1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tanya Bengkel resmi VS bengkel umum

Discussion in 'Otomotif' started by kingpin, May 17, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kingpin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    gimana menurut lu? kalo berdasarkan pengalaman gw baik itu motor ato mobil
    sekarang gw lebih baik ke bengkel resmi lebih terjamin dan harga juga lebih murah
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. cursed Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 30, 2009
    Messages:
    122
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +183 / -0
    ke bengkel resmi sih

    dapet makanan
     
  4. kouga320 Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    2,789
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +1,672 / -1
    saya kapok di bengkel resmi.
    kasian ibu saya diboongin. disuruh ganti ini itu tapi parts lama saya masih bagus.
    akhirnya ke bengkel resmi cuma ganti oli aja.
    kalo ada apa2 saya lebih milih ke bengkel spesialis.
    harganya sama tapi ga macem2.
     
    • Like Like x 1
  5. h@n4! M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    289
    Trophy Points:
    71
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +33 / -0
    Bengkel Resmi uda ada prosedur pengecekannya, Biarpun Kelihatan Masih bagus tetapi apabila Umur atau Dari Segi jarak tempuh sudah mencukupi, yah tetap diganti, tetapi yang pernah saya liat bengkel resmi teliti bener pengecekannya, dari baut2 sampe parts2 kecil sperti lampu dicek, dan yg paling penting spareparts dari bengkel resmi itu ASLI, tapi yg enggak enaknya itu bengkel asli itu NGANTRI nya luammaaaaa

    Lain Halnya dengan Bengkel Umum, mekaniknya hanya mengecek apa yang kita komplain selain itu tidak dicek, bahkan baut2 body pun kadang kala ada yang kurang pemasangannya, belum lagi spareparts yang mereka punya kadang2 ada yg KW1 atau KW2, tetapi di bengkel umum itu kgk perlu NGANTRIIII, apalagi klo udah kenal

    cheers en peace
     
  6. kingpin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    masa sih, apa karena kemaren hari minggu ya :awas: jadi gw ga dapet???
     
  7. tot M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    1,086
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,030 / -0
    mau bengkel resmi ato bengkel umum sama aja,

    bengkel resmi paling gak ngasih garansi lah...dikit :hehe:

    bengkel umum juga kalo yang megang udah kenal juga nyantai.....

    yang penting kita tau poin2 servisnya, jadi bisa ngecek ulang abis nyervis, ga maen terima jadi ae :rokok:
     
  8. the4th Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 17, 2009
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +6 / -0
    Mana yang lebih Prospek Bengkel Resmi atau Bengkel Umum ?

    Untuk menjawabnya kita harus mengetahui dulu apa perbedaan mendasar / Keuntungan – Kerugian dari kedua Jenis Bengkel diatas.

    Keuntungan Bengkel Resmi

    1. Mempunyai system management yang standar, Pemilik tinggal menjalankan system tersebut tanpa perlu memikirkan cara membuatnya

    2. Pembinaan yang kontinyu dari Main Dealer, jadi pemilik tidak sendirian dalam menghadapi berbagai masalah dlm bengkelnya karena Main Dealer akan ikut membantu menyelesaikan

    3. Pelatihan Mekanik yang distandarisasi dan up to date. Jadi skill mekanik bisa ditingkatkan dengan pelatihan2 mekanik dari main dealer. Dimana informasi-informasi teknik terbaru dari suatu produk bisa terus diikuti

    4. Mendapat Pedoman-pedoman reparasi, sehingga mekanik punya panduan untuk melakukan servis sepeda motor lengkap dengan ukuran-ukuran yang standar

    5. Punya wadah tukar informasi dengan para pemilik bengkel yang lain, jadi bisa saling tukar strategi untuk bisa bahu-membahu memajukan bengkelnya masing-masing

    6. Mempunyai fasilitas harga khusus untuk pembelian tools atau spare part di Main Dealer

    7. Mendapatkan fasilitas Exterior dan Interior. ( Sampai dengan tahun 2007, satu bengkel AHASS bisa mendapat subsidi sampai l.k. 50 – 75 JUTA RUPIAH!!!! )

    8. Mendapatkan material promosi atau ikut dipromosikan oleh main dealer ( gratis tentu saja ) yaitu Nama Bengkel Resmi. Contoh AHASS ( Honda), YSS (yamaha) dll

    9. Yang paling penting adalah : Bengkel Resmi di “beri “ konsumen oleh Main Dealer yaitu pemberian kartu servis berkala untuk sepeda motor baru. Dengan cara demikian konsumen “dipaksa” masuk ke bengkel resmi untuk mendapatkan servis gratis dengan ditukar kartu.

    10. Bayak banget sebenarnya, tp kl kebanyakan ntar bosan….

    Kerugian Bengkel Resmi

    Tidak begitu banyak kerugiannya sebenarnya hanya ada larangan : Menservis sepeda motor produk competitor. Contoh AHASS dilarang menservis sepeda motor non-Honda! Juga mematuhi policy dari Agen Tunggal Pemegang Merk ( ATPM ) seperti : Menjual spare part yang bukan genuine dan/atau oli yg non recommended gitu…

    Lainnya hanya sekedar masalah image aja, seperti : Mekanik Bengkel Resmi hanya bisa tune up aja, tidak mau menservis sepeda motor lama, main ganti part de el el. Padahal semua yang dilakukan bengkel umum, Bengkel resmi juga bisa!!

    Gimana dengan Bengkel Umum ?

    Keuntungannya yaaa kebalikannya dari kerugiannya Bengkel Resmi…

    Kerugiannya yaaa kebalikannya dari Bengkel Resmi…. He-he-he gitu aja koq repot

    Maksud penulis sebenarnya adalah tidak semua beruntung bisa menjadi bengkel resmi, bahkan mayoritas hanya mempunyai kesempatan menjadi bengkel umum. Sehingga kalo mau jadi bengkel umum… ambil keuntungan seperti yang dimiliki oleh bengkel resmi sebanyak-banyaknya. Begitu juga bengkel Resmi tidak menjamin mesti rame, banyak bengkel resmi yang sepi en malah tutup berganti bengkel umum dengan berbagai alasannya. Jadi ambil keuntungan dari bengkel umum sebisanya…. J

    http://manpower.wordpress.com/2008/01/16/prospek-bisnis-bengkel/
     
    • Thanks Thanks x 1
  9. kouga320 Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    2,789
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +1,672 / -1

    makanya say pilih bengkel umum aja.
    kebetulan kenal sama mekanik dan pemiliknya.
     
    • Thanks Thanks x 1
  10. passat M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    2,474
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +227 / -0
    - kalo ada yang bilang di bengkel resmi itu mahal >> itu benar untuk dulu dan salah untuk jaman sekarang, sekarang bengkel resmi sudah mulai menurunkan biaya service untuk konsumen kok...
    - kalo ada yang bilang di bengkel resmi itu serba ganti sparepart walaupun masih bagus >> itu benar jika anda gag protes dan asal terima beres, salah jika anda juga ikut mengawasi mekaniknya dan tanya2 ke mekaniknya

    jadi intinya bengkel resmi sudah mulai bersaing dengan bengkel gag resmi..
    kecuali kalo udah pada kenal sama yg punya bengkel jadi beda urusannya, bisa-bisa di gratisin... :haha:
     
  11. tongak Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 31, 2010
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    dlu seh gw fanatik ke bengkel resmi,
    tapi setelah dikecewain berat ma bengkel resmi (oli aja g mau ganti, motor gw ngantri dari pagi sampe sore baru slese servis ringan)
    mendingan ke bengkel pinggiran namun terpercaya dah :top:
     
  12. jeffri Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 31, 2010
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ya pasti bengkel resmi....
    coz onderdilx lenkap semua.... ga usa cari k mana2 lagi.....
    kualitas d jamin,,,, kendaraaan tetap bagus....
    tp tergantung ma x punx kendaraan maux d bawa k mana.....
     
  13. projectronic M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 5, 2009
    Messages:
    415
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +1,805 / -0
    yg enak sih kalo punya temen yg ternyata aktif di club otomotif trus ketemu ama mekaniknya...
    bisa bongkar kendaraan didepan kita dan kita tau part apa aja yg harus diganti
     
  14. basex M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    583
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +88 / -0
    bengkel resmi memang harus melakukan sesuai standar yagn telah ditetapkan produsen.....
    klo service motor g pernah ke bengkel resmi...selain pelayanan g maksimal, mekaniknya juga kurang komunikatif...klo komunikasi hanya "harus ganti ini/itu...."...sedang bengkel biasa karena mekaniknya dah kenal baik jadi enak di pake untuk sharing....

    klo service mobil..cuma sesuai dengan buku panduan aja...dimana aye juga kurang mengerti tentang mobil...jadi y ke bengkel resmi aja
     
  15. graviron Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 22, 2009
    Messages:
    223
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +59 / -0
    gw lebih demen bengkel umum gan..--" banyak dikecewain ma yang resmi soale...-.- paling di bengkel resmi sampe abis masa gratis ganti oli n servis aja... wkwkwkwk...
     
  16. o_0 M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 1, 2010
    Messages:
    84
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +313 / -0
    tergantung kondisi sepertinya....... :hehe:
    kalo ada yg bilang resmi lebih bagus, tp kenyataannya kita kecewa apa bisa di bilang bagus :yareyare:
    bengkel umum lebih bagus, karena bengkel resmi blon ada di daerah2 tertentu :hahai:
     
  17. jhariman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 9, 2009
    Messages:
    28
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +51 / -0
    kalo om sendiri, karena udah memiliki bengkel kepercayaan, ke bengkel resmi cuma untuk jaga relasi .... bukan untuk service hehehehe :D:D:D
     
  18. pamkerenbanget Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    saya pilih bengkel resmi..karena gaya hidupp...
    hohohoho!
     
  19. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,577 / -0
    bengkel langganan dong (walau kagak resmi tapi hasi tune up nya yahud banget)

    apalagi ngirit di ongkos


    rinciannya gw service tiger 2000 di ahass dewi sartika tune up ganti oli 100 ribu

    di bengkel langganan gw cuman 40 ribu...

    mana orangnya lebih ramah di bengkel langganan gw...
     
  20. SFU11 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    6,673
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,742 / -0
    mendingan kita belajar deh...
    kalo cuman service ringan mending dilakukan ama diri sendiri... plajari cara service di bengkel resmi,.,, kita perhatiin caranya 2 atw 3 kali ke bengkel resmi... asalkan caranya diperhatikan, terus utak atik deh dirumah, dengan peralatan seadanya juga bisa kok......

    kalo ada masalah yg kita udah tahu solusinya, tp ngga bisa bongkar pasang sendiri,, mending bawa ke bengkel umum d pinggir jalan... kalo masih harus analisis masalah mending bwa ke bengkel resmi...
    tingkat pengetahuan dan kejujuran di bengkel resmi masih lebih tinggi dari bengkel umum....

    pernah motor gw ngga bsa nyala/mati sendiri pas di pake.. d bawa ke bengkel umum.... di bongkar semuanya... CDI, aki, busi,,, sampe spull nya... pokoknya lama deh... dan tidak terselesaikan...
    akhirnya memutuskan dorong motor sampe ke bengkel resmi... tw ngga apanya yg rusak???? cuman sekeringnya putus... ngga sampe 15 menit udah beres tuh motor......
    :hulk:
     
  21. loud2load M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 7, 2010
    Messages:
    693
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +669 / -0
    Setuju tuh ama SFU 11, kalo kerusakan masih kecil lebih baik periksa sendiri dulu kalo masih sanggup atau minta pendapat sama kawan yang doyan ngotak-ngatik motor/mobil...

    Kalo gw pribadi kalo cuman ganti oli n service ringan mending ke bengkel non dealer... :piss:
    Tapi kalo memang udah perlu ganti suku cadang baru bawa ke bengkel resmi dealer...

    Ada bagusnya juga sebelum ganti suku cadang ke bengkel resmi kita tanya" dulu ke montir bengkel non dealer,
    biasa nya kalo udah kenal ama montirnya n kita udah jadi langganan dia, pasti dia mau ngasih saran n pendapat.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.