1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Bangsa Tanpa Memori Sejarah

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by keemchee, Aug 19, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    keemchee Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,913
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,054 / -7
    Sejarah itu guru kehidupan, sehingga kata pepatah Latin, historia magistra vitae. Sejarah adalah ilmu tua, sedangkan ilmu hukum dan ilmu politik merupakan ilmu-ilmu muda.
    Bangsa Korea punya memori yang panjang, tapi bangsa ini (Indonesia) memorinya pendek, sehingga mudah melupakan peristiwa-peristiwa sejarah yang menyakitkan yang dialami oleh bangsa sendiri. Meski peristiwa itu baru berlangsung beberapa tahun lalu.
    Kita bukan saja gampang melupakan peristiwa pahit dan tidak berani menatapnya, tetapi juga tidak memiliki catatan yang baik mengenai banyak peristiwa yang terjadi. Maka pelajaran sejarah di sekolah-sekolah umumnya adalah sekedar hafalan tanggal, bulan, tahun, tempat, dan nama-nama.

    Kita lebih suka melupakan, sehingga buku-buku sejarah tidak berani menjelaskan peristiwa-peristiwa pahit yang pernah menginjak-injak bangsa ini akibat perlakuan penjajah. Seperti penderitaan rakyat akibat Rodi/Kulturstelsel, Romusha, Kuli Kontrak, Jugun Ianfu, kamp konsentrasi Digulis, perbudakan, berbagai pembunuhan massal, politik diskriminasi, dan yang lainnya.

    [​IMG]
    Romusha

    Bangsa Korea sampai kini masih merekam ingatan, misalnya mengenai perlakuan keji Jepang terhadap mereka. Memori tersebut mereka gunakan untuk membangun motivasi positif untuk maju. Mereka bertekad menyaingi Jepang dalam segala hal.
    Bangsa tanpa memori sejarah adalah ibarat manusia tanpa ingatan alias ibarat orang gila. Mengapa peristiwa-peristiwa pahit yang pernah dialami bangsa ini perlu untuk diingat-ingat?

    [​IMG]
    Japan Invation of Korea, Imjin War (1592-1598)

    Tujuannya bukan untuk mengobar-ngobarkan dendam, melainkan untuk dijadikan interospeksi dan motivasi: kalau dulu kita diinjak-injak oleh penjajah, apakah hari ini masih pula diinjak-injak oleh para elit dan penguasa?

    Bagaimanakah kemudian kita jadi bangsa yang benar-benar merdeka dengan belajar dari berbagai pengalaman dan peristiwa-peristiwa pahit?

    Sejak kolonialisme masuk ke Nusantara, bangsa ini tidak henti-hentinya dijajah, direndahkan, ditindas, dan diperdaya oleh berbagai tipu muslihat. Bukan saja oleh Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang, melainkan oleh raja-rajanya sendiri yang lebih memilih jadi anasir asing yang berkomplot menyengsarakan rakyat melalui peraturan yang tidak pro rakyat.

    Tahun 1816 sistem perbudakan di negeri ini baru dihapus, sedangkan sistem pergundikan yang merendahkan martabat perempuan pribumi masih berlangsung hingga tahun 1940.
    Belanda dan Jepang tidak pernah secara formal meminta maaf kepada bangsa ini atas kesalahan mereka menjajah dan merampok semua yang dimiliki oleh bangsa ini.
    Maka membanggakan bahwa Soekarno memang telah mengunjungi banyak negara di dunia, tetapi hanya Belanda yang tidak pernah dia datangi sampai akhir hayatnya. Menurut cerita, satu-satunya orang Indonesia yang paling dibenci oleh kerajaan Belanda adalah Presiden Pertama Republik Indonesia itu.

    Historia magistra vitae, sejarah adalah guru kehidupan. Tetapi para elit dan penguasa negeri ini hari ini rupa-rupanya kurang berminat pada sejarah. Padahal dengan sejarah kita bisa menjelaskan kenapa kita seperti ini sekarang.
    Jadi berantakan dan tidak mampu merumuskan masa depan.

    Sumber: Korean History, Indonesian History



    Kita belajar sejarah untuk menjelaskan kenapa kita bisa sampai seperti sekarang ini..


    kalo boleh jujur saia paling tidak suka mendengar kata" ini:
    Maju terus pantang mundur
    Yang lalu biarlah berlalu
    Jgn lihat ke belakang, lihatlah ke depan


    kalo dipikir" logikanya begini loh:
    1. kalau anda maju terus lalu melihat jebakan di depan mata, apa anda akan terus melangkah tanpa memikirkan cara untuk menghindarinya?
    2. kalau anda melupakan masa lalu, itu artinya anda tidak akan pernah belajar.
    3. kalau anda tidak pernah melihat ke belakang, maka anda tidak akan pernah tahu jika ada "serangan" dari belakang yg akan menyerang anda.

    Jadi kesimpulan nya..
    Kita boleh mundur satu langkah ke belakang, untuk melangkah lebih jauh ke depan



    just IMO....:peace:
     
    Last edited: Nov 11, 2010
    • Like Like x 11
    • Thanks Thanks x 8
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Bright_007 Beginner Members

    Joined:
    Jun 26, 2010
    Messages:
    460
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +83 / -0
    Okheyyy... pertamax!
    sebenernya sih ada ditanamin di sekolah soal patriotisme, tapi beranjak dewasa kegusur Bro, lantaran kepentingan pribadi dan golongan...^^
    semua mendahulukan kepentingan masing2 dan saling menghancurkan.. makanya jadi seperti sekarang ini...
    perselisihan diturunkan turun-temurun.. supaya semua anak cucu mewarisi angkara murka dan dendam para leluhur sampe sekarang...
    ga ada juga yang ngarahin supaya hidup berdampingan dengan baik, ato mengecam keras perilaku SARA (semau aparatur negara MEMBLE)
    karena mereka sendiri mementingkan kepetingan suatu golongan, bukan kepentingan bersama, makanya diem2 aja.. ^^v
    Rakyat kacau balau berantakan, peduli amat, asal golongan mereka 'menang' lucu bukan?

    mestinya harus malu sih, udah 65 taun uey!! udah bangkotan... tapi masih begitu2 aja... ga ada kemajuan berarti...
    semua sibuk ngurusin golongan masing2... sehingga merasa diri superior terhadap yang laen.
     
    Last edited: Aug 19, 2010
  4. Offline

    Will Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    1,934
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,280 / -0
    susah sih klo sama pemerintahnya sendiri sejarah asli kita di tutup"in :sigh:

    tapi kan sekarang udah jamannya internet, mudah"an akses untuk mendapatkan sejarah asli kita menjadi lebih gampang :onfire:
     
  5. Offline

    Hirorens Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 21, 2009
    Messages:
    492
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +205 / -0
    yup sip.. betul bgt
     
  6. Offline

    sir sigit Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 7, 2008
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +20 / -0
    info inspiratif sayangnya banyak yg peduli :( semoga nilai patriot dirakyat indonesia gak semakin luntur sehingga tidak membuat kita semakin lupa akan jati diri..
     
  7. Offline

    kodokijo92 Beginner Members

    Joined:
    Jul 12, 2010
    Messages:
    313
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +4,375 / -0
    emang sejarah mesti jadi pembelajaran kita,ga tau kenapa kalau disini mah di kemanain arti dari sejarah itu.
     
  8. Offline

    mayoniizu Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 12, 2010
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +13 / -0
    sebenarnya betul juga,, ingatan tentang penjajahan harus kita jadikan pelajaran, tetapi bukan juga kita jadikan sebagai hal yang paranoid
     
  9. Offline

    saoyuan Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    2,037
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +364 / -0
    info yg bgs,smga dgn info ini kita jdi sadar diri dan berusaha buat memperbaikin bangsa ini
     
  10. Offline

    leaver I'm still a newbie Most Valuable Users

    Joined:
    May 10, 2010
    Messages:
    8,283
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +34,049 / -0
    sejarah pada jaman sekarang sih menurut saya hanya sebagai cerita buat anak-anak kurang begitu ada maknanya
     
  11. Offline

    haineko Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    1,126
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +5,514 / -0
    [​IMG]
    tsk :onfire:

    :ehem: kurus kering kerontang gara2 kerja paksa :sedih: masa penjajahan Nippon ya itu :sedih: teganya :oii:
    simbah saia bilang jaman penjajahan, orang2 pada ditembakin dari jarak jauh lah...dikejar2 trus diinterogasi, tentara asing ngambilin hasil bumi lah....ce' ce' nya juga ada yg dibawa pergi dari desa :onfire:.............can't imagine myself living in that era :panda:
     
  12. Offline

    keemchee Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,913
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,054 / -7
    @neko

    kalo ce" Indo dulu banyak yg diperkosa sama tentara Nippon...ampe skrg hobinya co Nippon jg gk brubah..:sigh:

    jd jgn heran kalo bnyk org indo yg mirip org Jepang...:hehe::hehe::hehe:

    tp kenapa kita malah tergila" sama Jepang? Khususnya Anime, Manga, dsb...:???:
     
  13. Offline

    joefrizz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    4,482
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +79,329 / -1
    sejarah di Indonesia : klo sejarahnya pahit ditutup-tutupi, klo sejarahnya manis dibesar-besarkan ....:haha:
     
  14. Offline

    turqouise Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2009
    Messages:
    540
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +751 / -0
    jangan2 kalo sejarah G-30S dibuka lagi malah bikin luka lama terbuka kembali :takut:
     
  15. Offline

    hanaze Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 15, 2010
    Messages:
    1,644
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +1,575 / -0
    paling setuju dengan kalimat diatas...
    dendam hanya akan berdampak "kerugian" yang lain.
    motivasi bisa menimbulkan "keuntungan".
     
  16. Offline

    kagami Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 18, 2010
    Messages:
    517
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +554 / -0
    dan untungnya gw bukan guru sejarah

    bisa dituntut gw klo gini
     
  17. Offline

    Modjoh Senpai Regional Leader

    Joined:
    May 20, 2009
    Messages:
    8,248
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,704 / -1
    karena pada hakekatnya sebagian besar dari kita masih dijajah sama jepang dengan cara yg berbeda
    (dan dengan senang hati)
     
  18. Offline

    simomone Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,591
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,184 / -0
    kita harus mengetahui sejarah kita untuk dapat berkembang
    dengan mengenal sejarah kita maka semakin dapat untuk memotivasi untuk menjadi lebih baik lagi.. :siul:
     
  19. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,421
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,702 / -8
    mantaf bro.

    bukan hanya dari dulu tapi sampe sekrang masih d injak2 negeri ini.

    dan pemerintah tidak bisa berbuat apa2 apalagi bertindak.
     
  20. Offline

    xxbadboyzxx Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 3, 2010
    Messages:
    3,318
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,460 / -0
    "sejarah" negara sendiri tidak mengembangkan hal itu
    "budaya" sampe dicuri negara lain pun negara masi tetap diam


    "korupsi" masi aja banyak kasus, pemerintah jujur malah bingung digulingkan


    gimana maw majuuuuuu :sigh:
     
  21. Offline

    Oromizz Post Hunter Veteran

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    3,859
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,203 / -0
    Bukan buat balas dendam , tapi untuk memberikan motivasi bagi para pemuda kita untuk berjuang lebih giat lagi bagi indonesia :top:

    Itu salah satu pentingnya mengenal sejarah , meskipun sejarah itu pahit :matabelo:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.