1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Kami segenap staff IDWS mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436H. Kami juga mengumumkan libur layanan Customer Support dan Membership IDWS pada tanggal 16 s.d. 26 Juli 2015
  3. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
  4. Gratis Gift Maximum 30 hari dengan cara membeli dua Gift VIP 30 hari. Berlaku kelipatan. Informasi lebih lanjut masuk ke sini
  5. Kini kamu bisa mengupload files menggunakan PC, Mac dan Android ke Maknyos IDWS, informasi lebih lanjut cek: Maknyos IDWS Uploader
  6. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan tiket pulang pergi Indonesia - Korea bagi mereka yang sudah mendaftar konsultasi di klinik wonjin. Informasi lebih lanjut: Tanya Jawab Soal Plastic Surgery Bareng Klinik Wonjin.
  7. Gratis VIP selama 5 Hari khusus untuk member Registered dan MVU, syaratnya hanya login di sini.

Beras Merah, Cukup 7 Sendok

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by shinminho, Aug 9, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,279
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,813 / -0
    MANFAAT beras merah belakangan ini sering disebut orang. Salah satunya, kadar seratnya yang tinggi sehingga mengenyangkan. Itu menjadikan beras merah menu favorit bagi mereka yang ingin diet untuk menurunkan berat badan.

    Kandungan serat dalam beras merah memang enam kali lebih tinggi daripada beras putih. Dalam 100 gram nasi beras merah, terkandung 1,8 gram serat. Padahal, 100 gram nasi beras putih hanya mengandung 0,3 gram serat. "Perbedaan kadar serat itulah yang paling mencolok antara beras merah dan putih," kata Eko Dwi Martini.

    Selain efektif menurunkan berat badan, kata Eko, diet kaya serat dengan mengonsumsi beras merah bisa membuat tubuh lebih bugar. Sebab, diet begitu akan menurunkan kadar lemak dalam darah, kadar gula darah, dan kadar asam urat. "Bila berat badan turun, tekanan darah ikut turun," papar ahli gizi RSUD dr Soetomo tersebut.

    Keunggulan lain beras merah terletak pada kandungan asam lemak, vitamin B1, dan mineral magnesium yang sedikit lebih tinggi. Lemak beras merah, lanjut Eko, tergolong lemak esensial yang baik untuk perkembangan otak. Karena itu, beras merah dianjurkan diberikan kepada bayi (di atas enam bulan) dan anak-anak. "Soal kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, beras merah dan beras putih hampir sama," tuturnya.

    Karena kadar seratnya tinggi, kata Eko, porsi makan nasi beras merah dibatasi. "Sebaiknya tidak lebih dari tujuh sendok tiap kali makan," kata dia. Jika lebih dari itu, perut bisa terasa penuh. "Saya pernah makan beras merah terlalu banyak. Akibatnya, perut menjadi tidak nyaman," ucapnya.

    Alternatifnya, beras merah dicampur beras putih. Dengan begitu, nasi jauh lebih punel daripada beras merah saja. "Perbandingannya bisa 1 : 1. Satu gram beras merah dicampur satu gram beras putih," jelas Eko. Saat memasak beras merah beras direndam dulu beberapa jam lalu dimasak dengan banyak air. "Jika tidak, nasi beras merah tak akan matang. Nasi masih terasa keras saat dimakan." (ai/c8/soe)

    sumber:jawapos
     
  2. Ghattotkacha Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.


  3. Offline

    tracing_immortal Beginner Members

    Joined:
    Jun 7, 2010
    Messages:
    233
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    beras merah sih emang lebih better dari beras biasa sih bro..tapi ya itu harganya yang gak nguati,bisa bikin kantong bocor..tapi kalau ide untuk di oplos itu boleh deh rasanya ! ayo belajar hidup lebih sehat !!!
     
  4. Offline

    Inesu Post Hunter Moderator

    Joined:
    Feb 6, 2010
    Messages:
    4,993
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +58,783 / -0
    wah boleh dicoba nih.
    tp kalori beras merah tinggi gak yah...
    klo tinggi, kan bs bikin gemuk klo dikonsumsi tiap hr :???:
     
  5. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,704
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +32,850 / -0
    kayanya sich kalorinya sama aja... kan semua karbohidrat punya nilai kalori yg sama, yaitu 4.2 kkal per gramnya.
     
  6. Offline

    guntenx Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 23, 2009
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    waktu rendam berasnya yang pasti brapa jam??
    nti direndam kelamaan apa gisinya gak hilang?
     
  7. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,704
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +32,850 / -0
    Asal jangan dibilang aja kalo beras merah itu karbohidratnya lebih bagus dari beras putih.
    Sama aja kok... kalo makan terlalu banyak juga gak baik buat keseimbangan gizi.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS.ID

Indowebster, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.