 2 - 3 menit saja


    Kebanyakan bikers penunggang honda kalo manasin mesin bisa sampe 10-15 menit, perlu diketahui bahwa itu adalah cara yang TIDAK TEPAT alias SALAH!, kenapa? sebab ada beberapa hal akibat dari cara yang salah itu antara lain;


    Mesin cepat panas - karena pada kondisi mesin diam, mesin tidak mendapatkan sirkulasi udara yang maksimal dan karena RPM mesin kecil sehingga sirkulasi pelumasan dari ruang mesin bawah ke blok mesin atas kurang maksimal, sehingga bagian mesin atas akan cepat mengalami overheating (kepanasan), berbeda pada saat kondisi jalan, ada udara yang secara paksa mengipasin mesin, jadi mesin mendapatkan sirkulasi udara secara maksimal serta RPM yang tinggi membuat mesin mendapatkan pelumasan yang lebih sempurna. Bensin boros - karena pada saat manasin mesin kondisinya berhenti maka campuran bahan bakar dan udara tidak seimbang, bensin lebih banyak masuk keruangan pembakaran sedangkan udara lebih sedikit, akibatnya campuran menjadi kaya sehingga apabila di cek businya akan
    kelihatan kehitam-hitaman, hal ini tandanya bahan bakar yang di konsumsi oleh mesin terlalu banyak alias boros.

    Jadi kalo manasin mesin motor honda anda sebelum ditunggangi paling lama 3 menit saja. di jamin mesin awet!
     
    • Thanks Thanks x 8
    • Like Like x 6
    Last edited: Jan 7, 2011
  4. shadowmoon Members

    Offline

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    wah keren infonya....
    gw juga beli motor ga ribet2, yg penting sesuai sama badan...
    biar ga kebanting...
    ehehe...
    mangkanya gw milih FU....
     
  5. icalbrown Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 3, 2009
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    saran gw sih,
    lebih baik loe test ride motor yg pengen loe beli (bisa pinjem ke temen),
    sesuai ngga dgn harapan atau keinginan loe,
    buka pikiran dgn tdk mengkotak-kotakan merk,
    cari sebanyak-banyaknya informasi barang yg pengen loe beli
    dan jangan beli tu barang jika elo ragu !

    -
     
  6. tyoshino Members

    Offline

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    tergantung pemakaian gan,klo untuk di jalanan kota yang macet mendung bebek/matic gan,kalo untuk touring baru yg agak moge...
     
  7. junk_master M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 9, 2009
    Messages:
    1,406
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +45,908 / -0
    Kalo ane dulu milihnya tu pengen ada 6 percepatan hwahahaha (aneh ya gan).
    Soalnya gw pecinta MOTOGP, pokoknya gw pengen punya motor ya paling tidak body nya mendekati lah gitu. nah MOTOGP kan ada 6 percepatan tu, makanya gw milih motor yang ada 6 Percepatan.
     
  8. namsadin Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 23, 2009
    Messages:
    4,209
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +86,960 / -0
    tambahan saja, ketersediaan sparepart dari Jenis Motornya perlu diperhitungkan terutama untuk biker daerah.
     
  9. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,877
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,105 / -2
    jakarta paling enak naek bebek

    kalo mau keluar kota atau touring misal ke anyer atau keliling se-jawa, enakan moge kayak tiger atau scorpio apalagi lewat jalanan yg pada belobang, getarnya ga kerasa, ga kayak bebek, masuk 2-3 lobang pecah ban sekali
     
  10. daritadi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 31, 2009
    Messages:
    135
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,160 / -0
    liat2 daerah jugaa...

    kalo macet : jangan yang boros, cepet2 juga ngapain toh macet juga. mending yang irit n power gede
    kalo gk macet : terserah dah mau kebut2n CC gede juga... tetep safety riding aj

    kalo suka touring ke daerah2 yang kurang bersahabat medan tempurnya : pilih yang CC gede terus jangan injeksi...nti kalo ad masalah di daerah susah cari bengkel yang ngertos sama teknologi injeksi...
     
  11. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,327
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,899 / -10
    oli itu harus diganti tiap 2000 km ato gimana sih..?
     
  12. danki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    796
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +601 / -0
    tergantung pemakaian nya bro
    malah katanya ada yg bisa pake sampe 10000
    ada yg sebulan kurang udah harus ganti
    kan masing" oli ada batas kekentalan nya dan ada yg agak cair

    masing" punya kelebihan kok
    rumit kalo bahas soal oli
     
  13. Dickenz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    625
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +2,745 / -0
    Untuk penggantian oli pertama klo uda 1000 km...
    untuk selanjutnya 2000, 4000, 6000, 8000 dll....

    Klo motor lo mau sehat...
     
  14. JojonAnakHaram M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    890
    Trophy Points:
    111
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,319 / -0
    wah makasi bgt neh info nya.... ane baru beli mtr beberapa bln ini... n ini bs ngebantu ane buat ngerawat mtr ane...

    :top: :top:
     
  15. hawkmoon M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    292
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +32,550 / -0
    Memangnya ciri2 oli yg udah harus diganti apa ya?? Saia biasanya ganti oli dua bulan sekali, itu bagus ga??
     
  16. indahfida M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    967
    Trophy Points:
    126
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,715 / -0
    wuuuiiiihh... Nice post bro... Muantaabb...
     
  17. Dickenz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    625
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +2,745 / -0
    Klo 2 bulan sekali sih menurut gw bagus banget bwt motor ato mobil...

    Selengkapnya bisa dibaca dibawah
    1. kalau untuk sepeda motor menurut buku panduan pemilik spd motor penggantian olie mesin setiap 2000km. itu untuk pemakaian normal untuk dalam kota saja dengan menggunakan oli mineral/oli bawaan dealer. dan ini untuk olie mesin motor 4 tak. untuk olie mesin 2 tak bisa lebih panjang lagi jarak tempuhnya hingga 4000km. ini disebabkan oli mesin 2 tak hanya melumasi gigi persneling dan kampas kopling saja tanpa meredam panas mesin akibat kompresi.
    2. Sedangkan untuk pemakaian diatas normal, jarak tempuh yang panjang, penggantian bisa lebih maju di kisaran 1000-1500km karena ini untuk menjaga viskositas oli dalam melindungi metal yang dilumasi di dalam mesin serta membuat temperatur mesin ideal.
    3. untuk motor 4 tak yang menggunakan olie sintetik ataupun semi sintetik penggantian dapat dilakukan hingg 4000-5000km dengan pemakaian normal, namun untuk pemakain diatas normal dan jarak tempuh jauh, mobilitas tinggi bisa lebih maju 2500-3500km.
    4. sedangkan untuk mobil hampir sama dengan motor yang membedakan oli mobil lebih kental karena sistem koplingnya tidak terendam seperti motor. yang perlu diperhatikan bahwa perbedaan pemakaian oli mineral lebih pendek penggantiannya dari pada oli sintetis, kemudian jarak tempuh, mobilitas,beban dan perawatan sangat berpngeruh terhadap mutu oli yang digunakan. dengan kata lain bila perawatan baik maka mutu olipun juga baik, serta penggantianpun bisa lebih lama sesuai dengan kondisi kendaraan, aku kira itu masukan dari aku...trimakasih...
     
  18. olesigoblog Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 16, 2010
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    nice info :niceinfo:

    jangan lupa pada pake chopper.. rasanya beda banget loh sama motor lain.. :cihuy:
    biarpun gak terlalu nyaman yang penting keren :piss:

    [​IMG]

    [​IMG]

    :idws: :hahai:
     
  19. passat M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    2,474
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +227 / -0
    koq jadi mbahas oli :swt:

    back to topic...
    keterangan tabu buat tips beli motor :
    - beli motor yang harga jualnya tinggi (kenyataanya itu tergantung dari kondisi motor dan km, kalo lw berniat jadi makelar motor mungkin bisa jadi pertimbangan tips ini)

    so mending beli motor disesuaikan keinginan dan pastinya udah pernah test drive buat tahu motor itu gimana ntar kalo dikendarai.. dan jangan terbawa omongan-omongan orang dan sales coz semua motor itu beda keadaannya waktu pembelian dan pemakaian. :top:
     
  20. tawieshame Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +47 / -0
    motor hemat tapi ga murahan...
    minerva :fufufu:
     
  21. dhie M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    332
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +187 / -0
    wah..makasih gan... kebetulan ane mau beli motor baru....

    Nice inpo brader :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.