1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Learning Berkenalan dengan Aksara Jepang..

Discussion in 'School and Campus Zone' started by Aniki, Nov 28, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Aniki Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    Tahukah Anda..
    Di zaman pra-sejarah bahasa Jepang belum memilkki huruf seperti yang dikenal sekarang?
    Bahasa yang populer karena karakter hurufnya yang rumit dan sulit dipahami ini ternyata berasal dari Cina pada zaman Dinasti Han.
    Aksara utama yang digunakan dalam bahasa Jepang meliputi huruf Kana, Roomaji dan Kanji.


    1. Huruf Kana

    Huruf Kana terdiri dari Hiragana dan Katakana. Kedua-duanya termasuk onsetsu moji, yaitu huruf yang terdiri dari satu suku kata atau silabel yang tidak memiliki arti tertentu. Walaupun demikian, karena kata-kata dalam bahasa Jepang hanya terdiri dari satu suku kata maka kata-kata itu dapat dilambangkan hanya dengan sebuah huruf Kana. Tetapi ada juga benda yang hanya terdiri dari satu suku kata, seperti e=gambar atau ta=sawah.

    Oleh karena itu, tidak semua huruf Kana seluruhnya hanya merupakan sebuah suku kata yang tidak memiliki arti. Karena jumlah kata yang dapat ditulis dengan satu huruf Kana sangat terbatas, maka timbul pengertian bahwa masing-masing huruf Kana tidak memiliki arti tertentu.




    · Huruf Hiragana

    Huruf Hiragana terbentuk dari garis-garis dan coretan-coretan yang melengkung (kyokusenteki). Huruf Hiragana yang digunakan sekarang adalah bentuk huruf yang dipilih dari soogana yang ditetapkan berdasarkan Petunjuk Departemen Pendidikan Jepang tahun 1900.


    Sampai sekarang belum ada pendapat yang pasti mengenai pencipta huruf Hiragana. Hal ini dijelaskan oleh Sada Chiaki dalam bukunya Atarashii Kokugogaku bahwa ada pendapat yang menjelaskan pembuat huruf Hiragana adalah Kooboo Daishi. Ntetapi pendapat ini tidak beralasan karena huruf Hiragana tidak dapta dibuat oleh satu orang dalam satu kurun tertentu.


    Hiragana digunakan untuk menulis kata-kata bahasa Jepang asli atau menggantikan tulisan Kanji, menulis partikel dan kata bantu kata kerja.

    [​IMG]



    · Huruf Katakana

    Huruf Katakana terbentuk dari garis-garis atau coretan-coretan yang lurus (chokusenteki). Huruf Katakana digunakan untuk menulis kata-kata serapan dalam bahasa Jepang, negara asing, nama binatang, nama orang asing, nama tumbuhan dan kota-kota luar negeri.


    Pemakaian huruf Katakana dapat juga ditemukan pada bahasa-bahasa telegram. Dalam ilmu fonologi, Katakana biasa digunakan untuk penulisan lambang bunyi atau pengucapan. Katakana digunakan untuk menulis bahasa rahasia (ingo) dan bahasa slang (zokugo).


    Selain itu, huruf Katakana sering digunakan pada surat-surat atau buku-buku yang berhubungan dengan perusahaan/perkantoran. Dengan demikian, Katakana juga bisa digunakan untuk menuliskan kata-kata yang sebenarnya bisa dituliskan dengan Hiragana atau Kanji.

    [​IMG]



    2. Huruf Roomaji

    Huruf Roomaji/latin termasuk huruf yang melambangkan bunyi, tidak melambangkan arti seperti huruf-huruf Kanji (hyoo-on moji). Perbedaannya, huruf Hiragana dan Katakana termasuk onsetsu moji, yaitu huruf yang melambangkan satuan bunyi, sedangkan huruf Roomaji disebut tan-on moji, yaitu huruf yang melambangkan sebuah fonem.


    Pada akhir zaman Muromachi, huruf Roomaji digunakan untuk menuliskan lafal atau hatsuon bahasa Jepang berdasarkan cara pemakaian Roomaji bahasa Portugis. Setelah memasuki zaman Meiji, dipakailah sistem Hepburn, hebon shiki/hyoojunshiki, yaitu sistem penulisan Roomaji berdasarkan cara pemakaian Inggris.


    Pada tahun 1886, muncul sistem baru, yaitu Sistem Jepang (nihon shiki). Selanjutnya pada tahun 1937 muncul sistem kunreishiki yang digunakan untuk membandingkan kedua sistem sebelumnya.


    Saat ini, digunakan sistem Hepburn untuk pengajaran bahasa Jepang secara umum. Hal ini juga digunakan di Indonesia dalam pengajaran bahasa Jepang. Namun sebenarnya tidak begitu banyak perbedaan di antara ketiga sistem ejaan tersebut.




    2. Huruf Kanji

    Huruf Kanji digunakan untuk menulis kata-kata dari bahasa Cina atau Jepang yang dapat ditulis dengan huruf Kanji. Penulisan huruf Kanji cukup menyulitkan bagi siswa dan mahasiswa yang belajar bahasa Jepang, terutama bagi mereka yang tidak mengetahui latar belakang budaya Kanji.



    Bersamaan dengan masuknya seni budaya serta agama Budha dari Cina, serta merta Kanji pun masuk secara brgelombang dalam periode 2 dinasti, yaitu Dinasti Sui dan Dinasti Tang. Kanji menjadi amat luas pemakaiannya, amat luas daerah penyebarannya, beragam penuturnya, serta berjalan dalam rentangan waktu yang cukup panjang, sehingga mau tidak mau tunduk pada hukum perubahan. Faktor bahasa Jepang serta masyarakatnya sendiri turut berperan dalam perubahan terhadap Kanji sendiri. Kanji sekurang-kurangnya memiliki tiga ragam cara pengucapan, yaitu Kan-on yang digunakan pada zaman Nara abad VII. Go-on, yaitu cara baca yang berasal dari daerah Goetsu, suatu daerah di daratan Cina zaman dahulu. Dan To-on, yang masuk ke Jepang dibawa pedagang Cina pada zaman Kamakura dan Muromachi antara pertengahan abad XII hingga pertengahan abad XVI. Setiba di Jepang menjadi tak terelakkan terhadap perubahan silabel yang ada pada bahasa Jepang. Sehingga tek mengherankan kalau ada perbedaan pelafalan dengan bahasa Jepang sendiri. Misalnya kata Shaolin dalam bahasa Cina dibaca Shorin dalam bahasa Jepang. Tien An Mien menjadi Ten An Mon.



    Kanji disebut Ideographic atau hyooi moji. Setiap Kanji memiliki makna, karena Kanji dibuat sebagai ungkapan ide simbolis terhadap kata yang dimaksud. Oleh karena itu, omonen yang terdapat dalam Kanji bisa kita bagi ke dalam tiga bagian. Bentuk, bunyi dan arti/makna.


    Agar mudah, huruf Kanji dibagi menurut cara penulisan dan cara bacanya. On-yomi untuk cara membaca Kanji menurut bahasa Cina dan Kun-yomi untuk cara membaca Kanji menurut bahasa Jepang. Cara penulisan huruf Kanji dalam on-yomi ditulis dengan Hiragana, sedangkan kun-yomi ditulis dengan Hiragana. Jumlah on-yomi dan kun-yomi yang ada pada sebuah Kanji sangat bervariasi.


    Dalam kamus terbesar yang perenah disusun di Jepang, Kanwa Jiten, terdapat kira-kira 50.000 huruf Kanji. Namun, ada beberapa Kanji yang tidak terdapat dalam kamus karena Kanji tersebut sangat langka sehingga penggunaannya sangat terbatas.

    [​IMG]

    Bagaimana, tertarik mempelajari aksara Jepang?^^

     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    ~airiRin~ Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 7, 2008
    Messages:
    9,633
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,702 / -0
    Selain itu ada furigana, kanji dgn kana diatas/disampingnya..
     
  4. Offline

    Aniki Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    em..iyah da satu lg..^^

    furigana adalah huruf hiragana yg ditulis di atas suatu kanji, fungsinya untuk mempermudah / menerangkan cara baca atau ucapan suatu kanji.

    furigana itu cara baca kanji yang biasanya ditulis pake hiragana/katakana di samping kanji..

    biasanya furigana suka di pakai komik2 khusus shonen n shoujo gitu...

    kalo komik2 untuk seinen dan josei sih rata2 sudah enggak pakai furigana lagi..

    contoh ya :
    [​IMG]

    ini bacanya "daigaku" (universitas)
     
  5. Offline

    Aniki Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
  6. Offline

    Aniki Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
  7. Offline

    Yomaki Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 20, 2008
    Messages:
    160
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +100 / -0
    kalau kenalan pake romanji sih kyk gini biasanya

    hajimemashite [nama] desu...
    yoroshiku onegaishimasu...
     
  8. Offline

    Xperience Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 14, 2008
    Messages:
    496
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +689 / -0
    gilaaaa.. bahasa jepang.. wak wak wak..

    untung gw ngga remed bahasa jepang.. wak wak nilai gw nyharis 6.5
     
  9. Offline

    Sagippio Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 6, 2008
    Messages:
    883
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +777 / -0
    romaji bukannya huruf romawi biasa yah? itu mah bukan asli jepang atuh, malah duluan kanji yang masuk jepang (cmiiw)

    bdw, pernah dengar hentaigana n manyougana?

    kalo mau lebih lanjut, baca di wikipedia aja
     
  10. Offline

    LLy_BosHi Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jul 26, 2008
    Messages:
    3,077
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +59,729 / -0
    wekz paan tuh hentaigana?!?!?!....
    baru denger gw..... jgn2.................
    cek dulo di wiki dah.....
     
  11. Offline

    mogulemon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 3, 2008
    Messages:
    616
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,062 / -0
    hentaigana kirain hentai yang pervert itu hehe... gak taunya...
     
  12. Offline

    LLy_BosHi Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jul 26, 2008
    Messages:
    3,077
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +59,729 / -0
    wkwkwkwk... sama.... gw kira juga gitu....
    klo itu sih gw tau cm g tau aja namanya hentaigana.....
     
  13. Offline

    Kimpoi Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 21, 2008
    Messages:
    2,273
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,124 / -0
    Wew pusing,banyak bgt:onion-96::onion-64::onion-96:

    Kalau yang sering/wajib dipakai org jepang itu sendiri yang mana?:???:
     
  14. Offline

    cheuw Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 14, 2008
    Messages:
    662
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +1,249 / -0
    kalo aq lebih suka huruf hiragana
    *coz wktu belajar di exskul ya hiragana
    hahaha
     
  15. Offline

    Aniki Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    iyah byk...^^
    em..
    yang sering pake orang jepang hiragana dan kanji..
    klo katakana untuk kata-kata dari bahasa asing..
    seperti bahasa inggris di jadiin bhsa jepang pake tulisan katakana..
    contoh..
    ca me ra
    カ メ ラ

    co i n
    コ イ ン

    gitu^^
    bis ya...hiragana mudah hapal ya..
    dari pada katakana susah yah...hehe..
     
  16. Offline

    Aniki Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    hentaigana adalah Variasi yang tidak umum dari kana dan Bentuknya berbeda dari kana yang dikenal sekarang..^^
     
  17. Offline

    Aniki Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    mengenal angka dalam bahasa Jepang

    secara umum hitungan dan angka dalam bahasa Jepang adalah sebagai berikut

    angka kanji hiragana roomaji
    1 一  いち ichi
    2 二  に ni
    3 三  さん san
    4 四  よん ・ し yon (atau bisa dibaca: shi)
    5 五  ご go
    6 六  ろく roku
    7 七  しち nana (atau bisa dibaca: shichi)
    8 八  はち hachi
    9 九  きゅう kyuu
    10 十 じゅう juu

    100 百  ひゃく hyaku
    1000 千  せん sen / issen
    10.000 万  まん man / ichi man
    100.000.000 億  おく oku / ichi oku
    dst.


    nah, cara untuk menyebut bilangan adalah dengan mengurutkannya, misalnya:
    201 = ni hyaku ichi
    567 = go hyaku roku juu nana
    6719 = roku sen nana hyaku juu kyuu
    17438 = ichi man nana sen yon hyaku san juu hachi
     
  18. Offline

    bakakurosu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 15, 2008
    Messages:
    1,859
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +11,460 / -0
    furigana tu beda y ma kanji??
    ...aku baru taw klo a furigana..... dari kliatannya furigana tu gabungan 2 kana y??
     
  19. Offline

    mellody Lurking Around Veteran

    Joined:
    Nov 27, 2008
    Messages:
    1,493
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,578 / -0
    jarang denger tuh hentaigana..
    Hwahahaha
     
  20. Offline

    Sagippio Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 6, 2008
    Messages:
    883
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +777 / -0
    bukan, furigana itu kana (biasanya hiragana) yang digunakan untuk membaca jenis huruf laen (biasanya kanji)

    satu kanji bisa dibaca berbeda tergantung pemakaiannya, oleh karena itu furigana digunakan (meski tidak selalu) untuk memberitau pembaca, kanji itu dibacanya gimana.

    kadang2 di lirik lagu jepang, furigana digunakan untuk menunjukkan bacaan yang dinyanyikan, sedangkan yg ditulis adalah maksud yg ingin diungkapkan, meskipun furigana tadi bukan cara baca yang benar dari kanjinya.
     
  21. Offline

    rey_as Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 21, 2008
    Messages:
    1,159
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +446 / -0
    gw apalin hiragana ma katakana dr dulu g kelar2 :(
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.