1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Biji Anggur jangan dibuang

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by vincentrevival, Jul 18, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    New York, Saat makan anggur atau mengonsumsinya dalam bentuk jus, bijinya hampir selalu dibuang. Mulai sekarang tak ada salahnya biji-biji sebesar butiran nasi itu dikumpulkan, karena ekstraknya bisa mengembalikan daya ingat pada penderita pikun.

    Grape Seed Polyphenolic Extract (GSPE) atau ekstrak polifenol biji anggur merupakan senyawa yang sangat bermanfaat untuk mengembalikan daya ingat pada orang lanjut usia. Bukan itu saja, GSPE juga mampu memperbaiki kemampuan kognitif dan berlogika.

    Beberapa penelitian terdahulu mengungkap, Alzheimer yang merupakan salah satu penyebab pikun terjadi karena otak kelebihan senyawa oligomer yang dinamakan protein A-beta. Keberadaan senyawa ini menurunkan fungsi otak, khususnya dalam kaitannya dengan daya ingat.

    Buah anggur memiliki senyawa penangkalnya, yakni polifenol yang selama ini diketahui terkandung dalam daging buahnya. Karena itu, minum jus anggur atau sari anggur hasil fermentasi diklaim bisa mengatasi Alzheimer maupun kepikunan secara umum.

    Kini sebuah penelitian di Mount Sinai Medical School mengungkap, kandungan senyawa anti-pikun itu tidak hanya terdapat pada daging buahnya tetapi juga pada biji anggur. Ekstrak biji anggur yang disebut GSPE terbukti memberikan efek yang sama dengan sari buahnya.

    "Temuan ini sangat menjanjikan untuk dipakai sebagai langkah preventif atau pencegahan dan sudah dites pada beberapa pasien Alzheimer," ungkap Dr Giulio M Pasinetti yang memimpin penelitian tersebut seperti dikutip dari Medicalnewstoday, Minggu (17/7/2011).

    Alzheimer merupakan salah satu penyebab pikun pada lansia, yang terjadi akibat fungsi otak yang makin menurun. Ciri paling umum pada gangguan ini adalah mudah lupa, lalu lama-kelamaan pasien juga kehilangan fungsi otak yang lain seperti kemampuan kognitif.

    sumber : http://www.detikhealth.com/read/201...gan-dibuang-karena-bisa-atasi-pikun?881104755
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Masterpiece31 Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 9, 2011
    Messages:
    139
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +181 / -0
    Trus biji anggurnya di apain gan???
    apa di telan gtu...?:haha:
     
  4. Offline

    myhimesakura Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 27, 2010
    Messages:
    1,196
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +251 / -0
    wow tpi kok gak di jelasin gmana cara ngonsumsi biji anggurnya. masa ikutan di juice???
     
  5. Offline

    dyah113a04 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 24, 2010
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    ane bkan lansia tpi kdang2 susah bgt inget2 sesuatu..., menkonsumsi biji & buah anggur ngefek jga ga yaa ke usia ane hehe
     
  6. Offline

    gegege Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    729
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +419 / -0
    iya biji anggurnya diapain nih? dibikin kopi? :bloon:
     
  7. Offline

    ZuaX Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 24, 2010
    Messages:
    746
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +209 / -0
    ehm..... :rokok:

    jadi diekstrak yah bro.....
    tapi kalo aku pas bikin jus yo samo bijine sekalian kok........ :hehe:

    thanks....
     
  8. Offline

    adi_bayumi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,756
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,553 / -0
    kan di ekstrak bro...
    di ekstrak itu di ambil sarinya aja, terserah apakah ditumbuk terus di campur ke minuman atau makanan yang di olah..
    mungkin seperti itu kalo menurut ane, CMIIW
     
    • Thanks Thanks x 1
  9. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    biasanya ekstraksi kan dibuat pake air mendidih atau air panas, lalu sarinya diendapkan lagi.
    CMIIW, yang teknik kimia mungkin lebih paham.
     
    • Thanks Thanks x 1
  10. Offline

    hodzill Beginner Members

    Joined:
    Jul 14, 2011
    Messages:
    239
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    itu mencegah pikun atau bisa menguatkan kembali ingatan??

    mamanya nenek gw pikun neh...

    abis ketemu, sebulan depan aja uda lupa lagi sama gw

    bisa fungsi ga yah??
     
  11. Offline

    3Volution Beginner Members

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    449
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +1,039 / -0
    Biji Anggur Baik untuk Cegah Stroke

    Rasa anggur yang menyegarkan, membuatnya banyak diminati. Nyatanya buah itu juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, lemah jantung dan masalah kulit.

    Pada tahun 1870, Dr. John Harvey Kellog, memberikan resep anggur untuk berbagai penyakit. Untuk kesembuhan, dia hanya memberikan resep makan buah anggur dengan takaran tertentu.

    Menurut The George Mateljan Foundation, anggur memiliki nilai gizi yang sangat luar biasa. Tiap 100 gram anggur paling tidak 25 komponen gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

    Kandungan mineral dalam anggur yang memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh antara lain mangan. Zat itu sangat diperlukan tubuh dalam sintesis energi sehingga dapat membantu menjaga kestabilan gula dalam darah. Mangan juga diperlukan tubuh untuk metabolisme lemak dan pembentukan jaringan ikat dan tulang.

    Anggur disebut mengandung karotenoid dan likopen yang tinggi. Kedua zat kimia tersebut dikenal luas akan kemampuannya menghambat berbagai penyakit tubuh. Kandungan antioksidan dalam anggur tersebut sudah diyakini kalangan luas sebagai pelindung sel dari radikal bebas penyebab penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, kanker, dan beberapa penyakit akibat penuaan.

    Kandungan vitamin C, B6, K dan B1 dalam anggur juga tinggi dengan khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Vitamin C buah anggur dapat meningkatkan imunitas dan penyembuhan luka. Kandungan B6 pada anggur juga sangat penting untuk otak agar dapat berfungsi normal.

    Kulit anggur juga memiliki kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin, dan antosianin.

    Resveratrol ditemukan pada sebagian besar kulit buah anggur. Penelitian beberapa tahun terakhir menyimpulkan, resveratrol kemungkinan dapat membantu awet muda dan mencegah kanker.

    Khasiat lain yang dimiliki anggur adalah untuk mengatasi kelelahan dan hipoglikemi karena kandungan gula alaminya yang sangat tinggi, terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa. Jus anggur dipercaya dapat mencegah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit infeksi virus seperti influenza, polio dan herpes.

    Selain itu, biji anggur juga diyakini mengandung mineral, seng dan mangan yang bermanfaat bagi tubuh. Kini mengonsumsi anggur, tak perlu lagi membuang kulit dan bijinya untuk memperoleh manfaat maksimal.

    Biji Anggur Baik untuk Cegah Stroke

    Biji anggur baik untuk mencegah stroke karena mengandung endungeoned pycnogenol, zat penguat kologen yang bisa melenturkan pembuluh darah (anti aging), kata ahli kesehatan gizi masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Ali Khomsan, di Jakarta, Rabu.

    Menurut Ali, bertambah tua usia manusia, pembuluh darahnya akan semakin rapuh dan rentan terjadi penyumbatan yang menyebabkan stroke maupun penyakit jantung koroner.

    Pycnogenol berfungsi untuk melenturkan pembuluh darah yang rentan terjadi pembekuan.

    Hasil penelitian Ali, zat pycnogenol tersebut banyak terdapat pada biji anggur, baik anggur lokal maupun impor dari beberapa negara lain.

    "Yang terjadi selama ini, masyarakat kalau makan buah anggur justru dibuang bijinya, padahal manfaatnya luar biasa bagi kesehatan," kata dia.

    Biji anggur juga bersifat lebih lunak dibanding biji lombok, sehingga tidak akan membahayakan kesehatan usus seperti usus buntu dan lainnya.

    "Satu-satunya biji yang bisa membuat usus buntu hanyalah biji lombok karena sifatnya keras dan tidak bisa dicerna oleh tubuh," kata dia.

    Sementara itu, kulit anggur juga sangat kaya akan flavonoid yaitu zat yang mampu menghalau radikal bebas, karena kulit anggur mengandung zat oksidan lebih tinggi dibanding dengan vitamin C.

    Dengan demikian kulit anggur sangat bagus untuk mencegah proses penuaan pada kulit, akan membuat orang yang mengonsumsinya tampak lebih segar.

    Tingginya kandungan oksidan pada kulit anggur ini, kata Ali, membuat buah anggur juga sangat baik dikonsumi oleh perokok maupun orang yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara cukup tinggi, seperti di Jakarta.

    Sedangkan buahnya kaya akan kalium yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. "Buah anggur itu seperti halnya buah kelapa, seluruh bagiannya memiliki manfaat bagi manusia," kata dia.

    Buah anggur, kata dia, bagus dikonsumsi setiap hari dua porsi, satu porsi antara 6-8 biji. Namun demikian, tidak masalah bila harus diselingi dengan berbagai macam buah lainnya.

    "Indonesia sangat kaya dengan buah-buahan, sehingga mengonsumsi berbagai jenis buah secara bergantian juga cukup bagus bagi kesehatan," kata dia.

    Menghindari masih adanya zat kimia yang melekat dalam buah anggur, kata dia, sebaiknya sebelum dimakan buah tersebut dicuci secara bersih terlebih dulu.

    "Tidak jarang orang mengonsumsi anggur dikupas kulitnya dan dibuang bijinya. Sebaiknya seluruh bagian buah yang harganya cukup mahal tersebut dimakan," kata dia.


    Biji Anggur Baik untuk Cegah Stroke
     
    Last edited by a moderator: Jul 28, 2011
  12. Offline

    Superlivy29 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +12,683 / -0
    Kalau biji"nya dikumpulin dulu sampe agak banyak baru diekstrak (misal dikeringin, ditumbuk, direbus, disaring) boleh nggak ya?
     
  13. Offline

    4sEgAf Beginner Members

    Joined:
    Jul 20, 2011
    Messages:
    299
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +60 / -0
    klw mau diekstrak ngumpulin berapa banyak.
    pasti lama buat ngumpulin'y:???:
     
  14. Offline

    RainDog Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    2,315
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +2,595 / -0
    yup.. biji anggurkan kecil2..
    untuk dapat segelas hasil ekstrak perlu berapa kilo anggur ni...:hahai:
     
  15. Offline

    RFShipper Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 11, 2011
    Messages:
    158
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +36 / -0
    KAyaknya biji anggur klo dimakan gak apa2 ya?
    G sring gitu kok.
    Ataukah ada efek ngatifnya?
     
  16. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    setau gw gapapa sich kalo ketelan biji anggur.

    secara gw juga sering :lol:
    dan gak terjadi apa2 sich sejauh ini :hehe:
     
  17. Offline

    styrgwyr Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 4, 2010
    Messages:
    556
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +66 / -0
    Padahal kalo gw maem anggur sering banget dibuang tu bijinya soalnya pait,,
    kadang gk enak kalo ke gigit bareng ama buahnya
    gak nyangka ad manfaatnya jga
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. Khasiat biji anggur ditumbuk direbus

    ,
  2. membuat jus anggur apa bijinya dibuang

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.