1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Bagaimana Sistem Imun Bekerja?

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by soulhunter, Mar 6, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    soulhunter Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    1,895
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,942 / -0
    [​IMG]
    KOMPAS.com - Kunci utama sistem imunitas yang sehat adalah suatu kemampuan untuk membedakan antara diri sendiri dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh dikenali maka akan terjadi proses pertahanan diri.

    Benda asing apapun yang memicu respons imun ini disebut antigen. Antigen bisa berupa mikroba seperti bakteri, virus, plasmodium, dan jamur; bahkan jaringan tubuh individu lain yang masuk ke dalam tubuh seperti transplantasi organ tubuh bisa saja diperlakukan sebagai benda asing dan bisa menyebabkan reaksi penolakan tubuh. Inilah sebab banyaknya organ transplantasi yang tidak bisa diterima tubuh dan dirusak oleh sistem imun kita.

    Secara umum, mekanisme kerja sistem imun tubuh kita adalah sebagai berikut; saat ada antigen (benda asing yang masuk ke dalam tubuh) terdeteksi, maka beberapa tipe sel bekerjasama untuk mencari tahu siapa mereka dan memberikan respons. Sel-sel ini memicu limfosit B untuk memproduksi antibodi, suatu protein khusus yang mengarahkan kepada suatu antigen spesifik.

    Contohnya bila seseorang pernah terkena cacar maka biasanya individu tersebut tidak terkena penyakit yang sama lagi atau seandainya terjangkit tidak akan memberikan komplikasi yang fatal serta cepat pulih. Hal ini juga merupakan mekanisme bagaimana imunisasi mencegah penyakit tertentu. Sebuah imunisasi mengenalkan tubuh terhadap antigen dengan cara yang tidak membuat sakit, tapi cukup untuk membuat tubuh memproduksi antibodi yang akan melindungi seseorang dari serangan penyakit tersebut di masa depan.

    Antibodi sendiri bisa menetralisir toksin yang diproduksi dari berbagai macam organisme, dan juga antibodi bisa mengaktivasi kelompok protein yang disebut komplemen yang merupakan bagian dari sistem imun dan membantu menghancurkan bakteri, virus, ataupun sel yang terinfeksi.

    Pada situasi abnormal, sistem imun bisa salah mengira bagian tubuh kita sendiri sebagai benda asing dan menyerang diri kita sendiri, hal ini disebut sebagai penyakit autoimun. Biasanya antibodi yang menyerang diri sendiri ini bisa terbentuk tanpa aturan karena adanya rangsangan virus sebelumnya, sehingga antibodi ikut beredar ke seluruh tubuh dan dapat memberikan kerusakan organ yang cukup mengkhawatirkan. Sebagai contohnya adalah penyakit Sistemic Lupus Eryhtematosus atau disebut Lupus, dan juga Scleroderma. Selain itu, reaksi otoimun ini bisa menyebabkan ancaman abortus pada kehamilan.

    Pada kasus lainnya, sistem imun yang merespons secara berlebihan atau hipereaktif terhadap suatu benda asing sehingga antigen yang masuk ini disebut alergen dan bisa menumbulkan gejala seperti bengkak, mata berair, pilek alergi, bahkan bisa menimbulkan reaksi alergi hebat yang mengancam jiwa yang disebut anafilaksis. Berbagai macam reaksi alergi yang ditimbulkan antara lain adalah asma, eksim, pilek alergi, batuk alergi, alergi makanan, alergi obat dan alergi terhadap toksin.

    Jumlah antibodi bisa diukur secara tak langsung dengan jumlah CD4. Jika jumlahnya kurang maka dicurigai seseorang mempunyai penyakit immunocompromized dimana daya tahan tubuhnya sangat rendah, hal ini bisa terjadi pada orang yang terkena HIV/AIDS, dan non HIV (pengguna kortikosteroid lama, individu yang terkena kanker,penyakit kronik seperti gagal ginjal, gagal jantung, diabetes, dll)

    dr.Intan Airlina Febiliawanti

    Code:
    http://kesehatan.kompas.com/read/2010/03/06/07500742/Bagaimana.Sistem.Imun.Bekerja
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    hiro Beginner Members

    Joined:
    Dec 26, 2008
    Messages:
    361
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +93 / -0
    tapi klo sakit flu n batuk kok gak bentuk antibodi gitu ya :???:

    meskipun dah pernah kena tetap bisa sakit juga berkali2 :swt:

    ato bikin imunisasi anti flu gitu :hehe:
     
  4. Offline

    namix Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 28, 2010
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    imunisasi di posyandu aje..ha..haa..
     
  5. Offline

    reskawannabe Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 21, 2008
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +64 / -0
    kalo itu bisa dipengaruhi sama kondisi tubuh gan..
    jadi gini, misalnya buat bikin antibodi dan melakukan serangan balik ke si penyerang,
    tubuh itu butuh energi
    nah energi itu didapatkan dari makanan kan
    kalo misalnya nutrisi kita kurang, maka tubuh itu gak mampu membentuk sistem pertahanan
    sedangkan buat antibodi dan sistem pertahanan itu butuh banyak energi
    nah jadinya sakit deh,,,
    banyaknya konsumsi energi untuk melawan si penyerang itu juga yang bikin kenapa kalo kita sakit rasanya pengen istirahat terus..
    karena tubuh kita sedang mengalihkan energi untuk menyerang balik si penyusup itu gan

    semoga membantu, hehe
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    blackwhite Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    505
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,346 / -0
    wah, informasi yang bagus :top:
    Jadi itu sebabnya kita ga kena cacar 2x toh,

    Oh'ya sebagai informasi tambahan, :hmm:
    Kenapa HIV dapat merusak sistem imun tubuh kita dengan mudah ?
    Karena ketika HIV masuk ke dalam tubuh, ia akan menyamarkan diri sebagai antibodi kita, oleh karena itu Anti bodi kita tidak bekerja. lalu ia kan menginfeksi antibodi kita menjadi HIV baru dan terus memakan sel darah putih. Oleh karena itu orang yang telah kena penyakit HIV / AIDS tidak boleh kena penyakit apapun, flu kecil aja bisa mematikan.
    kira2 begitulah penjelasannya, kalau ada salah mohon dimaafkan :piss:
     
  7. Offline

    zeinkawaii Beginner Members

    Joined:
    Mar 27, 2010
    Messages:
    218
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    klo ane sakit cukup tidur n banyak makan n minum
    mungkin iu bisa ngebantu buat ningkatin antibodi ane
     
  8. Offline

    tiazz Beginner Members

    Joined:
    Oct 4, 2009
    Messages:
    332
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,617 / -0
    gw pernah baca di majalah (lupa namanya)...
    katanya orang yang memelihara hewan (apa aja, kayak kucing, ikan, kura2, to kelinci...dll) katanya bisa ningkatin sistem imun kita
    ya yang penting jg dari hewannya jg harus bersih, ga jorok...
    tapi emng kayaknya ngaruh lho...
    ya klu ga mw susah paling gampang mlihara ikan aja, kan gampang tuh...
     
  9. Offline

    Haecked Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,606
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,605 / -0
    Untung cuman ngalamin cacar sekali seumur hidup, moga2 gak kena lagi tuh yang namanya cacar.. bener2 menderita... ibarat di santet :voodoo:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.