1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Benarkah Air Embun Berkhasiat?

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by smkosasih, Apr 18, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    Meskipun sama-sama untuk diminum, air bisa diolah dengan banyak cara. Beberapa di antaranya diklaim punya kelebihan, bahkan khasiat tertentu bagi kesehatan. Satu diantaranya air embun.

    Pada saat air oksigen heboh di pasaran, banyak pihak menyikapinya dengan skeptis (ragu-ragu). Khasiat yang digembar-gemborkan dinilai berlebihan.

    Setelah era air oksigen telah berlalu, kini hadir produk terbaru yakni air embun dalam botol (purence dew drinking water). Pengolahannya menggunakan teknologi Systemized Dew Process (SDP) yang memanfaatkan kelembaban udara.

    Teknologi ini diklaim ramah lingkungan, karena tidak mengurangi persediaan air tanah. Ini juga yang membuat produk ini dipasarkan dengan harga lebih mahal dibandingkan air minum dalam kemasan.

    "Dibandingkan air minum pada umunya, struktur kimia air embun tidak mempunyai perbedaan," kata peneliti dari LIPI, Leonardus Broto S Kardono Ph.D yang membenarkan bahwa di manapun struktur air adalah H2O, dalam seminar di litbang depkes.

    Uji praklinis yang dilakukan Puslitbang Biomedis dan Farmasi Kemenkes RI dan PT Divine Eternair Water Indonesia menunjukkan manfaat air embun dalam membantu fungsi tubuh diantaranya adalah:
    • Menurunkan berat badan.
    • Meningkatkan keinginan minum.
    • Menurunkan kolesterol dan kadar LDL.
    • Manfaat mengencerkan darah.
    • Melancarkan Buang Air Besar (BAB).

    Hasil riset inilah yang kemudian membedakan air embun dengan air minum dalam kemasan. Air embun pun didaftarkan sebagai minuman fungsional. Air embun diklaim berkhasiat karena bebas dari mineral anorganik seperti natrium atau garam klorida, bebas logam berat seperti timbal dan merkuri dan bebas kontaminasi seperti pestisida.

    Yang jelas seperti dikutip dari healthy eating, sangat penting untuk menjaga cairan dalam tubuh setiap harinya dan air murni alias tanpa tambahan bahan kimia atau gula adalah yang terbaik. Jadi apapun airnya asalkan bersih, bagus untuk kesehatan tubuh.

    Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS mengatakan, jika kebutuhan air terpenuhi dengan baik maka Anda akan jarang terkena sakit.

    Saat kebutuhan air terpenuhi, air akan melembabkan area-area dalam tubuh yang mudah diserang oleh bakteri dan virus seperti daerah bronkus (pipa saluran pernapasan), mukosa lambung dan usus. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh menjadi aktif sehingga area-area tersebut menjadi sulit diserang virus atau bakteri.

    Sebaliknya jika air yang dikonsumsi kurang, membran mukus pada bronkus akan mengalami dehidrasi dan mengering, dimana dahak dan lendir diproduksi dalam bronkus. Jika tidak ada air yang cukup maka dahak dan lendir akan menempel pada bronkus yang kemudian menjadi tempat berkembangbiaknya virus dan bakteri.

    Air penting bagi tubuh. Jika tidak ada air orang tidak hanya kekurangan gizi, tapi kotoran dan racun juga akan terkumpul di dalam sel dan tidak dapat dikeluarkan. Efek buruknya, racun yang terakumulasi itu akan merusak sel-sel gen yang salah satunya bisa menyebabkan berubahnya gen menjadi sel kanker.


    sumber:detikHealth
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    cahyo_pwkm Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2008
    Messages:
    1,536
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +264 / -0
    dulu pernah nyobain yg ngambil sendiri, ternyata skrg uda ada yg kemasan
    buset...
     
  4. Offline

    Rick_hardner Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 10, 2009
    Messages:
    1,867
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,803 / -0
    embun ada manfaatnya juga ya...
    Btw, minumanx ad yg jual di indo ga? Mau nyoba beli
     
  5. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    @Rick_hardner.
    gw pernah denger ada yang berencana memproduksi air embun kemasan di indonesia. kalu gak salah gw pernah denger gagasan dari "PT.Eternair Water Indonesia".
    Katanya sih mereka mau produksi air embun dalam kemasan...
    :???:
     
  6. Offline

    enceladus Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +16 / -0
    ada cara ngebuatnya g? kalo misalnya kita naro air di gelas yang ada tutupnya. trus pas malem, kita letakin di luar sampe shubuh. Apa itu termasuk air embun? soalnya si katanya air yg digituin bisa nyembuhin panas ma batuk.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.