1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tanya Bengkel resmi VS bengkel umum

Discussion in 'Otomotif' started by kingpin, May 17, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. satu1satu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +554 / -0
    tergantung mekaniknya resmi maupun alternatif
    bengkel alternatif kalo dah spesialis bengkel resmi tumbang
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Fatihr M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 21, 2010
    Messages:
    1,125
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +212 / -0
    Pling KapOk Gua Di Bengel ResMI,, JamaN skRg Pengecekan Asal2an,, krn MereKa menganggap sdah Dibayar dri sananya,, jd yg penting servis dan selesei itu tujuannya,, tetapi Tarikan Kendaraan saya terkadang tambah Ga enk,,
     
  4. IOZ M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    248
    Trophy Points:
    37
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +354 / -0
    ane lebih ke bengkel umum atau bengkel spesialis yg udah kenal persis orangnya dan kendaraan ane sudah dapat dia kenali detailnya, jadinya aman dah..:fufufu:
     
  5. rsandgis Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 30, 2009
    Messages:
    70
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +22 / -0
    aku sih mendingan ke bengkel resmi yang ada garansinya gan, soalnye tuh mekaniknya udah punya sertifikat tersendiri untuk keahliannya, maksud aku jika masuk ke bengkel daihatsu tuh mekanih pasti ilmunya dan molotok alias ahli soanlya udah tau penyakit apa yg biasa hinggap di daihatsu.

    tapi lain lagi bagi mekaniknya yang baru masuk ato praktek pasti hasilnya kagak memuaskan, tapi logikanya jika ane punya bengkel kan pengen terkenal karena bisa memperbaiki masalah pasti ane akan memilih mekanik yang handal supaya laku di konsumen.

    BTW ini hanya tambahan pemikiran saja, toh kadang bengkel yang umum aja kalo kita kenal ama mekaniknya jauh lebih memuaskan, cuman masalahnya kalo bengkel umum dengan mekanik yang handal pasti penuh alias laku seringkali kita harus nunggu giliran.....belom lagi kecapean tuh si mekanik karena banyaknya orderan ...bburuk sangkanya pas memprbaiki di mobil kita die udah kagak 100% lagi....kecewa dah gue.

    jadi kagak ada yg 100% muasin karena banyak faktor mempengaruhi hasil akhir.
    Nyang paling aman yah mencegah sebaleum terjadi kerusakan, maksundya mengerti kapan tuh mesin harus di cek dan sparepart udah kadaluarsa wajib di ganti.

    Itu aja gan pemikiran ane yang dangkal semoga bermanfaat.
     
  6. andres Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 19, 2009
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    say si ada 2 yg umum ma yg begkel resmi soalny yg umum krena mtor sya dlu di dia tapi karena sekarang da gnti mtor jadi dia da ga gt ngerti so ke bengkel resmi wlpun kdang2 untuk hal2 kecil ke dia lagi..
    tp sesuai pengalaman lbh enak bngkel umum si tp tergantung mekanik jg si
     
  7. brandalgila Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 18, 2009
    Messages:
    101
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +1,476 / -0
    kalo aku bengkel umum soalnya kalo service lebih detail kalo di bengkel resmi karbu gag dibuka cuman sisemprot aja asal2an kalo setting karbu (pengalaman pribadi nie) jadi kapok ke bengkel resmi
     
  8. britpoper M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 22, 2009
    Messages:
    1,116
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,997 / -0
    Setuju sama yang ini.
    Tapi wa pernah punya pengalaman buruk di bengkel gak resmi.
    Pas mobil dinaikin buat ganti oli itu montir kurang pas kayanya masang penampang penahannya di bawah mobil gw.
    Alhasil jadi turun kebawah dan bikin penyok body samping bawah. Dimintain tanggung jawab malah ngomongin gaji dia yang gak seberapa, bla bla bla. Padahal salah satu penyebabnya menurut gw karena itu montir pas masang penahannya gak bisa diem, nawarin2 gw macem2 segala yang gw gak mau.
     
  9. deehan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +11 / -0
    bengkel resmi..
    ane dari awal beli selalu di bengkel resmi, alhamdulillah udah 4 taun tapi masih bisa ngimbangin performa motor yang sama dengan tahun keluaran 2008..

    dan juga setingannya awet, udah 5 bulan ngga servis, tapi performa masih kayak baru servis..
    yang beda cuma konsumsi bensin jadi boros, secara oli udah kotor, jadi mesinnya panas..
     
  10. venantius Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 7, 2008
    Messages:
    5,320
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +72,490 / -1
    Gak semuanya bengel resmi itu pelayanannya bagus dan montirnya handal.
    Biasanya sih di suatu kota hanya beberapa bengkel resmi yg pelayanannya bagus dan handal, biasanya bengkel besar termasuk layanan penjualan (dealer).

    Dalam hal ini sih gw berbicara tentang perawatan sepeda motor, berdasarkan pengalaman gw

    Gw sendiri kalau cuman service berkala (TuneUp) cukup di bengkel biasa aja, kadang kalau sempet ya dilakuin sendiri.
    Poin-poin untuk Tune Up itu ga terlalu memerlukan peralatan khusus yg biasanya cuman ada di bengkel resmi

    Biasanya Tune up itu cuman meliputi:
    Pembersihan karburator, filter bensin, filter udara
    Setting karburator dan klep (jika dirasa diperlukan)
    cek rantai, tekanan ban, kondisi accu
    dan ganti oli/busi
    itu aja sih...

    Bengkel biasa juga bisa, bahkan dilakukan sendiri juga bisa.

    Kecuali untuk service berat atau yg berhubungan langsung dengan mesin atau mengganti parts, baru deh gw ke bengkel resmi...

    Sejauh ini sepeda motor gw (Supra X 100 cc thn 2003 - 46500 KM), dulu sewaktu kuliah tiap hari sering dibawa Bogor-Depok PP
    dan sampai masih dalam kondisi baik, dan alhamdulilah lom pernah belah mesin atau mengganti komponen mesin.

    Dan gw masih inget apa aja yg gw ganti, selama 7 tahun ini
    Ban depan 1x, Ban belakang 2x, Rantai mesin 2x, Rantai roda 2x, lainnya paling kabel spedometer dan lampu dim.
    Aki doang sih yg udah agak lemah (wajar udah 7 tahun lom ganti, tapi masih bisa buat stater koq...)

    Jadi yg penting sih perawatannya harus teratur, oli gak boleh sampe kotor, biasanya gw ganti oli tiap 1000 KM atau maksimal 1500 KM.
    Dan spesifikasi oli juga harus diperhatikan agar sesuai dengan mesinnya, kalo motor jepang ya wajib bersertifikasi JASO untuk olinya.....
    dan jangan suka ganti-ganti oli...

    Itu aja sih pengalaman dan sejarah gw bersama motor gw :piss:
     
  11. fierzyad M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 30, 2009
    Messages:
    1,340
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +2,903 / -0
    kalo saya lebih suka ke bengkel umum, karna benkel resmi di daerah saya kurang bagus
    malahan mereka sering ngoper ke bengkel umum langganan-ku jika mentok gag bisa perbaiki,,

    trus da pengalaman ke bengkel resmi waktu masih gratis servis, ehh motor ane malah banyak yang lecet-lecet
    tapi mungkin da bengkel resmi yang bagus juga, pinter2 milih aza, sesuai kebutuhan
    no offense lhah!
     
  12. sonzz Members

    Offline

    Joined:
    Aug 7, 2010
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kyny tergantung pelayanannya deh.. msg2 ad +/- nya
    CMIIW
    :ehem:
     
  13. kodox_tea Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 16, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    g pernah ke bengkel lagi gw mah,,, tinggal pinjem kompresor tetangga,,,jus..juss...juss.... ngeng lagi dah....wkwkwkwkwwk
     
  14. mardi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    1,679
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +511 / -0
    oooh, kalau yang di bengkel resmi itu orangnya memang harus bagus sempurna gitu
    kalau yang umum mah, seadanya aja, jadi tergantung pilih yang mana maunya :rokok:
     
  15. aggattack Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 23, 2010
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +322 / -0
    kalo pengalaman ke bengkel resmi sih setelah diservis motor lebih nyaman tapi untuk ngebut masih kalah dari bengkel umum. mungkin pengaruh olinya ya. kalo di bengkel umum kan bisa milih oli yg bagus tapi di beres cuma bisa oli standar pabrikan. cmiiw
     
  16. ctalkiuce Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 2, 2010
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    yang paling utama harus punya pengetahuan paling dasar tentang mesin biar ga dibegoin, kalo mau ngakal2in part ato modifikasi,mending ke bengkel umum kepercayaan, kalo bengkel resmi cukup buat servis gratisan aja:ehem:
     
  17. ripsnorter M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 23, 2010
    Messages:
    1,963
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +178,381 / -0
    gw always bengkel resmi... bengkel umum banyak yg mengecewakan
     
  18. zaeda M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 21, 2010
    Messages:
    1,694
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,806 / -0
    kalo gw sih kebetulan dah ada langganan bengkel umum...
    enaknya bengkel umum tuh kalo kita dah deket ma montirnya, bisa sekalian konsultasi tentang masalah2 yug ad di motor
    bisa juga minta tips supaya motor sehat, intinya rasa kekeluargaan nya lebih kerasa kalo di bengkel umum mah
     
  19. gerie278 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Menurut pengalaman ane, bengkel resmi tuh, mahal karena kena aneka pajak. angkos bengkel kena pajak, harga s'part kena pajak. belum lagi kalo bengkelnya bagus pake ac udah pasti mahal tuh. ini pengalaman ane sih. . .
     
  20. zzii Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 8, 2010
    Messages:
    196
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +630 / -0
    nih ane bkin ringkas aja gan

    -bengkel umum
    kondisional gan, plg enak tuh yg kita udah kenal bengkel nya. selain itu klo dkt2 rumah kita jg tau reputasinya gmn. jd mau sharing jg enak. klo blm akrab mah kgak jamin dah

    -bengkel resmi
    pny standar pelayanan gan, jd dimana2 enak. cuman yah rda mahal soalnya parts asli n kualitas di utamakan
     
  21. nzone Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    78
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    Kalau saya sih, biasanya service di bengkel Resmi, tapi memang kadang2 mengecewekan. Baru2 ini, mereka menyebabkan bensin ku bocor karena ada baut yg kelupaan di pasang. Parah kan, tapi aku ngak trauma kok ke bengkel resmi.
    Untuk pengantian sparepart, aku lakukan di bengkel biasa, sbb selain harganya jauh lebih murah, tapi kualitas yang sama karena pakai yang asli dan kemampuan montirnya juga tidak kalah kok dgn bengkel resmi.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.