1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Edu-Flash Berlatih Menjadi Jenius

Discussion in 'School and Campus Zone' started by Hyperangel, Mar 26, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Hyperangel Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    652
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,619 / -0
    Kemampuan matematika, musik atau cara berbicara dianggap sebagai bakat bawaan atau biologis dalam gen manusia. Tapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena bakat bisa diperoleh dengan latihan.

    David Shenk, seorang penulis Amerika di bidang genetika, meminta orang untuk berpikir lagi jika mengatakan bakat atau kejeniusan seseorang berasal sepenuhnya dari gen alias keturunan.

    Menurutnya, kecenderungan untuk mengatakan kemampuan tersebut adalah genetik (predisposisi) telah sangat dilebih-lebihkan. Pandangan ini menyebabkan terabaikannya potensi yang dimiliki dalam diri seseorang.

    "Ada kesalahpahaman yang mendalam tentang sebuah prestasi besar. Gen tidak membatasi kita untuk biasa-biasa saja atau lebih buruk dari itu," kata David Shenk, seperti dilansir dari Timesonline, Kamis (25/3/2010).

    Dalam buku barunya The Genius in All of Us, yang menggambarkan perbandingan dengan karya sosiolog pop Kanada Malcolm Gladwell, Shenk menggambarkan bahwa DNA manusia terbuka untuk terus-menerus dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal.

    Alam dan pemeliharaannya secara konstan berinteraksi, sama halnya dengan gen yang dapat diaktifkan atau dinon-aktifkan atau diungkapkan ke derajat yang berbeda-beda, tergantung pada lingkungannya.

    Bidang epigenetika semakin menunjukkan bahwa pengalaman lingkungan selama hidup meninggalkan jejak pada gen, yang diwariskan kepada anak-anak. Shenk berpandangan pengaruh lingkungan dapat melebihi apa yang mungkin dianggap sebagai keterbatasan manusia.

    Sebagai contoh kemampuan bermusik. Banyak pemusik yang mengatakan bahwa dia terlahir tanpa bakat musik atau ada yang mangatakan dia terlahir untuk bermusik. Faktanya adalah tidak ada seseorang yang terlahir dengan bakat bawaan. Setiap orang terlahir dengan potensi nada bermusik.

    Hal ini bisa dilihat dalam jumlah keseluruhan kasus (prevalensi) yang jauh lebih tinggi seperti China negara yang berbahasa dengan nada yang sempurna. Orang China berkomunikasi sehari-hari dengan nada yang sempurna, sehingga menjadi lebih baik dalam hal itu.

    Memiliki keunggulan genetik dalam bidang olahraga tertentu juga dipertanyakan. Keberhasilan pelari maraton Kenya misalnya bukan berasal dari gen melainkan budaya yang telah mendarah daging. Banyak anak-anak Kenya berlari 8 hingga 10 km per hari sejak usia 7 tahun.

    Bahkan ciri-ciri kepribadian seperti keuletan atau ketekunan untuk mempengaruhi keberhasilan dalam setiap bidang kehidupan dapat dilatih.

    Persepsi pembatasan diri adalah salah satu hambatan terbesar untuk prestasi besar atau jenius. Dalam sebuah percobaan, anak-anak diberi diberi pilihan untuk menerima satu marshmallow dengan segera atau menunggu 15 menit untuk mendapatkan dua buah marshmallow.

    Sepertiga dari anak-anak segera memilih satu marshmallow (manisan), sepertiga lainnya menunggu beberapa menit, tetapi menyerah karena tergoda, sedangkan sepertiga terakhir sabar menunggu untuk menerima dua marshmallow.

    Pesan yang diperoleh dari hal ini adalah anak yang secara alami lebih disiplin dan ditakdirkan untuk berbuat lebih baik. Penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa anak-anak dapat diajarkan manfaat menunda kepuasan. Shenk mengatakan bahwa semua orang tua bisa belajar dari ini.

    "Ada logika melingkar tentang bakat. Ketika Anda melihat seseorang yang hebat, misalnya David Beckham sebagai pemain sepak bola, mereka begitu jauh dari apa yang Anda mampu, kemudian Anda akan berasumsi bahwa Anda tidak bisa sampai di sana," kata Shenk.

    Shenk mengakui bahwa judul bukunya dimaksudkan untuk menjadi provokatif, tetapi ia mengatakan, "Saya tidak mengatakan bahwa siapa pun bisa apa saja, tapi tidak ada yang dapat menjadi besar dalam segala hal kecuali jika mereka memiliki keyakinan mendasar tentang kemungkinan".

    Bagaimana mengubah anak menjadi jenius?

    1. Percaya
    Mulailah dengan sebuah keyakinan yang sederhana bahwa setiap anak memiliki potensi besar dan terserah kepada orang tua untuk mengumpulkan sumber daya tersebut untuk dieksploitasi.

    2. Model pengendalian diri
    Berperilakulah sebagai contoh agar anak juga berperilaku seperti yang kita inginkan. Tidak membeli, makan atau mengambil apapun yang kita inginkan, kapanpun kita inginkan. Semakin kita menunjukkan pengendalian diri, semakin anak akan menyerap.

    3. Berlatih
    Jangan segera menanggapi setiap permohonan anak. Biarkan anak belajar berurusan dengan frustasi dan keinginan. Biarkan mereka belajar bagaimana menenangkan diri dan menemukan bahwa segalanya akan baik-baik jika mereka menunggu apa yang mereka inginkan.

    Bagaimana mengubah diri menjadi jenius?

    1. Mengidentifikasi keterbatasan dan kemudian mengabaikannya
    Jarak antara kemampuan yang dimiliki dan kemampuan yang diinginkan begitu besar sehingga tujuan yang muncul tidak tercapai. Kebesaran tidak hanya satu langkah yang biasa-biasa saja, melainkan melampaui yang biasa-biasa saja dengan satu langkah.

    2. Menunda kepuasan
    Dalam budaya konsumen, kita senantiasa dikondisikan untuk memenuhi keinginan dengan segera. Prestasi besar melampau keinginan itu.

    3. Punya sosok pahlawan
    Pahlawan menginspirasi, bukan hanya karena karya besarnya tetapi awal sederhana yang mereka miliki. Einstein pernah bekerja sebagai petugas memberi hak paten atau Thomas Edison dikeluarkan dari sekolah di kelas pertama, pada usia 6 atau 7 tahun karena guru menganggapnya terbelakang.


    sumber
     
    • Thanks Thanks x 18
    • Like Like x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    Haecked Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,606
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,599 / -0
    Beberapa orang jenius di dunia bahkan pada masa kecilnya justru belum terlihat sisi kejeniusannya (malah dianggap sebagai orang bodoh) seperti Albert Einsten, Thomas Alva Edison, dll

    Belajarlah dari orang-orang jenius..... :belajar: :lulus: :top:
     
  4. Offline

    deleter Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    743
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +129 / -0
    Jenius itu relatif....bukan dilihat hanya dari IQ.....
    Kalaupun IQ anda jeblok bukan berarti anda tidak bisa jadi seperti Einstein ataupun Thomas Alva Edison.....
    Yang paling penting adalah motivasi yang kuat......
     
  5. Offline

    toimtoim Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    6,487
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +40,869 / -0
    yang paling susah adalah yg nomor 2, yaitu menunda kepuasan
    kalo udah puas, ya udah kita stagnan bgt aja, gak berkembang lg
     
    • Like Like x 2
  6. Offline

    serevant Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 16, 2009
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    Jenius itu 1% bakat dan 99% kerja keras. Kurasa definisi jenius itu lebih tepatnya adalah kemampuan untuk memecahkan persoalan dalam suatu lingkup tertentu. Sehingga ada yang dibilang jenius matematika. jenius bahasa, jenius musik dan jenius-jenius lainnya.
     
    • Thanks Thanks x 1
  7. Offline

    shadiixx Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    630
    Trophy Points:
    121
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,273 / -1
    Terus apakah mimpi bisa dijadikan patokan untuk seseorang termotivasi menjadi jenius?
    Jikalau kita punya pahlawan inspirasi berarti kita punya mimpi ingin menjadi seperti mereka.
    Menurut ane sih gitu masbro.
     
  8. Offline

    consciousness Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    984
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,630 / -0
    bner bgt ni..
    ga selamanya org jenius tu berasal dari keturunan..
    buktinya juga bnyk kasus org tua yg pintar dn cerdas, tp anaknya bisa d bilang biasa aja malah ga kadang ga bisa apa2..
    :peace:
     
  9. Offline

    Futsuii Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 22, 2009
    Messages:
    3,121
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,206 / -0
    orang tuanya jenius, belum tentu anaknya jenius ...

    jadi kita mikirnya simple aja nih :???:
     
  10. Offline

    waqly Beginner Members

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    248
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +4,940 / -0
    buat ane yg susah tuh kerja keras, soalnya ane males bgt orang nya:haha:
     
  11. Offline

    uknowneena Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 12, 2010
    Messages:
    160
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +681 / -0
    jadi pengan bli bukunya,,
    ada gak ya di toko buku???
     
  12. Offline

    leedantae Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 18, 2010
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +10 / -0
    yang susah itu nomor 2..
    kadang kita maunya segala apa yang kita mau tuh buru-buru terpenuhi :swt:
    gue juga gitu kadang2, ada ga ya cara yang efektif buat menunda kepuasan?
     
  13. Offline

    arrisha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 6, 2010
    Messages:
    1,007
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +836 / -0
    ada yg dah mendapatkan hasil :hehe:
     
  14. Offline

    verth Beginner Members

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +466 / -0
    gw gak gampang puas tuh.. tapi tetep aja gak sukses.. huhuhu.. kerja kerasnya kurang nie..
    :sebel:
     
  15. Offline

    Fallen_Angelz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    974
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +59 / -0
    kita tuh harus berlatih trus bro...
    kaya ane, yg tadiny g puny bakat maen gitar (dan merasa gitar itu sgt susah dipelajari)
    jadi bisa n cukup handal (walopun masih amatiran) akibat bnyk latihan serta ykin...
     
  16. Offline

    RedCrozKnight Beginner Members

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    444
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +32 / -0
    wah siip nih...kq jadi kyk enterprenursip y?
     
  17. Offline

    EthanEthan Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 10, 2010
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    bener banget gan

    berlatih terus.SEMANGAT !!!
     
  18. Offline

    foerkoeq Beginner Members

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    426
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,188 / -0
    apa bener tuh kayak gitu....!! tapi ada benernya juga....
    mau jenius... ya harus ada motivasi , usaha n do'a..
     
  19. Offline

    airgun7 Beginner Members

    Joined:
    Mar 17, 2010
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +0 / -0
    iye bener, yang penting harus ada kemauan untuk belajar
     
  20. Offline

    you_are_maho Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2010
    Messages:
    1,103
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,179 / -0
    jenius nggak akan bisa ada kalo ada kerja keras dan ketelatenan
    percuma kalo jenius tapi nggak mau kerja keras dan telaten...
    jenius itu kalo kata ane relatif..:hehe:
    btw :niceinfo:
     
  21. Offline

    Armandotop122 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    443
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +306 / -0
    wah ane termotivasi untuk maju neh
    wkwkwk
    nice share gan!
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.