1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Discussion Bahaya Begadang [Wajib Baca]

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by nova_cute, Jun 8, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    nova_cute Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 5, 2011
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +80 / -0
    BAHAYA BEGADANG


    [​IMG]



    Tahukah bro / sist sekalian, jika begadang dapat menghantarkan berbagai kemungkinan munculnya penyakit. Banyak dampak buruk yang didapatkan karena kurangnya waktu tidur. Selain pekerjaan dan aktivitas sehari-hari menjadi terhambat, kurang tidur dapat menyebabkan berbagai macam penyakit hadir di tubuh kita. berikut dampak buruk yang bisa dialami flashners jika waktu tidur anda kurang dari 7-9 jam per hari, dan bila tidur Anda tidak nyenyak.

    - Berbagai rasa sakit bisa timbul

    Tidaklah mengherankan, sakit kronis seperti masalah punggung atau arthritis bisa saja terjadi bila Anda melakukan aktivitas tidur yang buruk. Dalam sebuah studi dari John Hopkins Behavioral Sleep Medicine Program, direktur Michael Smith, PhD, membangunkan orang dewasa muda yang sehat selama 20 menit setiap jam selama 8 jam selama 3 hari berturut-turut. Hasilnya, mereka memiliki toleransi sakit yang lebih rendah, dan mudah mengalami nyeri.

    - Risiko kanker lebih tinggi

    Sebelumnya mohon maap bila gambarnya ga nyambung, soalnya susah nyari gambar kanker yang ga DP. Olahraga membantu mencegah kanker, tetapi terlalu sedikit memejamkan mata dapat merusak efek pelindungnya. Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health meneliti hampir 6.000 wanita selama sekitar satu dekade dan menemukan bahwa penggemar olahraga yang tidur 7 jam atau lebih sedikit per malam memiliki kesempatan lebih besar 50% mengidap kanker daripada mereka yang rutin melakukan senam dan memiliki kualitas tidur yang baik. Hal ini terjadi karena kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan gangguan metabolisme hormonal dan dikaitkan dengan risiko kanker, dan bisa 'menghapus' manfaat latihan.

    - Memicu rasa gelisah

    Rasa gelisah setiap malam pasti akan terus menghantui mereka yang memiliki kualitas tidur buruk. Reaksi tubuh pun bisa menurun. Yang lebih kronis lagi, perasaaan bahagia tidak akan menghampiri hidup mereka yang kurang tidur, karena tidur dan suasana hati diatur oleh zat kimia otak yang sama. Hal ini dapat meningkatkan risiko pengembangan depresi, tapi mungkin hanya bagi mereka yang sudah rentan terhadap penyakit.

    - Tampak lebih tua

    Mereka yang kurang tidur biasanya memiliki kulit yang pucat dan wajah lelah. "Lebih buruk lagi, peningkatan kadar kortisol dapat memperlambat produksi kolagen yang memicu terjadinya keriput lebih cepat," kata Jyotsna Sahni, MD, ahli masalah tidur di Canyon Ranch, Tucson.

    - Stres meningkat


    Studi yang dilakukan Universitas Chicago juga menemukan bahwa tidur kurang dari 7 jam bisa meningkatkan produksi kortisol atau hormon stres. Bahkan pada sore dan malam hari dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah dan glukosa darah sehingga bisa memicu terjadinya hipertensi, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

    - Rentan terserang diabetes

    Gula adalah bahan bakar setiap sel dalam tubuh Anda. Jika proses pengolahannya terganggu bisa menyebabkan efek buruk. Dalam penelitian yang dilakukan Universitas Chicago, AS, yang meneliti sejumlah orang selama 6 hari, mendapatkan kondisi ini bisa mengembangkan resistansi terhadap insulin, yakni hormon yang membantu mengangkut glukosa dari aliran darah ke dalam sel. Hal ini menyebabkan terjadinya proses metabolisme gula yang tidak semestinya. Akibatnya bisa menyebabkan timbulnya diabetes.

    - Antibodi menjadi lemah

    Mereka yang tidur kurang dari 7 jam per malam bisa 3 kali lebih rentan mengalami rasa dingin. Penelitian lain menemukan, pada pria yang kurang tidur akan mengalami kegagalan untuk menjaga respon imun atau kekebalan tubuh secara normal setelah menerima suntikan flu. Mereka yang kurang tidur, antibodi yang bekerja setelah dilakukan vaksinasi hanya bisa bertahan paling lama 10 hari. Kondisi tersebut sangat berbahaya. Perbaiki kualitas tidur, maka kekebalan tubuh Anda akan meningkat.

    - Hasrat ngemil makanan berlemak meningkat

    Kurang tidur bisa melenyapkan hormon yang mengatur nafsu makan. Akibatnya, keinginan menyantap makanan berlemak dan tinggi karbohidrat akan meningkat, sehingga menyebabkan Anda menginginkan asupan kalori tinggi. Jika selama 2 malam tidur Anda tidak berkulitas bisa memicu rasa lapar berlebihan. Kondisi ini terjadi karena merangsang hormon ghrelin penambah nafsu makan, dan mengurango hormon leptin sebagai penekan nafsu makan.


    udah tau kan gan bahaya begadang itu kaya gimana, so ikuti kata pepatah bang haji,
    "Begadang jangan begadang, kalo tiada artinya, begadang boleh saja, kalo ada perlunya".



    [​IMG]


    BONUS BUAT IDWS​


     
    Last edited: Jul 8, 2011
    • Thanks Thanks x 18
    • Like Like x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    nova_cute Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 5, 2011
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +80 / -0
    Bahaya Begadang dan mandi sehabis begadang


    Begadang adalah Penyebab utama Kanker Hati!!!

    Adapun penyebab utama kerusakan hati adalah :

    1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama.
    2. Tidak buang air di pagi hari.
    3. Pola makan yang terlalu berlebihan.
    4. Tidak makan pagi.
    5. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.
    6. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, pemanis buatan.
    7. Minyak goreng yang tidak sehat. !
    Sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng saat menggoreng makanan
    hal ini juga berlaku meski menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil.
    Jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat,kecuali dalam kondisi tubuh yang fit.

    8. Mengkonsumsi masakan mentah atau sangat matang juga menambah beban hati.
    Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3/ 5 bagian.
    Sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan.

    Biar lebih, mudeng tentang bahaya begadang,
    ditambahkan juga pola-pola yang terjadi dalam tubuh kita.

    1. Malam hari Jam 9 - 11 :
    Adalah pembuangan zat- zat tidak berguna / beracun(de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

    2. Malam hari Jam 11 - dini hari Jam 1 :
    Saat proses de-toxin di bagian hati,harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

    3. Dini hari Jam 1 - 3 :
    Proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

    4. Dini hari Jam 3 - 5 :
    De-toxin di bagian paru-paru.Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini.Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

    5. Pagi Jam 5 - 7 :
    de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.

    6. Pagi Jam 7 - 9 :
    Waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil,harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum Jam 6:30. Makan pagi sebelum Jam 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini,bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga Jam 9-10 daripada tidak makan sama sekali. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna.


    Selain itu,dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi
    sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah..

    Yah, sudah. Ternyata kita tidak harus sendiri untuk menjaga hati.
    Cukup dengan menjaga pola makan, pola hidup dan tentu saja… begadang jangan begadang.



    [​IMG]

    BONUS BUAT IDWS​


     
    Last edited: Jul 8, 2011
    • Thanks Thanks x 18
  4. Offline

    nova_cute Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 5, 2011
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +80 / -0
    Bahaya Sehabis Begadang Langsung Mandi

    Begadang memang gak baik buat kesehatan, membuat tubuh lemas dan gak fit,
    bahkan bisa sakit. Lalu bagaimana kalo habis begadang langsung mandi,



    [​IMG]

    Apakah ada dampak buruknya?

    Bahaya Sehabis Begadang Langsung Mandi Terkena Paru-Paru Basah dan Angin Duduk
    Hal ini kejadian terhadap teman saya sendiri, habis begadang di depan komputer ternyata gak bisa tidur sampe sore. Nah, karna gak bisa tidur dan waktunya sholat ashar, saya pengen mandi aja, tapi teman saya ragu, apakah ada dampak buruk dan berbahaya buat badan.

    dia coba googling dan menemukan artikel dengan judul “Mandi Sehabis Begadang”. Setelah dia baca beberapa komentar, ternyata kebanyakan “tidak menyarankan” kalo sehabis begadang langsung mandi, karna bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh bahkan bisa terjadi kematian.
    Berikut beberapa komentar dari teman tentang bahaya mandi sehabis begadang :

    Mandi sehabis begadang sebenernya gak knp-2, tapi jangan sampe membasahi kepala karena akan “mengakibatkan pusing yang melanda”. Sebaiknya kalo sehabis begadang tidur sekitar 5 menit.

    Walau faktanya kalo abis begadang mana bisa tidur cuma 5 menit, niatnya 5 menit bablasnya 8 jam. :) Jadi harus tidur dulu. Itu si setau ane, tak tau yang lain. :)

    Kalo bisa jangan langsung mandi, istirahat dulu sampe suhu tubuh kembali normal dan otot kembali rileks.

    Efeknya bisa kena “masuk angin stadium 5″..


    Kalo bisa jangan, tapi kalo terpaksa mandi pun harus memakai Air Hangat..
    Temen Ane kejadian soalnya.. Habis Begadang Terus Mandi.. Kena Masuk Angin
    (Angin Duduk kalau kata orang orang mah)..
    Almarhum nggak lama kemudian :’(

    Pengalaman kaka kelas gw, dia cewe masih muda umur sekitar 27-28. Sorenya sehat, ga ada tanda-2 mau knp-2.. trus malemnya begadang sampe pagi.. Habis itu katanya mandi ato gimana gitu..
    Trus paginya langsung koid.. mana ninggalin anak masih 2 bln.. kasian banget yah.. :(

    Kalo pengalaman ane sih..
    Kalo abis begadang emang sebaiknya gak boleh mandi, karena lebih mudah masuk angin..
    Nah, kalo misalnya kamu abis mandi masuk angin terus tidur, takutnya kena yang namanya angin duduk (ini istilah ane juga gak ngerti) yang katanya bisa bikin orang koit gitu..
    Percaya gak percaya sih, tapi ane cari aman aja dah, gak mandi abis begadang.. mending langsung tidur.. :)

    Disarankan jangan gan, bahaya banget itu. apalagi abis mandi pasti ntar ngantuk..
    Temen bokap ane pernah kena angin duduk gara-2 begadang trus mandi. orangnya udah ngga ada sekarang.. :(

    Mati sih ngga kali yaa . . .
    Cuma gampang kena penmyakit . . .
    biasanya badan langsung pegel-2, rematik, masuk angin dll . . .
    gue pernah ngalamin.. abis begadang, kaga tidur dulu tapi langsung mandi ..
    ga sampe setengah jam abis mandi, badan gue pegel banget kaya orang salah urat ..
    Tulang punggung belakang kaku banget, badan susah digerakin sampe sore bahkan malem gak ilang2 sakit/pegel nya..

    Akhirnya ane minta diurut untuk ng’bener’in tulang yang sakit2 itu . . .

    Ane pernah nyoba pas jaman-2nya KKN. Begadang di paksa padahal badan dan minta tidur, trus malah ane paksa mandi.
    Dan akhirnya selese mandi, trus sholat subuh, badan ane serasa gempa gan… Kepala pusing gak karuan… berdiri goyang2… badan gemeteran…
    gak bagus dah mandi abis begadang..
    Tapi kalo badannya masih fit / trus gak berasa aneh-2, boleh-2 aja..

    Tapi ane juga pernah denger kejadian mati gara2 mandi setelah beres begadang..
    Jadi ceritanya, ada anak seni rupa ITB yang ngerjain tugas akhir sambil begadang,
    pas besoknya mau presentasi sidang akhir dia pulang + mandi dulu.
    Taunya mati deh, bener2 yang namanya “TUGAS AKHIR”.. :(

    Ini jawaban yang paling waras, tentang Bahaya Sehabis Begadang Langsung Mandi. Langsung baca deh :

    Kalo penjelasan secara logis sederhananya adalah seperti ini :

    Tubuh kamu yg begadang itu sebenarnya melakukan banyak aktivitas yg seharusnya pada waktu itu harus segera di istirahatkan.
    Karena banyak aktivitas yg terjadi di dalam tubuh kita, tanpa kita sadari terjadi pemanasan dari dalam tubuh kita.
    Nah, bayangin aja kalo dari suhu tubuh yg panas tiba2 disiram dengan air di pagi hari yg suhunya jauh lebih dingin ketimbang suhu tubuh kamu, apa yg akan terjadi ??
    yups, benar … Penurunan suhu tubuh yg sangat drastis dan spontan. Sedangkan tubuh kita tidak dirancang untuk itu.
    Kejadian itu mempunyai logis yg sama halnya dengan “terjun dari ketinggian yg menggunakan parasut” dan “terjun tanpa menggunakan parasut” .
    Bisa membayangkan apa akibatnya ?? sangat jauh berbeda bukan ??

    Ternyata bahaya juga mandi setelah begadang, selain bisa bikin badan lemes, pegel-2, kepala pusing, batuk-batuk, terkena paru-paru basah, bahkan yang lebih parah dan fatal bisa terkena angin duduk yang menyebabkan kematian.
    Setelah saya tau ternyata serem juga yah kalo sehabis begadang langsung mandi. Jadi mesti tidur dulu dah,dari pada kena masuk angin stadium 5. :) Intinya sangat dilarang untuk tidak langsung mandi disaat setelah begadang.. Berbahaya…!!! cape deh.. hehe





    BONUS BUAT IDWS​


     
    Last edited: Jul 8, 2011
    • Thanks Thanks x 10
  5. Offline

    siryasir Members

    Joined:
    May 29, 2011
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    malam begadang, tidur kurang dari 2 jam.......biasanya siang balas dendam, tidur seharian......:sleeping:
     
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    cesc_ido Beginner Members

    Joined:
    Jun 5, 2011
    Messages:
    222
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +285 / -0
    ane sering begadang nih :sedih:
    soalnya cuma malem2 buta aj inet ane laju . :haha:
     
    • Thanks Thanks x 1
  7. Offline

    iksanmiru Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2011
    Messages:
    398
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +18 / -0
    kyknya gw hrs ningkatin jam tdr nih
    aplgi dgn aktifitas yg padat
     
    • Thanks Thanks x 1
  8. Offline

    riia_emoticon Silent Reader Members

    Joined:
    May 26, 2011
    Messages:
    55
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    :hiks: tapii saiaa kegitannya selalu malam , susah kalo mo ngerjain siang ato sore kuliah padet banget ..

    pasti karena suka begadang nongkrongin lappy nih punggung suka sakit, mata perih ,,

    kepala juga suka gatel-gatel ..

    bahaya juga kalo cepet tua karena begadangan :suram:

    mestii bubu tepat waktu nih! :tidur:
     
    • Thanks Thanks x 1
  9. Offline

    ilmusulap Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 3, 2011
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    emang sih begadang ga bagus.... tapi kalo dah keseringan susah juga buat ilanginnya
     
    • Thanks Thanks x 1
  10. Offline

    santa Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    636
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +989 / -0
    :apa:wah sampai segitunya y kalo kebanyakan begadang??
    :suram::hiks:
    tp gimana lagi,tuntutan jd mahasiswa, hrs kuat tdr dikit krn banyak kerjaan
    pas garap TA smstr 8 nanti, aq banyakin tdr ahh:tidur:
     
    • Thanks Thanks x 1
  11. Offline

    Nexus82 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 5, 2009
    Messages:
    545
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +10 / -0
    Mantab neh info nya ... kaya nya bener neh. Soal nya kalo abis begadang kadang2 di muka langsung keluar jerawat. Mungkin sirkulasi darah ga jalan.
     
    • Thanks Thanks x 1
  12. Offline

    ary68890 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    1,061
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,376 / -0
    jadi inget javier zanetti, kapten tim sepak bola inter milan yg udah hampir kepala 4 tapi masih seger aja, dan rahasianya kata dia adalah selalu tidur tepat waktu, alias jangan begadang
     
  13. Offline

    Makodok Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 13, 2011
    Messages:
    500
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +87 / -0
    Jerawat?
    Ane sering bergadang, biasanya tidur jam 3 atau jam 4,
    terus jam 6 udah bangun,
    tapi gak timbul jerawat tuh
    :iii:
     
  14. Offline

    kiraichi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2011
    Messages:
    504
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +111 / -0
    begadang klo lagi mw download di kampus aja, ato ada film yg lagi seru
    tapi belakangan klo begadang suka sakit kepala di bagian belakang
     
  15. Offline

    idoeyudi Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 7, 2011
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    makanya dengrin kata bang oma, begadang boleh aja, klo ada perlunya..
     
  16. Offline

    miekacupu Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 19, 2011
    Messages:
    29
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    serem juga nih :voodoo:
    tiap hari gue begadangan. soalnya gak bisa tidur kalo belum lewat tengah malem. :aghh:
    musti coba ganti kebiasaan nih
     
  17. Offline

    beefreak Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    4,660
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,608 / -0
    klo insomnia gmn tuh :???:

    apakah punya efek yg sama ma begadang :iii:
     
  18. Offline

    bayoo Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 23, 2010
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +18 / -0
    ane sekarang aja begadang gan,kerjaan ane kadang juga mengharuskan begadang gan..

    yang penting pola makan dijaga n jangan lupa olahraga kk..
     
  19. Offline

    Drei Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    1,676
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +1,391 / -0
    :ohno: ana bisa berhari hari begadang
    akhir-akhir ini juga ana ngerasa ada yg aneh dengan bandan ana
    jangan-jangan ana udah dalam kondisi :sekarat....
     
  20. Offline

    spikyblueflower Silent Reader Members

    Joined:
    May 21, 2011
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    nice info:makasih-g: kalo abis shift malem tuh pagi nya sarapan trus brjemur di matahari pagi bentar trus tidur kalopun ga ngantuk juga yang penting badan di rebahin biar bisa relax mata juga harus merem (kalo aku ya...)sore nya baru mandi seringnya sih pake air anget.:cihuy:
     
  21. Offline

    indriyati Beginner Members

    Joined:
    Jan 2, 2011
    Messages:
    316
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +343 / -0
    bisa jadi tambah tua ngeriiiiiiiiiiiiii....

    tuh yang doyan begadang!! dengerin.....ati2 cepet mati...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.