1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

People Benarkah, Mitos Seks Para Remaja?

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by icham, Dec 30, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    icham Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,236 / -0
    Remaja bicara seks? Ini bukan sesuatu yang baru lagi. Tetapi sumber informasi seks yang benar memang masih belum banyak diketahui, atau kalaupun ada, remaja masih kesulitan untuk mengaksesnya. Sehingga yang banyak beredar adalah informasi-informasi yang tidak tepat tentang kesehatan reproduksi dan seksualitas remaja.

    Banyak sekali mitos-mitos yang masih dipercaya, yang bisa jadi membawa remaja makin jauh dari jangkauan informasi yang benar tentang seksualitas dan kesehatan reproduksi, termasuk aktivitas seksual yang sudah dijalani oleh sebagian remaja. Bisik-bisik diantara remaja soal lutut yang kopong dan cara jalan yang bisa menggambarkan status keperawanan, sudah sering kita dengar. Semua itu kok bisa ya dipercaya oleh remaja kita?

    Berikut ini adalah sebagian mitos-mitos seksualitas yang banyak beredar di sekitar remaja kita hasil dari inventarisasi lembaga KISARA (Kita Sayang Remaja) dan mungkin juga menjadi pendapat kita selama ini:

    1.Berhubungan seks dengan pacar merupakan bukti cinta.
    Faktanya, berhubungan seks bukan cara untuk menunjukan kasih sayang pada saat masih pacaran, melainkan karena disebabkan adanya dorongan seksual yang tidak terkontrol dan keinginan untuk mencoba-coba. Rasa sayang kita dengan pacar bisa ditunjukkan dengan cara lain.

    2.Hubungan seks pertama kali selalu ditandai dengan keluarnya darah dari vagina.
    Faktanya, tidak selalu hubungan seks yang pertama kali itu keliahatan berdarah. Apabila komunikasi seksual terjalin dengan baik dan hubungan seksual dilakukan dalam keadaan siap dan disertai foreplay yang cukup bisa tidak memunculkan adanya perdarahan.

    3.Loncat-loncat setelah berhubungan seks tidak akan menyebabkan kehamilan.
    Faktanya, ketika spermatozoa sudah memasuki vagina, maka spermatozoa akan mencari sel telur yang telah matang untuk dibuahi. Loncat-loncat tidak akan mengeluarkan spermatozoa. Jadi, tetap ada kemungkinan untuk terjadinya pembuahan atau kehamilan.

    4.Selaput dara yang robek berarti sudah pernah melakukan hubungan seksual atau tidak perawan lagi.
    Faktanya tidak selalu demikian. Selaput dara merupakan selaput kulit yang tipis yang dapat meregang dan robek karena beberapa hal. Selain karena melakukan hubungan seks, selaput dara juga bisa robek karena melakukan olah raga tertentu seperti naik sepeda dan berkuda. Karena itu, robeknya selaput dara belum tentu karena hubungan seks, malah ada juga perempuan yang sudah menikah dan berhubungan seks berkali-kali tapi selaput daranya masih utuh dan tidak koyak karena selaput daranya elastis.

    5.Keperawanan dapat ditebak dari cara berjalan dan bentuk pinggul.
    Faktanya, keperawanan tidak bisa dilihat dari bentuk pinggul atau cara jalan. Keperawanan kadang dipandang dari 2 sisi, bagi yang memandang dari sisi fisik saja (ini berkaitan dengan selaput dara), tapi hanya bisa diketahui melalui hasil pemeriksaan dokter. Jadi hanya dari pemeriksaan khususlah yang memungkinkan diketahuinya selaput dara robek atau tidak serta kemungkinan penyebabnya. Hanya saja keperawanan kembali lagi bukan cuma fisik. Kedua, dari sisi psikososial yang mengacu pada apakah seseorang perempuan sudah pernah melakukan hubungan seks atau belum. Ini sebaiknya yang dijadikan acuan, tetapi keperawanan bukan berarti segalanya di hari begini.

    6.Dorongan seksual laki-laki lebih besar daripada perempuan.
    Faktanya, dorongan seksual merupakan hal yang alamiah muncul pada setiap individu pada umumnya dimulai saat ia menginjak masa pubertas (karena mulai berfungsinya hormon seksual). Dan ini sangat wajar dan seimbang baik pada laki-laki maupun perempuan. Faktor yang mempengaruhi dorongan seksual antara lain kepribadian, pola sosialisasi, dan pengalaman seksual. Dorongan seksual perempuan sering disebut-sebut lebih kecil dari laki-laki kerena lingkungan menganggap perempuan yang mengekspresikan dorongan seksualnya adalah perempuan yang “nakal atau kurang baik” , sementara laki-laki tidak pernah dipermasalahkan.

    7.Perempuan yang berdada besar dorongan seksualnya besar.
    Faktanya tidak seperti itu. Secara medis, tidak ada hubungan langsung antara ukuran payudara dengan dorongan seksual seseorang. Dorongan seksual itu ditentukan oleh kepribadian, pola sosialisasi, dan pengalaman seksual (melihat, mendengar, atau merasakan suatu rangsangan seksual).

    8.Masturbasi bisa menyebabkan lutut kopong.
    Faktanya, masturbasi tidak menyebabkan lutut menjadi kopong. Spermatozoa tidak diproduksi dan tidak disimpan di dalam lutut, melainkan di testis. Mungkin setelah masturbasi, biasanya timbul rasa lelah, karena masturbasi mengeluarkan banyak energi. Itulah yang membuat menjadi lemas, jadi bukan karena lututnya jadi kosong.

    9.Sering masturbasi bisa membuat mandul.
    Faktanya, secara medis masturbasi tidak menggangu kesehatan fisik selama dilakukan secara aman (tidak sampai menimbulkan luka atau lecet). Resiko fisik biasanya berupa kelelahan. Pengaruh masturbasi biasanya bersifat psikologis, seperti perasaan bersalah, berdosa dan kadarnya berbeda-beda bagi setiap orang. Kemandulan justru biasanya akibat dari IMS (infeksi menular seksual) atau penyakit lainnya seperti kanker atau karena sebab fisik lainnya misalnya kualitas sperma yang kurang baik.

    10.Minuman bersoda akan dapat mempercepat selesainya menstruasi.
    Faktanya, menstruasi adalah proses pendarahan yang disebabkan luruhnya dinding rahim sebagai akibat tidak adanya pembuahan. Sakit tidaknya atau lancar tidaknya menstruasi seseorang selain dipengaruhi oleh hormon juga dipengaruhi faktor psikis, bukan karena minum minuman bersoda.

    11.IMS dapat dicegah dengan mencuci alat kelamin.
    Faktanya tidak ada sabun atau desinfektan apa pun yang dapat mencegah IMS. Justru pada perempuan, jika mencuci bagian dalam vagina terlalu sering akan mempertinggi resiko terkena keputihan karena sabun dapat mengurangi kadar keasaman permukaan vagina yang sebetulnya berfungsi untuk membunuh kuman-kuman normal yang ada.

    Mitos-mitos tersebut ternyata memang sudah hidup subur di masyarakat. Pengaruh mitos-mitos tersebut masih sangat kuat, bahkan juga di antara para remaja yang justru lagi giat-giatnya mencari informasi tentang seks dan kesehatan reproduksi. Banyak yang mempercayainya sehingga tidak jarang kita temui kasus-kasus yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi bermula dari keyakinan dari mitos-mitos tersebut. Hal itu terjadi karena tidak lengkapnya informasi tentang kesehatan reproduksi yang bisa diakses oleh remaja, baik melalui lembaga formal seperti sekolah, keluarga atau masyarakat pada umumnya.

    Sekarang tergantung kepada diri remajanya masing-masing, karena mereka yang akan menjalaninya nanti. Apakah akan menelan mentah-mentah mitos tersebut ataukah akan mencermatinya lebih lanjut guna memastikan kebenarannya. Kalau kita masih terpengaruhi dengan mitos-mitos diatas, yang rugi ya diri kita sendiri. Dan bagi yang sudah mengetahui fakta yang sebenarnya, silakanlah tetap yakin dengan kebenarannya, jangan goyah. Bahkan cobalah ikut serta untuk menginformasikan fakta-fakta ini ke rekan-rekan remaja yang lainnya sehingga semakin banyak remaja yang mengerti dan makin bertanggung jawab dengan segala perilaku dan pilihannya.

    Sumber

    Maav klo :repost: :repost:

    klo :repost: :tritclose:
     
    Last edited: Dec 30, 2009
    • Like Like x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    mr_ark Superstar Super Moderator

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    22,265
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +66,762 / -11
    Yang ini jadi ngingetin sama adegan di pilm The Virgin yang pertama. si ceweknya loncat-loncat biar gak hamil karena si cowok "ngeluarin" di dalam. Dan ternyata berhasil. :lol: Rupanya cuman mitos toh. Berarti pilm The Virgin ngasih informasi gak bener ini. :swt:
     
    • Like Like x 2
  4. Offline

    HyDe^ Beginner Members

    Joined:
    Aug 2, 2008
    Messages:
    260
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15 / -0
    aneh2 aja :yareyare:


    4.Selaput dara yang robek berarti sudah pernah melakukan hubungan seksual atau tidak perawan lagi.
    Faktanya tidak selalu demikian. Selaput dara merupakan selaput kulit yang tipis yang dapat meregang dan robek karena beberapa hal. Selain karena melakukan hubungan seks, selaput dara juga bisa robek karena melakukan olah raga tertentu seperti naik sepeda dan berkuda. Karena itu, robeknya selaput dara belum tentu karena hubungan seks, malah ada juga perempuan yang sudah menikah dan berhubungan seks berkali-kali tapi selaput daranya masih utuh dan tidak koyak karena selaput daranya elastis.

    baru tau ini
     
    Last edited by a moderator: Jan 1, 2010
  5. Offline

    zutara Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,284
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,243 / -0
    weits... tapi kalo orang2 tua di jogja kok slalu bener yah tebakannya... :hmm:
     
    • Like Like x 1
  6. Offline

    sitaraguyang (ノ `Д´)ノ ミ︵ ┻━┻ 彡 Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    632
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +1,237 / -0
    Dengkul kopong berarti bukan perjaka itu mitos toh. :kaget: Ada tuh temen gw yang suka iseng ngetok-ngetok lutut orang. :lol: Kalo kopong langsung dia komentar.
     
  7. Offline

    bayitabung Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 14, 2008
    Messages:
    256
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +34 / -0
    nambahin,, kebanyakan coli bisa bikin dengkul kopong,
    faktanya testis tempatnya bukan di dengkul :swt:
     
  8. Offline

    Izan Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 5, 2009
    Messages:
    2,885
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,751 / -0
    ternyata mitosnya cuma banyak juga nice info bro :top:
     
  9. Offline

    eXcImEr Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,264
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +35,906 / -1
    dulu suka iseng sama teman2 notok2 dengkul,
    kalo bunyinya keras pasti diejekin habis fap2 ni ye :lol:
     
  10. Offline

    lucaviend Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    20,324
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,820 / -0
    ^
    ^ btul tu.....gw wktu smp jg suka gt.....klo lututny diketok bunyi nyaring berarti kopong!!!

    pasti solusiny dsuruh makan TOGEE....yg banyak biar ga kopong!!! apa hubunganny ya ama toge....:???:
     
  11. Offline

    icham Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,236 / -0
    maka'a jangan suka ngetok2 dengkul orang...
    tuh mah cuma mitos belaka
    ga ada hubungannya antara dengkul ma keperjakaan :haha:
     
  12. Offline

    Animers Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2009
    Messages:
    4,533
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +8,846 / -0
    gw dari dulu paling ga setuju kalo masturbasi itu bisa bikin mandul :em0100:
     
  13. Offline

    Rindkind Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 27, 2009
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    nice info..... :top:
    ternyata pikiran wa soal dengkul kopong slama ini salah yahhh...... truss dengkul yg kopong karna apa tuh???
     
  14. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    lutut kopong gara gara banyakan ngocok ternyata boong

    berarti guru gw yg bilang gitu gak kredibel infonya

    :hot::hot::hot::hot::hot::hot::hot::hot::hot:
     
  15. Offline

    eXcImEr Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,264
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +35,906 / -1
    banyak orang bilang kalo fap2 katanya emang suka pegel & lemes di kaki :hot:
     
  16. Offline

    Alin_El_Rene Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2008
    Messages:
    1,654
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +1,740 / -0
    Pada intinya kita tidak perlu menyerap informasi yg memang belum benar adanya. Dengan membaca artikel atau info diatas saya jadi ingin lebih mengetahui lebih lanjut mengenai mitos atau Hoax yg masih menyebar di masyarakat. nice info gan :top:
     
  17. Offline

    ghusesup Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    125
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    :niceinfo: nih gan..
    khusus tuk no. 1, klo hub. seks dengan pacar bukan bukti cinta, itu mah napsu syahwat yg gak terbendung namanya :onegai:, stuju gan... :hulk:
     
  18. Offline

    Kenzo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 5, 2008
    Messages:
    1,049
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,242 / -0
    nice post gan..
    yah mungkin bisa dijadikan bahan renungan buat yang masih remaja...supaya tidak terjebak dengan dosa...
    :)
    :top:
     
  19. Offline

    Laguchi Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 27, 2007
    Messages:
    238
    Trophy Points:
    81
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +138 / -0
    dengkul kopong emg omongan dr mulut kemulut doang..

    bahan bercandaan :)

    ada juga yg bilang sering masturbasi jadi ceking, ga bisa gendut :hahai:
     
  20. Offline

    Shad12ow Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 27, 2009
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +38 / -0
    Emang gini nih org harusnya, baca n cari informasi yang bener dulu.
    Thanks atas infonya, berguna banget.
    Tapi kenapa yah ud pada ada penelitian yag bener2, tapi masih ada aja orang yang salah ngerti...
     
  21. Offline

    Eiyuu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    1,046
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +63 / -0
    gila aja loncat2 bsa ga hamil..-_-..enak amat klo bgtu..hbs ml ajak aja cw lo maen trampolon ato lompat tali.dan selesai smua masalah..-_-
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.