1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Bengkok karena Trigger Finger

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by shinminho, Jul 11, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    PERNAH merasakan jari tangan tak bisa diluruskan setelah menggenggam? Kondisi begitu tak jarang diiringi rasa nyeri pada pangkal jari. Menurut dr Indra Tjahjono SpKFR, kondisi seperti itu disebut trigger finger (stenosing flexor tenosynovitis). "Kondisi itu biasanya terjadi pada jari tengah, jari manis, dan kelingking," ungkap dia.

    Keluhan begitu terjadi karena gerakan berlebihan dan berulang-ulang pada jemari tangan. Gerakan tangan menggenggam berulang-ulang menimbulkan gesekan antara otot-otot jari tangan (tendon fleksor jari) dan first annular pulley (sendi antara jari dan telapak tangan). Gesekan itu mengakibatkan radang dan bengkak pada tendon-tendon jari tangan. "Karena meradang, otot-otot jari tangan tidak bisa melewati lubang first annular pulley. Akibatnya, jari tangan tidak bisa kembali lurus," jelas spesialis kedokteran fisik rehabilitasi dari RS Husada Utama Surabaya itu.

    Keluhan pertama yang biasanya dirasakan adalah nyeri pada first annular pulley saat meluruskan jari. Bahkan, jika sudah parah, sekadar menggenggam, jari sudah nyeri.

    Keluhan seperti itu kebanyakan terjadi pada perempuan berusia 30 tahun ke atas. Aktivitas rumah tangga, seperti memasak, mencuci, menggunting rumput, atau menggendong bayi, sering disebut sebagai pemicu. Meski demikian, bukan tidak mungkin kondisi begitu terjadi pada perempuan yang lebih muda, bergantung aktivitasnya.

    Laki-laki bisa saja mengalami trigger finger. Para pemain musik, terutama piano, trompet, dan gitar, lebih potensial mengalaminya. Umumnya, keluhan muncul setelah mereka berlatih keras. Bahkan, penggunaan mouse komputer yang berlebihan juga memicu keluhan itu. Pada anak-anak, trigger finger bisa terjadi pada ibu jari. "Sebab, pada anak-anak, jemari lain belum cukup kuat untuk beraktivitas," ungkap Indra. Trigger finger menduduki peringkat keempat di antara sepuluh penyakit yang sering dikeluhkan.

    Pada pemeriksaan, sering terdengar bunyi klik saat pasien meluruskan jari setelah menggenggam. Selain itu, ada benjolan di daerah tangan. Meski begitu, untuk membedakannya dengan penyakit lain, diperlukan pemeriksaan X-ray.

    Untuk penanganan keluhan tersebut, Indra menyebut ada beberapa tahap. Saat merasakan keluhan, langkah pertama yang bisa ditempuh adalah istirahat. Tujuannya, mengurangi gerakan jari. Setelah itu, kompres jari dengan air dingin. Dianjurkan pula melatih kekuatan otot secara isometrik dengan gerakan menekan pada daerah lurus atau datar. Lakukan dengan hitungan sepuluh detik tiap berlatih, lalu rileks, dan seterusnya. "Tujuannya, otot-otot jari tidak mengecil, juga meningkatkan aliran darah," tegasnya. Tahap selanjutnya, diberikan obat NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drugs).

    Jika penanganan tersebut tidak mengatasi masalah, ada terapi lain. Antara lain, laser, ultrasound, dan akupunktur. Langkah itu bertujuan menyembuhkan radang dan mikrosirkulasi darah. Bila kondisi belum membaik, biasanya diberikan injeksi steroid. Namun, dia mengingatkan efek samping langkah tersebut. Yakni, terjadi kerusakan jaringan ikat. "Jika tahap tersebut gagal, langkah terakhir adalah operasi," ujar Indra

    Yang lebih dianjurkan tentu tindakan pencegahan. Salah satu caranya, mengurangi aktivitas dan melakukan pemanasan sebelum bekerja. "Jari ditekuk ke belakang dengan hitungan sepuluh detik, lalu rileks," jelasnya. (ai/c11/nda)

    sumber :jawapos
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    1nuy45h4 Beginner Members

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    kalo tulang jari bengkok akibat tabrakan bisa kagak gan diluruskan kembali..? :???:
     
  4. Offline

    reazon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    1,564
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,018 / -0
    untung gw blom pernah menderita ini....
    dan smoga aja ga akan pernah....:doa:
     
  5. Offline

    rungga Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    997
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,862 / -0
    klo saya kecapean naek motor kopling pasti kadang gtu deh sakiiit bgt kadang n ngilu
     
  6. Offline

    nayaxoe Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    110
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    thanks bgt bro, soale sering ngalami
     
  7. Offline

    Alexander_86 Beginner Members

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    311
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    iya kadang juga pernah ky gtu...
    terutama stlah naik motor...
     
  8. Offline

    eRiff Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 1, 2009
    Messages:
    2,713
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,468 / -1
    Kalo kakai atau tangan yang tiba-tiba kalo di gerakin sakit banget :dingin: itu apa ya kak penyebabnya.. soalnya aq pernah ngalamn kek gitu :???:
     
  9. Offline

    chandra85 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 17, 2008
    Messages:
    430
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,076 / -0
    kalo gw jari kaki gw direngangin, kadang mati rasa, kalo itu kenapa ya?
     
  10. Offline

    g_kenz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 3, 2009
    Messages:
    3,585
    Trophy Points:
    232
    Ratings:
    +343,020 / -0
    :kaget:

    bener, mungkin gara2 keseringan megang mouse jadinya jari gw agak susah dilurusin... gak masalah sih, tapi kurang nyaman aja..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.