1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Info Begini Cara Membuat French Fries Renya Ala Kentucky

Discussion in 'Meramu / Meracik' started by criscito, Aug 13, 2015.

  1. Offline

    criscito Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 11, 2010
    Messages:
    77
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20 / -0
    [​IMG]

    Kamu suka french fries? Cemilan kentang goreng yang krispi diluar dan empuk di dalam, yang hampir tiap orang doyan. Yang sepintas sepertinya gampang dibuat.
    Btw, selain french fries, diluar negri kentang goreng disebut juga dengan chip. Istilah chip ini bisa untuk kerupuk/keripik juga.

    Kalau kamu suka banget, kamu mungkin pernah mencoba membuatnya sendiri di rumah. Dan kalau kamu pernah mencoba menggoreng kentang dengan berbekal resep, mulai dari kentang mentah, kamu mungkin berkali-kali kecewa sama sepertiku.

    [​IMG]

    Karena entah bagaimana, kentang goreng buatan rumah tak bisa renyah setelah dingin, walaupun dimasukkan ke dalam wadah kedap udara. Sebenarnya apa sih, rahasia french fries renyah dan juga mahal itu?

    Mahal di sini maksudnya jika dibandingkan bahan mentahnya. Kentang goreng khusus french fries yang dipasaran dikenal sebagai “kentang Kentucky” dengan kulit warna merah harganya cuma sekitar 12 ribuan per kg. Sedangkan french fries beku belum goreng tak bermerek saja sekitar 3ribuan per ons. Apalagi bermerek seperti Fiesta, paling murah 40ribuan per ½ kg. Bedanya jauh banget ‘kan. Apalagi kalau beli di outlet fastfood bermerek, harganya bisa 2 kali lipat atau lebih tuh.

    Jadi, ternyata memang ada rahasia bagaimana membuat french fries yang renyahnya tahan lama, seperti yang dilansir hello-pet.com

    Dalam membuat gorengan renyah biasanya kita memakai adonan tepung sebagai lapisan luar. Tetapi kentang goreng tidak menggunakan adonan pelapis, karena bahan dasar kentang adalah tepung, yang jika digoreng akan membentuk lapisan renyah. Tetapi karena lapisannya memang cukup tipis tidak seperti adonan tepung, jadi cepat melempem.

    Untuk menghasilkan kentang goreng renyah terdapat beberapa cara pembuatan, beberapa merek waralaba cepat saji masing-masing punya cara tersendiri. McDonald dengan menggoreng sebentar lalu dibekukan, dan digoreng saat dipesan.

    Lalu ada yang direbus dulu baru goreng, ada yang digoreng 2 kali bahkan 3 kali, ada yang menggunakan penggorengan dengan tekanan dan suhu tinggi hingga mencapai 170°C. Bahkan yang lebih ekstrim dimana gaya sentrifugal dipergunakan(dengan putaran kecepatan tinggi) hingga menimbulkan efek gaya grafitasi 3 kali bumi menjadi seperti gaya grafitasi di Jupiter.

    Tetapi, umumnya buku resep masakan dan para ilmuwan setuju, bahwa kentang goreng terbaik dihasilkan dengan 2 kali penggorengan, penggorengan pertama dengan suhu rendah, dan yang kedua dengan suhu tinggi. Apakah benar 2 kali?

    [​IMG]

    Heston Blumenthal dari Fat Duck berpikir tidak. Dia terkenal mengarang resep untuk membuat kentang goreng dengan tiga kali masak. Pertama kali adalah direbus mendidih sebentar, diikuti oleh vakum untuk menghilangkan jejak air. Yang kedua adalah deep-fry (goreng dengan banyak minyak) pada suhu relatif rendah, dan yang ketiga adalah deep fry suhu tinggi, hingga membentuk lapisan keras. Yang didapatkan di akhir begitu kering hingga memiliki tekstur kaca, dengan interior lembut –membuat mereka bisa dibilang kentang goreng terbaik di planet ini.

    Apapun itu, kunci untuk kentang goreng yang sempurna, apakah digoreng dua atau tiga kali, di bumi atau di ruang angkasa, adalah menyingkirkan kelembaban pada lapisan permukaan dengan kecepatan yang tepat. Hingga terbentuk lapisan luar yang renyah dan tetap lembut di dalam. Dan yang membuat kentang goreng melempem setelah dingin adalah kandungan air dari dalam, bukan dari udara.

    Jadi, berdasarkan teori diatas, inilah cara membuat french fries dirumah dengan cara yang sederhana.

    Pertama carilah kentang kuning yang berkulit merah (sebagian orang menyebutnya kentang Kentucky), kupas dan potong sesuai selera, jangan terlalu gemuk ataupun kurus, garami dan tiriskan.

    Selanjutnya rebus/kukus lebih kurang 15 menit hingga masak. Lalu tiriskan sekering mungkin dan masukkan ke kulkas bagian bawah, biarkan lebih kurang sehari hingga tiap potongan kentang benar-benar kering. Pastikan tidak menggumpal supaya kering merata. Mungkin langkah ini bisa diganti dengan pemanasan di oven selama beberapa menit hingga permukaan tiap potongan kentang cukup kering. Tujuan langkah ini adalah menghilangkan sebagian kandungan air, hingga kerenyahan hasil gorengan lebih tahan lama.

    Dan langkah terakhir adalah mengemas kentang yang sudah kering tersebut kedalam plastik, pastikan air-tight (tanpa gelembung udara) sebisa mungkin dan taruh di freezer, bekukan. Setelah beku, kentang siap digoreng kapanpun. Pastikan saja tetap air-tight sebelum habis digoreng.

    Cara menggorengnya adalah seperti menggoreng kentang goreng beku beli jadi, panaskan penggorengan dengan minyak yang cukup merendam kentang untuk deep-fry, setelah minyak cukup panas baru goreng kentang beku tadi hingga berwarna kuning keemasan. Ingat harus digoreng dalam keadaan beku. Selamat mencoba!

    sumber : http://hello-pet.com/quiz?id=98978
     
    • Like Like x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    kosasihyk Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 7, 2010
    Messages:
    56
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +2 / -0
    Tepung terigu atau tepung beras gan???

    Bagi resep ayam nya juga dong kalo ada. Thx infonya...
     
  4. Offline

    ochao Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 17, 2014
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    12
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    pasti banyak banget orang yang penasaran sama ini. terkadang kalau bikin kentang goreng sendiri cenderung lembek. tapi cukup surprised karena ternya menggorengnya justru saat beku
     
  5. Offline

    lukes12 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 31, 2008
    Messages:
    68
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    kalo mau lebih renyah lagi dilakukan penggorengan dua kali gan,, yg keduanya sebentar aja tapi,,
     
  6. Offline

    digul Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 21, 2010
    Messages:
    30
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +106 / -0
    Kalo di resto fast food itu kayanya pake metega putih bukan minyak goreng biasa.
     
  7. Offline

    hnif85 Members

    Joined:
    Jan 17, 2012
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    tapi kalo kayak di mc d itu, kalo udah dingin jadinya gk renyah lagi. bener - bener letoy dan berasa banget minyaknya
     
  8. Offline

    matheus Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 9, 2011
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +0 / -0
    itu mah tinggal tekni menggorengnya , butuh pengalaman sih
     
  9. Offline

    mandrakes Beginner Members

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    297
    Trophy Points:
    87
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,375 / -2
    kelamaan dimasukin kulkas, yang lebih evisien celupin ke air garam baru digoreng crisspppyyyy cuy
     
  10. Offline

    ndre85 Beginner Members

    Joined:
    May 4, 2009
    Messages:
    324
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +37,348 / -0
    mungkin ini bisa bantu, credit to yang punya video TheHasanVideo :
     
    • Like Like x 1

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. cara membuat french fries beku

    ,
  2. cara membuat french fries

    ,
  3. cara membuat kentang beku

    ,
  4. cara membuat fre,
  5. cara buat french fries sendiri,
  6. cara bikin french fries renyah,
  7. cara membuat/kentang/beku,
  8. cara buat french friesh,
  9. cara bikin frien frise,
  10. cara membuat kentang frozen food

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.