1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Beberapa Hal Seputar Penyakit Paru-paru Basah yang Harus Dipahami

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by kura2berlari, Dec 7, 2017.

  1. Offline

    kura2berlari Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 5, 2010
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]

    Penyakit paru-paru basah merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan jamur. Sayangnya beberapa penderita penyakit ini kerap tidak mempedulikan sejak awal, sehingga penyakit semakin sulit disembuhkan. Dampak terburuknya bisa menyebabkan kematian. Mengerikan sekali, bukan?

    Selain disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur, paru-paru basah juga bisa diakibatkan karena si penderita kerap menghirup cairan atau bahan kimia berbahaya. Hal itu bisa menyebabkan penderita mengalami gangguan paru-paru akut yang mengarah ke paru-paru basah atau yang dalam istilah medis disebut dengan pneumonia. Untuk itu Anda patut mewaspadai penyakit paru-paru basah mulai sejak dini. Berikut penjelasan gejala paru-paru basah yang patut Anda waspadai.

    Beberapa Gejala Umum Penyakit Paru-paru Basah

    Pada dasarnya gejala paru-paru basah bisa terlihat dari batuk berdahak yang dialami oleh penderita. Batuk berdahak ini terjadi dalam periode yang lama dan disertai dengan darah saat penyakit sudah semakin parah. Selain itu dada juga akan sering terasa nyeri dan sistem pernafasan juga akan terganggu. Penderita pneumonia juga akan mengalami sakit di bagian tenggorokan, kepala hingga bagian tubuh yang lain. Bukan hanya itu saja, penderita biasanya juga akan mengalami penurunan napsu makan yang berdampak pada menurunnya berat badan.

    Jika sudah terjadi demikian, sudah sepatutnya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan medis lebih lanjut. Bisakah paru-paru basah dicegah? Bisa. Berikut ini beberapa hal yang wajib Anda pahami untuk mencegah penyakit paru-paru basah.

    Cara Mencegah Penyakit Paru-paru Basah

    1. Selalu jagalah kebersihan tempat tinggal dan lingkungan sekitar Anda, karena bisa saja lingkungan sekitar menjadi tempat tumbuhnya perkembangan virus dan bakteri yang bisa menyebabkan terjadinya paru-paru basah dan membuat kesehatan Anda terancam.

    2. Buatlah sirkulasi udara yang sempurna dalam hunian Anda, karena bila tempat tinggal Anda pengap ternyata bisa bersiko menyebabkan terjadinya penyakit paru-paru. Sepele, tapi patut mendapat perhatian khusus.

    3. Rajinlah untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, sehingga sistem imun Anda menjadi lebih kebal dan kuat.

    4. Seringlah melakukan vaksinasi dan imunisasi pada anak, untuk menghindari terjadinya penyakit paru-paru terhadap serangan bakteri Haemophylus influenza tipe B.

    Mudah sekali bukan bagimana cara mencegah penyakit paru-paru basah? Mulailah dari diri sendiri untuk melakukan empat hal penting tadi. Tapi jika sudah terlanjut terserang penyakit mematikan yang satu ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

    Tips Mengobati Paru-paru Basah Secara Alami

    Bagi penderita sakit paru-paru basah, dianjurkan agar mengonsumsi ramuan herbal dari ekstrak kulit manggis, bunga rosella atau daun sirsak. Pasalnya beberapa bahan herbal tersebut diketahui mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk mengatasi bakteri dan menghambat tumbuh kembang bakteri, virus dan jamur penyebab dari paru-paru basah.

    Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium, kalsium, vitamin C, omega 3, dan beberapa nutrisi lain agar daya tahan tubuh lebih terjaga dan bisa maksimal melawan pneumonia yang bersarang di dalam tubuh.

    Itulah tadi beberapa hal yang penting untuk diketahui seputar penyakit paru-paru basah. Dengan memahami seputar penyakit ini, Anda bisa lebih waspada dan bisa melakukan antisipasi lebih dini terhadap penyakit mematikan yang satu ini. Dengan begitu, paru-paru basah bisa teratasi dan tidak sampai ke tahap yang lebih berbahaya. Semoga bermanfaat.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.