1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Bayi Cukup Bulan Bukan Bandingan Prematur

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by shinminho, Jul 31, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    BAYI lahir prematur memang berisiko tinggi. Namun, itu bukan berarti bayi prematur tak bisa bertahan hidup hingga dewasa. "Selain kelainan fisik, perlu memperhatikan proses tumbuh kembangnya. Kuncinya pemberian nutrisi dan stimulasi yang tepat," kata dr Ahmad Suryawan SpA(K).

    Spesialis anak dari RSUD dr Soetomo itu mengatakan, ada beberapa kondisi yang membuat bayi prematur berisiko tinggi mengalami gangguan tumbuh kembang jangka panjang. Yakni, volume otak dan luas permukaan korteks otak berkurang. Bayi prematur lahir dengan sinaptogenesis (perkembangan penghubung antarsaraf) otak yang tidak optimal. Perkembangan area korteks akhirnya terhambat. "Kondisi-kondisi tersebut memengaruhi perkembangan struktur otak yang penting untuk proses tumbuh kembang," terangnya.

    Pemberian stimulasi dan nutrisi dilakukan sedini mungkin. Dokter yang akrab disapa Wawan itu menjelaskan, stimulasi dan nutrisi diberikan secara reguler dan kontinu. Setiap perkembangan yang dicapai bayi terus dicatat.

    Orang tua disarankan untuk rajin memeriksakan kondisi pertumbuhan buah hatinya dengan antropometri reguler. Dengan begitu, diketahui pola perkembangan serta kesesuaian tumbuh kembang dengan antropometri. "Satu hal yang patut diingat orang tua, tidak membandingkan buah hati yang terlahir prematur dengan bayi yang lahir cukup bulan," tegasnya.

    Sebab, kondisi perkembangan masing-masing berbeda. "Saya tidak bilang bahwa bayi prematur tak bisa seperti bayi yang lahir cukup bulan. Orang tua jangan salah paham mengenai hal ini," tutur Wawan. Beberapa hal yang perlu dideteksi perkembangannya adalah gerak kasar dan halus, kemampuan bicara, serta sosialisasi atau kemandiriannya. Gerak kasar diketahui dari kemampuan bayi mengangkat kepala, jalan, dan lari. Gerak halus adalah cara menyendok, mewarnai, melukis, main lego, dan menggunting.

    "Kemampuan bicara sudah jelas, sedangkan sosialisasi adalah kondisi anak bisa bergaul dengan sebayanya. Atau melakukan aktivitas, seperti sikat gigi serta melepas dan mengenakan baju sendiri," papar Wawan.

    Konsultan tumbuh kembang anak itu menambahkan, ada beberapa hal yang patut dihindari agar tak mengganggu proses tumbuh kembang bayi prematur. Antara lain alkohol, rokok, ionizing radiation, cocaine, serta methyl mercury. "Bayi juga jangan sampai mengalami infeksi prenatal dan stres," ujarnya. (ai/c9/nda)

    sumber:jawapos
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zakainiwak Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    1,291
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +25,726 / -0
    kalo gak salah bayi2 yang premature...
    memiliki persentase menjadi kidal daripada anak2 yg lahir normal..CMIIW
     
  4. Offline

    esmond1989 Beginner Members

    Joined:
    Nov 30, 2008
    Messages:
    357
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +179 / -0
    memang kalo bisa jangan sampe prematur...... tp kl terpaksa ya laen lagi..... meskipun premature sebenarnya gpp koq...... kalo gak salah di luar negeri, usia kehamilan 20 minggu uda dapat dilahirkan (kl terpaksa.... dan bayinya bisa normal koq)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.