1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Beberapa Pesan Dari Zaman Batu

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by keiyakufever, Jun 5, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    keiyakufever Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    7,410
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,814 / -0
    Sebelumnya Maaf Klo Repost :repost: klo emang repost close aja om momod :peace:
    dah cekidot aja langsung

    Lukisan atau simbol-simbol yang terdapat didinding-dinding gua sepertinya adalah asal-usul bahasa tertulis. Pertama kali ditemukan di Perancis, Dan kemudian ditemukan diberbagai belahan dunia. Kali ini kita akan membahas sebagian saja, cekidot kira-kira pesan apa yang bisa kita tangkap dari lukisan atau simbol-simbol ini:
    [​IMG]
    Seorang pengunjung melihat pada dinding-dinding Aula Besar Bulls, gua Lascaux II, Dordogne, Perancis, yang memiliki lukisan-lukisan prasejarah yang indah, sampai sekarang. Hanya baru-baru ini para peneliti sudah mulai melihat, setengah lingkaran aneh squiggles, garis dan zigzag yang mengelilingi mereka. Ini mungkin sebuah kunci untuk memahami bentuk-bentuk awal komunikasi manusia.

    [​IMG]

    Lukisan batu ini di Chobe Taman Nasional, Botswana, menggambarkan sebuah eland, gajah dan kijang atau gemsbok.Namun, simbol-simbol yang mengelilingi mereka yang mungkin memegang kunci untuk memahami komunikasi manusia awal. Garis zigzag tidak muncul sampai 20.000 tahun yang lalu dan 13.000 tahun yang lalu telah menghilang. Bentuk mengular berbentuk sama ada dari 30.000 tahun yang lalu, tetapi juga meninggal dari sekitar 13.000 tahun yang lalu. Simbol serupa telah ditemukan di Australia, Afrika Tengah, Eropa, dan Selatan dan Amerika Utara.

    [​IMG]

    Tangan ini dicat di dinding gua di Rio Pinturas, Argentina. Bentuk tangan yang diciptakan dengan menekan seluruh atau sebagian dari tangan terhadap permukaan, menggunakan cat atau tanah liat. Meskipun terlihat jelas, simbol ini sangat mengherankan dan langka, ditemukan di hanya di bawah 7 persen dari situs Perancis. Pertama kali ditemukan di Chauvet, dan tampaknya telah menyebar ke segala hingga 13.000 tahun yang lalu sampai akhirnya tidak digunakan lagi. Simbol ini juga terdapat di Australia dan Burma.

    [​IMG]

    Simbol Tangan mendominasi mural di sebuah gua asli Australia, menunjukkan seberapa jauh penyebaran simbol tersebut. Terdapat juga simbol spiral di bagian atas atap. Simbol spiral ditemukan di hanya dua situs Perancis, yang mengejutkan para peneliti karena ternyata motif umum dalam budaya ini. Meskipun langka di Perancis, fitur simbol spiral terdapat pula dalam seni batuan di seluruh dunia, termasuk China, Afrika, Eropa dan Amerika Selatan.

    [​IMG]

    Lukisan-lukisan ini ditemukan di gua Lascaux II. Simbol berbentuk titik seperti yang jelas terlihat tapi begitu juga yang berbentuk segi empat (di sebelah kiri jangka titik). Simbol berbentuk segi empat ditemukan di 20 persen situs dipelajari dan telah dihubungkan dengan situs di Afrika Selatan, India dan Selatan dan Amerika Utara.
    [​IMG]

    Simbol-simbol ini ditemukan di gua-gua di Rio Pinturas, Argentina.Lingkaran terkonsentrasi di kiri bawah dianggap contoh-contoh awal dari synecdoche (menggunakan bagian dari sesuatu untuk mewakili keseluruhan), dan sehingga cara yang mewakili ide-ide simbolis daripada realistis. lingkaran serupa di tempat lain telah digunakan untuk mewakili mata di lukisan kuda dan banteng.

    [​IMG]

    Titik dan garis adalah beberapa simbol yang paling sering ditemukan.Titik-titik dalam berbagai ukuran muncul di 42 persen dari situs Perancis, termasuk yang satu ini di Chauvet.Garis-garis ditemukan di lebih dari 70 persen situs belajar dan muncul dari 30.000 tahun yang lalu sampai 10.000 tahun yang lalu.
    Bagaimana dengan di indonesia???
    Ternyata tidak kalah banyak juga lukisan atau simbol-simbol yang ditemukan diantaranya:

    [​IMG]
    Penemuan lukisan gua di Sulawesi Selatan untuk pertama kalianya dilakukan oleh C.H.M. Heeren-Palm pada tahun 1950 di Leang PattaE. Di gua ini ditemukan cap-cap tangan dengan latar belakang cat merah. Barangkali ini merupakan cap tangan kiri perempuan. Ada pun cap-cap tangan tangan ini dibuat dengan cara merentangkan jari-jari tangan itu di dinding gua kemudian ditaburi dengan cat merah. Digua tersebut juga ditemukan lukisan seekor babi rusa yang sedang melompat dengan panah di bagian jantungnya. Barangkali lukisan semacam ini dimaksudkan sebagai suatu harapan agar mereka berhasil berburu di dalam hutan. Babi rusa tadi digambarkan dengan garis-garis horizontal bewarna merah
    [​IMG]

    Lukisan Anoa pada dinding Gua Sumpangbita, Pangkep, Sulawesi Selatan.

    [​IMG]

    [​IMG]
    Di Maluku penemu lukisan dinding gua adalah J. Roder pada tahun 1937, walaupun mungkin masyarakat sekitar sudah mengenal sebe sebelum Roder menemukannya. Roder menemuan lukisan gua sebanyak 100 buah di Pulau Seram, pada dinding karang di atas Sungai Tala. Lukisan yang ditemukan berupa gambar-gambar rusa, burung, manusia, perahu, lambang matahari, dan mata.
    [​IMG]

    Selain ditemukan di Pulau Seram, di Maluku lukisan cadas juga ditemukan di Kepulauan Kei, pada tebing batu karang dengan ketinggian 5-10 meter dari atas permukaan laut. Lukisan-lukisan yang ditemukan di Kepulauan Kei pada umumnya hanya berupa garis lurus saja, tetapi ada yang diberi warna pada bagian dalamnya, khususnya untuk gambar manusia. Kecuali manusia dengan berbagai adegan (menari, berperang, memegang perisai, dan jongkok dengan kedua tangan terangkat), ada pula pola topeng, burung, perahu, matahari, dan bentuk geometrik. Gaya lukisan yang ditemukan mirip dengan lukisan yang ditemukan di Pulau Seram, Papua Barat, dan Timor, bahkan lukisan di Australia bagian selatan.
    Orang yang dianggap mencatat lukisan prasejarah pertama kali di Papua adalah Johannes Keyts (Seorang pedagang) dalam perjalanan dari Banda ke pantai Nuw Guinea pada tahun 1678. Ia melewati sebuah tebing karang di tepi teluk Speelman yang dipenuhi oleh tengkorak, sebuah patung manusia, dan berbagai lukisan pada dinding gua tersebut dengan warna merah


    Terdapat di gua dan ceruk di Sulawesi Tenggra terdapat di Mentanduro, La Kabori, Kolumbo, Toko, dan wa Bose, sedangkan ceruk-ceruknya adalah La Sabo, Tangga Ara, La Nasrofa, dan Ida Malangi. Semua peninggalan ini terdapat di sekitar kawasan perladangan Liabalano, Kampung Mabolu, Desa Bolo, Kecamatan Kotobu.


    Lukisan cap tangan pada dinding Gua Tewe, Kutai Timur, Kalimantan Timur.


    Seni cadas yang paling menarik adalah Gua Tamrin dan Gua Ham karena begitu banyak gambar di dalamnya. Gua Tamrin terletak di dekat sungai Marang, memiliki sejumlah lukisan penari bertopeng yang menutupi seluruh bagian kepalanya. Lukisan tersebut mirip dengan tarian adat yang masih berlangsung pada beberapa suku di Papua. Sementara itu, di Gua Ham ditemukan pola cap seperti penari, tapir, rusa dan tumbuh-tumbuhan. Chazine berpendapat bahwa pola cap tangan yang di jumpai di dalam gua tersebut merupakan yang paling banyak di dunia.


    Lukisan dan simbol-simbol yang terdapat di gua-gua tersebut adalah peninggalan sejarah yang sangat berharga. Sampai sampai lukisan yang terdapat di gua Lascaux, dibuatkan replikanya sehingga yang asli tetap terjaga

    kalau berkenan grp dan thanks seikhlasnya :peace:

     
    Last edited: Jun 12, 2011
    • Thanks Thanks x 7
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    sugaAssauqi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 11, 2011
    Messages:
    583
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +320 / -0
    paling gampang yang bikin cap tangan,,,,(tu kelihatannya)
    tapi kalo di pikirin lg,,, tu kayaknya yang laling susah deh,,,
    anday jaman dahulu udah ada cat semprot,,pasti gampang bikin tu lukisan,,,
    bayangin aja, mereka buat itu ppakek apa, ada gradasi warna lag,,,,
     
  4. Offline

    fransrouvell Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 2, 2010
    Messages:
    565
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +36 / -0
    gambar yang pertama keren. sudah gambarnya bagus n jelas ditambah lagi posisinya di atas atas. gak kebayang cara gambar bagus ditempat tinggi n jaman dulu gak ada tangga.
     
  5. Offline

    mr_ark Superstar Super Moderator

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    22,030
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +65,775 / -11
    cap tangan buat nandaian "I was here" :hihi:
    orang jaman sekarang juga suka kayak gitu. :malu
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    keiyakufever Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    7,410
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,814 / -0
    :haha: klo sekarang buat paan ya tuh cap tangan :haha: adanya cap kaki kayak di film Putri ******* kar
    :top: memang lukisan prancis itu yang bagus :hehe:
     
  7. Offline

    riobastian Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 1, 2009
    Messages:
    1,009
    Trophy Points:
    111
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +860 / -0
    Kebanyakan cap tangan ya.. Mungkin kalo sekarang maksudnya sama kaya "I was here.."
     
  8. Offline

    4NDr3 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 27, 2011
    Messages:
    529
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +2,768 / -0
    cap tangan yang paling banyak mendominasi....

    paling keren lukisan hewannya....

    jaman dulu sudah bisa membuat lukisan kayak gitu dengan alat dan media yang terbatas...

    bener kata agan2 diatas..cap tangan mungkin menandakan mereka pernah disitu...
     
  9. Offline

    NewGEN Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 21, 2011
    Messages:
    595
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +80 / -0
    lukisan cap tangan yang paling mendominan :haha:
    paling mudah dilakukan... (di kamar dinding saya juga ada satu)
    lama juga efek lukisan dari darahnya
     
  10. Offline

    Roswell Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 4, 2009
    Messages:
    2,737
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,889 / -0
    ada juga gan pesan yang tidak tersurat tapi tersirat.

    seperti pesan di stonehenge dan patung pulau paskah, tapi ampe sekarang maksudnya aja masih pada ga tau
     
  11. Offline

    aareza Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 6, 2010
    Messages:
    759
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +142 / -0
    sebuah fakta bahwa seni sudah dikenal kaum manusia dari abad terdahulu.
    dan ini ngbuktiin kalo kita semua g harus belajar nglukis dsb. untuk ngekspresiiin diri.
    tuangin j.:ehem:
     
    • Like Like x 1
  12. Offline

    Xavier_LiN Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 17, 2010
    Messages:
    550
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +17 / -0
    gak ngerti sama sekali tanda tanda ny itu
     
  13. Offline

    keiyakufever Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    7,410
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,814 / -0
    :haha: bener juga sih
    atau mungkin bisa juga bermakna "help me" atau "this place has stayed"
    tergantung maksud yang ngelukis :haha:
     
  14. Offline

    PuppetDrawing Silent Reader Members

    Joined:
    May 29, 2011
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +9 / -0
    hmm pake darah mungkin gan #serem
     
  15. Offline

    Fakhry7 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 24, 2009
    Messages:
    575
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +198 / -0
    kalo gua dengan lukisan cap tangan di Indonesia kan juga ada gan :D
     
  16. Offline

    keiyakufever Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    7,410
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,814 / -0
    dimana ya gan :???: baru tau kalau ada gua captangan di indo :top:
     
  17. Offline

    loser Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 31, 2010
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    61
    Ratings:
    +11 / -0
    gile,.. :matabelo:
    bisa ada pesan2 gitu yach dari para ne2k moyang,.. :matabelo:
     
    • Like Like x 1
  18. Offline

    kimimura Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 4, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    Yang bikin cap tangan catnya pake apa ya selain tanah liat :bingung:
     
  19. Offline

    begezet Silent Reader Members

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    126
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +0 / -0
    gambar orang2 dari zaman batu bagus2 juga ya
     
  20. Offline

    Ozzvx Red Carpet Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 24, 2009
    Messages:
    58,972
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +84,119 / -0
    kalo gw yg liat cap tangan itu pasti mikir gw :

    ini apaan yach,kek prang iseng banget bikin cap tangan di sini :iii:
     
  21. Offline

    keiyakufever Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    7,410
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,814 / -0
    mungkin maksudnya menandkan bahwa aku berada disni atau kau telah tinggal disini gan :peace:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.